1

Topic: Nikah Beda Usia

Moms, kalo udah ada thread yg sama monggo moved aja yaa. Kalo gak salah sih nyari-nyari gak ada. hhehehe :D

Moms, aku mau share. Seberapa pengaruhnya sih rentang usia kita ma pasangan dlm kehidupan pernikahan? terutama yang terpaut usia cukup jauh.

Aku mau share nih. Aku baru nikah setahun lebih.Waktu nikah umurku 21 tahun, ngerasa muda bgt sih gak, cuma mungkin klo skrg terbilang cukup muda yaa. Suamiku waktu nikah umur 30th. Enaknya nikah sama pasangan yang lebih tua mungkin bisa lebih 'ngemong' ke aku, bisa bener2 dimanjain, trs emosinya cenderung lebih stabil,secara financial pun bisa lebih milih mana yang prioritas mana yg gak. Cuma kadang gak nyamannya dlm beberapa hal suami selalu mengatur ini itu, gak boleh ini itu dan kurang menghargai apa yg aku lakuin krn dia ngerasa mungkin dia jauh lebih tahu apa2 dibanding aku. Ketika ribut2 kecil misalkan aku sampe nangis hihihihi Suami tuh nenanginnya bener2 kyk ke anak kecil. padahal aku gak merengek2 kyk anak2 loh, aku pgnnya kalo lagi gitu suami ngajak diskusi kek knp aku nangis, dsb. Tapi ujung2nya suami malah suka 'nyogok' sama barang dibandingkan ngajak ngobrol. Trs pas dah adem pasti komen "Maklum lah, aku ngerti kok, kamu masih anak muda buat ngerti".. suka sebel kalo digituin deh.
Teruss suami cenderung lebih kaku dan gak mau melakukan hal2 baru.Dibawa kesini gak mau dibawa kesitu gak mau alesannya waktu dia umur 20an jg udh bosen main, dsb.sedangkan aku gak bisa seminggu aja diem di rumah.

Aku sih yakin bgt suami kdg bersikap mengatur ini itu buat kebaikan aku jg. Tp ada saran gak Moms gimana ya caranya biar aku ngerasa lebih 'berharga' trs gak selalu ngerasa 'gue masih kecil dan blm pantes jadi istri'?


Thanks yaaa :*

2

Topic: Nikah Beda Usia

hai Vini Hujan, blum ada kok thread-nya, jadi kita lanjut yaa..

Wah, gw sama suami juga lumayan bedanya, 6 tahun. Gw pun nikah lumayan muda waktu itu, 23 tahun. Dari pengalaman gw pribadi, banyakan enaknya sih nikah beda usia di mana kondisinya suami gw yang enam tahun lebih tua. Sama kayak suami Vini, swami gw juga ngemong banget dan gw menganggap dia kamus berjalan yang kadang sedikit mengusik dia karena dia jadi merasa terbebani karena stiap kali gw nanya, dia harus lebih tahu hehehe..

Cara gw membuat hubungan kami 'berasa' setara (secara umur ya, bukan secara posisi karena buat gw posisi suami tetap hrs sebagai kepala keluarga berapa pun usianya) adalah dengan berusaha saling terlibat dengan teman2, hobi, dll-nya suami, begitu pun sebaliknya. Dengan begitu, gw merasa kehidupan kami lebih klik. Dia jadi bisa 'sok muda' tanpa kelihatan berlebihan, gw juga jadi dapet 'wise'nya orang seumuran dia karena sering terlibat denga teman2, pekerjaan, dan hobinya. Intinya, saat berdua dengan dia, gw gak merasa ada perbedaan umur lagi dan lucunya sikap kami ini bikin orang suka menduga2 umur gw dan suami hehehe..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

3

Topic: Nikah Beda Usia

sekedar saran buat Vini, sejujurnya aku sih tidak mengalami apa yg vini alami, krn umur aku dan suami hanya beda 3 thn saja. Menurutku, kalian pasangan suami istri harus extra toleransinya, saling melengkapi, punya kewajiban,tugas dan hak masing2. Jadi kamu berhak untuk diberikan tanggung jawab tanpa suami terlalu ikut campur di dalamnya. Dan kamu harus bisa mempertanggung jawabkannya. Selain itu, saya pernah baca ada artikel yg menulis " jika kita ingin hubungan suami istri harmonis, kita harus bermain bersama". Sama seperti anak kecil yg selalu akur ketika mereka bermain bersama. Walaupun terkadang ada kalanya anak kecil bertengkar, setelahnya mereka akan akur dan main bersama lg, tanpa ada rasa dendam didalamnya.

4

Topic: Nikah Beda Usia

hai vini,
sama kayak ramiro, umurku dan suami juga gak terlalu jauh bedanya, cuma 3 tahun. jadi gak banyak drama juga, lebih kayak temen dan kk-adik gitu. sesekali ada sih berdebat, kesel, tapi ya gak lama2 juga. bentar lagi juga udah baikan. soalnya suamiku suka ngelucu yg garing gitu, jadi aku ga bs lama2 cemberut nahan ketawa.

sama kayak zata, aku juga sekali-kali ikut kumpul2 sama temen2nya suami. misalnya reuni sekolah, atau gathering di kantornya, sesekali nemenin suami main futsal bareng temen2 kuliah/ sma nya juga, atau sekedar ketemuan ngupi2 gitu.
atau kalo di rumah sih seringnya ngobrol2 sebelum tidur gitu, atau setelah makan malam, dengerin cerita2 ttg kegiatannya / temen2nya, jadi kita pny perspektif ttg kehidupan suami, atau ikutan nonton film/serial fav suami. krn memang banyak juga perbedaannya.

saranku, kalau vini pengen diajak diskusi, bilang aja sama suami. tapi ya barang2 sogokannya ga usah ditolak juga *ogah rugi deh hihihi*. kalau bingung cara bilangnya, coba deh vini duluan yang bertanya atau curhat duluan. soalnya kan laki-laki mah emang sering lempeng gitu, mungkin mmg suaminya vini tipe yg cuek gt, jadi dia gak tau cara memulainya. nyogok2 gt biar ngambeknya vini cepet kelar :)
tapi percaya deh, pasti suami seneng kalo bisa curhat & diskusi bareng istrinya. dan berangsur2 makin percaya dan gak nganggep vini anak kecil lagi.


semoga membantu ya, vini.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Nikah Beda Usia

ahahaha setuju banget sama eka, barang sogokannya jangan ditolak Vin, kalo gak mau bagi2 sini aja hehehe *bcanda*

Intinya sih komunikasi dan spt ramiro bilang, toleransi. Kalo vini mencurahkan uneq2 ke suami dan sekaligus ngasih solusi yang masuk akal, gw percaya suami gak akan keberatan dan justru mendukung..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

6

Topic: Nikah Beda Usia

ZataLigouw : syukurlah klo blm ada thread yg sama hihihihi :D
Yupp, enaknya emang ngemong banget yaa. Thanks sarannya yaa, bica dicoba tuh. semoga berhasil hehehe

ramiro : Bener banget mbak. Yang aku rasain kalo mau adem2 toleransi hrs tinggi bgt dan hrs punya tgg jwb masing2. Biar sama2 gk merasa lelah 'mengatur' ataupun 'diatur'. thanks bgt sarannya yaa ;)

eka : Iyaaa sih siapa tahan klo kdg disogok novel2 yg udh dinanti2 bgt tp blm ada duit buat beli trs dibeliin suami hahahaha Sipp sipp mdh2an bisa bljar masuk jg ke dunia suami, meskipun suami lebih seneng diem di rumah main sama ponakan ketimbang main hehe

7

Topic: Nikah Beda Usia

Vini Gue sendiri beda 10th sama partner,pernah sih ngerasa dikira "masih muda" untuk mengambil sebuah keputusan. Tapi gue juga ngga tinggal diem,jadi emang ngasih solusi yang masuk akal,dan ajak partner komunikasi tentang apa yang gue mau untuk kita dan apa yang dia mau.

Toleransi dan komunikasi penting banget.

dan setuju sama eka dan zata,sekali2 ikut aja kalo suami jalan atau nongkrong sama temen2nya,biar tau tentang kehidupan suami.

waah kalo suami lebih suka main dirumah sama ponakan sebenernya bagus juga,bisa buat latihan urus baby kalo sudah lahir nanti ;)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

8

Topic: Nikah Beda Usia

intinya sih Vin, gw pribadi merasa nikah beda usia itu seperti petualangan yang seru, jadi dinikmati aja plus minusnya hehehe..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

9

Topic: Nikah Beda Usia

Hai Vini ikutan share yaah.
Aku dan suami bedanya 8 tahun. Kalo lagi dianggap seperti anak kecil, aku sih suka ngomong langsung kalo aku ini istrinya yg ingin diperlakukan sama dewasanya seperti dia. Emang yg penting komunikasi, kalo kita keberatan ya ngomong aja.

10

Topic: Nikah Beda Usia

aku dan suami beda nya jauh hehee.. 20 thn an. aku nikah di usia 20 tahun. sudah berumah tangga selama 8 tahun. semua berjalan baik2 saja. hubby orang nya asik sih, kadang dia lg lbh update dibanding aku hehee.. selera juga sama. komunikasi lancar jadi gak prnh cek cok sih. apa lagi suami juga kerja di rmh jadi setiap hari bisa selalu bareng. walau pun malah smntra ini justru aku yg kerja di luar rumah hehee...

11

Topic: Nikah Beda Usia

Hai Vini, gabung yah..
Aku sama suami jg beda jauh umurnya, aku 20thn suami 32thn. Lucu deh,dulu pas awal ktemu 4taun yg lalu, aku pikir dia umur 23an (pdhl umur 28), dan dia kira aku umur 20an (pdhl aku masih 16taun) .. Pas uda pacaran baru ketauan buka ktp masing2 dan sama2 kaget, hahaha...
Pas pacaran aku kaya mba vini, ngerasa dianggap anak kecil banget, klo aku marah2 dia malah diem nd cuek, ktanya dia tuh bukan dukun yg bisa nebak cwe itu maunya apa, so dia pngen klo ada masalah apa aja omongin aja dan gausah pake marah2. Dulu sih digituin malah makin ngamuk akunya, secara masih SMA , hehe
Tapi sekarang karna uda tinggal bareng, tiap hari ktemu, jd banyak waktu buat bicarain hal2 yg bikin kita ga nyaman, alhasil sekarang uda ga pernah aku marah2 kya dulu waktu pacaran. Aku banyak belajar dari suami, lebih sabar, lebih pengertian, kalo ada persoalan dibawa santai aja pokonya..
Sekarang juga aku uda pnya baby, mau 3bulan. Pokonya jadi makin indah kehidupan rumah tangga kita :)

12

Topic: Nikah Beda Usia

ZataLigouw : emang seruu sih meskipun kadang ada gendoknya hihihihihi

karenz
: justru itu kadang hal paling sulit dlm pernikahan tuh komunikasi, kadang gak mudah buat bisa ngomongin hal2 yg gak kita suka, harus pinter2 aja yaa nyari moment yg tepat buat ngomong hehehehe

ibu janddo : Patut disyukuri bangeeet itu mah buu hihihi

shintanovi : wahh selamat ya dah punya baby .. iya sih semua hal emang kudu ada proses yaa .. :)

13

Topic: Nikah Beda Usia

Waah ada thread baru.

Cindy, aku shock pas km bilang partner. Wkwkwkwk

Share juga ya, aku sm suami beda 4 thn, dan kita ngerasa asik2 aja. Kl yg aku liat sepupuku nikan dg laki2 yg 20thn lebih tua. Ya kl suami lbh tua kecenderungannya emg 'patronizing' gitu. Krn emg dia sdh pernah melalui fase yg sdg kita lalui sbg individu. Tapiiii, kan beda ya, dulu dia ngalaminnya sbg single, nah kl vini kan ngalamin sbg istri org.

Dulu tuh cita2 banget dpt suami yg ngemong dan sabar, dll. Krn akunya emg seneng dimanja, takdirnya malah dapet suami yg bedanya ga jauh. Hehehe.

Eh, bu, kl dikasih hadiah2 gitu jangan ditolak. Mumpung mood romantis. Nanti kl sdh ada anak, pasti anak yg jadi prioritas.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

14

Topic: Nikah Beda Usia

Bgmn suasana bahtera pernikahan mom zata ligou yg beda 6 tahun?