1

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

Sebenernya di general parenting udah ada thread ' Sex Education - When and How?' tapi ini lebih kepada kapan mulai mengenalkannya dan bagaimana cara mengenalkannya. Gw sudah melewati itu dan sekarang gw sangat ingin share sekaligus mencari informasi tentang bagaimana jika anak sudah mulai memasuki masa remaja? (anak gw 10 tahun 4 bulan). Gw kutip tulisan gw dari thread di atas ya:

"Nahhh..soal pengenalan body parts selesai, sekarang gw lagi ngalamin fase di mana anak cowok gw udah mulai terangsang liat gambar cewek seksi huhuhuuu...sedih, takut, agak denial, tapi itu memang fase yg harus diadepin yaa?? gw sampe lemes pas liat history di PC rumah (meski pun gak smua konten bisa dibuka tp gw shock aja ngeliat bbrp keywords-nya). Suami gw malah usil ngeliat gw panik, dia malah becanda "liat sisi positifnya dongg, berarti kan dia cowok normal.." ahahaha..lucu. Gw gak komen, cuma gw bilang sama suami gw utk segera kasih wejangan ttg hal itu agar si abang bisa melewatinya dengan baik dan normal dan ngga salah langkah (lebay gak siy gw?)."

Urban mamas, papas, share dong cara2 menghadapi hal spt ini. Teori sih sptnya gampang dicari, dari buku dan internet, tapi kan tidak semua bisa diterapkan ke anak kita. Jadi, mdh2an kalau sharing-annya berdasarkan pengalaman (pribadi, ponakan, anak temen, dll) kan akan lebih relevan.

ditunggu ya...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

2

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

huaaa, baca ini jadi merinding sendiri... hu hu hu. blum sampe situ sih, jadi ga bisa ngasih input ya.

tapi kayaknya karena anaknya cowok, mending yang ngobrol suami kali ya?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

emang blum banyak yang ngalamin sih kayaknya..jadi merasa tua hehehe *bcanda, aslinya mah brasa forever 20*

Iya Thal...emang ayahnya nih yang janji akan ngomong ke si abang, tapi ditunda dulu sampe besok krn masih suasana libur..nanti gw share lagi deh ya ttg reaksi dia saat dikasih wejangan sama bapaknya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

4

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

iya ta. kabarin ya... soalnya pengen tau juga sih, hihihi.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

OMG.. Zata..
gue ikut merinding sendiri bacanya..
haha..

it's a normal process tapi tetep ya rasanya we want them to stay imut imut hihi

Kalau di sini, pendidikan seks yg resmi diadakan di sekolah waktu kelas 5 SD. katanya cukup gamblang but beautifully made (katanya..)

gue sendiri deg2an apalagi di sini kan lebih 'bebas' ya.

6

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

akhirnya nemu thread yang ngomongin soal sex education. kebetulan saya di Banyuwangi sedang garap program penguatan pendidikan kesehatan reproduksi untuk remaja. tapi saya belum faham bagaimana mengenalkan ttg sex education untuk anak2, secara di Banyuwanngi tiap hari koran lokalnya menyuguhkan berita2 pelecehan seksual pada anak dibawah umur. malah kemarin ada anak umur 12 tahun di penjara krn melakukan pelecehan seksual pada anak umur 5 tahun tetangganya sendiri, katanya si pelaku ini sering nonton video porno. kl menurutku memang anak harus dikenalkan bahwa tubuhnya adalah miliknya sendiri, jd jangan ada orang lain yang boleh memegangnya sembarangan. menanamkan pengetahuan seks sejak dini adalah pilihan yg bagus, kita memberikan pengetahuan ini agar mrk tidak merasa bahwa seks adalah hal yang tabu.

Be Best for My Kid

7

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

fanny...di sana lbh bebas tapi di satu sisi kayanya sex education-nya jg lebih jelas ya, maksudnya, kan kalo disini masih banyak yang risih untuk kasih sex education dan malah bikin anak2 salah kaprah ttg sex..
Eniwei..anak gw baru kelas 4 dan memang belum dapet pelajaran ttg itu di sekolah, jadi gw dan suami mulai nyicil ngasih edukasi ke dia..

zulfi..nanti share ya kalo programnya udah jalan. Iya tuh serem banget kejadiannya. Dan kejadian2 spt itu banyakkk banget, cuma karena mereka masih kecil2, jarang diekspos, entah keluarganya yang malu, atau sengaja ada yang nutup2in. Gw pernah baca penelitian seorang psikolog tentang beberapa sekolah dasar di daerah depok, wuiihhh seremmmm banget, salah satu kasusnya ada anak cewe kelas satu es de yang bertingkah spt org dewasa, kalo ngeliat cowok dewasa (guru2) bawaannya 'gatelll' aja, trnyata krn paparan ttg sex pd anak tsb dimulai terlalu dini dan dng cara yg salah. Hal itu sempet bikin gw bete beberapa hari karena kepikiran terus..
makanya, gw ngedukung banget kampanye2 pendidikan sex yang baik dan benar demi generasi muda kita ya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

8

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

Mau update ah..
Swami gw udah bicara hati ke hati dng anak gw. Dan gw pikir dia akan malu, trnyata reaksinya ngga se-denial yg gw bayangin. Dia cuma ngangguk2 waktu suami gw nerangin bhw ada hal2 yg sbaiknya dia lihat kalau sudah dewasa. Swami gw jg ngga menekan dia, jd anak gw jg ngga defensif. Dia malah cerita kalo bbrp temen yg suka pinjem tablet dia dan buka2 gambar cewek2 sexy, kalo dia cuma ikut2an liat dan merasa seru juga katanya (mungkin maksudnya horny kali ya, tp dia ngga nyadar dan blum tau ttg prasaan spt itu). Swami gw nerangin ke anak gw bhw adakalanya, krn kita sharusnya blm mengkonsumsi hal2 spt itu dan blm siap, hal itu bisa menjadi masalah bwt kita, misalnya jd ketergantungan, pengen liat terus, gak konsentrasi blajar, dll. Singkatnya dia bisa nerima wkt suami gw ngelarang dia utk buka2 situs, gambar, dll, yg menjurus, dan anak gw setuju. Ahhh..leganya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

9

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

Zata...kalo masalah tua masih aku pemenangnya hehehe, secara sulungku cowok sudah kelas 9, tengahku kelas 5 dan baru dapat haid pertamanya...
iya ngeri liat berita sekarang, banyak pelecehan seksual pd anak dan oleh anak. Dan pernah mengalami pengalaman seperti Zata, liat history di laptop si mas dan si mbak...takuut. untuk si mas tugas ayahnya untuk mendekati dan memberi wejangan, dan si mbak tugas ibunya. Dan si ayah malah memberi tugas untuk ikut mengawasi laptop si adik. Prinsipnya sama dengan cara Zata, anak kita ajak bicara dan kita beri pengertian dan pengetahuan dan juga berdasarkan ajaran agama kami. Dan paling pokok JANGAN MARAH, karena memang mereka belum tahu dan pingin tahu...kita orang tua yang mengarahkan.
Tapi bagaimana memberi sex education yang benar dan tepat pada anak-anak dan remaja ya...secara masih terkaget-kaget dan gagap. Mohon sharingnya...

10

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

wah gue baru buka thread ini dan ini diskusi yang menarik. walopun deg2an baca ceritanya zata, tapi gue penasaran. penasaran karena pengen bisa lebih awal belajar tentang ini. time flies by so fast, gak kerasa anak2 udah akan nyampe di umur yang ternyata mereka mulai tau tentang hal2 ini.

kadang baca kayak ada pelecehan seksual pada anak2 kecil, dan umurnya masih 5thn, trus mikir.. itu kan seumuran anak gue? anak gue aja gue ngeliatnya masih kayak anak bayi.. kok bisa2nya jadi victim, worse, kadang ada berita yang bilang malah si anak juga yang melakukan. gimana caranya?? huhuhuhuuu bingung!

jadi buat yang anak2nya udah pada gede2 dan melewati tahap ini, sharing yaa.. biar jadi pembelajaran buat kita2 yang bakal ngalamin in 4-5 years.. hopefully longer heheh..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

mamashofi..toss dong hehee.. Iya ya, di dasar hati yang paling dalam kita tau fase ini akan kita hadapi, tapi pas udah di depan mata, rasanya gimanaaaa..gitu.

iya sLesTa..kalo baca berita di media ttg pelecehan, lemes dengkul gw, dendem juga ngebayanginnya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

mamas mo sharing nih, aku tinggal di pesantren sdh satu tahun ini agak gencar kampanye tentang sex education lebih tepatnya lagi tentang kesehatan reproduksi untuk para santri yang notabennya adalah remaja. secara para santri itu kan pada jauh dari ortunya. biasanya kita ngenalinnya dimulai dengan body parts of reproductive. jd gk boleh bilang lagi burung dll tp musti correct "penis", begitu juga sebaliknya yaitu vagina bukan sebutan yg lain :-). materi selanjutnya adalah pubertas,tanda2 pubertas seperti menstruasi, mimpi basah dan perubahan fisik. lalu dijelaskan juga kl msk masa puber pasti akan muncul namanya dorongan seksual dan orientasi seksual dan bagaimana mengelola itu menjadi hal yg positif. materi tambahannya biasa tentang IMS, contohnya HIV Aids dll.walaupun di pesantren masalah beginian juga sama syeremnya dengan yg ada diluar.
tapi itu kan untuk remaja ya. kl untuk anak kecil pengenalannya gimana ya?
thenkie mamas

Be Best for My Kid

13

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

Mama Zulfi dan mamas lainnya, kalau di sini, anak anak sudah mulai dikenalkan dengan pendidikan seksual sederhana saat kelas 4 SD, dimana topik ini merupakan salah satu sub tema pelajaran MNK (Mensch, Natur, und Kultur = Manusia, Alam, dan Kebudayaan).

Tematik Sexualkunde yang diajarkan semisal:
- perbedaan antara anak laki2 dan perempuan (dari fisiknya)
- perubahan yang akan dialami dari anak anak ke wanita/pria dewasa (perubahan bentuk fisik, red)
- kapan waktu pubertas dan apa yang terjadi
- tubuhku milikku: pentingnya melindungi tubuh dari hal hal yang tidak diinginkan
- alat kelamin dan reproduksi
- proses kehamilan (biasanya akan ada list pertanyaan ttg kehamilan ini dari anak pada ibunya :)) dan perlindungan kehamilan

Bagaimana metode penyampaiannya? biasanya bervariasi dari sekolah ke sekolah, pun dari guru ke guru. Ada model pembelajaran yang membuat "kaget", ada yang "aman aman saja". Alhamdulillaah, 3 kali saya mengalami anak yang belajar sexualkunde sederhana ini (saat ini anak kami sudah kelas 9 (l), 7(l), dan 5(p)), guru guru mereka sebelumnya akan menghubungi kami orang tua mengenai literatur yang akan mereka gunakan sehingga kami sebagai orang tua bisa membahas dan mendiskusikannya lebih lanjut di rumah (dan memasukkan nilai religi yang kami yakini ke dalamnya).

Kalau buat kami pribadi, pengenalan seksual sederhana sudah kami mulai saat mereka balita dan berproses sesuai dengan usia mereka. Tematik semisal pengenalan perbedaan alat kelamin laki laki dan perempuan dengan mengenalkan nama sebenarnya; pengajaran pentingya melindungi tubuh mereka ; pengenalan bagian tubuh yang boleh disentuh orang lain dan mana yang tidak boleh; pembedaan mana sentuhan yang wajar dan tidak wajar etc. kami sampaikan secara bertahap dengan disertai proses diskusi dua arah. Sehingga saat kelas IV mereka mendapatkan tema Sexualkunde spt itu, mereka tidak lagi kaget. Kami pun biasanya memantau tematik yang diajarkan melalui pertanyaan2 ringan sepulang sekolah mereka dan berusaha kembali mendiskusikannya sesuai dengan ajaran agama yang kami yakini. Dukungan dari guru rohani anak anak di mesjid kota kami pun makin membantu anak anak memahami tematik yang sensitif ini.

Bila ada yang tertarik sedikit mengetahui apa yang dibahas di Sexualkunde di kelas IV di kota kami, mungkin bisa menengok link di bawah ini, namun mohon maaf sebelumnya, hanya tersedia dalam bahasa lokal :(.

http://www.youtube.com/watch?v=xYpBryTC5Co

http://www.planet-schule.de/wissenspool/du-bist-kein-werwolf/inhalt/sendungen.html

Semoga sedikit membantu ya mamas :)

14

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

maaf mbak agak gak nyambung pertanyaannya, mbak ina tinggal dimana ya? wuihh keren ya kelas IV udah diajarin ttg seksualitas..

Be Best for My Kid

15

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

kalo liat dari bahasanya sepertinya di Jerman ya Inayati?

di luar memang pendidikan seksual dimulai di usia yang cukup dini tapi menurut gw pribadi memang itu lah yang dibutuhkan mengingat perkembangan anak sekarang kan cepet banget..

makasih share-nya ya Ina..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

16

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

zulfi zumala wrote:
mbak ina tinggal dimana ya? wuihh keren ya kelas IV udah diajarin ttg seksualitas..


mama zulfa, untuk sementara di 16 th terakhir sy tinggal di negaranya kesebelasan Bayern Muenchen nih :D. hehehe, Sexualkunde di kelas IV SD memang membantu tapi teteup harus ada penetralisasinya di rumah eui :D

17

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

ZataLigouw wrote:
kalo liat dari bahasanya sepertinya di Jerman ya..di luar memang pendidikan seksual dimulai di usia yang cukup dini tapi menurut gw pribadi memang itu lah yang dibutuhkan mengingat perkembangan anak sekarang kan cepet banget..makasih share-nya ya Ina..


sama sama jeng :). sy senang bisa juga bisa dapat ilmu banyak di thread ini :). beneur banget, bahasanya Jerman memang krn sy msh tertahan di sini :).

setuju banget juga, pendidikan seksual dari dini memang perlu dilakukan. tapi ya itu deh, kalau di sini, bagaimana pengembangan materi dan metode nya banyak tergantung dari kebijakan si pengajarnya sendiri. krnnya, trully, sy tetap menganggap peran dan intervensi kita orang tua agar anak anak memahami tema ini secara komprehensif dan "benar" (menurut subjektif kita) amatlah perlu.

sekedar tambahan, di beberapa forum orang tua di web, sy pernah membaca orang tua (penduduk asli) yang terkaget2 krn saat pertemuan ke-2 sang anak membawa oleh oleh informasi "ooh mama, jadi kalau seseorang yang lesbian menggunakan l***h untuk pemuasan kebutuhan s*****l nya ya?"...then, setelah pertemuan ke sekian, si anak juga pulang dengan membawa oleh oleh "mama, tau ngga, k****m itu jadinya bisa digunakan supaya ndak h***l, krnnya itu harus dipakai saat berhubungan s*****l. trus kalau buat anak perempuan, makanya perlu ke dokter ginekologi saat udah dapat menstruasi supaya bisa dapat pil kb agar ndak h***l!".

hmm..kebayang eui, bila ada guru yang menyampaikan tambahan materi seperti ini, pr nya juga cukup berat bagi orang tua karena dengan dg hadirnya informasi ini (yg sebenarnya merupakan pengembangan materi dasar), maka kita harus siap dengan cara yang bijak mengarahkan informasi yang telah didapat sesuai dengan apa yang kita yakini benar.

semoga sharingnya sedikit bermanfaat ya :).

18

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

wah di tempatnya Bayern Muenchen ya. maaf mbak saya gak bs bahasa Jerman jadi g tahu :-). wah keren sekali ya sejak dini sdh dikenalkan tentang seksualitas, pubertas dll. makasih mbak Ina untuk informasinya.di indonesia masih terbentur kata2 "tabu". saya aja dibilang liberal waktu nyampein materi ini di pesantren. iya bener banget tetep peran orangtua tetap penting. btw, boleh si share dung cara2 pembelajaran dirumahnya untuk pendidikan kespro ini?.

Be Best for My Kid

19

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

wuah..informasi yg diberikan ke anak lengkap juga ya Inayati, kebayang kalo ortunya nggak siap malah panik denger anaknya dapet informasi yang sejelas itu dari sekolah hehe..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

20

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

zata,
seru ya, punya anak abg.
selama ini gw banyak share sama abang2 gw, krn mrk pny anak2 abg laki-laki & perempuan, kelas 5 & 6 SD.

bahkan, anak abang gw yg laki-laki kls 6 SD, bilangnya sudah punya pacar (hwaaa..).

Abang gw sih gak marah, tapi gak support juga. karena serba salah kalo dia marah atau "sok mendukung".

yg abang2 gw lakukan adalah, ngajakin ngobrol. gak ngobrol khusus gitu, ngobrol biasa aja, kykngobrol2 saat perjalanan di dlm mobil, atau ngobrol2 pas abis makan malem sambil nonton tv, santai2 gitu.
tapi lebih difokuskan sama perkembangan anatomi dan hubungan sosialnya.
misalnya:
dari anak-anak bayi, abang & ipar gw biasa meriksa gigi & mulut, dan badan (krn biasa mandiin), misal ada gigi goyang, atau ada bentol bks gigitan serangga, dll.
nah saat mulai besar jg diperiksa/ ditanya, suara yg mulai berubah, tumbuh jakun, penis membesar, mens, bulu kemaluan, apakah ada keputihan/ mens, dll..lebih ke masalah kesehatan & tumbuh kembang.

ttg pacaran, abang gw tanya knp kk suka sama si X biasanya krn penampilan fisik. misalnya si X kulitnya putih, hidungnya mancung dll. hal ini wajar, krn anak laki2 mulai tertarik scr fisik krn tubuh anak perempuan yg juga berubah.
liat2 gambar cewek sexy jg gpp sih, asal gak jadi obsesif atau kecanduan.
tp ngeliat gambar2 gt kan mmg menyenangkan, jd harus dibikin aktif. hrs adakegiatan kayak olahraga atau musik. jd gak banyak waktu utk iseng browsing2 gambar gituan juga.sesekali wajar.

abang gw jg ngasih tau ttg nilai2 yg berlaku di keluarga/ masyarakat.misalnya anak SD pacaran/ suka liat gambar2 cewek sexy itu akan dicap sbg anak yg kurang baik. jd anaknya jg jd ngerti batasan, ada rasa malu - tapi bukan utk mempermalukan. lebih diarahin untuk bersahabat, dan mengagumi teman lawan jenis krn temannya itu bersikap baik, bukan hny krn penampilan fisik.

lagi pula, pacaran versi mrk tuh cuma gitu2 aja koq, cuma saling tertarik krn si X cantik & pinter, ya sebatas mengagumi gitu. krn kan scr anatomi mrk lg ngalamin perubahan2 ya. something new aja jd penasaran.
jd mmg hrs banyak ngobrol krn mrk lagi ngalamin banyak perubahan fisik & mental.

yg gw tau sih abang gw pernah kasih tau anaknya kalo pacaran itu adalah proses kalo kk mau menikah dan punya anak. lbh nekenin kalo yg kk hadapi skrg itu persahabatan sama lawan jenis yg sikapnya baik - yg kebetulan cantik hihihi, dgn bersahabat kk jd lbh bisa saling sayang & melindungi.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

21

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

setuju sama cara kaka lo Ka. Emang kayaknya yang paling aman kalo situasinya spt itu, ya ngga ngelarang, tapi juga ngga mendukung. Masukin pesan2 juga lewat obrolan, bukan lewat nasehat yang terlaku keras atau bahkan ultimatum.

Suami gw juga bilang ke si abang kalo di masa dia sekarang ini memang sudah masanya untuk tertarik dengan lawan jenis secara fisik dan secara pribadi (baik, pinter, ramah, dll), jadi itu normal kok dan namanya bukan pacaran, tapi teman dekat hihihi..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

22

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

iya ka, cara penyampaian informal juga penting banget utk menyampaikan informasi ttg tema ini spy masuk ke mereka :). yg penting juga, kita as orang tua ndak usah kaget atau pasang muka aneh kalau anak menyampaikan ke kita ttg apapun, semisal, perubahan perkembangan tubuhnya atau apapun yang berhubungan dg hal privatnya, ditanggapi scr natural ajah :).

23

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

Semalem gw abis ngobrol sama sepupu yang juga punya anak kurang lebih seumuran sama anak cowo gw-lebih tua dua tahunan deh. Ada hal yag sangat bagus dan menurut gw bisa jadi masukan buat kita semua saat dia cerita ttg bagaimana dia berkomunikasi dengan anak cowonya yang sudah kelas satu smp itu mengenai hal yang berbau seks.

Saat dia merasa waktunya tepat dan nyaman buat si anak, dia ngajak anaknya ngobrol santai, dialognya kurang lebih gini:
S(epupu): Ka.., ngomong2 kamu udah pernah liat gambar yang jorok2 ngga? (si anak sudah kls 1 smp, sdh tau yg dimaksud jorok disini apa)
A(nak): udah..
S : di mana?
A : awalnya enggan menjawab, tapi saat melihat wajah sepupu yang santai akhirnya bilang: di rumah temen..
S : di komputer?
A : nggak, di henponnya dia..
S : gambarnya kaya gimana?
A : (malu2) cewe lagi isep itunya cowok, tapi kartun sih mah, bukan beneran..
S : (agak shock tapi brusaha keliatan normal) ooo..gitu ya.. Sering liat gitu2an?
A : nggak ma.., baru sekali..
S : ya udah, ngga apa2. Mungkin kamu udah tahu bahwa hal seperti itu nggak boleh dilihat, apalagi sama anak yang masih seumuran kamu. Tapi mama mau ingetin lagi, bahwa yang kamu lihat itu hanya boleh dilakukan oleh orang dewasa, itu juga yang sudah menikah lho..
A : iya, aku tau..
S : alhamdulillah kalo kaka udah tau. Kalo ada apa2 yang kakak kurang ngerti atau penasaran, kakak tanya ke mama atau ayah aja ya. Nggak apa2 kok ngobrol2 seperti ini, soalnya kamu kan juga sudah mulai gede..

Gw seneng dengan cara sepupu gw yang membuat si anak merasa nyaman dan merasa diperlakukan sbg anak yg sudah besar, yang sudah punya banyak pengetahuan, dan menurut gw ini bikin si anak merasa pede dan nyaman saat berkomunikasi dengan orangtuanya. Jadi kalau nanti ada apa2, diharapkan dia tidak akan segan untuk bertanya ke orangtuanya meski pun mungkin agak risih..

hmm..gw juga harus bisa nih ngobrol sama si abang spt itu, biasanya gw nyerahin ke suami karena gw sendiri merasa risih heheh..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

Topic: Pendidikan Seks Pada Remaja

Pas keponakan baru ngalamin ini, jadi panik sendiri gimana njelasinnya dengan baik hahaha. Syukurlah dibantu banyak sama tim psikolog di Halodoc, tempat curhatku soal remaja. Banyak dibantu juga soal sex education buat remaja yang juga penting. Punya anak asuh remaja memang ga gampang ternyata.