1

Topic: Gangguan Pencernaan?

Hai Mamas,

Saya lagi bingung banget sama Olan.
Sejak lahir anak ini emang udah bakat alergian, sampe sekarang pun saya masih in search makanan apa aja yg bikin dia ga nyaman.
Sebelum makan solid food, pupnya normal, sehari sekali atau dua hari sekali (karena minumnya sufor).
Setelah makan solid food & ganti susu ke usia 6-12 bulan, masalah ini muncul. Sehari pupnya 3-4x, padat tapi tidak keras.
Dsa bilang dia ngga papa, normal. Saya browsing juga katanya normal, apalagi anak saya termasuk doyan makan alias ga pilih-pilih, apa aja dimakan, kecuali lagi sakit atau tumbuh gigi.

Sampai ketika waktunya ganti ke susu UHT, masalah baru timbul. Anak saya rewel setengah mati, ga mau minum susu & jadi susah makan.
Saya pun akhirnya mengunjungi dokter alergi dan dari situ saya baru tau lebih dalam mengenai alergi ini.
Setelah mengikuti diet, anak saya jadi doyan makan lagi tapi pupnya tetap 3-4x sehari. Dokter alergi menyarankan saya untuk ganti susu. Dia menyarankan UHT (tapi dibaca dulu isinya jgn ada buttermilknya) dan beberapa merk susu bubuk. Tapi Olan jadi rewel lagi. Susu dari yg paling murah sampai yg mahal ga ada yg cocok. Well saya belom coba jenis hypoallergenic sih soalnya katanya pahit, takutnya udah beli mahal2 anak saya ga mau minum lagi.
Saya pun mencoba susu kambing. Di hari pertama coba, malamnya anak saya histeris -- pertanda ada yg ga beres dengan perutnya. Tapi besok2nya ngga begitu dan pupnya jadi 2x sehari.
Tapi baru semingguan minum susu kambing, anak saya diare. Disinilah problem yg ga ada habisnya dan bikin saya cemas & pusing 7 keliling.

Di awal diare, pupnya masih lunak (belum berair) tapi frekuensinya 5-6x sehari. Saya beri l-bio sampai 3hr berturut-turut sehari 2x sesuai resep dsa sebelumnya & susu kambing saya stop, saya beri Rice Milk. Setelah 3 hari, bukannya membaik, pupnya malah jadi encer berampas, frekuensi berkurang 3-4x, baunya sayuran basi. Ampasnya ini berupa sayur bentuk utuh. Saya pun memutuskan ke dsa. Sama dsa cuma dikasih Protexin Infant sehari 3x, jenis sama dengan L-Bio hanya katanya ga mengandung perasa & pewangi, jadi diharapkan cepat sembuh. Dan disuruh diet jangan makan sayur & buah selama 5 hari.
Setelah 3 hari, anak saya bukannya membaik malah tambah parah. Setiap kali mau pup dia nangis2 dulu. Padahal makan udah cuma bubur pake sedikit garam & gula doang, Rice Milk pun akhirnya saya stop (karena masih mengandung sunflower oil -- katanya anak diare jgn kena minyak dulu), diganti teh manis. Dan pernah suatu kali pupnya itu baunya setengah mati seperti bangkai hewan mati.
Akhirnya saya memutuskan ke dsa lain dekat rumah. Ehhh dikasih obat banyak banget, saya ambil sedikit aja. Tapi habis minum obat itu langsung bentol2, saya eliminasi multivitaminnya ternyata bentolnya ga berlanjut jadi asumsi saya multivitaminnya yg bikin alergi. Setelah 3x minum obat, diare mampet, obat saya stop (karena ngeri jg ga tau apa isinya, bentuk puyer).
Setelah itu, selama 2 hari pup 1 hari sekali tapi lengket banget. Saya mulai beri Rice Milk lagi, sayur & buah masih tidak diberi.
Di hari ke-3 mulai lagi. Pupnya padat lunak tapi frekuensinya sehari 5-6x dan berlendir. Saya pun cek feses ke lab & kembali lagi ke dsa. Huh.. Dsanya tetap bilang anak saya ga papa. Ya ampun, sudah mau 2 minggu pup berlebihan begitu kok masih ngga papa sih... Saya disuruh lanjut beri Interlact Drop sehari 5 tetes & hanya diberi tambahan vitamin ZincPro sehari sekali. Hasil lab mengatakan ada darah samar di fesesnya tapi tdk ada parasit.

Sekarang sudah mau seminggu sejak saya dari dsa terakhir, tapi anak saya ini tetap saja pup berlebihan, sehari 5-6x. Kadang pupnya bentuk normal, kadang bulat2 seperti sembelit, kadang lunak banget sampe benyek, kadang berlendir & ada serat2 darah.
Saya pikir, apa Rice Milknya ga cocok ya? Saya pun stop dan kembali ke susu kambing. Eh malamnya malah histeris seperti anak kolik & tetap saja pup terus, malah lagi tidur pun pup, jadi saya tengah malam harus bersihkan itu pup, padahal selama ini ga pernah seperti itu, bahkan di saat dia dulu diare berdarah pun di kala malam seperti ngga pup.
Jadi dia tengah malam pup, bangun tidur pup, habis sarapan pup, mau tidur siang pup, bangun tidur siang pup, habis makan malam pup T_T

Mamas, saya bingung sekali ini. Ada yg pernah mengalami seperti saya? Ini normal atau ngga sih?
Saya tanya teman saya, anaknya pup sehari 1-2x, kadang 3x tapi jarang.

Kalau ngga normal, saya harus kemana?

Thanks before.

2

Topic: Gangguan Pencernaan?

mama cherlee bahasan ttg frekuensi pup anak udah ada threadnya sendiri. silakan meluncur kesana yaa.. tret ini ditutup aja biar gak redundant.

ini tretnya - http://theurbanmama.com/forum/topic449-frekuensi-tekstur-pupi.html

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Gangguan Pencernaan?

cherlee thread dibuka lagi yaa.. saya kelewat kalo bahasan ttg anak diatas 1thn. tapi judulnya diganti karena ini diskusinya bukan ttg frekuensi pup sepertinya. dan bukan diare juga.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Gangguan Pencernaan?

gue bukan dokter, tapi dari yang udah diceritain, sepertinya kok ada alergi dengan susu cair? jadi kayak alergi dengan dairy products gitu. mungkin karena ini makanya perutnya brontak. kalo minum sufor, apa tetap bermasalah pencernaannya?

kalo emang ternyata UHT atau susu cair gak cocok, kembali lagi ke susu bubuk aja, gimana?

oiya satu lagi ya mama cherlee, susu itu kan yang dibutuhkan kalsiumnya, jadi kalo emang ternyata alergi dengan susu, kenapa gak asupan kalsium diganti dengan yang lain, seperti buah, sayur, etc. orange juice itu paling bagus kandungan kalsiumnya.

anak gak mesti minum susu kok, imo.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Gangguan Pencernaan?

Iya bingung tadi dengan judulnya, thanks udah dibantu.

Iya kok susunya ini lagi cari mana yg cocok. Saya sudah ganti sampai ke susu untuk anak berkebutuhan khusus, yaitu Rice Milk yg kandungan pencetus alerginya udah dieliminasi semua.
Anak saya ini kalo mau tidur mesti minum sesuatu, kalo dikasih teh manis terus takutnya malah mengarah ke diabetes. Huaa..
Pengennya sih ya disapih aja deh ga harus minum susu, tapi masalahnya di rumah nih udah berbulan2 ga ada PRT, sementara saya harus kerja jadi saya ga tega udah ngerepotin tambah ngerepotin mama saya lagi untuk nyapih dia.

Sebetulnya yg bikin saya bingung jg, kemarin ini kan udah sampe diet khusus di kala diare (anjuran dokter anak jaman dulu yg terbukti ampuh), yaitu makan cuman bubur pake garem doang, susu pun diganti teh manis. Bahkan dengan bantuan Lactobacillus pun ga mempan ! Itu pup tetep aja berkali2 sehari.

Susu bubuk saya udah cobain dari yg paling murah sampe yg paling mahal (kecuali jenis hypoallergenic belom :D) tapi jg ga ada yg cocok. Anaknya malah rewel. Sekarang sih anaknya ga rewel, tapi pupnya itu loh haduh.. Sampe bosen bersihinnya :(

6

Topic: Gangguan Pencernaan?

cherlee,
Kalau berdasar tes alergi-nya, Olan alergi apa mama?
IMHO, kalau sudah ketahuan pencetus alerginya, langkah pertama hindari dulu alergennya. Masalah BAB, sementara diabaikan dulu sampai kondisi anaknya benar-benar prima dan stabil. BAB ini menjadi "masalah" karena yang bersihin bosen, dan masalah belum tentu pada kesehatan anaknya.
Kalau frekuensi BAB dan teksturnya tidak termasuk kategori "diare" mungkin memang sebenarnya gpp, hanya sistem metabolismenya dia mungkin lebih cepat dan singkat. sekali lagi, ini "mungkin" yaa.. krn saya juga bukan dokter :D
Kalau Saya sendiri lebih memilih sedikit repot tapi anak2 sehat dan perkembangannya bagus. daripada maunya gak repot, tapi anak keluar masuk Rumah Sakit, banyak minum obat. Ujung2nya malah lebih repot kan... Sambil jalan, sambil kondisinya prima, harapannya juga seiring makin kuatnya sistem kekebalan tubuhnya, mungkin bisa sambil dianalisa. Banyak tanya, banyak baca, banyak mencari informasi tentang frekuensi BAB ini. Jadi juga bukan diabaikan total yaa.. :) Dilihat saja, selama perkembangan motorik, perkembangan fisik dan perkembangan indera lainnya bagus, tidak perlu terlalu stress.

Setuju sama mama Shinta, Susu hanya diambil kalsiumnya. Kalau ada sumber kalsium yang lain mungkin lebih baik. Kalau memang cocoknya pakai susu yg periode 0-6 bulan seperti awal, mungkin bisa juga pakai susu yang itu. Kalau susu ini diminum anak usia lebih besar sepertinya ga ada masalah yaa..

Sependek pengetahuan saya, kalau diare bisa pakai diet "BRATTY" (Banana, Rice, Apple, Tea, Toast, Yoghurt). keterangan lebih rinci bisa dilihat disini. Diet ini tidak langsung menghentikan diare, tapi menambah asupan yang hilang akibat hilangnya cairan saat diare. Diare akan tetap ada kalau racun atau bakteri masih ada di organ pencernaan. Kalau diarenya dihentikan paksa sementara masih ada racun/bakteri/virus masih ada di organ pencernaan, malah lebih mengkhawatirkan bukan?! Masalah diare bisa dibaca disini dan disini

Jadi, apakah BAB Olan termasuk kategori "diare" atau bukan, bisa dianalisa. Apakah diare ringan ataukah diare akut, bisa dianalisa juga.

Maaf kalau tidak banyak membantu. Semoga Olan selalu tumbuh sehat dan cerdas yaaa.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Gangguan Pencernaan?

Alerginya : susu sapi, kacang kedelai, debu, serbuk sari rumput, MSG, wortel

Seluruhnya sudah dihindari. Tiap hari makannya cuma kentang/bubur nasi, ikan gurame/daging sapi, roti & pisang. Susunya Rice Milk.

Kalo dibilang diare sih menurut saya kurang tepat, karena pupnya tidak cair. Sempat cair sih, tapi setelah minum obat mampet. Hanya masalah frekuensinya aja yg ngga wajar. Kalau dia masih bayi, ASIX sih saya ngga cemas. Ini sudah 14 bulan, ngga wajar dong kalo sehari 5-6x pup-nya. Sudah banyak, bau, kadang berlendir & lendirnya itu warna coklat darah. Sebelumnya ngga begini, jadi pasti ada apa2nya dong.

Please don't judge only by "bosen bersihinnya". Saya juga ga mau anak saya minum banyak obat atau masuk rumah sakit. Tapi metabolismenya ini ngga wajar.

8

Topic: Gangguan Pencernaan?

Maaf, saya tidak bermaksud men"judge".. sekali lagi mohon maaf yaa..

Apakah BABnya sudah pernah diperiksa lab? Kalau warnanya berbeda atau teksturnya berbeda, dan tidak ada masalah pada apa yang dimakan (alergen sudah dihindari).

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

9

Topic: Gangguan Pencernaan?

cherlee
pertama, tenang dulu ya...pasti susah sih krn ga ada PRT & mikirin soal anak... tapi ketenangan itu penting...
mari kita lihat gimana klinis anaknya.. walopun berkali-kali pup, apakah secara umum anak terlihat sehat, aktif, ceria? atau kayak anak sakit (ada perubahan tingkah laku)? kalo ada perubahan, munculnya pas Olan mau pup aja, atau sepanjang hari? gimana dgn BB-nya? berkurang? atau tumbuh normal?
kalo dr pertanyaan2 itu tdk ada yg mengkhawatirkan, berarti bisa tenang dulu ya...

next, sudah berapa lama ya ini berlangsung?
saya agak blur dgn timing-nya, tapi saya perkirakan dua minggu? sebulan?
sebelum episode pupi ini mulai, yang memicu kira2 apa? susu kah? kalo belum yakin, coba sekarang pake diet agak ekstrim, mulai dgn nasi saja, selama 3-4 hari (kalo perlu seminggu). apakah ada perubahan? lalu mulai dgn penambahan satu per satu jenis makanan: lauk, sayuran, buah. apakah membaik juga? (maksud saya kita identifikasi lagi apa yg membuat kondisinya membaik apa yg tidak)
however, cara ini berisiko mengurangi asupan nutrisi yg diperlukan Olan. jadi kalo mau dilakukan, baiknya ngga lama2 observasinya dan tetap konsul dgn DSA soal diet ini.

coba ngga usah susu dulu (dairy products dlm bentuk apapun, termasuk rice milk). kalo mau minum sebelum tidur, coba air putih aja (kalo mau yg manis coba pake gula atau madu sedikit saja, tp jgn lupa sikat gigi, hehe). perlu kesabaran kita juga utk bujuk anak, krn siapa tau memang Olan agak sensitif dgn produk susu.

menurut saya memang bukan diare, tapi ada darah di pup-nya, berarti perlu dicermati lagi.
gimana hasil tes-nya? ga ada bakteri/jamur/parasit ya? hasil lainnya? apakah ada lemak?

semoga selalu sehat ya Olan...

ps. menurut saya DSA yg oke adalah yg bisa menginformasikan, Olan ini kenapa, apa penyebabnya. kalo main asal kasih resep (vitamin/obat/suplemen) tapi bilang gpp, mesti hati2 deh (kalo gpp ya ga usah dikasih apa2 kan?). ada obat yg justru malah bikin diare.

btw, Diego sekarang hampir 14 bulan. pupnya juga sama bisa sehari 2-5x, tergantung seberapa banyak dia makan. lembek juga (kyknya hampir ga pernah padat deh), kadang bisa agak cair & kalo sayur lumayan sering keluar bentuk aslinya. awal2 minum UHT makin sering pupnya. tapi selama masih berampas, klinis anak oke, tumbuh-kembang normal, ya sudahlah...berharap akan membaik seiring waktu (kebetulan bapak & omnya dulu emang perut burung, turunan kali...)
rencana sih akan tanya2 juga ke DSA-nya (dr. Apin di Markas Sehat) just to be double sure bulan depan skalian vaksin.

10

Topic: Gangguan Pencernaan?

Sudah, di atas jg sudah saya tulis, hasilnya hanya ada darah samar & tidak ada parasit. Karena hasilnya demikian, dsa mengabaikan. Padahal waktu itu diare ini sudah berlangsung 2 minggu beberapa hari. Kalau dari link yg Kira Kara berikan, disitu ditulis bahwa kalau diare lebih dari 2 minggu berarti sudah termasuk kronik dan harus dibawa ke rumah sakit, tapi tetap saja dsa mengabaikan. Sekarang ini total sudah 3 minggu begini terus. Saya sudah ke 3 dsa dan semua mengabaikan bilang anak saya baik2 aja.

Di hari saya memutuskan cek feses ke lab, itu sebetulnya fesesnya berwarna hijau (tapi entah kenapa di hasilnya ditulis kuning, apa berubah warna di jalan, saya tidak tahu, yg pasti di bawah 1 jam sudah sampai di lab) dan berlendir dengan warna coklat darah. Tapi lagi2 di hasil ditulisnya "darah : negatif". Mungkin memang harus saya foto kali ya itu feses setiap kali teksturnya aneh. Kemarin pagi lendir ini keluar lagi, dan serat2 darahnya warnanya lebih cerah.

Tekstur pupnya jg berubah2 sih. Dalam 2 hari ini saja, variasianya bentuk bulat2, lalu setelahnya padat lunak berlendir darah, lalu padat lunak warna kuning, padat lunak warna hijau, lunak sekali sampai benyek warna kuning.

Kalau pagi bangun tidur, anak saya ini bibirnya keriput. Anaknya sih masih aktif, makan jg mau, hanya masalah perutnya aja. Pantatnya sampai merah karena pup terus. Tiap kali dibersihkan mengamuk. Dulu sih kalau pantat merah begini biasa karena alergi makanan, tapi kalau makanannya besoknya diganti, pantatnya langsung bersih lagi. Tapi ini... Wah, saya boleh dibilang sudah frustrasi sekali. Sudah browsing sana-sini, ke dokter sana-sini, tanya sana-sini, nihil..

11

Topic: Gangguan Pencernaan?

Avee :

So far sih dia kebanyakan dikasih Lactobacillus & vitamin Zinc aja. katanya Zinc itu membantu perbaikan usus. Ke dokter itu terakhir hari Senin, sampai hari ini ngga ada perbaikan. Waktu sebelum minum obat, iya betul, dia nangis tiap kali sebelum pup. Tapi setelah 3x minum obat diarenya mampet. Tapi setelah itu pupnya lengket sekali. Saya baca2 katanya tanda2 pup berlendir itu adalah lengket, kalau nempel di toilet, di flush gitu ga bergerak sama sekali.

Lemak di feses sih ngga ada ya. Apa saya pindah lab aja ya, soalnya agak bingung sih. Feses hijau kok ditulis kuning ya. Hijaunya sih emang ga hijau tua banget, tp karena saya bersihin pup terus2an, jadi perubahan warna dari kuning ke hijau muda itu sangat keliatan. Padahal ga makan sayuran sama sekali. Dari mana itu hijau? Dsa terakhir cuma bilang, paling empedunya lagi ngeluarin racun. Tapi.. Berapa lama kondisi ini berlangsung? Tiap kali timbang ke dokter, dokternya ngeluh, ini anak BB nya kurang. Kurang, kurang, kuraaaannnggg melulu.. Bosan saya diceramahin dokter soal BB kurang. Gimana mau naik banyak kalau makan banyak tapi pupnya jg banyaknya ga normal? Begitu masuk ga lama keluar lagi. Tapi ga ada yg bisa menjelaskan penyebabnya. Kan kalo tau penyebabnya bisa dieliminasi. Tapi sampai sekarang cuma tanda tanya aja.

OK deh, nanti saya coba Rice Milk nya juga dieliminasi.. Lagi.. Soalnya waktu itu udah pernah tuh dicobain, makan cuma bubur nasi + sedikit garam & gula + teh manis diarenya ga ada perubahan sama sekali. Malah tambah parah..

12

Topic: Gangguan Pencernaan?

untuk kasus diare, CMIIW penanganan gawat darurat di rumah sakit dilakukan jika sudah masuk dehidrasi berat atau mengancam nyawa.
tentang warna feses, bisa berubah-ubah tergantung makanan, jadi sbenernya kurang akurat utk diagnosis. biasa sih yg dilihat tekstur & isinya.

berarti Olan gpp ya, ngga demam, makan-minum ok, aktif, ceria, ngga dehidrasi juga. rewelnya cuma krn kebanyakan pup & pantatnya merah (sementara utk mengatasi ini bisa pake krim yg mengandung zinc oxide).
sambil coba tata ulang makannya? (4 hari nasi doang misalnya? ga pake teh, atau apapun)
btw itu BB kurang emang udah dari dulu, atau berkurang karena soal pup-nya ini? maksud saya, kalo dia sampe kehilangan bbrp ons gara2 ini berarti memang harus ada treatment & IMO DSA-nya juga ngasih solusi menu ya, bukan cuma komplain ke ortu... :)

btw saya kok curiga kondisi ini terjadi krn ada sesuatu yg dimakan Olan terus-menerus (yg hampir selalu ada di menunya). krn AFAIK untuk "membersihkan" efek alergi makanan yg udah dimakan, metabolisme kita perlu waktu sekitar 2 minggu. kalo dalam kurun waktu itu si alergen tetep masuk, ya jadinya berlarut-larut...

coba tes feses lagi aja mungkin di tempat yang berbeda?

13

Topic: Gangguan Pencernaan?

cherlee sebentar saya juga rada bingung dengan timelinenya nih. jadi olan sekarang udah berapa bulan? 14bln kan yah. waktu dia coba UHT itu di umur berapa bulan?

lalu berapa lama dicoba sebelom akhirnya diganti?

sudah pernah cek di thread ttg susu UHT? tiap anak beda2 reaksinya. awalnya ada yang emang jadi pup dan mencri2 terus menerus. karena perutnya lagi adjust. tapi caranya tetap dikasih tapi diencerin dengan dicampur air. sampe perutnya kuat. kalo udah kuat nanti pupnya juga akan berkurang sendiri.

soalnya kalo dari penjelasan di atas, sepertinya dari dokter, lab semua hasilnya negatif dan normal. jadi memang mungkin perutnya lagi adjust.

kita disini hanya bisa membaca keluhan mama, tapi kita gak punya credentials untuk kasih saran yang pas. tapi hanya bisa kasih sharing lain dan masukan.

jadi sama2 bantu.

soalnya kalo anaknya masih ceria, aktif dan gak masalah apa2.. kemungkinan memang bukan diare, jadi yang batas waktu 2 minggu itu belom tentu apply juga.

kalo dsa yang sekarang ga bantu, mungkin cari 2nd opinion, 3rd opinion, 4th opinion dengan dsa lain. lab juga cek ke beberapa aja, soalnya kemungkinan emang ada masalah di pencernaannya yang mesti di cari.

sebenernya sih emang wajar anak umur segitu pupnya bisa berkali2.. tapi kalo lebih dari 3 minggu dan tiap hari pupnya sampe berkali2 terus ya memang tidak wajar sih harusnya ya.

sabar dulu yah, tenangkan diri. soalnya dari postingnya kayaknya udah frustrasi banget. kita semua disini coba ngebantu kok.. tidak bermaksud men-judge. dan tau banget namanya anak sakit pasti bikin stress.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Gangguan Pencernaan?

hola cherlee semoga udah ga panicking banget... ada saran dikit, maaf, munggkin bs follow @dr_Muzal (dr. Muzal Kadim), beliau spesialis anak di RSCM dengan keahlian pencernaan dan hati anka. beliau juga praktek di RS Medika Permata Hijau.

semoga bisa membantu ya..
btw, Olan sehari makan berapa kali sih? anakku yg gede (@$ bln) sehari dulu bisa makan 4-5x; dan frekuensi pupnya bisa 3-4x sehari.mungkin frekuensi pup Olan juga dipengaruhi frekuensi dan jumlah makannya. HTH

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

15

Topic: Gangguan Pencernaan?

Avee :
BB kurang udah dari dulu. Dulu ngga pernah digambar grafiknya kalo ke dsa yg di rumah sakit. Waktu ke dokter alergi, sama dia digambar, ternyata BB nya itu udah kurang sejak dia mulai solid food. Si dokter alergi itu jg generalized adjust bahwa Olan makan banyak cuma beberapa hari doang, misalnya 10hr dlm sebulan, seperti yg dia tulis di websitenya. Sebetulnya kenyataannya ga begitu, kecuali sebulan belakangan sebelum menemui si dokter. Jarang kok dia ga mau makan, cuma pupnya itu aja yg emang jadi sering banget sejak ganti susu 6-12 bulan. Titik dia mulai pup banyak memang dsitu. Sehari 3-4x. Tapi saya browsing katanya gpp. Kalo kt dokter alergi, ada apa2. Memang sejak diet yg dianjurkan dokter alergi ini (yg tdk disetujui dsa-nya krn bs menyebabkan kurang gizi) bikin Olan tambah gembul, makannya tambah banyak, tp tetep aja pupnya 3-4x sehari. Lalu dokter alergi ini menyarankan ganti susu krn dia mencurigai frekuensi pupnya, sampai sekarang belum nemu yg cocok ya. Kemarin susu kambing selama seminggu sebelum diare "kelihatannya" cocok. Tapi belum tau jg, tengah malam histeris habis minum itu susu. Sejak diare turunnya mungkin sekitar 200 gram ya. Soalnya sebelum diare ga sempet nimbang sih, terakhir nimbang sekitar 2 mingguan sebelumnya.

Olan ini makannya belum maju2, masih seputaran diet eliminasi terbawah alias yg boleh dimakan cuma secuil. Ikan yg dimakan baru gurame, daging cuma sapi aja, sayur cuma buncis & sawi putih, bayam hijau kalo lagi nemu, buah pepaya hawaii, apel & pear. Tiap hari muter2 itu aja, untung anaknya ga bosen, mamanya sih masaknya udah bosen ^o^ Selama 1,5 bulan diet seperti itu dia nyaris bebas dari efek alergi, kecuali frekuensi pup yg 3-4x sehari. Makanya dokter alerginya suruh ganti susu, kemungkinan besar soalnya dari susu karena selama periode diet itu BBnya naik lumayan hampir 1 kg. Dsanya waktu itu cuma kasih saran "minum susu > 550 ml/hari dan makannya jg dicampur produk susu". Eh tnyt anaknya alergi susu sapi ya ga bisa dong~ Waktu sebelum diare memang saya lagi coba labu ke Olan, yg ternyata ga cocok jg. Tapi itu udah 3 minggu yg lalu T_T

Biasanya sih kalo efek alergi yg sampe 2 minggu itu kalo ASI deh kyknya, soalnya kan metabolisme mama jg berpengaruh. Kalo Olan ini biasanya paling lama 2 hari setelah kumat, efeknya udah hilang. Udah ngga rewel, ngga bentol, ngga ruam2 di pantat. Back to normal deh. Tapi eliminasi susu akan saya coba deh, kembali ke teh manis, mudah2an ada hasil.

Saya udah sampe 3rd opinion lho. Makanya nih yg 4th bingung mau kemana. Suami saya sih kyknya udah mulai kesel saya minta dianterin ke dokter melulu.

16

Topic: Gangguan Pencernaan?

sLesta :

Sekarang Olan 14 bulan ++. Waktu coba UHT itu habis vaksin cacar air, jadi waktu 12 bulan-an.
Waktu itu ngga mencret atau frekuensi pupnya bertambah lho. Cuma jadwal pupnya aja jadi pasti yaitu habis minum susu dan anaknya supeeeerrrrr rewel, sepanjang hari uring2an, ga mau minum susu. Nyekokin dia 30 ml seharian aja susahnya 1/2 mati, gmn ya mau ngikutin kt dsa suruh minum > 550 ml susu UHT per hari. Hehehe..

Sudah test Bio-E sih hasilnya positif alergi/intoleransi susu sapi. Tambahan infonya, saya juga sih. Hehehehehehe.. :D Jd sepertinya memang kemungkinan besar menurun kali ya? Dia sudah ga minum UHT lagi sejak ke dokter alergi, which is 3 hari sejak minum UHT.

Mohon maaf. Iya memang saya sudah frustrasi banget. Mana ngga ada PRT, tiap hari saya cemas, kerja ngga konsen, di kerjaan saya diomel2in terus, ga bisa sampe target soalnya. Duit jg keluar udah banyak banget bawa itu anak kesana kemari. Belum lagi kalo tengah malem bangun, histeris, pup. Rasanya kok semua yg saya lakukan itu serba salah. Dan saya ga mendapat jawaban pasti anak saya ini kenapa padahal udah banyak baca, banyak nanya, kesana kemari. Huff.. Udah cape banget rasanya.

17

Topic: Gangguan Pencernaan?

mummyhilya :

Terima kasih sarannya ya ^^ Saya memang sedang mempertimbangkan ke dokter pencernaan karena sepertinya anak saya ini pencernaannya rada ga beres. Sepupu saya juga ada sih yg tiap habis makan lalu pup. Itu jg membingungkan tuh, entah kenapa.

Olan makan besarnya sih 3x. Kadang ngemil kadang ngga. Tergantung jam tidurnya. Biasanya sih ngemil banyaknya sore. Kalo saya sempat, saya suka bikin snack yg agak berat, kyk bola ubi goreng. Kalo lagi ga sempat ya paling buah atau biskuit beras. Tapi di masa diare ini ngemilnya cuma biskuit beras aja, sampe anaknya kyknya udah bosen banget tuh sama tu biskuit T_T

Olan sekarang pupnya udah lebih dari 3-4x sehari. Makannya ga tambah banyak, malah kayaknya lebih sedikit dibanding sebelum diare. Sebelum diare saya sampai terkagum2 sama porsi makannya. Hehehe... Sudah 3 minggu ini pupnya 5-6x sehari dan kadang berlendir warna coklat darah, kemarin pagi malah ada serat merah segarnya.

18

Topic: Gangguan Pencernaan?

che..

sachika tiap lagi makan sambil pupup malah..sehari 3x pup nya..(-.-')

19

Topic: Gangguan Pencernaan?

Iya Olan dulu juga kalo habis makan pup. Belakangan waktu coba UHT, habis minum susu dia pup sambil nangis2. Kalo sekarang nih ga beraturan.

Lagi tidur pup, bangun tidur pup, habis sarapan pup, mau bobok siang pup, mau mandi sore pup, habis makan malem pup, kadang sebelum bobo jg pup~ Pup terus-terusan

20

Topic: Gangguan Pencernaan?

Cherlee
Nanti kl udah konsul sm Dsa yg ahli pencernaan share ya, disini, sbnrnya yg jadi root cause apa...
Buat pelajaran kita semua bgmn Cara ngatasinnya.
Semoga Olan makin sehat dan makin ganteng :) *cowo kan ya?*

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

Topic: Gangguan Pencernaan?

nathan juga sedikit bermasalah dengan pencernaaan nya, setiap makan daging2an dan buah alpukat pasti langsung mencret, bisa sampe 2 hari...kemarin imunisasi MMR tanya sama DSA ny, trs DSA ny anjurkan konsumsi LACTO B setiap hari supaya usus nya kuat...kira2 para mama disini ada yg kasus ny seperti ku ini kah ? plus udh 3 bulan BB nathan naik ny seret dan DSA ny jg bilang itu karena konsumsi daging kurang jd ny BB nathan seret..

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

22

Topic: Gangguan Pencernaan?

mummyhilya :
hehe kalo jadi ya, ini lagi coba diet BRATTY dulu, so far sih pupnya jadi lebih bagus *pup ada yg bagus ya?* cuma memang agak khawatir dgn gizinya :( lucunya sih, pipisnya kok jadi bau petai ya hihihi.. memang begitu ga sih?

[email protected]@[email protected]@n :
dulu Olan jg BB nya naiknya seret, DSAnya bilang susunya kurang. Jadi selain minum susu, makanannya jg harus dicampur produk susu, eh anaknya malah tambah ga mau makan. Belakangan ketauan itu krn perutnya ga beres karena ada alergi. Dulu saya kira rumah saya banyak nyamuk, ga taunya bentol2 di kakinya itu adalah reaksi alergi. Bentuknya bener2 persis seperti digigit nyamuk aja. Mungkin Nathan ga cocok sama alpukat. Sudah dicoba 4-days rule mom? Klo dlm 4 hari (atau kurang) stlh konsumsi alpukat (dgn catatan makanan lainnya adlh makanan yg aman) lalu ada reaksi (misalnya 1-3 bentol spt digigit nyamuk, atau bruntusan, mencret, diare atau malah sembelit, pup bulat2 seperti kotoran kambing & berbau menyengat, anak rewel, di punggung muncul seperti biang keringat, tidur keringetan walau pakai AC, lebih nakal dr biasanya, sulit tidur) maka berarti Nathan ada alergi dgn produk tsb. Kalau daging, Nathan makan daging apa? Biasanya daging sapi tidak memicu alergi. Kemarin ini saya kira Olan alergi daging babi (maaf), pdhl daging tsb jg tdk termasuk alergen sampai skrg, ternyata dia alerginya sama wortelnya !

23

Topic: Gangguan Pencernaan?

cherlee, aduh aku bisa turut ngerasain gimana frustasinya kamu. sorry aku gak bisa turut ngasih saran...karna gk ngerti. kebayang repotnya gak ada prt, anak sakit pula..., kerja di kantor juga gak konsen...ditegor mulu ama atasan... auk juga sedang merasakan posisi kamu....bener2 gak enak...moga2 bisa segera teratasi, ya cher....

anakku darren (6bln) udah 5 hari ini juga pupnya keras banget.. sehari bisa 3x. dia baru mulai mpasi. susunya dia asi. pagi makannya cerelac beras putih+susu, siang makan pepaya/alpukat. sore/malam makan melon rock. tapi tetep aja pupnya padat keras. ngedennya lama en kasian liatnya...keluarnya paling setengah kelingking kita (bener2 bentuknya kayak kelingking).
dulu gw pikir itu krn pisang...(sempet diawal2 dia nyobain pisang, ama bubur susu cerelac yang pisang, apel, jeruk itu)...makanya langsung aku hentikan...dan aku ganti ama pepaya dan melon rock...biar gk keras pupnya. tapi kog gak berefek ya....padahal udah 3 harian loh pisang dihindarin.
kalau kurang minum susu?n apa iya? seharian dari jam 8pg ampe 8mlm, dia minum susu kurleb 300cc-400cc. belum ditambah nyusus malem pas bobok.

aku curiga...jangan2 vitamin yang baru kurleb 5 harian yang lalu dia minum, dikasih dokter. becombion drop, ama obat batuk puyer. pagi ini sih darren udah aku coba stop itu 2 obat. moga2 sih ada perbaikan.
btw..., memang itu memicu alergi juga ya?

24

Topic: Gangguan Pencernaan?

Mamashanice

Suplemen zat besi bisa bkn pup keras setahuku..HTH :)

Topic: Gangguan Pencernaan?

@mom cherlee
yg sudah pernah di tes itu daging sapi+ayam+babi (maaf)...tp tetap juga mencret...udh hmpr 2 bulan dari terakhir makan daging sapi..rencana minggu ini mo nyoba lagi, mo beli ayam kampung :)

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..