1

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang banyak memberikan keberkahan bagi umat Islam. Tidak hanya dari sisi pahala yang Allah janjikan, namun juga dari sisi lainnya. Di bulan yang mulia ini, hampir semua kita menuai kenikmatan baik dari sisi rizki maupun keberkahan lainnya yang berlimpah ruah. Tak satupun yang diantara umat Islam yang merasa dirugikan dibulan ini. Bahkan kalangan non muslim sekalipun, seolah meraup keuntungan dari hadirnya Ramadhan.

Selain memang diminati karena kebutuhan umat Islam, bisnis inipun mendatangkan keuntungan yang luar biasa. Apasaja bisnis laris manis di bulan Ramadhan tersebut. Yuk…, kita simak berikut ini:


1. Bisnis pakaian dan alat Sholat. Bisnis ini tiada matinya. Setiap orang pasti butuh untuk berganti suasana baru. Ada kegembiraan atau semangat tersendiri, jika pakaian yang mereka gunakan dalam rangka menyambut hari besar Islam tersebut berganti. Meski bukan sebuah keharusan, namun sudah menjadi tradisi di masyarakat bahwa menyambut bulan suci dan hari kemenangan dilakukan dengan suasana baru, pakaian baru, dan alat-alat sholat yang baru. Nah, dengan melihat animo dari masyarakat ini, maka tidak ada salahnya anda melirik berbisnis pakaian atau alat sholat selama bulan Suci Ramadhan.

2. Bisnis makanan dan minuman. Kesibukan sebagai pekerja kantoran, biasanya membuat ibu-ibu rumah tangga selama bulan suci Ramadhan ingin mendapatkan makanan dan minuman yang siap saji saja. Mereka tak perlu capek-capek pulang kerja untuk memasak makanan dan menyiapkan dan minuman untuk keluarga tercinta. Apalagi pekerjaan yang mengharuskan para perempuan pulang sebelum magrib. Maka para ibu-ibu pekerja akan mencari alternative untuk mencari makanan yang sudah matang. Dengan membeli makanan siap saji, lebih memudahkan pekerjaan mereka. Anda bisa memulai bisnis ini dengan memilih menu-menu makanan yang memang sering dicari orang. Seperti masakan lauk-pauk, kolak, dan minuman-minuman yang menyegarkan untuk berbuka puasa serta aneka kue-kue kering untuk persiapan lebaran.



3. Bisnis sembako adalah bisnis bahan-bahan pokok yang dibutuhkan sehari-hari. Bisnis ini permintaan dibulan suci Ramadhan meningkat dibandingkan pada hari biasanya. Bisnis ini juga sama dengan bisnis pakaian, dimana semua pasti butuh. karena setiap orang pasti butuh sembako seperti, gula, beras, minyak, cabe, tepung dll. Jadi berbinis sembako juga termasuk bisnis yang laris manis selama bulan puasa. Coba saja kita lihat, meski harga-harga setiap Ramadhan naik, tetap saja para konsumen membelinya karena sudah merupakan kebutuhan sehari-hari.



4. Bisnis parcel. Bisnis ini juga ada pada hari-hari besar tertentu saja. Bisnis parcel lumayan mendatangkan keuntungan juga, apalagi para pebisnis yang memiliki relasi yang cukup luas. Ada kebiasaan tertentu sebelum Ramadhan usai, perusahaan-perusahaan, atau instansi-instansi pemerintah saling berbagi hadiah baik untuk relasinya, ataupun karyawannya dalam berbentuk parcel. Parcel terkadang dianggap sebagai ucapan terima kasih perusahaan atau instansi pemerintah kepada relasi dan karyawannya yang telah memberikan kontribusi untuk kemajuan perusahaan atau instansi pemerintah.



5. Bisnis kartu ucapan. Meskipun era internet sudah memudahkan orang untuk memberikan ucapan lewat handphone, email atau sosial media lainnya, bisnis kartu ucapan memiliki kesan tersendiri. Ada sense yang berbeda ketika orang menerima kartu ucapan yang unik dan menarik dibandingkan mereka mendapatkan ucapan dari hanphone atau dari sosial media lainnya. Kartu ucapan yang menarik akan disimpan, dan suatu waktu dibaca kembali bagi si penerimanya. Namun ucapan berupa pesan dari handphone mudah terhapus dan terlewat begitu saja. Bisnis ini biasanya setali dua uang dengan bisnis parcel. Jika ada parcel,maka ada kartu ucapan disana. Jadi selama ada bisnis parcel, maka bisnis kartu ucapanpun akan terus dilirik oleh konsumen sebagai tanda dari sipengirim.


Kalau saya sendiri setiap tahun selalu bisnis kue lebaran, dan hasilnya memang cukup menguntungkan lho, dan tidak perlu memakan banyak tenaga, mungkin karena bisnis saya ini juga berdasarkan hobi. Nah mungkin diantara ibu-ibu ada yang berminat dengan bisnis2 diatas :), sekaligus ibadah :)

2

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

Makasih sharing-nya MonicaOceana..

Hmmm..jd kepikiran, bisnis apa ya yg cocok buat gw ya?

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

3

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

Bisnis suplemen kesehatan. Biar tetap segar selama puasa :)

4

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

nuri sadida wrote:
Bisnis suplemen kesehatan. Biar tetap segar selama puasa :)



oh iya itu juga bagus, apalagi sekarang banyak suplemen kesehatan, atau herbal untuk kesehatan kayak madu, itu sekarang lagi dicari banget lho Moms

5

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

bisnis makanan dan minuman memang menjanjikan, tapi perlu diingat bahwa ada resiko tersendiri karena makanan dan minuman bukanlah hal yang bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

6

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

rencananya bulan puasa nanti mau jualan es pisang ijo dan beberapa makanan khas Makassar, jualannya sih di komplek rumah. Dari tahun kemarin udah mulai jualan es pisang ijo, pallu butung dan snack khas Makassar, baru tahun ini mulai berani jualan makanan beratnya seperti konro, kapurung dan sejenisnya. Memilih jualan makanan, krn sebagian besar di komplek rumah adalah pekerja kantoran, dan memilih makanan khas makassar krn saya bisanya itu :)

7

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

ipeh
aku mau donk jajanan makasar... :D :D :D

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

8

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

ipeh,
yummm! es pisang ijo.

semoga laris manis yaaa buat mama2 yang berbisnis di bulan ramadhan. amin.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

9

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

ipeh gue mau pisang ijooo.. tar bawain ya kalo ketemuan!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

10

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

aku bagian makan2nya aja deh :D
Ipeh, mau dong es pisang ijo!
main ke rumah Ipeh ah nanti

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

11

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

wah es pisang ijoooo...mau dong kak Ipeh :D
Semoga laris manis...

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

12

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

amin, mari kakak main ke bogor menikmati es pisang ijo *Maaaf ya mamod jadi promosi* :D

13

Topic: Bisnis di Bulan Ramadhan

Ipeh, kirim es pisang ijo dan konronya ke Surabaya dunk! *upeti*

Selain bisnis makanan, bisnis baju muslim, perlengkapan sholat, kue kering, ticketing, parcel juga laris manis di bulan Ramadhan ini yaa...
Jadi inget dulu jaman masih pacaran sama suami, si bapak ini sama temennya bikin bisnis dadakan bikin parcel. Menyebar brosur ke kantor-kantor dan responnya luar biasa. Orderan banyak, akhirnya mau gak mau jadi karyawan dadakan bantuin bungkusin parcel. haha...

Aku? Tadinya mau bisnis baju. Waktu minta modal ke si bapak, lha kok disuruh pake uang jatah mudik. Lha ya bubar jalan, berantakan, karena rencana mudiknya awal puasa ini. Lha kalau dipakai kulakan baju, lalu mudiknya gimana? gak mungkin jalan kaki juga. *peres air mata*
Sebenarnya modus juga sih, beli bajunya bukan sekedar kulakan, tapi biar bisa dipake sendiri juga. haha...
Harus mengasah bakat jiwa enterpreneur nih!

Pengen juga buka bisnis pusat oleh-oleh online. Surabaya kan surganya kuliner, kalau kata sepupu. Mulai dari krupuk-krupuk macam lorjuk, terung, sampai aneka macam sambal, sambal bu Rudy, sambal pecel Madiun, petis, Hingga yang mahal seperti Almond Crispy kan lengkap ada di Surabaya. Lalu mikir, kalau yang mudah rusak macam kerupuk dan crispy gitu gimana paketinnya ya?! Pernah kirim almond crispy aja gak semua sampai dengan selamat dan indah. Banyak yang remuk. Ada bantuan ide gak??

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's