1

Topic: After Breastfeeding

dear mommies,

apa ada ya yang mengalami seperti gw, setelah melahirkan dan menyusui kok payudara jadi kecil huhuhu n turun nehh... kalo ada yg pernah mengalami juga, share dong bgmn cara mengatasi dan merawat supaya bisa kembali spt dulu??? heleppp

2

Topic: After Breastfeeding

Mom, asal sama bentuknya gpp toh hehehe..parahan saya.....Kalau saya payudara gede sebelah setelah menyusui karena baby Sarah lebih prefer nenen di PD sebelah. Jadi sebelah satunya lagi terpaksa di pompa :( hiks... Kembali ke semula ga ya?

3

Topic: After Breastfeeding

Hai mamas,
menarik nih bahasan nya.. Agar lebih general, diubah dikit judul topiknya dan dipindah ke room yang lebih sesuai yaa..

Yuk kita bahas segala sesuatu setelah masa menyapih. Persiapan mental, perawatan fisik, dan segala curhat2nya.. :)

To be honest, kok saya gak terlalu ngeh ya mengenai perubahan bentuk PD setelah menyusui.. heuheu... belum pernah kepikiran malah. Padahal sudah hampir setahun saya lulus menyapih ki-ka. So far concern saya hanya selalu memastikan tidak ada sisa ASI yang menggumpal. Jadi setelah sapih dipompa dengan frekuensi yang terus menuruh/makin jarang. setelah "kering" di massage ringan waktu mandi. Gak tiap hari sih. Dan tidak lupa "SARARI" wajib dilakukan untuk prevent kanker/tumor. Trauma karena pernah kena FAM.

Mama yang lain, ada yang bisa share perawatannya yang mudah dan gak ribet??

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: After Breastfeeding

nyimak aj dulu ya, msh breastfeeding, hehee.. hmm, bs mengecil turun ya? smga tidak, huhhu.. T_T..
oh ya.. @mba wiwid: stlh 1 thn menyapih msh pompa?? smp brp lama mompa trs??

5

Topic: After Breastfeeding

elinaong waktu abis menyusui anak pertama setelah 2thn, saya sih tidak melihat ada perubahan berarti ya. size kembali ke awal sih walopun memang gak se-tight dulu. tapi no significant issues.

sekarang lagi menyusui anak kedua yang baru berumur 14bln. perubahan terbesar adalah saya mulai rajin olahraga sejak habis melahirkan, dan badan pun menyusut banyak banget, akibatnya sekarang lingkar dada sih mengecil walaupun masih menyusui, cup juga mengecil tapi masih sama kayak sebelomnya. cuma memang lebih berasa kendor setelah anak 1thn dan udah ga terlalu penuh juga produksinya.

jadi saya sekarang tetap merawat dengan memakai supporting bra, pas lagi olahraga atau tidak. kayaknya baru bisa benar2 dirawat lagi setelah benar2 berhenti menyusui. dan saya belom bisa memberikan solusi juga sih masalah "kendor" karena saya masih merasakan apalagi kalo pas PD sudah "kosong" setelah selsai menyusui.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: After Breastfeeding

selly_03: waktu setelah berhenti menyusui, saya memang sempat pumping. Karena proses sapih saya seperti nursing strike gitu. Mendadak gak mau menyusu di usia ki-ka 20 bulan'an (kalo gak salah inget) hihihi... dan dalam waktu hampir bersamaan. Jadi agar tidak mastitis, saya pumping. Awalnya sehari 2x, trus sehari sekali, dan makin menurun jumlahnya, hingga berhenti pumping total. Hanya untuk memberikan signal ke tubuh kalo demand menurun saja.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: After Breastfeeding

iya yah mom, aku juga gitu, kalo abis di pompa, ko PD jadi turun.. :(
udah agak malu kalo diliat suami, hehehehheh...
gimana ya mom? ada olahraganya kah biar PD tetep kenceng kayak gadis dulu :P

bundanya si chubby anindya

8

Topic: After Breastfeeding

elinaong..gw jg ngalamin masalah yang kurang lebih sama, tapi justru kata nyokap karena gw males pake bra slama 3 bulan pertama menyusui. Nyesel juga sih, tapi mudah2an lewat olahraga bisa agak membaik.

SlesTa..bikin sirik deh..abis lahiran turunnya banyak. Gw perlu hampir dua taon buat ngilangin kelebihan berat saat hamil...

Kira Kara..gw sempet pake masker payudara..belum sempet liat hasilnya, udah brenti make karena ribet :(. Kayanya paduan olahraga dan cream payudara bisa membantu, ya?

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

9

Topic: After Breastfeeding

Buat ngencengin payudara, rutin melakukan gerakan seperti sit up, tp posisi berdiri dan tangan menempel ke dinding. Selain payudara, lengan pun ikut kenceng. 2 kali sehari selama 10 menit, sebelum mandi. Inshaa Allah manjur :)

10

Topic: After Breastfeeding

Hmm ikut nyimak krna msinmenyusui ,tp mom push up maksud nya kah ?sit up posisi berdiri gimana yah ...

:) Kenes Uletnya Dharmawan :)

11

Topic: After Breastfeeding

kanahayaku, iya, spt sit up tapi posisi berdiri tegak dan nempel bgt di dinding, soalnya pas gw nyobain, berasa banget otot2 sekitar payudara dan lengan ketarik, mungkin itu yang bikin kenceng kalo dilakukan secara rutin.

Makasih lho tips-nya kayopmet..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: After Breastfeeding

wah keren nih tipsnya kayopmet mau cobain ah!!

zata thanks to rutin lari dan olahraga nih ta. waktu anak pertama gue ogah2an soalnya olahraganya, kadang iya kadang enggak.. padahal udah diwanti2 ama dokter gue, yang paling efektif itu olahraga. makanya hamil kedua udah bertekat, mesti olahraga kalo udah brojol!! heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: After Breastfeeding

kayopmet gue juga sering gitu,kayak wall push up gitu kan ya? mayan sih jadi rada kencengan gitu,baik PD sama lengan

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

14

Topic: After Breastfeeding

mom kayopmet ,udah di coba bbrapa hari kemarin tips nya ..praktis dan kerasa banget di otot2 lengan sama pd atas (dan semoga tetep rajin d pratekin) :D

:) Kenes Uletnya Dharmawan :)

15

Topic: After Breastfeeding

sLesTa..bener bangett..gw udah nyoba segala hal dalam 'journey' gw mnurunkan brt bdn, emang terbukti banget, cuma atur makan dan olahraga yang paling efektif dan bertahan lama..

cyndy mah emang atlet hehehe..makanya lengannya keren gituuu ;p

eh tapi beneran ya, kalo hal2 spt ini dilakukan dng teratur dan konsisten pasti keliatan hasilnya *sebenernya ngomong ke diri sendiri hehehe*

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

16

Topic: After Breastfeeding

hermes birkin
lacoste outlet
jimmy choo shoes
kyrie 4
jordan 12
hermes handbags for sale
canada goose
adidas shoes outlet
mbt shoes online
off white clothing
nike air max
vapormax
yeezy boost
coach outlet
hermes belt
kd shoes
goyard
nike flyknit racer
michael kors outlet online
valentino
nike air force 1
fila
jordan 11 retro
lacoste polo
golden goose outlet
ralph lauren uk
adidas tubular
nike react
nhl jerseys
cat boots
kobe sneakers
adidas yeezy
golden goose sneakers
lacoste outlet
off white hoodie
tory burch
michael kors handbags
goyard bag
fila sneakers
golden goose outlet
hermes handbags
asics running shoes
yeezy
moncler jackets
nike react
air max
cheap jordans
pandora jewelry
yeezy boost 350
stephen curry 5
kate spade handbags
lebron 11
hermes handbags
kyrie 4 shoes
ferragamo belts
timberland boots
yeezy boost 500
bape hoodie
converse outlet
yeezy boost
michael kors handbags outlet
adidas nmd
nike huarache
golden goose outlet
adidas pure boost
nike epic react
adidas stan smith
lebron 15 shoes
kobe 11
ysl
fila
adidas nmd r1
paul george shoes
michael kors
nike air max 90
cheap nfl jerseys
kobe 9
adidas crazy explosive
coach factory outlet
off white nike
balenciaga
adidas tubular shadow
tory burch sandals
lebron 10
fila
coach outlet
curry 4 shoes
adidas outlet
yeezy boost
nike air max 2018
chrome hearts online
fake rolex watches
hermes bags
air max 2019
offwhite
fila shoes
fitflops sale clearance
hogan outlet
kobe shoes
michael kors handbags
lacoste polo
kyrie 3
adidas shoes
adidas yeezy
adidas nmd
off white jordan 1
yeezy
moncler jacket
golden goose
adidas yeezy
moncler jackets
air force 1
fila shoes
jordans
iniki
cheap nba jerseys
michael kors handbags
supreme hoodie
cheap jordans
nmd
golden goose sneakers
calvin klein outlet
lacoste online shop
nike foamposite
michael kors handbags
nike air max 2017
yeezy boost 350 v2
nike kd 11
nike hyperdunk
lebron shoes
yeezy boost 350 v2
jordan 11
kevin durant shoes
basketball shoes
christian louboutin
yeezy shoes
yeezy boost
zx flux
nike shox
adidas tubular
michael kors outlet
crazy explosive
mbt shoes
vans outlet
adidas tubular
nike air max
yeezy boost 350
air jordan
100% real jordans for cheap
nike epic react
harden shoes
cheap jordans
jordan shoes
goyard handbags
adidas stan smith
golden goose
yeezy boost 350
lacoste polo shirts
fila shoes
hermes online shop
longchamp bags
birkin bag
michael kors handbags
yeezy 500
jordan 4
longchamp handbags
balenciaga triple s
fake rolex
air max 90
nmd
kyrie shoes
michael kors factory outlet
lebron james shoes
jordan shoes
nba jerseys
polo ralph lauren
golden goose sneakers
yeezy boost 350
yeezy shoes
adidas nmd
jordan shoes
nike sneakers
longchamp handbags
off white
kobe 11
jordan retro 12
adidas stan smith sneakers
cheap nba jerseys
coach factory outlet
nike max
jordan retro
nike lebron 16
canada goose jacket
russell westbrook shoes
jordan shoes
converse outlet store
yeezy boost
coach outlet
off white clothing
yeezy boost 350
red bottoms
michael jordan shoes
kd 10
yeezys
balenciaga shoes
air max 2018
golden goose
longchamp bags
mbt shoes outlet
yeezy boost 350 v2
yeezy shoes
nike cortez
michael kors handbags
nike flyknit
yeezy shoes
off white
nike roshe run
adidas superstars
goyard handbags
chrome hearts
air jordan 4
ferragamo belt
air jordans
balenciaga shoes
nfl store
cheap mlb jerseys
nike air max
hermes handbags bag
lebron 16
adidas eqt
yeezy 500
cheap jordans
adidas ultra boost
lebron 15
moncler outlet
coach outlet
yeezy shoes
off white hoodie
hermes outlet online
hermes belt
chrome hearts
michael kors purses
birkin bag
adidas outlet online
adidas ultra
yeezy boost 350
yeezy boost
coach outlet sale
chrome hearts outlet
gucci belts
golden goose
fake rolex
ultra boost
nike polo shirts
calvin klein outlet online
jordan retro 6
supreme hoodie
air jordan 13
hermes belt
kobe shoes
adidas eqt support
adidas nmd runner
kd 11 shoes
balenciaga sneakers
curry 4
kyrie irving shoes
mlb jerseys
coach handbags
pure boost
air jordan
longchamp
gucci belt
lebron 16 shoes
ralph lauren uk
kd 11
tory burch outlet
jordan sneakers
golden goose
nike shoes
goyard bags
retro jordans
coach outlet online
curry 4
fila disruptor
louboutin shoes
balenciaga
hogan outlet online
michael kors outlet
jordans
michael kors outlet online
james harden shoes
nike air max 270
golden goose sneakers
baseball jerseys
yeezy boost 350 v2
adidas iniki
coach outlet online
kobe byrant shoes
bape hoodie
red bottom shoes
goyard st louis tot
fila
lebron 16
curry 5
off white clothing
golden goose outlet
kd 11
lebron 16 shoes
goyard handbags
nike cortez men
nike sneakers for men
goyard
red bottom heels
adidas shoes online
nfl jerseys
adidas yeezy
yeezy boost 350
jordan 6
kobe 9
louboutin shoes uk
nike jordans
replica rolex
balenciaga
kd shoes
kd shoes
nike basketball shoes
chrome hearts
westbrook shoes
golden goose
michael kors outlet online
tory burch shoes
rolex replica
yeezy boost 350 v2
ysl handbags
golden goose outlet
Kanye West shoes
adidas superstar
yeezy boost
air yeezy
longchamp outlet
michael kors outlet
goyard bag
hermes belts for men
off white x jordan 1
nike vapormax
nike air max
kobe basketball shoes
valentino shoes
nike sneakers for women
off white
reebok shoes
reebok outlet
adidas yeezy boost
yeezy shoes
caterpillar boots
nike air force
adidas ultra boost uncaged
lacoste
jordan shoes
lacoste polo
adidas stan smith shoes
michael kors outlet
supreme clothing
adidas gazelle
timberland outlet
lebron shoes
asics shoes
michael kors uk
nike air max 2019
michael kors outlet
yeezy boost 350 v2
balenciaga shoes
nike huarache
birkin bag
yeezy 700
fitflops
retro jordans
yeezy boost 350
goyard bags
off white shoes
yeezys
michael kors outlet
ferragamo belts
vans shoes
lebron 16
adidas ultra boost
yeezy boost 700
pandora bracelet
air max 270
nike roshe
goyard wallet
ferragamo belt
off white shoes
nike shox for men
jordan 13
chrome hearts online
yeezy boost 350
jordans
fila shoes
nike polo
michael kors
coach outlet sale
adidas zx flux
birkin bag
nike air huarache

Topic: After Breastfeeding

Coba konsul ke Halodoc deh mom. Nanti bisa dikasih saran yg paling tepat sama dokter biar bentuk payudara bisa kembali seperti semula. Semoga membantu ya mom.