1

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

moms, nanya yaaah..
bayi saya umurnya satu bulan, sering gumoh, bahkan kadang sampe tersedak dan ASI nya keluar dari hidung. padahal udah disendawain, cuma kadang ga sampe bunyi "eeergggp" gitu.. pokoknya udah ditegakin trus ditepukin punggungnya. apalagi kalo malam, gumoh terus2an, kadang sampe muntah banyak. udah saya konsultasikan ke DSA nya, tapi katanya gpp.. lambungnya masi kecil, jadi kadang suka 'overloaded'.

gimana ya mama2 di sini, cara ngilangin/mencegahnya? soalnya saya ga tega liat dia sampecape bgt gumoh sampe tersedak terus2an..

oya, satu lagi.. hehe.. gimana cara ngilangin biang keringat di muka? apa dibiarin aja atau gimana?

soriii banyak tanya,maklum masi newbie jadi mama, :P
thxs yaaaaaah!

@marihuanie | On The Record

2

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

marihuanie untuk gumoh ini gue gak terlalu tau banyak, soalnya anak gue dulu jarang banget gumoh. tapi temen gue ada yang anaknya gumoh terus, katanya sih reflux. jadi anak bayi itu kan masih ga bisa nentuin yang mana yang bisa ditelen ato gak, jadi mereka punya reflux yang nolak makanan yang masuk. bayi yang suka gumoh ini kadang reflux nya bekerja lebih, jadi semua yang masuk akhirnya dikeluarin. (cmiiw yah mamas, i might be wrong on this, tapi ini yang dijelasin ama temen gue waktu itu). kasian sih, tapi mesti pelan2 aja. dan waktu di sendawain juga jangan terlalu kenceng, kadang karena disendawain dia juga jadi ikutan keluar.

kalo untuk biang keringet di muka itu, mendingan di lap bersih aja pake aer anget. lama2 juga tar ilang. eh itu biang kringet apa karena kena ASI ya? anyway, sama aja, di lap bersih aja, mungkin bisa dipakein liquid powder (atau talc-free powder) untuk mencegah keringet.

hth.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Sesering apa gumoh nya? utk bayi yg masih muda banget kadang gumoh itu wajar banget. Tapi kalo keseringan ada kemungkinan lidahnya kotor (putih2) itu yg bikin dia gampang gumoh (CMIIW, ato kalo ada penjelasan lain ;) ) kalo emang kasusnya lidahnya putih2, dibersihin aja 2x sehari gtu...pake kasa dibebet ke jari, dan air hangat.

Kalo biang keringat musti rajin2 dilap emang mukanya...pake waslap/kapas dibasahin air matang..jgn lupa dikeringin, biasanya sih ilang lama2.

Hehehe itu semua pengalaman aku yah...atas rekomendasi DSA jg sih, jd mudah2an cuup membantu ;)

Carita

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

4

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Sharing pengalaman aja yah, chise termasuk yg seringgg bgt gumoh pas bayinya terutama dibawah 6 bulan. Kadang sedih bgt abis mandi menyusui eh abis itu gumoh byk banget :)

Selama berat badan bayi naik, dan kencing pup normal, gumohnya ga perlu dikhawatirkan (CMIIW). Nah biasanya untuk bayi yg sering gumoh, harus relatif lebih sabar utk sendawain dan jangangg gendong goyang2 naik turun gitu..jadi goyang pelaaaannn aja sambil punggungnya diusap2 pelan..Insya Allah lama2 dia sendawa kok..ada baby yg cepet 5 menit aja sendawa, chise dulu sih keasyikan dsendawain hihi jd lamaa...tp lama2 dia sendawa kok..dannnnn klo udah sendawa jangan buru2 ditaro dulu...diemin dulu bentar..karena pernah udah sendawa eh tetep gumoh hehe... :)

klo soal biang keringat diwajah, bersihin pake air aja kok mom :)

HTH :)

5

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

ikutan sharing yah. Alun (2,5 bulan) juga sering gumoh. Konsultasi ke DSA katanya gpp, wajar krn lambungnya bayi emang masih kecil. Dan kadang jarak antara minum dan sendawa lamaaaa banget. Malah kadang ga sendawa2. Tapi semuanya masih normal kok.

Btw mau tanya juga nih, aku nyoba bersihin lidahnya Alun yang putih2 bekas susu, pake kasa yang dibalut ke jari dan dibasahin air hangat. Bukannya bisa ngebersihin, jariku malah disedot ama dia, kenceng banget. Mungkin dia pikir itu jatah minumnya dia, hehehe. Akhirnya aku nyerah karena nyoba berkali2 begitu lagi kelakuan anakku. Gmn caranya biar jari kita tidak dianggap dot dan ga digigit ama dia yah?

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live
https://imeldasutarno.wordpress.com/

6

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

marihuanie Bener kata mamas yang lain, gumoh pada newborn itu wajar kok. Dulu Nara selalu gumoh bahkan setelah dia sendawa, jadi akhirnya gue males nyendawain karena toh bakal gumoh juga :p Padahal disendawainnya ga diapa2in sih, cuma dibediriin aja ntar sendawa sendiri.

Penjelasan kenapa gumoh ada berbagai versi ya. Ada yang bilang kalo newborn itu lambungnya masih "lurus" sama kerongkongan, makanya apa yang masuk gampang lagi keluarnya. Nanti lama2 bakal melintang seperti lambung orang dewasa, dan gumohnya akan berkurang sampe berenti sama sekali.

Penjelasan mana yang benar, I'm not so sure :)

Kalo diinget2, sejak umur 5 bulan Nara (6m) udah jarang banget gumoh, malah kayaknya 2 minggu terakhir ini udah ga pernah gumoh sama sekali deh.

Kalo gumohnya udah terlalu lama (misal: umur 6 bulan masih sering banget gumoh), ada baiknya ditanya lagi ke DSA. Soalnya ada juga yang ternyata lambung si bayi sangat kecil, dan dia masih blom terlalu bisa nentuin kenyang, jadilah keluar terus karena lambungnya kepenuhan. Solusinya, kalo ngasih makan/minum ga bisa banyak2, tapi si bayi jadi cepet laper...

imelda Kalo mau bisa coba tetesin air anget ke lidahnya, cukup 1 atau 2 tetes kecil aja. Fungsinya sama, ngebilas lidah tapi minus resiko diemut ;)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

7

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

imelda terus terang yah, gue sendiri ga pernah loh ngebersihin lidah bayi gue. karena gue pernah baca dimanaaa gitu, sebenernya ga perlu dibersihin. tapi orang indonesia (nyokap gue) sering komen kalo liat lidah anak gue yang putih gitu. tapi sebenernya ntar juga bakal bersih sendiri sih.

on the other hand, tips dari gue sih ya, bersihin nya gak mesti yang bersiiihh banget. cukup diseka aja, jadi ga usah dalem2.. kalo pas dia ngeluarin lidah aja di lap. ato sambil diajakin maen.

dunno if above tip could help or not, tapi mudah2an bantu deh.. :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

slesta, thanks yah tipsnya, nti pulang ke rumah aku coba deh ama Alun :)

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live
https://imeldasutarno.wordpress.com/

9

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

emang putihnya seperti apa?
kalo putihnya karena minum susu gpp kok ga perlu dibersihin..
kalo putihnya berselaput dan anaknya agak rewel itu mungkin karena jamur jadi biasanya DSA kasi obat anti jamur..

-mom of a chubby little girl called qila-

10

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Gumoh & acid reflux berdasarkan pengalaman dengan anak saya.

Anak saya memang sering gumoh terus kita kirain yach namanya bayi lambungnya belum dewasa makanya sering gumoh.
Terus gumoh nya berlanjut kayak projectile vomit kita kirain masih normal abis kata dokter juga normal.

Selama masa ini anak kami susah tidur berbaring di pungung biarpun pake ganjelan untuk elevate badanya tetep aja susah tidur (nangis bombai) maunya tidur tengkurep sampe kita akhirnya beli baby monitor yg deteksi movement sama breathing soalnya kalo nggak tengkurep nggak bisa tidur & kita kawatir dengan SID.
Terus kalo digendong maunya gendong model berdiri nggak berbaring selain itu abis minum asi selain gumoh setengah jam kemudian gumoh lagi (gumohnya kayak cheese curd).

Waktu check up 3 bulan kita cerita ke dokternya, dokter bilang gejalanya kayak acid reflux terus dikasih Zantac dalam bentuk cair.
Botol pertama sehari 4 kali lama lama satu hari sekali.

Umur 6 bulan dicoba sama dokter buat nggak pake obat lagi eh tengah malem bangun muntah jadi sama dokter disuruh minum obatnya lagi.
Umur 7 bulan dicoba lagi kali ini nggak mutah lagi tengah malem.

Kalo bayi anda gumoh tapi tidak menunjukan tanda tanda yg lain ya mungkin itu cuman gumoh biasa aja. Tapi kalo gumohnya kaya cheese curd & juga menampilkan tanda tanda yg lain coba deh tanya sama dokternya mungkin emang punya acid reflux.

11

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Sharing juga ya.. dulu juga Gwen (5m15d) termasuk yg serinnng banget gumoh. apalagi dia itu kyknya gak bisa kontrol rasa kenyang deh, jadi klo nyusu itu berentinya ya pas gumoh.. bisa sampe nyembur2 gitu. Sereeeem banget liatnya.. abis itu baru tidurrrr...

Kadang2 klo nyusu-nya bisa berenti sendiri, ehhhh, pas disendawain baru gumoohhh..

Kata DSA-nya itu juga krn lambung yg masih kecil. Selama berat badannya masih naik & anaknya terlihat happy sih gak papa ya..

12

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Mamas,ada yg baby-nya pernah gumoh berwarna ga?babyku pernah(udah agak lama) gumoh warna pink muda,aku udah panik duluan.tp kata neneknya ga kenapa2.trus diinget2 siangnya aku makan pepaya yg merraah banget.katanya gara2 itu.cuman sekali aja sih jadi aku ga bingung lagi.anaknya juga biasa aja.
eh kemaren malem tau2 dia gumoh warna coklat gitu.trs tadi dia pup-nya warna coklat juga.aku inget2 kemaren siang makan coklat rasa capuccino.apa gara2 itu ya?dan sekali lagi,anaknya juga tampak baik-baik aja,ga rewel,tetep kuat minum ASInya,bobonya juga enak.bingung sih,tapi kata kaik n neneknya ga apa2.

13

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

mamanyaZayyan, wow baru pernah denger nih yang kayak gini... ternyata warna makanan/minuman bisa keluar di gumoh ya? very interesting...

yang lain ada yang punya pengalaman mirip?

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

14

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

moorooie wrote:


Selama masa ini anak kami susah tidur berbaring di pungung biarpun pake ganjelan untuk elevate badanya tetep aja susah tidur (nangis bombai) maunya tidur tengkurep sampe kita akhirnya beli baby monitor yg deteksi movement sama breathing soalnya kalo nggak tengkurep nggak bisa tidur & kita kawatir dengan SID.
.



wah..wah...
samaan kayak baby aiRa nih, bobonya cuma mau tengkurap. awalnya memang ngeri en takut, jadi sering-sering bangun untuk ceki-ceki kalau aiRa mash gapapa (hehehehe) tapi pas curhat ke beberapa DSA justru mereka bilang kalau tidur tengkurap itu bagus buat kekuatan jantung (apa paru2 yak???lupaaa ^^v) yang membahayakan itu justru posisi tidurnya itu menghalangi jalan nafas atau gak..

oya, baby aiRa juga berhenti gumohnya dengan cara ditengkurapin gitu kalau abis nyusu en susah sendawa.

pRoud to be Yummy Mommy and Sexy Wifey ^^v
.: http://airababy.blogspot.com :.

15

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

wow, thxs sharing nya ya moms.. sekarang gumoh anakku udah ga terlalu sering. tapi kadang masih nyembur dan keluar lewat idung..

ryanoi wrote:
Sharing juga ya.. dulu juga Gwen (5m15d) termasuk yg serinnng banget gumoh. apalagi dia itu kyknya gak bisa kontrol rasa kenyang deh, jadi klo nyusu itu berentinya ya pas gumoh.. bisa sampe nyembur2 gitu. Sereeeem banget liatnya.. abis itu baru tidurrrr...

Kadang2 klo nyusu-nya bisa berenti sendiri, ehhhh, pas disendawain baru gumoohhh..

Kata DSA-nya itu juga krn lambung yg masih kecil. Selama berat badannya masih naik & anaknya terlihat happy sih gak papa ya..


<<<< sammmaaaaa banget..

oya, setau saya ASI ga dipengaruhi warna makanan..

@marihuanie | On The Record

16

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Shafa juga sering banget gumoh, semenjak newborn sampai kira-kira umur 4 bulan. Tetapi sekarang sudah menginjak 6 1/2 bulan hampir ga pernah gumoh dan sehat. Kata dokter DSA nya wajar aja mum, as long the baby ga kekurangan berat badan, dan selalu ceria...

Sempet panik juga sih, setiap hari gumoh.. eh, tapi berhenti sendiri pas udah mau 5 bulan.. :)

Kata orangtua dulu gumoh itu nyiram badan (????) :D jadi pas gumoh dia nyiram badannya biar tambah besar... hehehe... eh tapi ya, Shafa sekarang memang jadi besar badannya dan gemuk :)

HTH.. :)

17

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Ikut sharing ya.. setau aku tentang gumoh atau nama medisnya gastroesophageal reflux itu biasa terjadi sama bayi terutama usia 1-4 bulan. Itu proses normal karena antara lambung dan kerongkongan ada junction berupa otot yang fungsinya menggerakkan makanan pada saluran pencernaan. Nah pada bayi, kontraksi otot pada junction ini belum sempurna, makanya cairan yang dikonsumsi suka baliklagi a.k.a gumoh.

Bener banget kata Weendee "Selama berat badan bayi naik, dan kencing pup normal, gumohnya ga perlu dikhawatirkan"

Makanya selama 6 bulan pertama bayi disarankan minum ASI aja, karena kandungan ASI sangat mudah dicerna oleh bayi, sehingga waktu pengosongan lambung menjadi lebih cepat,yang akhirnya akan mengurangi risiko terjadinya gumoh. Jadi say yes to ASI! hehehe.

Oia, menurut pengalamanku kalau bersihin lidah bayi yang putih2 karena ASI bisa pakai kassa yang dibasahi air matang, atau pakai sikat lidah yang suka dijual di babyshop. Atau kalau susah, ada cara yg lebih gampang, kasih aja air putih lewat botol atau disendok.

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

18

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

ikutan sharing ya, mamas..
Alma (1.5 mo) sedang sering2nya gumoh. DSAnya bilang bayi di usia2 awalnya memang suka gumoh karena otot saluran pencernaannya belum "terlatih" bekerja searah (mulut-kerongkongan-lambung-dst), jadi yang tadinya udah masuk bisa keluar lagi. Yg harus dicurigai itu kalau muntahnya nyemprot &/atau berwarna kuning-hijau. Trus seperti yg weendee bilang, selama frekuensi & bentuk pipis pupnya normal, nggak perlu kuatir.
Kemarin sempat gumohnya Alma menjadi2 trus pake jejeritan sgala. gue mikirnya apa kolik, apa popok dia ketat/gimana jadi perutnya gak enak & reflux... dilonggarin popoknya eh masih jejeritan juga. pas pertemuan berikutnya sama DSA diperiksa, ternyata Alma kembung. Sama DSA diresepin obat dentinox untuk ngeluarin anginnya, trus mendingan deh... meski gumohnya sih masih :P

skrg jumlah gumohnya Alma berkurang kalau... dibuat sendawa setiap sekitar 15 menit nyusu. Sebenarnya Alma sendiri yg ngasih jeda dgn ngelepas nenennya tiap 15 menit itu, jadi sekalian aja gw buat sendawa. Setelah udah sendawa, dia mau lanjut minum lagi dengan lahapnya :D Oia, sama digendong posisi tegak gitu sambil punggungnya ditepuk2 pelan, gumoh (& rewelnya) berkurang.

19

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

setuju ama bunnia selama pertumbuhan dan perkembangan lainnya oke gumoh gpp. ragha ampe skrg umur menjelang 7m msh suka gumohan kalo mimik tll kenyang.
awalnya sempat khawatir tp kt dokter msh aman sampe 15m. jd tetep observasi. halini bs jd juga karna tangki alias lambungnya kecil.
sementara napsunya besar hehe...napsu mimik maksudnya.
yg suka heboh malah orang2 lain kalo ragha lagi gumoh..tereak2 ga ketentuan. apalagi liat kami santai aja..hehe

-nia-
ibunya razan & ragha
follow me @nieafardina

20

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Jelloooo...
mau sharing ni.. sempet gelisah kemarin ( ga sampe panik sih..hhehhe..sok cool ). Senen kemaren pertama kali Raka ditinggal ama BS doang dirumah. Minggu pertama gue ngantor masih ada nyokap ( skrg uda balik ke Solo )
Naah.. jam 1 siang di sms ama BS, kalo Raka abis minum ASIP muntah . Gue masi tenang aja, soalnya katanya abis muntah malah bobok pules. Mungkin kebanyakan takeran pompaan gua. ( kadang di botol 90cc, kadang, 110cc, kadang 75cc, kadang 120cc )
Nah, pas gue balik kantor.. biasa abis mandi langsung nyusuin Raka sambil tiduran. Raka nyusunya ga bgitu semangat, lepas2 gitu. Sambil senyum senyum, gue liat ada leleran ASi di pinggir mulut, abis di lap, 10 menit kemudian, ada leleran lagi.
Gue inisiatif gendong dan mau sendawain, biar ga gumoh. 5 menit gendong berdiri, Raka sendawa, naaaaaah.,... bersamaan dengan sendawa tersebut.. nyembur deh dari mulut tu ASI. Sampe 4 kali semburan. Banyak banget. Kasur ama daster gue basah kuyup.
Saat itu gue panik..

Kira kita kenapa ya? reflux itu kah? ato keteken perutnya ama dada gue?
Trus..takeran minum yang wajar buat bayi 3m berapa cc sih?


Tapi emang Raka kalo abis nyusu, suka minta nambah. Dan emang uda beberapa kali sih, brenti nyusu hanya kalo gumoh. Baru senyum2 ato bobok.

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

21

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Tickzie,
Kayanya sih gpp ya.. Reflux aja kali..
Dante jg dulu sering gt, lama2 brenti koq..
Mungkin masuk angin, ato kekenyangan..
Kl gw sih walopun udah disendawain, di tegakkinnya agak lamaan.. Ga cpt2 diboboin dulu..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

22

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Eka
Pas muntah nyembur 4 kali kemaren bahkan belum gue rubah posisinya dari tegak. bener2 pas burp, disusul nyembur, huee...

Btw..
Pas lapor ama nyokap, dibilang katanya 'susu'nya alias ASInya masuk angin. Mau ga percaya, tapi kok kebetulan hari itu lagi ga pake jaket, dan abis mandi ga meres ASI dulu di kamar mandi.
Heheh..waktu ada nyokap wajib meres/buang ASI pertama setelah bepergian dan sebelum disusuin ke Raka.

Ada ada aja yak.

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

23

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

tickzie, pernyataan ur mom sama persis sama nyokap di rumah, klo kenzie muntah pasti dia bilang "kamu lg masuk angin tuh"... ritual buang susu setelah berpergian juga sama, :) apa boleh buat saya tetep turutin aja (klo gak kelupaan)...

24

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Tickzie, sama banget tuh sama mertua gw, kalo yasser gumoh ato muntah, pasti gw yg dikasi makan,,,dibilangnya ibunya masuk angin, ato abis mandi gw ga minum air anget dl. Gw bilang ke suami itu mitos, tapi gw jabanin aja makannya

Oia yasser juga sering buanget gumoh pas masa asix, krn dia sendiri yg lasak, abis nyusu tengkurep2, guling2, kluar lg deh -"- Tapi 6 bulan lebih dikit, mungkin pencernaannya juga udah lebih sempurna, jauuuuh berkurang gumohnya. Sekarang hampir 8 bulan hampir ga pernah gumoh. Abis nyusu langsung guling2 juga ga gumoh.

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

25

Topic: Mengatasi Bayi Gumoh

Tickzie, brp banyak tuh "ASI yg dibuang setelah bepergian"?

Mama-nya Keina & Kiandra

www.marchmamas.blogspot.com