1

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Hi mamas
Anak saya, Safina (2y3m), punya kecenderungan tidak mau sharing mainannya. Memang dia belum punya adik dan kebetulan cucu satu-satunya. Dan kebetulan di komplek tempat saya tinggal, anak seusianya hampir tidak ada. Adanya yang masih bayi atau usia SD. Dan Safina juga menghabiskan weekdays di rumah neneknya yang di komplek itu malah hampir tidak ada anak-anak.

Jadi sekarang kalau playdate atau ada acara yang sama anak-anak seusianya, Safina akan nangis kalau mainannya diambil. Nangisnya lumayan deh bikin nyengir, hihihi...

Kami sudah berusaha selalu bilang bahwa dia harus mau berbagi. Tapi mungkin karena "praktek"-nya jarang, selalu kejadian scene tidak-mau-berbagi-nya.

Ada saran, mamas?

Dear Mods
Kalau topik ini sudah pernah ada, monggo dipindahkan ya. Saya sudah coba search di bagian Toddler dan sepertinya belum ada :) Gracias!

Of all the rights of women, the greatest is to be a mother. - Anonymous.
http://hestiaw.wordpress.com/

2

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Hi Hestia,

pastinya diajarin pelan2 ya.. misalnya dengan memperingati beberapa menit sebelumnya jadi dia bisa siap2 dan gak ngerasa mainannya 'dirampas' begitu aja. tawarkan juga mainan lain atau metode 'gantian'. misal dia boleh main mobil-mobilan merah kalau gantian dengan kakak yang main mobil2an biru.

di rumah, juga begitu.. gue pribadi punya anak tunggal tapi bukan berarti kami (mama papanya) selalu ngalah sama dia. malah kadang-kadang kita 'rebutan' ahahaha. misal soal nonton TV, karena anak gue udah tau jam, biasanya gue bilang: kamu boleh nonton sampe jam 7 tapi abis itu gantian mama yah, soalnya mamah mo nonton berita jam segitu.

HTH ya :)

3

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

hestia,
hy mom lam kenal yah :) sepertinya anak qt sama. anak pertamaku ashwin (2y8m) juga blm bs berbagi sm temannya. kalo ke playground2 gt pasti deh dia ingin menguasai mainan/tempat main itu sendri. misal ada tmnnya yg mau ikut nimbrung ehhh dia langsung stop ga ngebolehin masuk,,, hadehhh lebih parah kan :( sampe aq malu sama ortu2 mereka, walopun perilaku anak2 tapi koq kayaknya aq sebagai ortunya ga pernah ngajarin dia bersikap yah. Pdahal yah mom kalo dirumah aaq juga sering ajak dia berbagi koq, dirmh juga kadang dia main sm tetangga2 sebayanya dan kadang juga sikapnya seperti itu.

Aq dan suami juga ga terlalu memanjakan dia koq, apalagi skr udah ada adiknya. Kadang bingung n malu juga mom dgn sikapnya yg kayak gini. Tapi aq sll berusaha untuk ngerubahnya pelan2 :)

Tapi apa emang krn usia nya yah yg bikin sikapnya kayak gini ? Sharing yah mom kalo ada yg punya info n pengalaman yg sama. :)

4

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

hestia anak umur segitu, memang lagi masanya belom mau berbagi. kalau main, dia bener2 mau maen sendiri, gak mau share. nanti setelah itu, dia akan mulai terbuka untuk maen sama temennya, tapi maennya sendiri2, gak bareng2. baru nanti akhirnya mulai terbuka untuk bisa share dan maen bareng2. itu perlu tahap, jadi ga usah kuatir.

yang penting diajak aja untuk share, tapi kalau gak mau, gak usah dipaksa. let them be. nanti pasti berubah kok.. gak usah kuatir.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Pfiuuuhhh! Terima kasih sharing-nya, fanny ashwindhiwa sLesTa :) Lega rasanya ternyata itu hal yang wajar :D

Sesuai dengan saran fanny, sekarang gue agak lebih "cuek" alias nggak selalu ngalah, untuk hal-hal umum seperti nonton TV itu, hihihi... Sambil terus diomongin ke anaknya soal sharing. Mudah-mudahan, sesuai kata sLesTa, nanti pasti berubah yaaa :)

Of all the rights of women, the greatest is to be a mother. - Anonymous.
http://hestiaw.wordpress.com/

6

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Pertama ajarkan dulu tentang kepemilikan. Misal anak mau pakai gadget ortu, katakan bahwa itu punya mama/papa, kalau anak mau harus minta ijin dulu. Jika mau memberikannya pada anak bisa langsung diberikan atau kasih harga murah alias syarat yang mudah, tergantung ortu mau mengajarkan anak berjuang mendapatkan apa yang dia inginkan atau ga. Kalau ortu ga mau kasih, beri harga mahal alias syarat yg sulit.
Tentang anak yang ga mau berbagi, jawabannya "kenapa ga?"

@NoonKey
Istrinya Apah, Umahnya Anami dan Nayyara

7

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

hestia..sama banget kita..
anak gw, Sabil (2y1m) lagi selfishhhh bgt. Hadeuhh..semua2 harus diturutin, mainan punya siapa aja jadi HM alias hak milik sama dia, "punya atu!" katanya. Dan itu kejadiannya belum lama, pas dia mau dua taun aja. Dan seinget gw, kakak2nya juga kurang lebih begitu dulu, cuma tingkatannya aja yang agak beda. Karena Sabil anak bungsu dan kaka2nya udah gede dan manjain dia banget, ya gitu deh jadinya. Tapi seinget gw, dengan bertambahnya umur dan kitanya yang sering2 ngingetin dia, biasanya fase itu akan berlalu dengan sendirinya.. Satu lagi yang gw inget, dengan banyaknya anak diajak bersosialisasi, dia bisa ngeliat gimana 'tata krama' pada umumnya, dalam hal ini tentang berbagi. Saat udah masuk PG dulu anak gw yg cewe mulai bisa berbagi krn dia liat kebanyakan temennya juga begitu..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

8

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

oh.. jadi bila anak tidak mau berbagi pada umur dibawah 4 itu hal yang wajar yah ?

9

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Pada anak balita, dunia memang masih berpusat pada dirinya sendiri. Apalagi kl masih jadi aaak tunggal n jarang bermain dgn yg seumuran. Jd gamau berbagi itu wajar banget.
Tp ya ga dibiarin juga :)
Coba lebih sering ajak main di playground umum. Sblmnya kasih tau kl mainan disana bukan punya dia. Tapi punya semua anak. Jd harus gantian mainnya.
Atau cari role model. Bisa dari film/buku kesukaannya. Cari yg episode berbagi. Misal mickey n donald main bareng sharing mainannya. Anak kan lebih cepat mencontoh dari hal yg dia lihat langsung drpd kita cape2 ngomong blm tentu dia nangkep maksudnya. Pas dia main sama temannya, ingetin lg kl mickey & donald aja kl main sama2 kok.
Oya dan kita nya jg hrs perhatiin, anak lain (yg main sama anak kita) itu meminjam atau merebut? Kl merebut ya anak kita jg jangan disalahin (krn tdk mau berbagi). Ingetin temannya supaya ga merebut, dan ingetin anak kita kl merebut itu salah, meminjam dan berbagi itu benar. Jd dia jg tetep merasa pd kl dia memiliki sesuatu n punya kuasa. Dan saat berbagi itu si mainan tetap milik dia.
Hth ya :)

Bussy life...happy life...

10

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

setuju sama mb dewiamel.nyontohin lewat film/kartun favorit itu lebih mengena deh kayaknya.anakku yg sulung (4 thn) tadinya juga peliiit banget sama mainannya,dia ga mau berbagi sama adeknya.tapi pelan2 sambil dikasih tau waktu nonton DVD "wheels on the bus" yg ada episode "bergiliran dan kucing-anjing berantem" itu lama2 dia ngerti.

yg bikin kami takjub,semalem si kakak tiba2 bilang gini "bunda,kan mainan robotnya cuma satu,nanti Api (panggilan si kakak) mainnya 1 menit,terus adek 1 menit ya,ganti-gantian"

11

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Iya, setuju banget sama saran-saran Mamas di sini. Akhirnya Safina juga lebih sering saya ajak bersosialisasi dengan teman sebaya. Kebetulan memang lagi "shopping" calon playgroup, jadi coba trial class sana-sini. Kadang-kadang egoisnya masih ada, tapi sudah jauh berkurang dan lebih bisa dikasih tau dibanding beberapa waktu lalu :)

Of all the rights of women, the greatest is to be a mother. - Anonymous.
http://hestiaw.wordpress.com/

12

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

dewiamel..setuju, role model juga cara yang cukup mudah untuk ngajak anak berbuat sesuatu yang baik. Contohnya, anak gw yg cewek ngefans sama uninya (ponakan gw dari suami), jadi kalo nyelipin nasihat kadang2 pake nama uninya hehehe "Ca.., uni Aulia, kan kalau main dengan temannya selalu sama2, nggak rebutan..", most of the time, it works.

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

13

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

saya menghadapi anak rebutan sejak ki-ka masih bayi.. *lebay*
tapi emang resiko punya anak kembar adalah siap menghadapi mereka rebutan sedini mungkin. Karena seringnya rebutan, akhirnya justru saya tidak lagi membelikan mainan atau buku yang sama. Beli buku 2 ya pasti beda macamnya. Beli mainan 2 juga pasti beda jenisnya. Tujuannya untuk mengajarkan mereka berbagi dan bergantian. Metodenya dengan cara seasyik mungkin. Penerapannya dengan membuat suasana main berbagi, bergantian atau bersama-sama itu jauh lebih mengasyikkan.
misal, ketika rebutan bola, saya ajarkan si kembar main lempar-tangkap bola. Berhasil menangkap bola dapat hadiah applause meriah. Ketika rebutan boneka, saya ajak anak yagn lain ambil perlengkapand dokter, jadilah kita maen play pretend dokter-pasien. 1 anak sbg dokter, 1 anak sebagai ibu yg membawa anaknya sbg pasien.
dan mengalihkan perhatiannya saat bertengkar itu susah-susah mudah. asalkan suasananya happy dan fun, anak akan makin terbawa. Hari ini belum berhasil? jangan menyerah, coba lagi! karena memang tidak ada yang instan :D HTH

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Kira Kara.., ahaha..kebayang sih Wit, Ki n Ka pasti udah ngalamin rebutan mainan dari kecil bgt ya, soalnya seumuran.. trus metode yg lo pake kayaknya ampuh banget tuh karena anak2 akan cepet lupa kalo dibawa asik. Sabil juga gitu, kalo dialihin dengan cara asik, dia biasanya langsung nggak keberatan untuk berbagi. Emang sih gak selalu berhasil, tapi spt kata Wiwit..jangan menyerah urban mamas!

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

15

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

masuk thread ini deh..:(

nathan belakangan ini jadi susah berbagi dengan teman2 nya, padahal biasa nya tidak seperti itu
udah hampir 2 minggu seperti itu
awal nya karena dia ga dikasih pinjam mainan sama teman nya, terus setiap dia pegang mainan teman nya itu , nathan di dorong sama teman nya, di teriakin ga boleh pegang, jadi aku bilang kalo itu bukan mainan nathan ga boleh di ambil, trus nathan minta mainan nya diambil dari rumah tapi teman2 nya ga boleh pegang mainan nya..sudah dikasih pengertian untuk berbagi tapi dia ga mau, malah sekarang dia ga mau main bareng teman nya...
any tips moms?

16

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Wah susah juga ya untuk kasus Nathan. Mungkin karena dia "merekam" bahwa kalau punya temannya dia nggak boleh pinjam, jadinya dia mikirnya kalau punya dia ya temannya ga boleh pinjam. Mungkin sebaiknya ngajarinnya sharing ya, bukan karena punya temannya terus si anak nggak boleh ambil. Jadi dia juga mau sharing.

Tipsnya nggak praktis ya? Hehehe :p

Of all the rights of women, the greatest is to be a mother. - Anonymous.
http://hestiaw.wordpress.com/

17

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

iya nih, jadi bingung..nathan awal nya bener2 anak yg suka berbagi, kalo teman2 nya atau sodara datang ke rumah, semua mainan nya pasti dia keluarin, dibagi2 buat main...maka nya pas kejadian kaya gini, mungkin membekas di memory nya ( nathan tipe anak yg visual )...ini malah ga mau main lagi sama anak yg ga kasih minjem itu, sengaja aku kasih mainan nya 2 item , jadi biar bisa satu di pake teman nya eh nathan nya ga kasih...
ni emak nya yg bingung sendiri, mudah2an fase ini cuma sebentar, amin

18

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Hai mamas smua, anakku (2,5 y.o) juga lagi susah2nya berbagi. Kami tinggal di komplek yang banyak anak sebaya dia, tadinya frustasi bgt ngeliat dia kok kayanya "pelit" banget sm tmn2nya, tapi belakangan jd nyadar bahwa memang anak seusia anakku ini lg fase ego- nya tinggi bgt, maunya menguasai. Akhirnya dibawa santai aja, tetp sih diperkenalkan soal konsep berbagi ( misal lewat film), tp dalam prakteknya sebisa mungkin ga memaksa dia untuk berubah. Kalau sedang main bareng dan tiba2 rebutan mainan, biasanya dua2 nya dialihkan perhatiannya atau aku ikutan main sekalian. Trus kalau dia mau berbagi mainan, dikasi pujian, pelukan, kadang dikasi coklat atau es cream sebagai hadiah

19

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

hai mom....sama nih baby ku. kemarin ada anak tetangga yg mau megang2 bounchernya. langsung diteriakin n ditendang......wow 6bln tapi dah galak.

papahnya lagi rajin ajarin buat bagi mainin n pinjam2an ama dia

20

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Kalo psikolog anak si Om Toge itu, malah bilang anak malah jangan terlalu keras diajari berbagi tanpa diajari tentang kepemilikan barang.
(Kayak kata Umah Nungki)

Ini juga lagi sibuk ngajarin Rana (14 bulan) tentang "Ini punya Rana", "Ini punya Mama", "Ini punya Papa".
Gara-garanya sebel liat Rana kok suka banget ngrebut barang-barang yg lagi dipegang Mama Papanya.

Kata Om Toge sih, kadang kita tuh secara gak sadar suka berperilaku berlawanan sama yang kita ajarkan ke anak.
Kalo anak kita suruh berbagi barang ke temennya, tapi kalo anak pegang henpon kita, kita gak boleh.
Jadi bayi/balita yg masih polos jadi merekam bahwa kalo punyaku ya punyaku. Punya Mama ya punya Mama.

Katanya kalo diajarin kepemilikan terlebih dahulu, nanti lama-lama si anak akan tau sendiri "Oh ini mainan punyaku. Oh ini mainan milik si Anu. Aku pengen pinjem mainan punya si Anu, aku harus minta ijin dulu. Oh si ANu mau pinjem mainan punyaku, baiklah aku ijinkan."

Cuma ya ribetnya kalo ada anak orang yg tiba-tiba dateng rebut2 mainan anak kita. :))))
Harus mau gak mau minta si anak orang itu buat minta ijin ke anak kita.
Duh.
Teorinya kok gampang banget diketik ya.
Prakteknya boook...

my twitter : @tikabanget

21

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

setuju sama tikabanget.., orangtua kadang nggak nyadar bahwa mereka melakukan hal yang sebaliknya dari yang mereka ajarkan. Ini juga pengingat bwt gw sih, karena gw kadang juga suka gitu, bukan untuk masalah kepemilikan ini aja sih, tapi masalah2 lainnya spt ngingetin anak untuk gak menunda2 pekerjaan, gw sendiri tanpa sadar sering bilang 'ntar', hadeuh...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

22

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

I see.. emang umur segitu lagi masanya yaa, soalnya akhir2 ini aku heran sama key, dulu dia kalau main sama sepupu2nya lebih banyak ngalah, kok sekarang kadang mau menang sendiri. Atau mungkin dia udah tau tentang konsep kepemilikan kali ya, jadi pernah sepupunya mencet2 laptopku, eh key ngomel "ngga boleeh, ini punya ibuu.. punya azzam (sepupu) yg ituu" Salahnya aku sih belum ngajarin tentang "minta ijin"
Parahnyua yang sering dilakukan sekarang ini kalau sepupunya lagi pegang mainan, direbut. Kalau udah gitu sih aku slalu bilang "Key harus pilih salah satu, mau mainan yg mana" ternyata cara seperti itu kayaknya salah, harus diganti" itu kan mainannya dek azzam, kalau mau pinjem harusnya minta ijin dulu jangan direbut" , begitu kali ya moms?

23

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Mom anakku lg demen bgt d mukul org. Gimana sih caranya ajarinnya ya. Uda keabisan cara. -.-

24

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

kalau soal mukul mungkin dia lagi stress ya mom. karena dulu anak temenku sering begitu. ternyata dia lagi stress karena baru mulai sekolah. mungkin biasa dialihkan perhatiannya dengan cari kegiatan baru aja. Waktu itu temenku berhasil anaknya enggak mukul lagi karena anaknya diajak les renang, jadi ada kegiatan baru yang dia suka. HTH

a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/

25

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Ness,
temen ki-ka di sekolah juga ada yang lagi hobi banget merebut mainan dan mukul temennya. mungkin bisa jadi stress seperti kata ibunyafay. mungkin juga bisa jadi karena terlalu sering dilarang atau dibilang "jangan", termasuk "jangan pukul". Disekolah diarahkan untuk "let's hug!". mengganti kata larangan menjadi kata ajakan. Dari "jangan pukul" menjadi "ayo berpelukan", "ayo bermain bersama". Dan si anak sekarang diajarkan lagu "I love you" nya barney. hihihi.. mungkin juga metodenya bisa diterapkan di rumah Ness.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's