1

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

ada yang punya pengalaman sama ngk?
anaku Kamila 1 tahun 4 bulan sudah 2 kali masuk kelas trial day care, tapi beberapa hari ini jika sedang tidur ko jadi gelisah dan takut ditinggal sama saya ato neneknya.
jadi kalo bobo malem musti di temenin
apakah saya terlalu memaksa memasukannya ke day care?
soalnya biasanya sehari-hari kamila sama neneknya dirumah

2

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

hai yasyifa..
aku sih ngga punya pengalaman masukin anak ke day care, tapi mungkin karena dia masih kecil dan sudah terbiasa dengan ibu dan neneknya, trus tiba2 'dipegang' oleh orang lain, apalagi baru dua hari, kan?, jadi dia mungkin cemas besok akan 'dititip' di tempat yang masih asing buat dia..
mungkin situasinya sama dengan waktu dulu aku mau berangkat kerja, si kecil langsung nangis dan minta gendong. Dan setiap kali liat aku udah ganti baju pergi, dia langsung nggak mau lepas, karena takut ditinggal pergi :(
maaf ya, belum bisa banyak bantu.., mungkin urban mama yang lain mau share?

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

3

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

waahhh ini kebalikan dari demya ya....

terpaksa masukin demya ke daycare karna nany nya pulang. malem2 pas kumpul2 di kamar aku sama papo bilang ke demya (walau belom ngerti) besok demya dititip sama kakak and ade2 ya nanti ada tante2 yg nemenin demya juga bisa main, belajar dll seperti sekolah (kebetulan samping rumah ada sekolah TK). demya cuma bilang "kolah ya mamo".

begitu dianter dia tertarik sekali pas aku tinggal juga ga nangis malah mamonya yg senewen. begitu dijemput pulang sampe rumah langsung bobo (nyenyak sekali). besoknya bangun tidur malah tanya "mamo Kolah?"

lancar jasa sampe 1 minggu. setelah itu setiap sampe depan daycare trus di gendong sama nanynya nangis (spt sdh tau akan di tinggal)

tapi tidak mengalami spt resah atau cranky gitu malah jadi cepet tidurnya

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

4

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

yasyifa ~ Ma, aku coba bantu jawab ya karena dulu pas awal2 anakku juga pernah mengalami hal serupa :) Tapi bedanya hal seperti ini aku alami diminggu2 pertama masuk sesi terapi speech delay. Sedangkan waktu masuk PAUD dia ga ada masalah. Waktu itu aku jg kepikiran apa aku terlalu memaksakan? Karena anakku belum bisa berbicara dengan jelas saat itu, aku gak bisa nanya anakku langsung kenapa dia bisa ga suka? Akhirnya aku banyak komunikasi aja sama para terapis atau guru2nya. Kadang ada masanya anakku ga semangat sekolahnya, jadi aku juga banyak bertanya ke para guru. Gimana dengan anakku selama terapi dan sekolah? Apa ada masalah atau kendala? Setelah dicari tau, baru deh nemu solusinya. Semoga mencerahkan ya Ma! :)

Mom of 4 y'o son & @dokterhuda's wife | Blogger | Freelance writer | Passionate baker | Recreational runner | Duri, Riau. T: @nieke | F: /nieke

5

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

jangan terlalu sering dimasukin k day care ajari mandiri juga, kalau dia bisa mandiri kasih eward hadiah berupa pujian atau alat2 tulis buku2. kalau hadiah makanan terus nnti takut anak2nya bisa obesitas. sebisa mungkin kita rawat sendiri juga moms.

6

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

solusi nya ,, mama nya jangan ngebatin. harus ikhlas anak di taro di daycare. anak gw tepat 1 taon gw masukin ke daycare. gw uda brainstorming dia dari jauh2 hari kalo mau di taro di daycare. jelasin ke dia daycare itu apah. disana lebih fun. banyak teman. banyak mainan. di urus sama nanny and miss yg cantik2. daripada kamu dirumah cuma berdua sama mba. mending rame2 main sama teman. intinya qta harus ikhlas. biar anak juga ga ngebatin. dan alhamdulilah uda mau 1 bulan ga ada masalah di daycare. cranky dikit iyesss banget. apalagi pas uda nyampe n di gendong nanny nya. begitu msk ke dalam rumah kan langsung di hibur. jadi lupa deh sama mama nya yg mau kekantor. hehehehe..

a trully happy mom&wife

7

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

klo anakku dua2 emang masuk daycare, tapi yg kecil malah lebih cepet adaptif daripada si kaka...anak emang masing2 siy ya...si adek begitu masuk daycare-nya langsung lupa deh sama aku..klo si kaka, susah penyesuaiannya, kadang2 pake nangis dulu...sempet juga beberapa lama ga mau masuk daycare....ini aku sempet bingung pengaruh daycarenya atw memang dari dalam diri anakku yg menolak utk masuk daycare...tapi setelah beberapa lama dibujuk2 siy mau lagi...

8

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

Mau share ya...

Soalnya bulan ini mengalami hal serupa.
Zee (2y) utk ke 2 kalinya masuk daycare. Awalnya waktu 9 bln tapi itu cuma 1 minggu dan gak mengalami hal yg serius.

tanggal 1April aku memutuskan utk masukin daycare, karena udah males cari2 BS/ ART apalagi bentar lagi mau lebaran plus belum lagi ngadepin tingkah2 yg ajaib.

Hari 1-3 gak masalah paling nangis pas perpisahan. Ini sih kesalahanku krn kurang lama nemeninnya.
Hari ke 3 malam mulai gelisah gak bisa tidur, reweeeel luar biasa gak mau dilepas harus didekap dari jam 11 malem gak tidur.
Hari ke 4 kebetulan hari Jumat aku critain kondisinya di rumah. Jadi hari ini full dipantau supervisornya & ownernya. Nah malamnya super duper rewel 24 jam gak tidur, menolah nenen, menolak semua orang kecuali aku dan ingin didekap terus. Malem2 sampe jam 4 subuh ngajakin sekolah terus, minta ambilin sepatu, tas dan keluar rumah.

Akupun konsul ke psikolog, dan dirasa masih normal Zee sedang adaptasi dengan 2 lokasi berbeda dan figur2 berbeda. Dekap terus skin to skin. Ajak main dengan kakaknya saja, Ayahnya saja, main bareng intinya mengingatkan kembali dulu seperti ini loh...karena Zee menolak siapapun kecuali aku. Jangan emosi, ingat! karena emosi itu penyakit menular hehehe... ajak bicara terus. Alhamdulillah hari Sabtu malem mulai mau main sama ayah dan kakaknya cekikikan dan akhirnya minta nenen dan tertidur....senangnyaaa aku luar biasa:) Minggunya sudah menemukan Zee yg dulu...

Tapi masih punya PR menghadapi hari senin, tapi aku sudah meluangkan waktu lebih banyak untuk Zee di hari senin.
Benar saja yg ditakutkan terjadi, nangis berontak gak mau masuk setelah dibujuk detemenin selam 2 jam alhamdulillah dia enjoy dan bisa ditinggal. Pulangnya pas jemput udah happy malah pamit sama Ms2nya "besok main lagi ya ms....zee pulang dulu ya ms..." Oiya hari ini diputuskan oleh daycarenya utk Zee ganti pendamping, mungkin kurang "klik" dengan pendamping sebelumnya.

Besoknya udah tinggal 1/2 jam saja aku temenin, semingguke 2 ini lancar jaya.

Hari ini masuk minggu ke 3 semoga makin lebih baik ya, amin

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

9

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

anakku sih gak di daycare mom, tapi keponakanku yang di daycare. dan dia masuk daycare di umur setaunan.
beda emang sama keponakan lain yang dari umur 3 bulan, yang setaunan sudah hafal sama keluarganya, jadi walaupun sudah trial seminggu sambil ditungguin mamanya, tetap rewel dan di malam hari tidurnya kurang nyenyak. begitu terus selama 2 mingguan..
sekarang sih sudah lebih anteng, rewel malamnya juga sudah lebih berkurang.

tapi ya, waktu adaptasi anak beda-beda ya mom..
moga-moga cepet berlalu adapatasinya :)

10

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

momnay iya banget beda2 ya mom...nah ini Zee termasuk yg cepet adaptasi, di minggu pertama pun kita asumsikan pasti Zee gak nyampe 1 minggu. Tapi ternyata masalahnya terlalu cepat perubahannya, dari yg tadinya ada BS yg trus BS berenti dan langsung Mamaku yg jagain krn daycare waiting list trus situasi rumah yg ramai karena abis ada acara dan long weekend semua keluarga jauh dan dekat kumpul sampai hari senin dan selasanya Zee langsung masuk daycare. Jadi dia ngerasa perubahannya drastis banget.
Ini Zee PRnya kalo ngadepin senin, mana bulan ini dan bulan depan banyak long weekend pulak huhuhu...

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

11

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

oalah pantes rewel ya mom, drastis sih emang peubahannya. tapi kalo cepet beradaptasi sih harusnya ga masalah ya mom, asal dia udah nemu temen yang cocok. hehe, padahal masih kecil tapi temen udah cocok-cocokan. tapi kalo udah ada 1 temen / pengasuh di DC yang deket udah gampang sih menurut laporan sepupuku ;)

12

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

Truly Syarif, kebayang banget tuh situasinya. Anak2 gw yg udah agak gede aja kalo udah abis ngumpul2 lama sama keluarga, apalagi pas ada keluarga besar kumpul dan nginep2an lama, susah banget buat balik ke aktivitas normal, apalagi Zee yang masih kecil ya? :(

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

13

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

Moms, aku juga barusan nemenin anakku trial di daycare. usianya 2y3m dan selama ini di rumah aja sama pengasuh, meskipun sempat gonta-ganti pengasuh. karena pengasuhnya mau pulang bulan puasa nanti (sebenarnya yg ngasuh skg adl pembantu mertua yg siap dipinjamkan dlm keadaan mendesak, dan sedang ngasuh anakku krn pengasuh yg sebenarnya tiba2 pulang dan ga ada kabar lg) jadi aku dan suami memutuskan utk nyobain daycare dari jauh2 hari.
kemarin ikutan kelas trial di daycare galenia selama 2 hari. tiap kali mau ditinggal selalu nangis kejer dan lama banget nangisnya. padahal ttp ditungguin jg selama 2 hari itu, cm ga kelihatan sama anaknya krn aturan di daycarenya gitu. katanya biar cpt adaptasi. sorenya pas jemput aku selalu nanya detail ke bunda2 (caregiver) ttg perkembangan anakku. kesimpulan terakhirnya sih katanya anakku udah mulai bisa adaptasi, nangis pas ditinggalnya jg udah ga selama hari 1, makan bobo mandi n pupnya juga dia ga masalah, udah mau ikutan kegiatan menggambar juga. pas sore ketemu aku juga seneng bgt, mau pamitan sama bunda2nya, emg sih katanya masih banyak nempel ke bunda2nya drpd main sama tmn. yg membuat aku dan suami bingung itu malemnya pasti susah tidur dan makin aktif, terus sering tantrum rewel dan apa2 minta dituruti. nah sementara ini libur dulu krn mulai masuknya masih nanti tgl 1 juli.
apakah anakku ga cocok sama daycarenya atau memang normal ya? takut aja nanti pas udah mulai masuk nangis terus tiap ditinggal. terus terang mommynya jd galau berat, desperate tiap liat anakku manggil2 ayaaahhhh, ibuuuuu :( padahal tiap ditanya mau ga sekolah lg katanya mau dan suka.

14

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

momnay: Alhamdulillah skrg Zee udah nemplok sama Msnya. Oiya lupa cerita pas hari ke 4 dipantau supervisor & owner akhirnya mereka memutuskan untuk ganti Ms (caregiver) sepertinya yg pertama blom klik dan yg skrg dah nemplok beneeer hehehe...
Zata: bangeeeet *lapkringet* bener2 deh super duper sabaaaar...secara ayahnya udah mau nyerah nyuruh berenti daycare tapi gw minta waktu krn adaptasi anak gede aja lama apalagi anak kecil. Gw yg gak pernah dan gak bisa begadang kali ini mata melek deh demi Zee dan biar gak disalahin kanan kiri *curcol Alhamdulillah sekarang udah lancar jaya;)
anitamarinda:sekedar masukan ya mama...biasanya daycare utk trial minimal 1 minggu biar mereka sedikit banyak tau pola si anak. Klo ditinggal nangis sih wajar ya tp usahakan kedua belah pihak udah happy seperti tips and trick separation anxiety jd gak sembunyi2. Nah yg anak kedua ini seminggu kmrn aku lalai krn buru2 ada meeting pagi *toyorkepalasendiri* dulu waktu anak pertama amat sangat ngikutin tips and trick tersebut jd klo mau berangkat Kei gak mau ditinggal ya hayu maen2 tanah dulu, nanem2 biji2an hihihi... jadi kmrn di daycare juga gitu, aku tungguin sambil nyiram2 tanaman, ikutan maen jungkat jungkit dulu sampe2 anak2 daycarenya yg nemplok ke aku hahahah:p
Aku pikir kan Zee lancar jaya krn ini kali ke 2 dia di daycare jd PD aja. Tapi dapet dr browsing2 dan di forum ini klo gak salah mama shinta pernah crita jd hari ke 1 sebaiknya ditemenin sampe bener2 enjoy trus hari berikutnya dikurangin nemeninnya, intinya minggu ke 1 masih didampingi. Nah aku kan baru buka2 forum di minggu ke 2 trus mau terapin gitu, tapi psikologku bilang jangan krn sudah masuk minggu ke 2 dan di minggu ke 1 Zee sdh mengalami kemajuan nanti malah tambah bingung "loh koq ibuku ada lagi" jd solusinya gitu aku nyempetin agak lama waktu bersamanya aja kurleb 2 jam an, nanti tiap hari berkurang2.
Kejadiannya sama seperti Zee ku, pas malem itu bener2 rewel, gelisah, intinya turutun aja apa yg dia mau, terus dekap skin to skin sambil diajakin ngobrol critain klo "ibu gak ninggalin koq, ibu kerja dulu nanti ibu dateng lagi, skrg main2 dulu sama teman2" hypnotherapy juga.
Zee di hari ke 25 baru bisa normal, tiba2 dia minta gendong sama Msnya dan bilang "ibu dadah dadah aja ya...ibu keja duyu nti jemput zee agih"
Semuanya butuh proses dan tiap anak beda2. Semoga cepet adaptasinya ya mama...:p

::emaknya Kei & Zee::
follow me @trulysyarif | IG & line : trulysyarif

http://rocktobermom.wordpress.com

15

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

Truly Syarif, iya mom, maunya aku jg pelan2. apa daya aturan daycarenya gitu. padahal ttp aja ditungguin seharian. tp ga boleh keliatan anaknya.
Dan akhirnya hari ini suami memutuskan utk menunda dl masuk daycare sampai anakku umur 3 th. huft... terus nanti bingung lg soal pengasuh. omg

16

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

hai ma,mungkin sebelum ditinggal di daycare ada baiknya di trial-kan dahulu.. jadi mama bisa lihat anaknya suka atau tidak masuk ke daycare tersebut, ada bbrp daycare yang saya lihat kurang feels like home nya.. jadi anak2 mgkn kurang betah.. jadi lebih baik dibantu dengan dibawakan mainan favoritenya dia, teddy bear atau guling kesayangannya dia.. jadi bisa jadi bahan buat transisi yang lebih smooth.. dan dibantu juga jika moms memperkenalkannya tempat tersebut sebagai teman main dan have fun, jadi emosi anak bisa disiapkan juga..semoga membantu ya ma..

17

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

hi mommies, duhh aku msh baru nih bergabung, hehehe. waktu anakku, rashya usia 1 thn (7 thn lalu)daycare msh langka banget di daerah tempat tinggalku, galaxy bekasi selatan. waktu pertama di drop, dia nangis kejer, duh jd gak tega tp gak ada pilihan, rashya hrs tetap di daycare, krn saya hrs mengajar. wktu dijemput dia sempet ngambek juga sih :( tp untungnya lama2 rashya bisa beradaptasi dgn baik, yg akhirnya dia bisa mandiri.
dan sisi lainnya, selama bbrp thn menjadi tempat curhat ibu2 ttg sulitnya cr PRT dan sempat bekerja dgn mengajar utk preschool + daycare,dll, dsb akhirnya saya buka daycare di daerah dekat galaxy, bekasi. Gak sekedar DC biasa tp berusaha menjadi solusi + jd sahabat utk anak di daycare sehingga feel homy, juga sahabat pr mommies yg
mempercayakan anak2nya krn saya tau bgt rasanya saat menitipkan anak di DC.

18

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

Mommies..bantu sharing solusi donk. Rorry uda 2 minggu ini masuk playgroup (she is 3 yo). Nah 3 hari pertama dia enjoy krn aku dan mama2 anak lain emg masih nemenin. Nah after that, kita uda ga bole nemenin lg. Sejak itu dia nangis deh tiap kali mau berangkat sekolah. Dan sampe sekarang. Dilepas ke gurunya jadi tambah menjadi nangisnya :( . tapi anehnya saat dijemput dia uda keluar kelas dengan ceria lg. Meski saat aku intip di dlm kelas dia lbh sibuk sendiri dan ga membaur gitu. Gimana ya Moms?:(

19

Topic: Anak rewel setelah masuk day care

Samaa...anak saya juga gitu. 4 hari dititipkan di daycare & malamnya selalu rewel tidurnya. Teriak2 tidurnya.
Kata pengasuh di daycare, anak pasti nangis kalau pertama-tama dititipkan. Bahkan ada yg selama sebulan masih nangis.