1

Topic: Cara Menjaga Keamanan Rumah

Halo para mamas ato papas d sini, ada yang bisa share ga gmn cara pengamanan rumah..

Nah ni br aja kejadian aq d telp BS ku, nah jd ada org dtg mau bnrin ac, n d bukakan sm warnen ku..

Warnen= org yg dtg bersih" n pulang..

Nah, org itu msk langsung satu naik ke atas lt 2 n satu msk dlm rumah..

Singkat cerita laptop 1 sehrg 6 jutaan melayang..
Pdhal lagi + hamil anak ke dua..
Uda msh ada cicilan mtr..

maap jd curcol..

klo bs gmn pengaman selain cctv ya??
krn d rmh cm berdua ART sm bs ku aj.. huhuhu..
klo uda kejadian kan cctv cm bs liat aj..

2

Topic: Cara Menjaga Keamanan Rumah

Selly,
sorry to hear that! duh, sedih yaa kalo data-data di laptop hilang :(

Saya tinggal bareng mertua, dan juga ada ART. Dalam 1 minggu ada saatnya di rumah cuma ada ART dan ki-ka saja, atau bahkan ART saja sendirian. Biasanya setiap mau ditinggal, kita wanti-wanti, kalo hari ini ada janji sama siapa. Kalo mau ada tukang bersihin taman datang, kita pesen untuk disiapkan bla..bla..bla.. detail sekali. kalo gak ada janji, ya kita pesenin untuk tidak mengijinkan siapapun masuk ke rumah. Kalau kebetulan pas ada saudara datang ke rumah, dan kita semua sedang pergi, biasanya ART telp dulu. Kalo ada orang namanya bapak/ibu ABC datang..
Idem juga sih, kompleks perumahanku juga termasuk rawan. Beberapa kali tetangga juga ada pencurian. jadi kita ekstra waspada. Pagar depan selalu dalam keadaan terkunci, terutama kalo semua sdh brkt kantor.

Mungkin CCTV bisa digunakan untuk membantu mengenali pencurinya, modusnya, dan cara pencuriannya. Sehingga pihak keamanan/polisi serta tetangga-tetangga yang lain aware kalau orang tersebut berkeliaran disekitar kompleks. Karena hal itu biasanya tidak terjadi 1-2 kali. Pasti berulang ke tetangga yang lain. Jadi untuk antisipasi CCTV pasti sangat bermanfaat..

Semoga dapat ganti barang yang baru yang lebih baik lagi yaa... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Cara Menjaga Keamanan Rumah

thx mba wiwid, laptopny bukan laptopku lagi, laptop klien ny suamiku... huhuhuhuuu...

mau psg cctv masih mikir2 biayanya.. huhuhuu..

klo gini lapor polisi kah tidak ya??

padahal tu sus n pembantu uda d pesenin klo g ada pesan utk ngapa2in jgn buka in pintu , hadeuhhhh

4

Topic: Cara Menjaga Keamanan Rumah

hmmm mba selly, kadang pake cctv aja tetep kemalingan. yang pastinya harus blg sapa pun yang ngaku teman maupun kluarga tidak boleh dibukain pagar. harus izin dulu ke penanggung jawab yang dirumah.

kadang pembantu juga gadungan, izin keluar ketemuan temen tau2 bawa laptop didlm tas.

5

Topic: Cara Menjaga Keamanan Rumah

wah.. aku ikut sedih selly_03. bener ya kalo ada yg kehilangan dirumah tuh gimana gitu. eh kalo dibukain pintu berarti ART nya melihat orang yg masuk dong?

mesti waspada ya bunda soalnya dia kan udah pernah masuk ya. udah survei kondisi rumah dan apa aja yg ada didalam rumah. jadi sementara lebih waspada aja.

gudang kantor kita beberapa waktu lalu kebobolan. meski udah lapor polisi dan beberapa barang kita amankan(pindahkan) masih juga juga itu pembobol kayaknya datang lagi soalnya pas kita mau pindahin ALL semua yg disana ke gudang baru. eh udah ada lagi yg hilang.:(

6

Topic: Cara Menjaga Keamanan Rumah

mau share kejadian tadi pagi..kebetulan semalem aku lagi nginep dirumah ortu yg sekarang ditempati adekku yg baru saja melahirkan.. malem itu ada perasaan ngga enak, ngga bisa tidur dan mikir adekku tinggal cuma sama 2 anak yg masih batita karena suaminya mau dines ke thailand..
Tau2 pagi2 mergokin rumah Pakdheku (rumahnya disebelah kiri rumah ortuku) udah kebuka pintu belakangnya, padahal pakdhe lagi liburan ke medan 1 bulan.. pas aku cek udah berantakan,semua isi lemari sampe kulkas acak2-an.
Langsung lapor polisi, yang ngga habis pikir dan kecewa karena polisi datang cuma melihat dan nanya2 seadanya, tanpa memeriksa dengan detail kayak sidik jari, bahkan ngga bawa kamera, jadinya adek saya inisiatif mem-foto sendiri lokasi kejadian..

Jadi kepikiran untuk masang cctv atau kalau perlu ada alarm anti maling saking parno-nya

7

Topic: Cara Menjaga Keamanan Rumah

Share pengalaman juga nih soal kehilangan. Setuju banget gw kalo cctv itu penting banget. Soalnya, beberapa bulan yang lalu gw kehilangan mobil yang diparkir di depan rumah. Kalo misalnya gw pake cctv, kemungkinan gw bisa playback dan tau jelas wajah pelaku dll. Gampang identifikasi deh yang jelas.

Untuk mobil, pada akhirnya memang kudu pasang pengaman tambahan. Macam tracker, kunci ban, atau apalah yang bisa mempersulit aksi pencurian. Kata suami gw, keamanan lebih itu memang merepotkan, tapi hasilnya sepadan. Dulu gw sering nganggep dia parnoan. Tapi sejak kejadian mobil ilang, gw jadi sadar kalo omongan suami gw itu benernya lebih dari 100%. Dasar istri ngeyelan, udah kejadian baru nyadar heheheh :)

lifetime traveler

8

Topic: Cara Menjaga Keamanan Rumah

duhhh...
dari sharing mama2 di sini, penting banget yaaa buat ada cctv d rumah. jadi kepikiran punya juga untuk menghindari hal-hal yang ngga diinginkan. lebih baik mencegah deh daripada kejadian ngga enak.

kalo cctv biasanya dipasang di mana ya buat di rumah?
trus budget buat cctv rumah kisarannya berapa mama-mama?

thanks in advance.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

9

Topic: Cara Menjaga Keamanan Rumah

Teh ninit Cctv emang penting banget..kalo cctv biasanya sih ditaroh di tempat yg view2 mengarah pintu masuk, carport, atau kamar anak utk mengawasi anak. Cctv sekarang nggak mahal kok teh, sekitar 4jt an utk yg 4 titik. Tapi kalo kita udah tinggal sih males ya pasang2 lg krn harus tarik instalasi utk dvr nya. Kalo skrg mending beli yg 1an aja kaya keluaran sa*sung, 1 camera nya sekitar 1.5jt tp ga ada minimal harus brp titik, 1 aja pun bisa plus gak perlu kabel2 instalasi krn sistemnya online jadi langsung bisa pantau via smartphone, yg penting ada power atau stop kontak aja dan ngerekam nya pake memory card. Ada lagi kmrn keluaran xia*mi malah lebih murah cuma 500rban. Online jg sistem nya.

selain untuk ngerekam dan melihat pelaku (kalo udah kejadian) cctv juga kayanya sih cukup membantu (kalo belom kejadian), sedikit banyak pelaku bakal cenderung urung atau males melakukan kejahatan di rumah karena ada cctv nya, yah walaupun kalo yg penjahatnya canggih sih bobol juga aja, tapi lumayan lah untuk jaga-jaga

kalo untuk mobil sih baiknya pasang tracker, yang bisa kita cek posisi mobil itu kalo ilang dan bisa dimatiin juga mesin mobilnya.

proud mommy of kaitlynn amberly

IG : chamarsha89
https://kaitlynnamberly.wordpress.com/

10

Topic: Cara Menjaga Keamanan Rumah

bener kata Chamarsha sekarang yg cuma 1 an gitu juga ada dan murmer. jatohnya malah kayak jadi baby monitor ngga sih :lol:

duh ngeri ya jaman sekarang,emang perlu banget sih nambahin tracker atau alarm di motor/mobil. Jadi kalo *amit2* ada yang mo ambil,kita jadi ngeh.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

11

Topic: Cara Menjaga Keamanan Rumah

chamarsha,
ah noted cha. thanks banget buat infonya... karena sekarang tinggal di apartemen jadi ngga mikirin cctv. so far aman. asisten juga terpercaya... tapi memang aku ada rumah juga. jadi biar memastikan keamanan, ke depan perlu nih pake cctv.

cindy,
iya bener... mobil juga udah ada ya trackernya. aku ketinggalan banget deh hahaha... baru tau tuh kata chamarsha kl mesin mobil bisa dimatikan juga. keren banget yaaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita