1

Topic: Proses melahirkan waterbirth

Hai, mama

Aku mau berbagi info soal proses melahirkan yang bagiku sih gak biasa. Namanya waterbirth. Ada yang tau gak? Aku kasih beberapa infonya yah. Nanti boleh didiskusikan lagi

Waterbirth merupakan proses melahirkan dengan bantuan media air. Tapi, proses melahirkan dengan waterbirth memiliki sisi positif dan negatif. Banyak yang memilih proses ini, karena beberapa alasan, yang pertama aspek kenyaman, karena dengan menggunakan media air, tidak menimbulkan stres dan rasa sakit yang berlebihan dibandingkan dengan proses melahirkan lainnya.

Alasan kedua karena waterbirth membantu menghindari robeknya vagina, menghindarkan sang ibu untuk memakai bius saat melahirkan.

Tapi waterbirth pun ada risiko nya. Pertama, bayi akan mengalami cedera otak karena kekurangan oksigen ketika lahir pada media air tersebut. Hal ini dapat berdampak nantinya pada perkembangan kesehatan sang bayi.

Risiko kedua mengenai kemungkinan sang bayi menelan terlalu banyak air dan terkontaminasi banyak zat berbahaya yang terkandung pada air tersebut, dan kemungkinan sang bayi menderita infeksi.

Untuk itu calon ibu perlu berkonsultasi lebih lanjut tentang apa saja yang harus dipersipakan saat menjalani waterbirth. Bila sudah memutuskan melakukan waterbirth, pastikan hal2 berikut dipenuhi

1. Calon ibu harus memastikan untuk tidak mengalami infeksi dan juga pendarahan berlebih ketika akan menjalani persalinan waterbirth.
2. Calon ibu harus memastikan untuk tidak memiliki komplikasi yang berhubungan dengan melahirkan.
3. Pastikan kondisi kehamilan sudah memenuhi usia yang utuh bukan prematur.

2

Topic: Proses melahirkan waterbirth

wonderus wrote:
Alanamama, maklum aku udah (baru) setahun nikah belum di kasih rejeki ini sedang menunggu banget,jadi suka parno ,ngarep2 gimana gitu.. iya sih so far jadinya dibawa enteng aja deh, dapet alhamdulillah, gak ya coba lagi..ihihihi.. tanda - tanda yang paling aneh dari telat mens ini sih jadi suka banget sayuran,padahal dulu disuruh makan sayuran aja ogahnya minta ampun sekarang ngemilnya brokoli.. seneng banget liat yang hijau - hijau.. semoga beneran deh ya..kalau gak ya semoga jadi lebih sehat aja badan aku ngemil sayuran...hihihi..


semoga itu tanda awal kehamilan yang baik deh. tak doain itu bneran hamil. Amien.