1

Topic: KPD (Ketuban Pecah Dini)

Dear mommys,

Saya gak tahu apakah sudah pernah ada thread ini sebelumnya. Cari2 sih gak ada.

Jadi begini ceritanya. Saat ini saya sedang menjalani kehamilan kedua. Usia kehamilan sekarang 30 minggu. Nah selasa malam lalu saya mengalami yang namanya KPD lagi. Kenapa saya sebut lagi? Karena kehamilan pertama juga mengalami KPD di usia 36 minggu. Berusaha untuk tidak panik, saya bangunkan Suami saya yang lagi asik tidur kemudian kami pergi deh ke RSAB harapan kita. Dalam perjalanan pikiran saya gak karuan, dulu saya di cesar karena hal ini. Nah sekarang? Pikiran macam2, kehamilan baru 30 minggu, masa anak saya sudah harus dilahirkan? Duh panik setengah mati.

Setelah tiba di UGD, akhirnya diperiksa dokter jaga. Dokter jaga bilang saya harus bersiap2 kapanpun bayi saya dilahirkan. Berarti bayi saya prematur. Makin sedih dikasih tau kaya gitu. Setelah hampir 4 jam di UGD, akhirnya saya dipindahkan ke ruang HDU. Paginya dokter yang biasa saya kontrol bulanan akhirnya datang. Beliau pun menjelaskan kondisi saya. Beliau bilang karena masih 30 minggu, perkiraan berat janin juga baru 1,4 kg, dokter memutuskan untuk meneruskan kehamilan saya sambil terus diobservasi setiap hari. Usg dijadwalkan setiap minggu, ctg setiap hari, terapi antibiotik. Sampai saat ini saya masih dirawat di RS dan gak tahu kapan saya boleh bedrest saja di rumah.

Fyi, bila saya mengalami demam atau detak jantung janin sudah mulai gak bagus, maka saya harus melahirkan secepatnya.

Mommy mungkin ada yang pernah mengalami seperti saya? Maaf kalo ceritanya berantakan. Hehehe

2

Topic: KPD (Ketuban Pecah Dini)

Dear mom to be

Sharing ya,, kmrn tgl 12 okt pagi babyku lahir (40w) dg kondisi KPD tgl 11 okt mlm. Dg kondisi spt itu mskpn sdh wktuny lahir tp tetep ada perasaan takut SC ato induksi.. alhamdulillah aq msh bs lahiran normal tanpa induksi.. saranku mom komunikasi terus aja dg babynya.. krn yg akan jalananin mom n baby.. bicarakan hal yg positif2 dan juga keinginan dr mom.. yg pst tetep semangat ya mom dan jaga kondisi stabil.. gud luck mom..

Bundanya Afika & Qiana

3

Topic: KPD (Ketuban Pecah Dini)

kalo KPD kan biasanay blm ada kontraksi tp ketuban pecah dulu, biasanya dokter menyarankan operasi SC krn khawatir bakteri masuk ke rahim...soalnya jalan lahir udah kebuka

4

Topic: KPD (Ketuban Pecah Dini)

share sedikit ya... kasus ketuban pecah dini (KPD) memang bukan kasus yang bisa dianggap remeh. karena ini kaitannya dengan kesejahteraan janin di dalam kandungan.

pada beberapa kasus, jika ketuban pecah, dan bayi sudah cukup bulan, dalam waktu 24 jam biasanya akan di paksa keluar dengan operasi caesar.
kenapa caesar, selain karena resiko infeksi, air ketuban yang jumlahnya sedikit tidak memungkinkan ibunya untuk bisa mengedan dan melahirkan bayi lewat vagina.

untuk kasus nya blue_pichan83 kehamilan baru 30 minggu, usia kandungan belum matang. tapi dokter masih mempertahankan kehamilan dengan pengawasan ketat, karena biasanya yang dilakukan dokter itu untuk mematangkan paru2 bayi dulu.

biasanya disuntik dengan kortikosteroid untuk mempercepat pematangan paru, jadi diharapkan pas bayi lahir, paru2nya bisa berfungsi. tapi tentunya kalo berat badannya kurang, butuh perawatan di luar kandungan misalnya dengan masuk inkubator dulu.

kalo sampe ibunya demam atau detak jantung bayi melemah, memang harus SC cito dan nggak pake tunggu2an. itu aja yang aku bisa share moms...

5

Topic: KPD (Ketuban Pecah Dini)

Hallo moms,

Aku skrg lg hamil 36 weeks, anak pertama, dan lg deg2an sekaligus excited menjelang lahiran :D

Aku pgn tau lbh banyak soal pecah ketuban ini, kalau dari beberapa cerita pecah ketuban dini itu ga dibarengi dengan kontraksi ya dan banyak jg yg ttp bisa lahiran normal.

Kalau boleh tau, hal apa aja ya yg harus diwaspadai dan dilakukan kalo KPD ini (selain bergegas ke RS)?

Apa ada hal yg bisa diantisipasi atau gmn?

6

Topic: KPD (Ketuban Pecah Dini)

Sharing KPD, 2x ngalamin.
Anak pertama, Agustus 2007, KPD jam 10 malam, langsung ke rumah sakit, tengah malam (asap banget) cito, karena bayi memang sungsang. Usia bayi udah cukup.
Selain sungsang, air ketubannya udah ngalir keluar banget.
Anak kedua, Oktober 2011, KPD lagi sekitar jam 1/2 7 pagi, bayi cukup umur juga, dan karena aku feeling keluarnya nggak deras kaya anak pertama, aku masih sempet nganter anak ke sekolah (10 menit, nggak nyupir sih), baru ke rumah sakit. Langsung harus cuma tiduran aja, pasang kateter karena meskipun keluarnya nggak deras (rembesan aja) tetep obgyn rekomendasi untuk minimalisir berdiri.
Karena posisi bayi memang udah posisi lahir vb, obgyn masih nunggu bukaan & kontraksi. Ditunggu sampe siang jam 2an, ternyata harus caesar lagi. Karena nggak ada kontraksi/bukaan sama sekali, maka nggak bisa via metode bantu.
Sampe sekarang masih belum mudeng kenapa bisa 2x KPD (usia 39 minggu & 40 minggu), meskipun udah banyak baca2, cuma tetep masih belum mudeng.

Lina

7

Topic: KPD (Ketuban Pecah Dini)

lina hai mama, KPD memang termasuk kasus yang banyak terjadi pada ibu hamil yang sebagian besar disebabkan oleh infeksi.

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

8

Topic: KPD (Ketuban Pecah Dini)

Pengin ikutan cerita juga...
Kejadian KPD waktu hamil kakak, malem-malem baru aja terlelap bentar kok rasanya ada yang basah. Ini dua minggu sebelum HPL. Langsung ke RS, ditungguin sampai pagi nggak ada bukaan, akhirnya induksi setelah 11 jam tanpa bukaan tanpa kontraksi. Dokternya nggak menjelaskan sih kenapa bisa KPD, tapi mungkin ada hubungannya sama keputihan ya. Waktu hamil adiknya sih alhamdulillah tanda persalinan seperti flek dan kontraksi muncul duluan, bukaan cukup lancar malah ketubannya sampai harus dipecahin.

9

Topic: KPD (Ketuban Pecah Dini)

Hi moms,
Mau sharing ttg kpd yg sy alami di kehamilan kedua dimana pada 5 week sy mengalami flek coklat sampai usia kandungan 10minggu. Dokter meresepkan macem2 penguat dan harus bedrest (bedrest ini sy msh bs mandi dan ke toilet sendiri)..Flek berhenti di 11 week, krn merasa sdh aman sy beraktivitas seperti biasa sampai 20 week....nah pada usia kandungan 21 week ini sy mengalami flek coklat lagi sampai harus bolak balik opname di rs krn di diagnosa placenta previa minor ...pd 22 week sy mengalami pendarahan (seperti haid) dan bisa dibayangkan paniknya sy dan keluarga....pd 22 week ini ketika di usg, jlh ketuban telah berkurang (kemungkinan ketuban telah rembes bersama darah yg keluar)jdlah sy opname di rs dan di observasi dgn ketat...semua kegiatan dilakukan di tempat tidur, bedrest total (pipis pakai pispot, dilap in suster)...
pd hari kesepuluh di rs, sy mengalami kontraksi hebat dan melahirkan secara normal (usia kandungan 23 week 3 hari) tapi syg babyboy sy hanya bertahan 90 menit setelah keluar dr rahim dgn bobot 600gr 35cm....
kebayang ga sedihnya sy dan suami,
sampe skrg msh sering mewek kalo keinget saat2 itu..
Nah buat bunda2 yg mungkin mengalami gejala2 spt sy, saya sarankan untuk tidak boleh stress dan apalagi bila sdh mengalami flek HARUS benar2 bedrest (intensitas ketoilet dikurangi dgn pipis menggunakan pispot)...
Semoga bermanfaat...

10

Topic: KPD (Ketuban Pecah Dini)

Christina,
Terimakasih sharingnya mama, semoga bermanfaat untuk mama-mama lainnya ya.
Kebetulan aku punya teman yang ceritanya mirip, tapi anak perempuannya hanya bertahan 60 menit saja.

Ternyata memang flek itu bisa bikin kpd ya :(
Mama christina dan suami yang sabar, semoga dikuatkan. *peluukk

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/