1

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

Hi moms
share pendapat donk, perlu ga sih kt ngrayain bday anak 1 tahun. Sebetulnya sih anaknya blm ngerti ya karena kan masi baby :p tp kadang sbg ortu pengen merayakan setelah satu tahun merawat anak dari baby, akhirnya sudah 1 tahun, dan first bday kadang pengen yg istimewa.. (apalagi baby aku twins :p)
ditunggu sharing nya ya moms...

Blessed mommy...

2

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

Perlu ga perlu ya.. hehe
kalau saya rayain ultah pertama tu lebih ke sukuran alhamdulillah bisa lewatin masa2 parenting pertama (apalagi pas anak pertama ya, amazing juga kok ternyata saya bisa ya ngerawat dari bayi merah sampe udah bisa rambatan,.. maklum saya jauh dari sifat keibuan.. :) ) dan sekaligus berbagi kebahagian ke keluarga.

Jadi kedua anak saya ultah pertamanya diperingati tapi nggak bisa dibilang dirayain juga, sekedar undang kakek-nenek om-tante dan para sepupu si anak, tiup lilin, berdoa bersama, makan bersama. Karena toh si kecil belum punya temen juga, jd gak undang anak2 di acara itu, kecuali sepupu2nya :)

3

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

ultah pertama ryuu cuma makan2 sama keluarga inti, pesen nasi kuning untuk masjid n tetangga...
intinya syukuran...

4

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

elions,
*toss* sebagai ortu baby twins, dulu saya juga dilema lhoo.. Pengen merayakan tapi terbentur budget. Gak dirayakan, tapi kan seru punya kembar, cucu pertama, anak pertama, pasti pengen sesuatu yang berkesan.
Waktu itu pertimbangannya, merayakan ulang tahun tidak harus selalu ada pesta, tidak harus selalu sesuatu yang meriah, tidak harus selalu masak besar. Jadi kita tetep merayakan sebagai ungkapan rasa syukur, dan ada dokumentasi untuk anak ketika mereka besar.
Jadi asal ada kue tart dan hanya orang yang tinggal di rumah aja. Uti-akung, dan 1 omnya. Oh iya, karena ada tetangga 1 gang yang seusia, dan mereka hampir tiap sore belajar jalan dan lari di depan rumah, jadi kita undang dadakan waktu untuk maen ke rumah ki-ka. Mereka datang untuk liat ki-ka belajar tiup lilin, bernyanyi bersama, berdo'a bersama dan makan kue tart bareng-bareng deh. Jadi teman2 ki-ka juga gak perlu direpotkan untuk beli kado kembar. Tapi tetep seneng dapat kue ulang tahun.
tidak ada makan besar, tidak ada goodie bag istimewa, tidak ada kado berlimpah. Tapi banyak do'a, banyak kebahagian, banyak dokumentasi.
Teman-teman ki-ka selesai makan kue tart dan minum jus, pulang kita bekalin beberapa macam buah-buah yang dibungkus plastik sebagai ganti goodie bag, lalu balik maen-maen lagi deh di depan rumah... Untuk ganti goodie bag sengaja kita pilih buah karena lebih aman, sehat, dan murmer. Teman yg maen depan rumah juga gak banyak, hanya 4-5 anak :D

Budget yang kita keluarkan:
1. Kue tart --> ini sengaja kita kasih ke ki-ka sebagai pertanda dia sudah boleh makan gulgar. hihi :D
2. Jus
3. Buah-buahan untuk ganti goodie bag
4. Plastik bungkus buah-buahan
5. Baju ultah untuk Ki-Ka (alhamdulillah dapat kado dari omnya)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

5

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

menurut saya ini kembali ke keluarga masing2, dari sisi budget dan tradisi yang ingin dibuat untuk keluarga.

jadi kalau memang mama dan papa berpendapat ulang tahun pertama itu mesti dirayakan, silakan dipersiapkan. dan banyak orang tua yang memang merayakan sekali acara ulang tahun.

sekedar sharing, di keluarga saya, acara ulang tahun itu lebih intimate. saya lebih senang acara ultah dirayakan hanya dengan keluarga inti. dan tidak perlu gede2an.

untuk anak-anak, saya merasa tidak penting untuk bikin party gede2an karena hanya bikin capek rasanya hihihi *emak pemales* dan anak nya juga belom bisa enjoy. jadi saya ga bikin, tapi tetap ada acara tiup lilin, nyanyi happy birthday, dll. acara party itu malah baru diadakan ketika anak saya mulai sekolah. jadi diadain di sekolah aja.

tapiiii acara ulang tahun itu jadi alesan buat kami jalan2. jadi hadiah dari kami buat anak-anak biasanya berupa jalan2 ke tempat yang seru, sekeluarga. kadang ga perlu jauh2.. tapi di hari ulang tahunnya, kami spend the whole day untuk melakukan kegiatan bersama keluarga, dan melakukan hal2 yang seru.

karena saya dan suami merasa, anak tidak akan inget kue atau hadiah apa yang diterimanya pas mereka sudah gede nanti. tapi mereka akan inget, di ultah ke berapa mereka ngapain dan pergi kemana, sama siapa aja. jadi buat kita sih itu lebih penting.

tentunya gak semua keluarga punya pemikiran yang sama yaa.. jadi silakan bikin tradisi masing2 :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

Thx sharingnya moms.... saya jg sebetulnya punya pemikiran pengen dirayain family aja, tp sedikit dilema jg krn saya tinggal di kota yg berbeda dg ortu dan mertua, sodara jg ga ada *sepinyaaaa* jadi klo pun acara family aja, paling cm bener2 keluarga inti (baby twins, mommy n daddy :p)

Blessed mommy...

7

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

elions..biar nggak sepi, undang tetangga2 aja, meski pun tetangga ngga punya anak kecil tapi kehadiran mereka pasti bikin rame kan..
perayaannya juga disesuain aja sama budget, gak usah terlalu mahal yang penting kebersamaannya dan si kecil seeng karena rame :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

8

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

Arsyad ultah pertama kemarin tiup lilin bersama keluarga aja, mau bikin acara standar birthday party toh ya anaknya pasti jg belum ngeh. Kakeknya Arsyad (Papaku) bilang kalau mau merayakan pakai acara undang-undang nanti aja kalau sudah sekolah. Sayang duitnya, bisa buat tambahan tabungan pendidikannya Arsyad. Sip!

Kesyukuran tak terhingga

9

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

Sebenernya ngeliat first birthday party lebih ke ambisi ortu or nenek-kakek ya, anaknya juga belom tentu ngerti :D

Bulan depan Mas Aryo ultah pertama, baru di awang2 aja sih mau bikin perayaannya gimana.

Yang kebayang sih undang anak2 tetangga di jalan yg sama (dihitung2 ada 15 anak), undang bestie mama papa yg udah beranak pinak, sama sodara2 deket (ini aja jumlah sodara kalo dateng semua udah 30 orang sendiri fiuuuh).

Anak kecil beli kue2 mini n donat madu, di Bandung banyak kue enak dengan harga nggak mencekik. Buat orang2 dewasa, pesen baso tahu langganan (tinggal telp trus dianter), beli es kelapa dari Mamang yang mangkal di depan mesjid kompleks.

Buat makan berat org dewasa, palingan nyokap ngeluarin menu andelan : nasi liwet + ayam panggang. Kadang2 tante2ku suka pada nyumbang kue/masakan. Maklum orang Sunda, udah hobi botram (makan rame2) paling nggak sebulan sekali :D

Hiburan? Suruh aja anak2 tamu nyanyi ke depan, yang berani dapet hadiah. Mentok2 nanggep tukang odong2 langganan hahahaha.

Intinya? Perayaan ultah itu mau heboh atau sederhana, yang penting penuh kegembiraan dengan orang2 tersayang. Realistis aja sama budget n waktu. Kalo serba mepet, berdayakan apa yang ada semaksimal mungkin :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

10

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

kalau ditanya perlu... ngga sih... lebih ke pengen aja... hohoho...

kebetulan ultah pertama kakak deketan sama lebaran... jadi sekalian halal bihalal... plus, ultahnya barengan sama temen2 birthclub. sekalian kopdar...

pas ultah kedua kakak, jeda seminggu sama lahiran adek. jadi sekalian akikah...

jadi itungannya lebih irit. karena ultahnya paket hemat combo sama acara lain...

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

11

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

Ya perlu atau ga tergantung dari keinginan & kebiasaan keluarga menurutku.. klopun mau dirayain yg simple & sesuai budget aja.. klo di keluargaku biasanya syukuran aja toh anaknya juga blm ngerti, paling dirayain pas udah sekolah krn udh bnyk temennya.
Klo anakku di ultah pertamanya, keluarga (yang kung, yang ti, aki & nini) awalnya mau siapin syukuran mkn2 sekeluarga aja.. tp aku agak males rempongnya klo masak2 di rumah, lagi pula anaknya blm ngerti, pngennya liburan aja.. eh ternyata suamiku tugas keluar kota jadilah aku ikut bersama si baby & kita ngerayain smbil liburan.. tiup lilin dengan sepotong cheese cake yang beli di hotel, hihihi.. meskipun anaknya lagi sakit flu krn kecapean tour jakarta- semarang- yogya jalan darat pk mobil pribadi.. tp menyenangkan & penuh tantangan :)

NimoStore ==> Work isn't a place it's an activity..

12

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

dari dulu pas jaman aku msh kecil juga kalau ultah ga pernah dirayain gitu, kompakan sama adek pada minta "mentahnya aja deh mih"

hehe
mungkin nanti anakku jg kayak gitu aja kali ya, kan lebih berguna jadi barang2 :D
dari dulu jg ga pernah ngiri sama temen2 yg dirayain... hehe.. soalnya sambil nenteng2 barang baru :D

13

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

ikutan sharing ya moms...bday pertama Aira 16 Oktober 2012 cuma bikin cake ultah, terus bagi2 nasi kuning ke tetangga terdekat aja...ultah kedua kemaren tgl 16 Oktober 2013 tetep bikin cake ultah yg agak gedean+bingkisan terus kita bagi2 kue ultahnya juga bingkisan2 yg berisi snack2 tsb ke tetangga sekitar rumah, kalo ultah kali ini kita pake tiup lilin, karena anaknya udah bisa niup :D ...gak pake ngundang2 untuk dtg ke rumah, itu aja siy acaranya, selebihnya ya ngajak anak jalan sekitar Bogor aja nikmatin suasana....

simple mom

14

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

saya sih sudah diajarkan oleh keluarga tidak perlu merayakan ulang tahun, jadi saya turunkan juga hal yang sama ke anak. kecuali kalo cuma mau surprise kasih kado aja, nggak ada pesta sama sekali. tapi kalo dapet undangan ulang tahun sih, tetep dateng ye.

15

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

Pas bgt nih..kl saya sih first birthday aja yg dirayain..itu jg ambisi ortu hehehe (bener bgt bunda winda anaknya mah blm ngerti ya)
Tp pas ultah kedua raffa cukup ksh kue bikinan sendiri kasih lilin dirayainsama ayahnya aja :D
Hari ini pas ultahnya ke-3 mlh belum ada rencana sama skali

16

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

Hai mamas, ikut sharing yah..
pengalamku ultah pertama anak itu syukuran bareng anak yatim di panti asuhan..dengan niat berbagi kasih bersama anak2 kecil disitu,,
ya walaupun anaknya belum ngerti..kita sebagai ortunya ngeliat anak yatimnya seneng dapat bingkisan gt bahagia rasanya bisa berbagi bersama mereka..

niatnya sih nanti klo udh agak besaran n udh mulai ngerti kita mau ajarin untuk berbagi dengan cara gitu lagi..

17

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

Merayakan ultah anak tergantung ke budget dan keluarga masing-masing ya. Tidak harus dirayakan. Mengucap syukur akan apa yang telah dilewati dan berharap untuk yang lebih baik dan terbaik kedepannya.

My baby belum 1 tahun sich. Ntar Feb 2015, 1 tahun. Secara ini cucu pertama dan anak yang dinanti (kami menikah 5 tahun baru dikasih momongan) so rencananya mau dirayakan. Our only child. She is our only sunshine. (You are my sunshine, my only sunshine. You make me happy when skies are gray.... ekh, malah jadi nyanyi).

Sebenernya anaknya belum ngerti, ntar inget juga belum tentu. Hanya kenangan dari foto.

My husband diabetes, lumayan parah. 250-an gula darahnya. His father passed away when he was 5 years old because of diabetic. Ya enga ada yang tau umur seseorang. Bukannya saya berharap suami saya meninggal. But I always prepare for the best and the worst. (Jadi curcol... maap ya out of topic)

Mudah2an kesampaian acara ultah 1 tahun-nya. Agar ada good memory dan bisa capture intimasi keluarga. Amin.

"A child is created in the most being and knitted together in the mother’s womb."

18

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

bundanyaraffa, sama, gw juga pernah ngerayain ultah anak pas umurnya baru setahun, karena ambisi ortu hehe, tapi anak pertama aja, anak kedua dirayain saat udah ngerti, anak ketiga pun begitu. Tapi masing2 cuma satu dua kali aja, cuma biar ngerasain aja rasanya ultah.

Pas udah ngerti, anak pertama malah memilih untuk gak dirayain, tapi dapet kadonya teteup hehe..

janeesyfa, setuju banget kalo ngadain ultah di panti atau dengan anak yang kurang mampu, pernah juga ngadain di sana dan itu benar2 jadi pelajaran berharga buat anak2 dan buat kitanya juga, diingatkan kembali bahwa masih banyak yang perlu dibantu,,

elmommy, semoga keluarga, terutama suami lebih disehatkan lagi yaa, aminnn *hugs*

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

19

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

terus terang sampai sekarang, baru sekali aja ngerayain ultah anak... hmm ga tau itu termasuk merayakan apa ngga yaa... potong kue waktu kid#1 masih play group. sejak itu, udah ngga pernah lagi. lebih milih beli kue kecil dan potong di rumah (tanpa lilin)... biasanya abis sholat, ada doa bersama. kalo acara khusus yang ngundang2, ngga pernah.

ini kembali lagi gimana ke keluarga aja sih... tujuannya kan pasti supaya ngumpul, berbagi kebahagiaan, doa bersama :) 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

20

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

elions, pas anak pertama pernah dirayain ultah nya pas usia 1 tahun di salah satu resto cepat saji, sebenarnya sama dengan mama lainnya, lebih ke ambisi ortu-nya sih, anak umur segitu kan mana ngerti ya. Dulu niatnya krn anak pertama dan tujuannya pengen berbagi dan silaturahim. Selanjutnya, paling tiup lilin di rumah aja, potong kue dan doa bersama. Jadi intinya kembali lagi ke masing-masing ortunya.

21

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

Yap setuju, tergantung tradisi dan kebiasaan keluarga masing-masing. Dulu waktu aku masih kecil, selalu dirayakan ultah oleh nyokap, dari yang kecil2an sampe gede2an.

Semenjak menikah, suami ternyata bukan tipe yang merayakan ulang tahun di keluarganya dan ga pingin merayakan ulang tahun juga untuk anak, jadi mengalah sekarang kita ga ada perayaan apa-apa :) hehe.

A mother who loves morning breeze

22

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

kalo gw sih paling tiup lilin di sekolah/daycare anak sama bagi-bagi goodie bag aja, berbagi sama teman-temannya, jadi emang ga pernah bikin pesta khusus ulangtahun, hanya berbagi di sekolah/daycare aja dan tiup lilin di rumah. 

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

23

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

ikutan yaa.. topiknya asik nih..
Kalau tradisi atau kebiasaan, orangtua saya termasuk rajin saya merayakan ulangtahun saya sejak umur 1 tahun. Dokumentasi lengkap, tentu jadi kenangan tersendiri buat saya. Merayakan ulangtahun ini merupakan sebagai bentuk rasa syukur  sekaligus ajang silaturahmi dengan mengundang keluarga dan kerabat  Tapi, lain hal nya ketika anak saya (Gio) yang berulang tahun. Saya lebih memilih ketika anak yang berulang tahun ke 1 dan ke 2 (februari kemarin) kami mengadakan syukuran kecil di panti asuhan dekat rumah. Itu adalah sebagai bentuk rasa syukur kami, sekaligus ingin mendidik Gio bahwa ia harus selalu bersyukur karena masih banyak anak-anak diluar sana yang tidak seberuntung dirinya. Walaupun anaknya belum ngerti-ngerti amat, apalagi kemarin dia cuma nemplok ama bapaknya selama doa di panti :D
Tapi one day. kelak pasti dia akan ngerti maksud dan tujuan kami mengajarkannya untuk selalu berbagi dengan sesama.  

24

Topic: Perlukah merayakan ultah anak?

dewi,
ah bener yah wi... dokumentasi ultah itu bikin hepi yaaa :) mungkin anak belum ngerti tapi someday kalo udah besar dan lihat dokumentasi ultah itu rasanya hepi. aku juga ada 1 dan hati langsung hangat pas liat foto-fotonya.

berbagi kebahagiaan saat ulang tahun di panti asuhan juga bagus banget... berbagi kebahagiaan sama anak-anak yang mungkin tidak seberuntung anak kita, membuat anak kita semakin bersyukur dan terus berbagi. 

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita