1

Topic: Menyapih bayi

Dear all smart moms..
Salam kenal buat mommy semuanya, saya pendatang baru nih
Anakku, Gendis udah 2 tahun 30 Maret kemarin. Saya dan suami sudah berencana mau menyapihnya. Kami juga mengkomunikasikan hal ini kepada anak, dengan memberikan pengertian kalau sudah saatnya dia lepas dari ketergantungannya menyusui.

Akhirnya, tanggal 9 April kemarin kita mulai mencoba. Berdasarkan saran dari saudara-saudara, yang kebetulan tetangga sendiri, menyarankan untuk memberikan sesuatu yang pahit di puting seperti biji mahoni, gadel (semacam batang pohon yg mengeluarkan getah, saya gak tahu bahasa Indonesianya apa), dan segala sesuatu yang pahit lainnya yang masih aman kalau terjilat anak. Saya mencoba mengoleskan biji mahoni (setelah saya coba memang pahit, tapi cepat hilang). Seperti biasa, menjelang tidur siang Gendis minta disusui, saya jelaskan kalau dia harus biasa tidur sendiri dengan minum sufor aja, dan saya juga mengatakan kalau payudara saya pahit, sudah tidak enak.

Gendis berhasil tidur dengan tidak menyusu pada saya, tapi sebagai gantinya dia minta ditimang-timang hingga tidur. Saya dan suami lega karena berhasil. Kami berharap malamnya bisa sukses lagi, tetapi gagal. Saat mau tidur malam Gendis rewel terus, biarpun akhirnya dia tertidur digendongan papahnya. sekitar 2 jam kemudian Gendis terbangun dan minta "nenen", saya memberinya air putih dan juga sufor. Tapi Gendis menolak sufornya dan tetep nangis tambah heboh. Saya dan suami kewalahan, akhirnya kami menyerah karena gak tega ngeliat Gendis nangis terus dan terpaksa saya menyusuinya lagi, dan Gendis sepertinya tidak mempedulikan payudara saya yang pahit.

Sudah 3 malam berturut-turut kejadian ini terulang terus. Saya dan suami bingung harus bagaimana lagi ni moms.. Mohon saran dan masukan dari mommy semua...
makasi :)

2

Topic: Menyapih bayi

Nanda Melantika,
Selamat bergabung di TUM. Diskusi tentang menyapih bayi beserta tipsnya ada di thread berikut
sedangkan diskusi sapih dari botol susu ada di thread berikut

Agar tidak dobel, thread ini kita closed ya... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's