1

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Hai moms!
Sebelumnya, saya mau permisi buka thread baru di sini nih. Sorry banget kalo mungkin sudah pernah dibahas sebelumnya, tapi saya mau nyari pembahasan atau diskusi yang lebih mendalam sebenernya. Monggo jika ada input atau bahkan kritik lho.
Karena memang tujuan dari thread ini adalah mencari masukan dari sudut pandang moms semua


Gini nih, pernah gak sih moms semua di sini ngerasa stres karena ekspektasi dari orang-orang yang mengharuskan kita untuk punya anak? Jujur sih sebelum anak pertama lahir, saya merasa stres karena mikirin hal itu. Padahal saat itu saya sendiri justru belum memiliki alasan yang tepat untuk punya anak. Suami saya juga punya pemikiran yang sama dan tidak terlalu memaksakan saya untuk punya anak.

Terus terang saya merasa sedikit bersalah pada saat itu, terutama ketika anak pertama saya lahir, yang awalnya saya merasa belum siap. Bener gak sih apa yang saya rasakan, saya jadi ngerasa bersalah mikirin hal itu?

Makanya saya butuh sharing dari moms semua, perlukah alasan kuat untuk punya anak? Kalau iya, apa alasan teman-teman dulu ketika pingin punya anak pertama kali?


Saya ingin tau gimana pendapat dan perasaan moms semua. Siapa tau ada yang pernha ngerasain hal ini sebelumnya, mohon bantuannya ya moms.

Thanks :)

2

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Kalo sih moms, kebetulan emang pengen banget punya anak, jadi ya pas kebetulan langsung dikasih jadi seneng banget, ga menutup kemungkinan juga perasaan seperti baby blues juga ngehampirin aku pada waktu itu, kebayang aku aja yang pengen bisa baby blues apalagi moms yang belum ingin punya anak tapi akhirnya dikasih :)

Tapi aku yakin banget pas lahir, hati langsung berubah jadi bahagia ngeliat mahluk mungil yang datang dari rahim kita (ah jadi keinget masa itu)

perasaan seperti itu sah-sah saja moms yang penting kan sekarang udah ga ngerasa keberatan lagi untuk punya anak :)

tetap semangat, you are not the only one.

3

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Menurut aku ya Moms, kita ini gak akan pernah bener-bener siap untuk punya anak. Parenting itu akan selalu jadi tantangan, kita bakalan selalu menemukan hal2 baru, dan kita pasti belajar terus tiap harinya.

Dulu baru nikah alhamdulillah langsung ngisi. Dan kayaknya emang cuma menjalani "siklus" aja, menikah trus punya anak. Pas anak kedua barulah mulai pake perhitungan n perencanaan. Itu pun ketika lahir tetep aja banyak hal2 yg meleset dari perhitungan kita.

Jadi kalo aku sih ya dijalani aja dengan penuh tanggung jawab. Kalo dipikirin bakalan nambah beratttt rasanya. Sampe sekarang aja kalo anak lagi sakit, or ada terlintas ketakutan2 kayak takut gak bisa merawat dengan baik,dll pernah aku mikir ya ampunnnnn, kok berani banget sih aku memutuskan untuk punya anak padahal tanggung jawabnya luar biasa??? Kalo aku cerita ke suamiku, jawabnya ya nyantai aja, alhamdulillah Alloh percaya sama kita, pasti kita mampu kok. Ya udah aku tenang lagi deh.

Jalani aja Moms, perasaan ini-itu pasti kadang muncul juga, tapi ya wajar2 ajalah. Toh sekarang gak kebayang juga gimana kalo hidup tanpa anak kan? ^_^ *hugs*

Loving my little family so much!

4

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

mamafabian, aku setuju sama momskirana dan mama_jadza bahwa meski pun ada yg pernah merasakan hal tsb pasti pada akhirnya akan seneng dan jatuh sayang saat melihat mahluk mungil itu lahir.

kalo pengalamn aku pribadi dengan 3 orang anak, jujur aja, aku juga ngalamin kok, saat anak kedua dan ketiga. tapi lebih ke perasaan gak siap, galau, takut kurang bisa ngurus dll dll, tapi sama sekali nggak ada perasaan marah (ke janin), kecewa, dll, dan alhamdulilah itu cuma prasaan di awal tahu aja, stelah bbrp hari aku udah bisa nerima dan dalam hitungan minggu udah sangat tenang, bersyukur, dan optimis bhw aku bisa melewati smua halangan yg ada demi si calon bayi..

mungkin banyak ibu atau calon ibu ngalamin hal spt ini tapi kadarnya aja yang beda2 ya...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

5

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Mw nambahin lagi, jadi ada temenku yang sampe sekarang setelah hampir 5th menikah belum juga memutuskan untuk punya anak. Ternyata dia n suaminya sama2 punya kecemasan terhadap masa depan, dengan biaya hidup yg semakin tinggi, bla-bla-bla, intinya takut gak sanggup ngasih makan, takut gak bisa nyekolahin, dll.

Aku sedih sih dengernya. Soalnya aku liat mereka hidupnya "mampu" kok. Dalam artian bisa liburan, bisa punya gadget canggih,makan di luar terus.

Kayaknya klo mikir takut gak sanggup emang gak bakalan bisa sanggup deh. Sekarang dari kitanya mau atau enggak merubah pola pikir kita.

Just a thought...

Loving my little family so much!

6

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Kenapa aku pengen punya anak? Karena menurutku anak adalah berkah dan (Insya Allah) bisa bikin kita jadi manusia yang lebih baik :)

Jujur ya, sebelum nikah, aku termasuk orang yang nggak terlalu suka sama anak kecil. Apalagi kalo yang sukanya nangis, merengek, dan semacemnya. Nggak tau emang udah jalannya, abis nikah dan pindah domisili, aku malah kerja jadi guru SD! Kebayang kan harus berinteraksi dengan anak2 kecil (aku ngajar kelas 2 SD) seharian penuh. Awalnya sempet ragu bisa nggak aku survive di kerjaan ini, dan ternyata aku malah menikmati banget plus bisa lebih attached sama anak kecil :D

Setelah berhasil jadi ibu, aku ngerasa banyak hal baru yang muncul dan aku pelajari. Sedikit demi sedikit aku juga bisa berubah, salah satunya perasaan jadi makin peka dan toleran sama orang lain. Hal terpenting, anak membuat tujuan hidup jadi lebih jelas dan jadi pelecut semangat untuk menjadi lebih baik setiap hari demi memberikan the best of me for a great future of my precious child(ren).

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

7

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Gak salah ko. Banyak ko orang2 yg ga pengen punya anak krn belum siap, atau pasangan yg udh nikah lama tp memang ga pengen punya anak. Itu sih pilihan hidup ya, beda2.

Tapi kalo ternyata kita dikasih amanah oleh Tuhan ya kita hrs berusaha sebaik2nya menjalankan tanggung jawab itu.

Aku dulu awal nikah udh deg2 an bisa punya anak cepet atau engga, secara mertua udh pengen punya cucu, ternyata alhamdulilah lsg dikasih. Seneng banget.
Setelah lahir malah baby blues, dikit2 nangis kalo kenapa2 sm anak, krn deep inside aku masih takut gak bisa ngurus. Tapi ternyata jadi ibu itu natural instinct. Sekarang liat anak happy aktif main, trus gemesin banget tiap hari tingkahnya adaaaa ajaaa, bersyukur banget! Thanks for surviving with me sayaaang... Abis itu anakku nyamperin aku trus ciuum, sayang mamaaaa...

8

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Mamafabian Aku dulu juga sempet kepikiran kayak gitu juga kok mom....Ngerasa belum siap takut salah didik anak macem-macem deh
Tapi kembali lagi anak itu kan titipan tuhan dan kita harus do the best lah buat masa depannya.. dan jadi makin bersyukur banget masih punya anak yang sehat dan gemesin

Oh ya aku juga jadi inget kemarin-kemarin lihat video ini gara-gara banyak yang share di twitter



Jadi terharu sih mom gara-gara lyric lagunya :'( Jadi ingin introspeksi diri agar jadi lebih baik lagi buat anak ..

“Parents can only give good advice or put them on the right paths, but the final forming of a person's character lies in their own hands.”

9

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Ikut nimbrung nih @Mamafabian Gak salah kok mom
pasti banyak deh orang tua yg ngalamin ini, aku jg dulu begitu tp dibawa enjoy aja mom
kalo aku pribadi sih punya anak ya pengen ada yg disayang-sayang selain misua pastinya

@nathania ah terenyuh banget deh kebayang si baby di rumah dan pengen cepat-cepat pulang...

10

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Hai mom.. share aja ya. Dulu aku & suami baru nikah berencana mau punya anak setelah 6 bulan senang2 dulu berdua. Eh ternyata saking senangnya, malah diberi amanah langsung di bulan ke-5. Shock? Pasti, belum disiapin lahir bathin. Babyblues? Sebulanan ada, aku marah krn ga ada yg bantuin & merasa ga tau apa2 sama sekali. Apalagi kehamilanku bermasalah plasenta previa yg harus bedrest berbulan2. Ngerasa dikekang banget, dan pas lahir pun merasa there is no "me" anymore, adanya hanya "mommy only for me".. hihi.. parah ya..
Aku ngga tau kapan akhirnya bisa nerima si kecil ini, yang pasti tiap harinya kutanamkan dalam pikiran, masih banyak pasangan lain yg belum diberi amanah oleh tuhan padahal mereka sudah meminta, dan masih banyak anak2 yang tidak bisa merasakan kasihsayang ortunya. So, sedih kan mikirnya? :)
Tenang mom, pasti ada waktunya dimana kita ngga mikir begitu lg & malah bersyukur. Kalau kupikir, andaikan 6 bulan dulu itu belum dapat anak juga, mungkin aku bakal nambah waktunya ngga mau punya anak dulu. Dan Tuhan yg tau niat burukku itu langsung dech nyentil aku, hihi...
Semangat ya mom, you're not alone :)

? ABC family ?

11

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Samaa.. Dulu sebelum nikah sih berdua udah memutuskan untuk bisa dapat momongan (ngingat umur), Alhamdulillah dikabulkan.. ternyata aku yg belum siap 100%, antara senang dan belum siap. Akhirnya pas lahir sempet babyblues , nangis2 mulu, kenapa punya anak ternyata ribet. Perasaan jadi up and down, kadang gemes kadang juga sebel, sedih ngga bisa sebebas dulu. Perasaan seperti itu sampai 1 tahunan. Sekarang anak udah hampir 3 tahun.. banyak yg nanya pengen nambah nggak, suami juga udah request nambah anak lagi tapi karena ngga mau kejadian kek dulu lagi, dan pengen menikmati hari2 sama Key dulu.. ngga tau deh mungkin 2 ,3 4, taun lagi baru nambah momongan

12

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Nathania habis nonton videonya, bagus dan bikin terharu, tfs yaa :) mudah2an kita semua bisa jd ibu yg selalu berusaha utk kasih yg terbaik buat baby kita yaa...

13

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

Hai Moms, aku skrg lagi hamil 5 bulan.

Awal nikah aku ma suami emang sepakat untuk gak punya anak dulu karena alesan aku masih kuliah. Tapi sebenernya kalo boleh jujuuuur, sebenernya bukan krn kuliahnya sih, tapi krn ngerasa blm siap aja.
Setelah setahun nikah akhirnya hamil, sempet gak percaya, gak terlalu seneng dan malah bingung sendiri. tapi lama-lama insya Alloh siapp sbntr lagi punya anak. malah skrg dah gak sabar nunggu baby lahir hehehe

14

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

haii mom, mau sharing juga, pas tahun pertama nikah ,kami tidak memikirkan baby sama sekali, kami benar2 menikmati masa "pacaran" , kemudian aku dinyatakan hamil, dan selama hamil aku bolak balik dirawat dan mesti bedrest
rasanyaa beraaat banget, lahiran pun mesti SC,sakitnya luarbiaasa, 2 bulan nangis terus,sediih entah banyak ketakutan, mungkin ini yaa babyblues
berkat supppa berkat suami dan keluarga, lihat tidurnya baby yang damaii akhirnya betapa besar KaruniaNya unyuk keluarga kami
Intinya bersyukur karena Tuhan sdh menggariskan kehidupan kita
Semangaat moms


Nathania thanks video nya,menyentuh banget jadi pengen hamil lagi :)

15

Topic: Salahkah punya perasaan seperti ini soal anak?

sebenarnya bukan ekspektasi orang2 terhadap kita aja sih, secara gak langsung mungkin kita juga punya ekspektasi terhadap diri kita sendiri.
aku dulu gak kepikiran banget bakal nikah muda, ehhh kejadian. sekarang belom kepikiran punya anak, malah hamil. sama kayak dlovejourneyy, kayaknya ini cara Tuhan buat nyentil aku yang reckless ini.
suami sih nganggep aku terlalu terpengaruh sama citra superwoman ala working mama saat ini (banyak banget di kantor aku), jadi jatohnya aku malah ngerasa tertekan..padahal harusnya aku terinspirasi yaa.
tapi sungguh anak adalah anugerah besar, orang-orang aja berjuang supaya bisa memperolehnya kenapa kita malah stres? tiap kali aku ngerasa down dan bayiku nendang2 dari dalam perut, rasanya kayak lagi disemangatin :)