1

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

hi mom's
anak aku (ahnaf) umurnya 3 th 8 bulan,
pada suatu sore ahnaf ga sengaja liat buku kedokteran tentang jantung punya ayah saya...
trs ahnaf tanya gambar apa itu, aku jawab jantung..trs dia tanya lagi jantung itu ada dimana aku jawab di dada
aku ga tau kalo ahnaf ternyata takut...
nah dari situ dia ga mau pegang dadanya secara lgsg..ga mau ditinggal sendiri..
ahnaf bilang, ahnaf takut jantung.
apa yang harus lakukan biar ahnaf cepet lupa??
ahnaf kalo ada kejadian susah lupanya..

2

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

Hi najjla

Ahnaf sering nonton TV ngga? Soalnya Raka pernah gitu juga, jadi penakut, terus aku kurangi nonton TV-nya jadi lincah ampun-ampunan lagi :lol:

Pada dasarnya anak, sama seperti orang dewasa, punya daya imajinasi. Sayangnya, pada anak, imajinasinya lebay hehehe.. Waktu itu aku pernah juga nanya ke temen-temenku, ada satu saran yang berhasil: use your wildest imagination.

Waktu itu Raka takut monster. Ketika dalam keadaan tidak takut, aku bilangin ke Raka bahwa sebenarnya monster takut sama Raka karena Raka sering berdoa, makannya banyak jadi badannya kuat, makanya monster pasang muka seram supaya Raka yang takut, tapi Raka harus tunjukkin ke monster bahwa Raka yang lebih hebat --> akibatnya makin menjadi2 pengen ikutan taekwondo... hihihi

HTH ya

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

Yang pertama ingin kita lakukan adalah menenangkan hati mereka. Anak umur 3 tahun sudah lebih mudah untuk ditenangkan karena sudah bisa diajak berkomunikasi dan berdialog ringan. Bilang sama anak kita untuk tidak takut, itu tidak bisa menyakiti kita kok, malah membantu.

Kejadian lebih visual terjadi saat anak ke-2 kami lahir. Vira (2,5 tahun) yang ditemani oleh neneknya tiba-tiba lepas dan lari menuju ruang operasi dan melihat (maaf) vagina mamanya yang sedang dijahit oleh dokter. Parno dah, langsung gue bawa keluar. Vira sendiri langsung bertanya seribu satu pertanyaan. "Mama kok berdarah??", "Vira takut papah.."

Yang pertama saya lakukan adalah menenangkan Vira dengan membawanya pergi, cari pemandangan lain, ajak ikut shollat Jum'at, beli es-krim, dll. Setelah dia kalem, baru deh kita bahas. Yup, kita bahas, karena dia anak kecil dan dia menyerap informasi bagai spon, hal seperti itu pasti akan ada terus.

Saya terangkan bahwa itu darahnya sedikit, sisanya betadine seperti yang Vira pakai kalau luka. Pak dokter juga sedang membantu Mama supaya lekas sembuh. Ada kali 1 jam lebih menjawab semua pertanyaan Vira, dan hasilnya dia jadi sok tau, hehehe. Saat kembali ke kamar dan ketemu mamahnya, dia deh yang cerita:

"Tadi itu mama lagi dibantu pak dokter ya?", "Pakai banyak betadine ya?", "Mama jangan banyak gerak dulu, biar cepat sembuh", dll.

So untuk kasus Ahnaf, baiknya diterangkan apa itu fungsi jantung dan manfaatnya bagi dia. Ajak Ahnaf lompat-lompat atau lari ditempat, lalu minta dia pegang jantungnya yang berdebar, atau bawa ke akuarium dan perlihatkan mesin penghisap airnya dan jelaskan bahwa fungsinya sama dengan jantung, yaitu mensirkulasi air supaya ikan sehat, jantung mensirkulasi darah supaya Ahnaf sehat. Lalu minta dia untuk menyayangi jantungnya dan ajarin gambar bikin hati atau apa deh.

Hope it helps :-)

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

4

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

setuju ama thelilsoldier dan urban papa... anakku juga suka ketakutan yang ga jelas. kemaren ini takut ama "bayangan". semua bayangan!! banyak banget kan tuh...

mungkin ada baiknya, Ahnaf ditanyaain, kenapa takut jantung. apa karena bentuknya serem? apa warnanya bikin ahnaf ga tenang? abis itu, seperti kata Urban Papa, diceritain apa gunanya jantung, adanya dimana, rasain detaknya, etc. mungkin beli buku2 ttg jantung juga.

ikutan ngasih contoh ya... siapa tau dapet ide buat Ahnaf:

aina takut bayangan. berhari2 ga bisa tidur, karena ada lampu di luar kamarnya yang bikin bayangan di dinding kamar. siang2 juga kalo liat bayangan, freak out. jadi kita berusaha nerangin bayangan itu apa. ternyata susah ya, nerangin fisika ttg cahaya ke anak. cahaya kan aneh gitu konsepnya. jadi, aina gue ajakin main "shadow puppet"... bikin binatang2 pake tangan (anjing, soang, kelinci, etc). trus main senter. trus bilangin, kalo bayangan itu "baik", kita bisa pake buat main shadow puppet dan bikin shape lucu2.

trus, pernah juga, aina takut dokter. kalo dibilangin mo ke dokter langsung stres dan nangis. nyampe tempat dokter, langsung berenti ngelangkah, ga mau masuk pintu. kalo dipegang suster, langsung menjerit kayak kesakitan. jadi kita beliin mainan dokter2an. ada stetoskop, ada suntikan, macem2 deh. trus, kita main dokter2an. dia periksa mama, mama periksa aina. bolak balik, berhari2... periksa boneka2 dia juga. dua minggu kemudian kita ke dokter, ga takut lagi deh. emang masih ketar ketir, takut disuntik, tp ga histeris lagi. dia tanya2, itu dokternya pake stetoskop ya? aina juga punya... (trus dia keluarin, mo periksa dokternya). intinya, dia jadi tau itu benda2 aneh gunanya apa...

moga2 Ahnaf bisa "baikan" ama jantung ya...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

lega banget deh baca2 ttg phobia ini, aku pikir anakku doang yg aga aneh. hehehe alya ( 3.5 tahun) dari umur 2 tahun punya suatu ketakutan baru tiap bulannya, ada yg berhasil di taklukan ada juga yg tetep masi takut sampe sekarang, misalnya dulu kalo di mall ada acara di atriumnya trus ada orang pake mic, dia takut, tapi sekarang udah ga takut, trus sempet masa kalo udah mendung mau gelap udah jerit2 takut ada petir, skrg udah mendingan kalo ada petir dia cuma aga takut sedikit, kalo badut sampe sekarang masi takut juga walaupun udah mendingan. aga repot sih punya anak yg suka takut dan butuh kesabaran tinggi.
sempet diskusi juga sama psikolog, intinya ajarin atau kasi tau anak takut itu gapapa kok, boleh, tapi kita juga jgn hindarin anak dari rasa takutnya, hadapin tp sambil di 'peluk' gitu deh kira2. alhamdulilah skrg alya udah lebih berani. smoga membantu :)

6

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

waaahh..seneng bgt ada thread ini:)

anakku juga banyak banget takutnya... tapi phobia terbesarnya adalah API!! saking takutnya sama api setiap Ulang tahun dia ga mau ada acara tiup lilin, waktu rumah mati lampu dia juga parno bgt aku ga boleh nyalain lilin, waktu temen-temennya pada main kembang api, dia malah ngumpet didalem rumah, sampai2 waktu tahun baru ini dia ga mau keluar rumah karena banyak petasan dan kembang api dimana2....
oh iya, phobia dia ini dimulai (kayaknya) waktu jaman dia umur 1 tahunan dulu pernah trauma, jadi ceritanya krn waktu itu bulan puasa, aku beliin anakku kembang api air mancur, tapi ternyata salah beli (dan aku taunya pas udah dinyalain), waktu udah kita nyalain ternyata itu petasan, dan bunyinya kenceeeeeng bgt!! aku kaget, anakku apalagi. Semenjak itu dia trauma sama yang namanya kembang api, dan semua yang berhubungan dengan api.
Gimana ya caranya biar dia ga takut lagi.. aku takut phobia ini kebawa sampe dia gede. Udah berbagai cara aku coba biar dia ga takut lagi, tapi kayaknya belum sembuh juga...
ada usul ga ya moms & dads?

7

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

sebenernya rasa takut itu ada bagusnya. menunjukkan nalar si anak mulai jalan.
dari rasa takut itu, kalau dikelola dg baik bisa mengajarkan anak untuk lebih berhati-hati. misal, nggak nyebrang jalan sembarang, atau 'mencoba rasa obat nyamuk karena takut sakit perut'.
yang jelas jangan meremehkan ketakutan si anak, tapi sedikit2 beri dia pemahaman. mirip seperti cerita thelilsoldier di atas, anakku dulu takut laba2. tapi kita bilang, laba2 lebih kecil dari Alyssa. buat si laba2, alyssa itu seperti raksasa. jadi justru dia yg takut sama Alyssa!. akhirnya neng Al nggak takut lagi deh!

kadang kala, rasa takut itu juga cuma phase aja. sebaiknya nggak usah terlalu ngotot 'mengajarkan' dia untuk berani. intinya..-- here is the most common parenting advise -- sabar aja lah! hehehee

8

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

Bunda Jingga, waktu kecil wajah saya kesamber api, luka bakarnya masih nyisa dikit ampe sekarang. udah nanya2 dokter bisa ngga bekas2 luka bakar ini di laser atau apa gitu supaya hilang, jawabnya ngga bisa. scars-nya terlalu dalam. Nah sekarang saya memang was2 sama kompor gas dan petasan, tapi ngga sampe takut banget.

Mudah2an si dedek pelan2 bisa berdamai dengan api.. seperti kata fanny, sabar aja... :)

9

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

najla anak gue (1tahun, 9bln) juga sering punya rasa takut. ada masanya waktu balik dari liburan lebaran ke jakarta, dia jadi takuuuutt sama adults, kecuali yang dia kenal, kayak gue, papanya & nanny nya. selaen itu, kalo ketemu dia langsung ngumpet. kita sampe bingung ngeliatnya. liat cicak di dinding.. trus bilang.. ".. (t)aakuuutt.. ", sampe tetangga yang dia suka maen bareng, jadi takut2 gitu.

tapi akhirnya kita mencoba ngertiin aja. ajakin ngomong sama tetep di expose ama apa yang dia takutin. ajak ketemu orang. kalo dia terlihat takut, kita hanya megang tapi gak maksa dia mesti berani. so far, alhamdulillah works.

nah kalo buat anak kamu yang udah gede, mungkin bisa kali ya diajak ngomong. seperti yang mamas & papa udah pada bahas di atas.. mungkin bisa ditanya, kenapa dia takut ama jantung? apa yang bikin dia takut? trus kalo udah tau bisa dialihin kalo yang dia takutin itu gak mesti jadi hal yang menakutkan. more or less sama seperti yang thalia bilang. gue juga sering dapet insights untuk urusan takut2 ini dari thalia.. eheheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

anak gue (2 tahun 7 bulan) sekarang takutnya sama kecoa, petir, trus petasan/kembang api...

kalo kecoa, agak2 wajar ya, temen gue yang udah emak2 juga masih ada yang takut sama kecoa... gue sendiri takutnya sama ular... kalo petir dan petasan, mungkin gara2 suaranya... kalo ada salah satu dari itu, langsung gamau buka mata, minta dipeluk dan ngumpetin muka ke bantal atau dada yang meluk... sampe sekarang sih, ga pernah diapa2in... kalo dia minta peluk ya dipeluk, kalo ampe nangis ya ditenangin... udahnya paling dijelasin, kalo petir itu "suara awan yang bertabrakan" (minjem istilah neneknya)... kalo petasan itu sama kaya suara balon meletus... trus dibilangin gak usah takut, itu cuma suara aja...

kalo masalah kecoa, paling gue suruh bilang gini, "Hush, kecoa.... hush... jangan ganggu icha." Dia tetep gamau deket2 kecoa sih, tapi at least ga ampe nangis2 liat kecoa...

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

11

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

Bia , iya takut sama bunyi petasan ... mungkin karena bunyinya membuat kaget n keras bgt yaa... jadi pas tahun baruan lalu, Bia sangat tergannu bgt tuh sama pertunjukan petasan n kembang api , di meringkuk di dada gw muka taruh di ketiak gw ngumpet n jantung nya berderap kencang bgt " artinya takut banget " bahkan sampai mau nangis dan minta pulang :(
Agak sulit ya bilangin tentang hal ini biar dia nga takut , wong gw aja takut ma petasan hihihi , mungkin nanti kalo sudah besar bisa hilang sendiri yaa.

- Ferra, mama Bia -

Lady Mama from curly Bia and having a great jOb on promotion

12

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

Hwa seru juga baca2 berbagai phobia and trik2 ngadepinnya..
davina (21mos) mirip ama anaknya dina, dia takut kecoa sama petasan/kembang api juga...
kalau dia liat kecoa,dia pasti langsung naek ke tempat tidur ato minta gendong, dan dia gakan mau gerak kemana2 sebelum dia nyakin kecoanya dibunuh dan dibuang..dia slalu triak2 apu..apu..(maksudnya biar si kecoa dipukul pk sapu)...aga susah juga ngilangin rasa takut yg satu ini karena emang kecoa kan bikin geli hehehe..bahkan daddy-nya sendiri jg takut ama kecoa heheheeh..
Untuk phobia petasan n kembang api, alhamdulilah pas taun baru dah ilang...dia ga takut lagi, malah sekarang udah bs enjoy liat kembang api....ga tau knapa rasa takutnya tiba2 aja ilang..
Mungkin memang ada waktunya, anak2 akan berimajinasi sendiri, jadi rasa takut mereka bisa ilang timbul kapan aja...menurutku slama rasa takut itu ga menggangu perkembangannya dia atau dalam tahap2wajar siy dibiarin aja, yg penting kita slalu kasih dia support

davina biggest fans

13

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

thread lama, mudah2an masih ada yang sering mamir kesini yaa.. soalnya aku punya masalah phobia anak yg butuh sharing dr temen2 disini.

Jadi Davin (2y2m) takut sekali dengan cooton buds alias di bersihin telinganya dg cotton buds.

Dulu dr dia bayi sampai usia 1 tahunan lebih (lupa persisnya tp kira2 sampe dia usia 1,5 tahunan) Davin paling suka kalo lagi dibersihin telinganya pake cotton buds. dia bisa yang antengg sambil menikmati geli gelinya dibersihin. bahkan suka minta dibersihin padahal belum jadwalnya dibersihkan.

Nah .. someday entah kenapa si papanya membiarkan dia membersihkan sendiri telinganya sambil di awasi tentunya. katanya dia lebih bisa ngira2 sendiri .. eh tak taunya mungkin terlalu masuk ke dalam ato gimana dia nangis dan gak mau lagi sampe sekarang dibersihin telinganya.

even dia lagi tidur pun , langsung reflek ditutup telinganya sambil nolak gak mau.. kalo dipaksa dikit2 karena udah kotor bgt ujung2 nya pasti nangis ..

kalo gini gimana cara ngebalikin atau nyembuhin phobianya ya?

thx in advance

Baby's Stuff, Kiddo's Stuff n Mommy's Stuff ....
di DavaraShop

14

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

Davara,

wah kasihan yah Davin jadi trauma.
yang jelas, kalau anak emang betul2 ketakutan, jangan dipaksa yah, palingan dibujuk pelan-pelan. mungkin sambil ajakin dia bersihin kuping boneka/robotnya dengan cotton bud, main dokter2an, dsb..

eh sedikit OOT, sebenernya, setahu gue bersihin bagian dalam kuping itu nggak disarankan loh sama dokter krn bisa resiko infeksi telinga jd lebih tinggi dan cotton bud cenderung mendorong kotoran lebih dalam.
jadi kl mo bersihin kuping, lebih baik bag luarnya aja (daun telinga)

15

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

davara, samaan sama fanny, sebaiknya bersihin kuping itu cukup daun telinganya saja karena pada dasarnya kuping punya mekanisme sendiri untuk mengeluarkan kotorannya secara otomatis (pernah baca dimana gitu *emak-emak pelupa sumber ini*). Itu juga yang saya lakukan ke alin.

untuk ngurangin takutnya, selain diajak mainan barsihin kuping boneka, bisa kasih contoh mama atau papanya sambil sesekali tunjukkan ekspresi geli keenakan *kira-kira bisa kebayang kan ya...*.

cara gini pernah saya pakai pas alin luka di lutut, harus di kasih tensoplast tapi dia jejeritan ngeri, akhirnya saya contohin pake tensoplast di leher saya sambil geli-geli gitu supaya dia ketawa dan ga kepikiran perasaan ngeri-nya tadi.

-- alin's partner in crime --

16

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

fanny, bunda alin iyah kasiaan banget kalo pas liat dia megangin telinga gitu.

iya sih, aku juga pernah baca pake cotton bud kurang baik untuk membersihkan kotoran telinga. karena itu aku gak sampe masuk masuk banget ngebersihinnya.
Paling dalem cuman di lubang setelah bagian luar itu. Karena kalo lama gak dibersihin suka keliatan kurang bersih gitu warna telingganya *ups maap.

Anyway, selain pake cotton buds jadi ngebersihinnya pake apa ya ?

Baby's Stuff, Kiddo's Stuff n Mommy's Stuff ....
di DavaraShop

17

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

davara mungkin bisa pake kapas aja yang ditetesin baby oil, itu lebih works kok, karena cuma bersiin daun telinganya aja dan di luar2 kan?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

18

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

Slesta oh iya ya ... oke deh ntar sore mau aku coba ah .. thx slesta :)

update:

kemarin sore udah aku coba cara pakai kapas diolesin baby oil ke telinga Davin.

awalnya sih dia nurut ..tapi pas kapas menyentuh telinganya. langsung tangannya nutup telinga. hiks

Baby's Stuff, Kiddo's Stuff n Mommy's Stuff ....
di DavaraShop

19

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

Hikk Va' (16m) sekarang sedang dalam fase takut mati lampu (ini wajar si secara gelap) dannnnnnn....takut sama anak-anak yang sepantaran dia, huhuhuhuhu

Padahal kalau sama anak-anak yang agak gedean 3-5 tahunan gitu dia oke aja..tapi begitu deket sama anak 1-2 tahun dia sama sekali menjauh, dan kalau ada yang pengen main sama dia akhirnya nangis...hikssss

So far aku belum ketemu gimana ngatasinnya, paling kalau Va' sudah nangis dan ga mau lepas sama aku, aku cuma nenangin sambil bilang, kok nangis..kan lagi diajak main..yuk mama temenin main bareng-bareng...
Tapi belum berhasil, tetep aja ga mau deket-deket sama anak sepantaran dia... L(

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

20

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

Pinkmomma - Sama Ran, Allayna (23mos) juga gitu, lebih seneng maen sama yg anak gede, dibanding seumurnya, gw mikirnya apa anak umur segini lagi senengnya main sama kakak2 yg lebih gede ya, kalo sama seumur kaya berasa ga keren hehehe... *analisa yg aneh*

follow me @ulieeel

21

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

myallayna mengangguk-angguk setuju..iya..ya..mungkin biar keliatan keren :P (nginget-inget lagi ekspresi Va' waktu sama anak seumuran, sepertinya itu alasannya, ihhhh ga keren kamu kan masih kecil -dia ga sadar kalau masih kecil juga- hahahha)

Falling In Love with My baby ^^

@pnkmomma84
The Pinkypolka

22

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

Wah, saya pikir saya aja yang khawatir.

Anak saya kei (2 years) malah takut ama badut dan kembang api. Jadi kalo di ajak jalan-jalan ada badutnya dia bakalan minta gendong dan minta balik pulang ke rumah.

Padahal anak segini biasanya lagi suka foto-foto ama badut ya...:D

23

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

Mom, ada ide ga kalau anak phobia naik lift.

Menurut saya si awalnya adalah dari bayi kalau mau ke DSA selalu naik lift. Dan setiap ke DSA disuntik (imunisasi), jadi memang sejak bayi (3 bulan) tiap ke rumah sakit en masuk lift ya dia kejerrrrr, sampe masuk ruang dokter n diperiksa n akhirnya disuntik, ya nangis.
Akhirnya kita ngalah dech, kalau ke DSA naik tangga 3 lantai..hee. tapi begitu sampai tempat periksa ya nangis lagi..hihihi.

Nah, beberapa kali ke mall atau ke hotel atau perkantoran, kalau masuk lift (walaupun yang kaca bisa lihat luar), anaknya tetap nangis kejer ga mau stop, yang bener2 bikin keringat dingin dech kalau pas lantainya tinggi.., soalnya anaknya sampai meronta-ronta gitu...hiks. Oiya, anak saya sekarang sudah 17 bulan.

Gimana ya mom

24

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

ephie_donk dulu anak #1 saya juga takut banget kalau diajak naik lift,entah karena memang jarang pake lift jadi begitu baru antri udah berisik nangis2 aja. Tapi ternyata memang ketauan kalau anak saya ini takut sama ruangan sempit.

Sampai pada akhirnya sekarang 5y sudah berani naik lift dan malah happy banget. Butuh waktu lama sih untuk ngenalin naik lift,kira2 umur 4th nan baru mulai berani. Tetapi sampai sekarang masih suka cepat panik kalau ditempat sempit

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

25

Topic: Menghadapi Phobia pada Anak

cindy
Jadi, emang harus dibiasain ya mbak? Kita suka keder duluan si klo mau ngajak dia naik lift, nangisnya dan meronta2nya hebat :(