1

Topic: Oleh-Oleh Seminar

Moms,

tanggal 6 April yl, ikutan seminar parenting-nya Yayasan Kita & Buah Hati bersama Ibu Elly Risman. Banyak hal "menohok" yang disampaikan oleh Ibu Elly.

Pingin banget ada sharing dari seminar2 yg mommies ikutin, baik seminar parenting or kesehatan anak. Soalnya gak semua seminar terinfo-kan, juga gak semua bisa diikuti. Pernah daftar seminarnya Ayah Edy, udah bayar, eeh.. pas hari H Raf sakit. Jadinya angus deh tiketnya...:( Namanya belajar jadi ortu, kan gak ada sekolahnya :)

Mamods, seperti biasa, kalo udah ada thread-nya, monggo digeser yah...

Seminar Elly Risman yg gw ikuti, cukup singkat, hanya setengah hari aja. Topiknya waktu itu "Kemana Tujuan Pengasuhan Kita". Ibu Elly karena muslim, jadi beberapa materinya berpijak pada agama Islam. Tapi yang gw suka, Ibu Elly bisa menggabungkan antara agama dan science secara masuk akal (rasional). Misalnya, kenapa anak dibawah 7 tahun gak bole dimarahi (maksdnya ditegur keras gitu ya mom), ternyata sampai anak usia 7 thn, struktur otaknya msh terus berproses menyambung, bagian otak yang berkaitan dengan logika (cortex)belum tersambung secara sempurna. justru bagian otak yang namanya limbik, yang berkaitan dengan rasa yang lebih dulu nyambung. makanya s/d 7 tahun yang dibutuhkan anak adalah full kasih sayang, rasa senang (bermain & eksplor). Ini kayaknya nyambung dengan buku Orang Tuanya Manusia karangan Munif Chatif yang pernah gw baca, bahwa tahapan perkembangan anak terjadi tiap 7 tahn, dimana 7 tahun pertama adalah masanya anak menjadi "raja". Raja dalam artian anak betul2 dilimpahkan kasih sayang (bukan dimanja). Sehingga, kalo suskes di 7 tahun pertama kehidupan anak, maka memasuki 7 tahun berikutnya ortu gak akan menemukan kesulitan yg berarti. gak ada yg namanya remaja nakal kritis jati diri gitu... *CMIIW.

aniway, balik lagi ke seminar Ibu Elly, mengasuh anak laki dan anak perempuan itu beda, again karena struktur otaknya beda, tanggung jawab dan fitrahnya beda, fungsinya dalam keluarga juga beda. Mengasuh anak laki lebih susah, karena secara fisik otak laki2 dipenuhi hormon testosteron yang merupakan sasaran empuk pornografi...**duh.

Suami dan istri harus merumuskan tujuan pengasuhan dan kesepakan bersama dalam menjalaninya. At the end, anak laki diharapkan bisa menjadi suami & ayah yang baik, bisa menafkahi keluarga, mengayomi orang tua, mendidik istri dan anak, juga pendakwah. Bukan hanya mendidik dari sisi akademis ajah. Ibu Elly prihatin karena angka perceraian di Indonesia tinggi, padahal anak2 indonesia sekarang nikah gak ada yg dijodohin kok...

Di akhir seminar, Ibu Elly cerita tentang anak laki2 umur 14 thn yang menjadi Imam sholat jenazah untuk bapaknya yang meninggal. pada akhirnya, anak yang sholeh dan mendoakan ortu-nya yang lebih utama....

Kira2 gitu moms...

Bole share kalo ada yang lain ya...

uminya Rafisqy Raefal

2

Topic: Oleh-Oleh Seminar

wuahhh..ide bagus Mir.., ini bisa jadi ajang edukasi buat sesama urban mama. Emang sbg ibu2 kan sibuk bgt tuh kadang pengennn bgt dtg ke suatu sminar tp apa daya gak bisa, jadi kalo ada thread ini kan minimal ttp kcipratan ilmu dari mama lainnya yg datang..

hmm..gw inget2 dl ya pngalaman sminar gw (scara banci seminar nih hehehe), tar gw share seingetnya ya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

3

Topic: Oleh-Oleh Seminar

Zata, siip...
Ditunggu sharingnya yaaaaa

uminya Rafisqy Raefal

4

Topic: Oleh-Oleh Seminar

mom Mir, coba share lagi dong hasil seminar dari ibu elly-nya...
pantengin trit.. :)

bundanya si chubby anindya