1

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Dear Urban Parents,

Mau sharing cerita tentang suatu teknik yang gue liat dan yang jangan dicontoh. Anyway kita belajar kan untuk mencontoh dan tidak mencontoh ya. Jadi gini ceritanya. Tahun 2002 gue dibuang ke Makassar sama bos gue untuk jadi kepala cabang (baca, gue managernya, financenya, salesnya tukang bikin kopinya juga) itu cabang emang one man office saking kecilnya. Anyway di, 300 KM dari Makassar, gue punya staf, reefer technician yang jaga container Superfreezer. Itu lho, Freezer yang, super (halah..). Super freezer itu container yang bisa storage sampe -60 celcius.

Nah suatu minggu ada krisis di sana dan gue tutup kantor untuk menjenguk masalah itu. Staf gue di sana namanya X, dia punya anak namanya Boy yang umurnya waktu itu 5 tahunan. X sangat bangga dengan Boy. Dia bilang ke gue:

"Ni anak gak pernah nangis! He's a tough boy. Gak cengeng."

Gue sih kagum-kagum aja. Gue pengen tahu gimana sih caranya ngedidik anak untuk gak cengeng. Tiga bertiga banyak menhabiskan waktu bareng sembari menyelesaikan masalah itu. Kemudian gue notice sesuatu. Ternyata anak itu bukannya gak pernah nangis. Tapi si X gak pernah ngebiarin Boy nangis. Contoh simple, mereka maen bola. Bapaknya kelamaan gocek dan Boy gak dapet2. Boy mulai cranky
"Aaaaa!!"
Tiba-tiba si X langsung ngasih bolanya. "Nih nih, ayo gak boleh nangis."

Gue ngebatin, yaaa, ini sih bukannya gak cengeng. cengeng banget malah. Tapi bapaknya yang salah konsep tentang cengeng itu sendiri. Justru agak bahaya karena X gak ngebiarin Boy ngerasain penderitaan.

Dan seminggu gue di sana, kejadian gini sering bener terjadi dari mulai bola, maenan, permen, VCD, you name it deh. Boy dapet semua yang dia mau asal dia mulai ngerengek mau nangis. Ngedidik anak untuk jadi tough kan bukan dengan memberikan segala yang diminta. Itu malah bahaya bener.

Dari situ gue cukup sadar bahwa jadi bapak itu berat banget. Salah konsep dikit, ngedidik anak jadi salah dan ntah jadinya bakal kayak apa.

Sekarang sama Aldebaran, gue bermain di pemilihan kata. Kalo dia nangis, gue bilangnya, "Aldebaran, kamu gak perlu nangis. Gak perlu ditangisin."

harapan gue dia belajar bahwa ada beberapa hal yang "It's okay lah, dont get worked up over it." Menekankan bahwa beberapa hal itu gak perlu/gak worth spend time crying.

Gue gak tau apakah itu jalan yang bener. Gue cuman berdoa bahwa didika itu, (dan semua didikan gue ke dia) sebener mungkin atau setidaknya, fully thought thru.

Gitu aja parents. Thanks for listening.

PS: Abis tutup kantor seminggu dan tutup HP seminggu, gue turn on HP gue dan HPnya bilang
"You have, 83 voicemails."
Gue matiin lagi deh HPnya. :P:P:P

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

2

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Duh banyak bener voice mails nyah :-).
Setuju sama opini Adhitya. Kalo menurut gw, ngedidik anak itu lebih baik ngikutin feeling kita aja deh. Byk teori2 tapi tiap Anak itu unik jadi blm tentu teori A bakal berhasil kalo diterapkan ke anak kita. N gw paling males deh kl diskusi ama ortu yg model kyk begini, yg nge-the best in anak sendiri.

@LizCherie

3

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Di sisi lain, gue juga percaya bahwa terlalu sering memarahi anak akan membuat anak tidak tough. Mereka jadi tidak percaya diri akhirnya bermental kerupuk.

Masalah gue, gue suka ngoreksi Raka nih. Sekarang Raka jadi suka takut salah. Anak ini berani sih tapi takut salah (bingung kan?). Any tips? Yah kalo gue sendiri sih udah menahan diri untuk tidak sering-sering mengoreksi :(
Bad me..

And thelilsolder is back. Fire!

4

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Inga, maksudnya ngoreksi contohnya gimana ya

Before I have kids I have 2 parenting theories.
I have 2 kids now. And I have no theory.

5

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

aku paling sebel kalau ada yang bilang, anak cowok gak boleh nangis :( anak cowok boleh kok nangis, tapi ada batasannya.. nangis kan ekspresi juga :)

mulai sekarang juga aku udah mulai ngajarin Kerlap kalau minta apa-apa gak usah pake merengek (belum nangis) apalagi sampai nangis. walaupun Kerlap belum bisa ngomong, dia udah mulai nunjuk.

dulu waktu hamil, udah baca teori macem-macem dan liat contoh sekitar juga. tapi pas punya anak sendiri, kayaknya memang mesti belajar dari awal bersama-sama. yah ibunya, yah bapaknya, yah anaknya :)

@sweet_greeny
ibunya kerlap semesta dan kilau pagi

6

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

iya ga apa2 kok kalo anak cowok nangis... kan manusia juga ;). saya juga sama kalo ke alde bilangnya gitu, ga perlu nangis. atau boleh nangis tapi ga perlu lama-lama ya...

inga, maksudnya ngoreksi sama ga ya dengan saya... misalnya, alde tuh penasaran banget pengen makan bubuk cabe pedes. tadinya saya larang... tapi akhirnya dibiarin aja, biar dia tau kalo itu pedes. akhirnya stop sendiri ehehe ;).

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

kalo aku stuju ama shinantya, nangis itu kan expresi, salah satu cara komunikasi juga...

dulu kalo aina nangis, kita mikirnya mungkin dia berusaha mengkomunikasikan sesuatu. jadi kalo mau aina jangan terlalu sering nangis, kita mesti ngajarin gimana cara komunikasi selain nangis... misalnya seperti yang shinantya bilang, diajarin nunjuk (kalo blum bisa ngomong). kalo udah bisa ngomong, dibilangin, kalo sakit, bilang "auuuw! sakit! tadi jatuh disini... ", kalo marah, bilang "aku kesel", kalo mau mainan yang ada diatas lemari, panggil mama dan bilang sambil tunjuk mainan itu...

kita juga jelasin ke aina, kalo dia nangis doang, tanpa berusaha cerita, mama dan papa susah ngertinya. daripada nangis, mending cerita. jadi kalo sakit, mama bisa cium tempat yang sakit. kalo marah ke mama, jadi mama bisa minta maaf, kalo tadi mama salah... etc...

thelilsoldier - wah, sama! gue juga ngadar nih, kalo aina lagi sering dimarahin, dia malah jadi ga pede, trus malah jadi makin sering salah2 (yang berakibat jadi lebih sering lagi dimarahin). trus, kalo terlalu sering di koreksi, jadi gampang takut...

yang ini susah2 gampang nih. gue ternyata suka "berlebihan" ngoreksinya juga... hu hu hu... sekarang ini sih, patokannya, kalo aina udah mulai sering dimarahin/dikoreksi, berarti ada yang salah ama cara gue atau suami gue berkomunikasi ama dia. trus gue dan suami mesti rapat, cari cara baru... hihihihi.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

8

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Adhitya & Ninit,
Contoh yg plg baru adalah main tebak gambar win lose or draw gitu, di mana masing2 menulis poin sendiri.
Waktu raka nulis (yah namanya jg belum bisa nulis), angka yg Raka tulis ngga keliatan jelas. Respon saya, "tulis angka dua kayak bikin bebek gitu, ka". Buntutnya Raka ngga mau nulis poin lagi. Kayaknya dia takut salah.
Terus dia gambar2 gitu, katanya dia gambar ayah dan mamah. lalu saya ngomong ke suami "heheh we look like monkey". Trus dia sedih "gambar rala kayak monyet ya?"

Huhuhu bad me.. :( Sadarnya telaaaat mulu. Mesti hati2 deh kalo mau ngoreksi.

And thelilsolder is back. Fire!

9

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Arkan masih baby, jadi belum lari ke tough kali ya. Vira bukan cowok, tapi menurut saya dia cukup tough. Saya dan istri sudah sepakat gak mau punya anak yang cengeng, dan kadang metode kita bikin keluarga suka protes.
Kita ngajarin Vira kalau mau sesuatu harus meminta dengan baik dan jelas, not forgeting her please and thank you. Kalau dia merengek atau cengeng minta sesuatu, kita (saya dan istri) bertingkah macam orang lost in translation, bahkan kadang nyuekin. Misalnya Ibunya makan trus dia mau minta, tapi gak bilang "Mama, aku mau makan dong" dan malah merengek, kita yang "Ngomong apa sih, gak ngerti. Ngomongnya jangan sambil cengeng gitu dong, mama/papa gak ngerti".
Saat Vira berhenti dan bilang baik-baik, baru deh kita kasih. Kalau merengeknya sampai nangis, ya kita berhenti, lalu calm her down, setelah calm baru kita kasih tau bagaimana caranya minta. Nope, walau dia nangis kita tetep gak ngasih until she asks properly (dan ini mengundang protes dari ortu kita, hehehe).
Kapan merengek itu tolerable? Jika mendekati waktu tidur mereka (tidur pagi/siang/malam) kami anggap tolerable karena anak saat mereka mengantuk akan memaksakan segala cara agar mereka bangun.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

10

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

kalo yg gw alamin sama Atreyu (masih 9 bulan, blm bs ngomong :p) sih rata2 bayi nangis tuh emang utk 'bicara' ya...minta sesuatu misalnya.
Kalo dgn Atreyu gw selalu usahain ngomong...ya krn dia blm bisa ngomong...sering gw semacam ajarin body language, tdnya iseng2 aja nyoba..tp lumayan berhasil kyknya, jd ajarin dia utk melakukan gerakan/suara tertentu kalo minta sesuatu (ini berlaku bwt bayi aja kali ya, krn blm bisa ngomong, dan maunya blm banyak hehehe).

Misalnya untuk minta minum, dia akan bersuara2 sambil tangannya membentuk huruf c (kyk kalo megang botol minum), kalo mau makanan/cemilan dia bergumam "mamamama" sambil bibirnya ngecap2, kalo mau megang suatu benda dia akan nunjuk benda itu. Atau kalo mereka mau megang sesuatu yg gak bisa dipegang (benda yg berbahaya misalnya), kalo gw sih gw ceritain aja itu benda apaan dan knp gak bisa dipegang dll dan dia akan kyknya sih ngerti. Tapi sekarang, krn Atreyu jg udah merangkak dan bediri2 sendiri, sering gw ajarin dia utk ambil sendiri, benda2 yg dia butuhkan taro di jangkauan nya dia..biar usaha.

Alhamdulillah sejauh ini dia emang bukan tipe yg dikit2 nangis ya..dia baru nangis kalo udah pengen banget susu (masih ASI) terus malah dibawa menjauh dr gw, dia pengennya kalo udah mau susu ya nempel2 gw terus hehehe. Jd kyknya klo utk bayi2, sekedar kita tau apa yg mereka mau...mereka akan jarang nangis jg kali ya?

@Urban Papa...wah baru tau klo udah ngantuk mereka itu berusaha melakukan apapun buat tetep bangun yah? pantes aja..Atreyu tiap mau tidur abis nyusu malah blingsatan lagi..turun tempat tidur...manjat2 , keliling kamar bisa sampe 30menit-1jam...sampe akhirnya dia udah duduk aja diem dan bengong, saat itulah baru dia bisa diangut k tempat tidur :p

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

11

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

btw..bener ga sih kl boy itu ga boleh mainan boneka?apa nti bakal berpengaruh ke sisi "tough"nya?secara aku liat lumayan ada sisi positif dr boneka as berperan peran, mendongeng. selama ini aku masih yg takut2 ngenalin boneka ke labib krn takut jd ga tough gitu...pencerahan pls..

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

12

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

nidya

mungkin tergantung bentuk bonekanya kali ya...banyak loh anak cowo yg 'teman akrab' nya stuffed animal, dibawa2 kmana2...dan gk masalah kyknya sama perkembangan 'kecowokan' nya. Dan bener boneka bisa dipake buat pengenalan peran, dongeng, dll. Mustinya sih gk masalah yah... toh kita selalu ceritain dan kasih pengertian kan. Nanti klo gede jg anak cowo biasanya suka tuh ngumpulin action figure (ayah2nya aja jg suka :p ), itu kan jg bentuk lain dr boneka :)

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

13

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Aku suka main hand puppet sih sama Arkan, saya rasa gak apa-apa selama bukan primary toy. Mainan primarynya aku beliin truk merah besar, lego dan mobil-mobilan, tapi kalo dia lagi mendusin mau tidur dan ada boneka kakaknya di tempat tidur, suka gemes, walau akhirnya dilempar ke who ever isn't lucky enough to duck.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

14

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Klo menurutku ngga papa anak laki-laki main boneka seperti stuffed animals atau tokoh-tokoh yang ada di film kaya elmo, big bird, pooh, tigger dll bagus buat pengenalan binatang dan pengembangan imajinasi…selama bonekanya ngga Barbie aja kali ya? hehe. Mainan utama Nara sekarang lebih diarahkan suami ke truk, robot, kereta dan mobil-mobilan selain mainan macem puzzle gitu. Jadi stuffed animals waktu Nara bayi pelan-pelan ilang diumpetin suami di gudang…hihi.

IMO, klo dilarang-larang justru nanti tambah penasaran, gak cuma boneka tapi berlaku juga untuk hal-hal girlie lainnya. Kadang anak gw pengen pake hairdryer gw atau pengen pegang bedak (dan segala perabotan dandan) gw…menurut gw cuma karena penasaran aja. Hairdryer itu dia penasaran sama anginnya, bukan karena dia pengen ngeblow rambutnya kan? Selain itu gw kasih dia pegang perabotan dandan sambil jelasin klo itu cuma dipake perempuan. Akhirnya dia jawab, “oke, Nara mau liat aja kok, ngga dipake”. Klo gw liat dia penasaran sama warna warninya dan kuas-kuasnya, dia pikir bisa buat menggambar…halah.

metariza.com | mother of two |@metariza

15

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

metariza
Setuju met...Gw jg ngebiarin rasya eksplor ke boneka2 kyk gitu.
Tp dasar anak cowo ya, pas dah gedean udah ga disentuh sama sekali.

Yup, rasya jg penasaran bgt sama peralatan dandan..
Tdnya gw jd agak takut dandan deket dia.
Tp drpd dia penasaran, akhirnya gw jelasin apa yang sedang gw lakuin.
Dan berulang kali jelasin kl ini utk cewe, dan rasya itu anak cowo kyk ayah nya (ini andalan krn rasya pengagum berat ayahnya)

'Being a full-time mother is one of the highest salaried
jobs... since the payment is pure love' ~mildred~

16

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

gue setuju ama urban papa dan akhir2 ini lagi kayak gini. nyuekin naia nangis! soalnya udah di batas dia nangis itu hanya karena manja dan pengen kemauannya diturutin. kayaknya ini gara2 dia dimasukin sekolah trus ada oma opanya yang semua kemauannya diturutin (salah kan oma opa deh.. beneran bikin ngerusak!)

akibatnya, dikit2 minta sesuatu, nangis. biasanya dulu2 kalo dia nangis, emang karena ada yang salah, jadi gue peluk dan gue tanya.. kenapa? ada yang sakit? etc. tapi kali ini dia emang manja aja, jadi sejak minggu lalu, gue berubah cara. kalo dia nangis, minta gendong tanpa sebab, gue cuekin. dan gue jawab.. "naia udah gede, jalan sendiri! mama udah ga kuat gendong naia." tetep nangis sih, tapi lama2 akhirnya diam.

same thing urusan ASI, akhir2 ini dia makin kayak orang sakaw, yang kalo ga dikasih dia malah nangis2 meraung2.. pokoknya aneh dan malu2in (walopun di rumah). kadang mayan nyebelin karena malem2 juga gitu. biasanya gak. akhirnya gue diemin aja pura2 tidur. capek sendiri, tidur sendiri.

gara2 ini gue jadi ngerti banget, kalo dulu liat ibu2 yang nyuekin anak nangis, mikirnya kok tega amat sih? sekarang gue ngerti, emang anak gak mesti selalu diturutin kalo dia nangis.. karena makin kesini (apalagi kalo tau tiap dia nangis, berarti kemauannya bakal diturutin) makin manipulatif aja nangisnya. dan kalo udah gini, saatnya untuk nyuekin.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

17

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Waaa br nemu thread ini. Kebetulan anakku cowo, 8 bln. Dan td sore kejadian dia lg merangkak dan liat tembok dia pukul2, krn saking senengnya sampe badannya doyong2 (hampir roboh) dan krn aku takut dia kejedot tembok lgsg aku angkat. Eh dia jerit2, nangis histeris. Kesimpulan aku ini bocah udah mulai ga mau dilarang2 padahal aku dan suami jarang bgt pake kata jangan dan tidak (seperlunya aja). Takutnya dia jdga mau disalahin. Kebetulan aku bukan tipe yg kl liat anak kejedot/ jatuh atau nangis krn sesuatu trus aku salahin tembok/ lantainya. Berusaha membuat dia mengerti kl semua ga selalu sesuai sm keinginan dia. Ini aku mikirnya bkn krn kejadian sore td aja siy, udah beberapa kali kejadian soalnya. Dia kl dilarang langsung deh ngambek. :-|
Akhirnya kami sering memakai kata pinjam daripada jangan. Anakku ini memang lg fasenya suka meraih apa aja yg ada di dekatnya kemudian digigit2. Kadang bkn digigit tp dibanting, dijedotin ke kepalanya sendiri. Huhuhu
Sebenernya keturunan jg niy, aku jg dulu pas kecil kaya gt. :D

~Life is good~

18

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

inga
sama! gue juga ngerasa kadang gue suka keseringan ngritik alyssa. ditambah alyssa juga sangat sangat perfeksionis. dua kombinasi ini bikin dia suka frustasi sendiri kalau merasa dia bikin salah. misal mewarnai keluar garis dikit, dia langsung kesel, banting pinsil, bibir maju trus lari sambil nangis. so drama !!
akhirnya gue sering bilang ke dia, it's ok to make mistakes. you dont have to be perfect. and you dont have to win all the times..
gue juga ngerem diri buat gak keseringan komentarin kerjaan dia..
balance balance balance..
duh susah bener yah jadi ortu. gue pengen anak gue gentle but tough, careful but brave, sweet but strong.. :rolleyes:

19

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

wah pas banget nih - baru aja mau bikin thread baru
akasyah (27 bulan) selalu penasaran ama peralatan dandan gw - mulanya karena dia pnah liat gw dandan. Nah skrg kan gw ga pnah dandan depan dia, tapi anehnya dia masih ngeh, dan suka bilang : Mama dandan ya, sambil merhatiin muka gw.
trus kalo di rumah sepupunya yg cewe, dia sangat tertarik untuk masak2an - klo gw sih liatnya karena spongebob kan koki dan suka pegang2 spatula. mertua gw againts this banget dan ngelarang gw ngebiarin dia main masak2an - padahal siapa tau dia mau jadi the next jamie oliver kan? :P
Nah, sarannya dong mums and dads - menurut kalian masih ok ga sih ngebiarin dia mainan panci2an dsb, trus ketertarikan dia sm alat2 dandan?
my inlaws soalnya making a big deal out of it ..

My little xerox's is waiting home for me

20

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Kenny imo klo main masak2an biarin aja...masak kan ngga punya perempuan doang. u're right, siapa tau akasyah nanti jd the next jamie oliver.

klo soal dandan, Nara jg suka bgt liatin gw dandan dan pengen megang2 blush on, eye shadow dll. klo mnurut gw dia seneng liat warna warninya, dan mungkin dia liat kegiatan dandan seperti melukis tapi di wajah, alias lbh seru dibanding di kertas. Jadi...gw ijinin dia liatin gw dandan dan tanya2 tapi gw ulang2 terus klo yg dandan&pake barang2 itu cuma anak perempuan, sementara klo dia kaya ayah, jd paling pake shaver..itu pun klo udah gede. Kliatannya sih ok2 aja, dia masih suka ngeliatin gw dandan tp ngga tertarik buat make alat dandan gw.

metariza.com | mother of two |@metariza

21

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

@metariza hehehe ya gw juga berpikirnya klo dia curious liat dia dandan karena dia seneng gambar, karena awal2nya dia bilangnya :mama gamban (gambar) di muka ya? -
klo masak2an sih suka gw biarin klo dia emang lg di rumah sepupu cewenya, tp ga gw beliin peralatan masak2an juga ..
bingung juga ya, soalnya adik2ku kan cewe semua, dan dulu klo mereka tertarik sm mainan yg 'cowo' macem pistol2an atau mobil2an, paling orang bilang "wah tomboy ya" - sementara klo anak cowo, kayanya haram bener klo pegang mainan cewe :) - bias gender ;P

My little xerox's is waiting home for me

22

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

kenny
Raka itu suka masak loh. Walaupun cita2 dia laki banget, terus aktivitas sehari-hari lainnya lebih ke loncat dan lari.
Raka ngga pernah tertarik ngeliat lenongan mamahnya, soalnya dia ngga pernah mau jadi perempuan.

IMO, masak itu universal. Masak itu life skill yang penting seperti naik sepeda dan berenang. Raka enjoys cooking a lot and it could be another opportunity for us to teach things, eg. counting, weighing, safety, nutritions, apart from cooking itself.

And thelilsolder is back. Fire!

23

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Kenny - gue ga punya anak cowok, tapi ini feeling gue aja ya: anak kecil demen ama alat2, dan itu bisa macem2: alat masak, alat pertukangan, alat dandan.

aina bbrp bulan yang lalu demen banget main sama alat pertukangan. palu, obeng, wrench, dll. kayaknya, karena dia sering liat kita bener2in sepeda kita dan assemble barang IKEA.

bbrp minggu yang lalu, pertama kali dia liat gue dandan (mo kondangan). tiba2 dia ngambil pensil warna dia, trus dia tempel2 ke matanya. trus dia penasaran ama perkuas2an dandan. sekarang, dia jadinya minta2 main alat dandan gue, dan udah lama ga minta obeng dan wrench.

mungkin akasyah bisa diajakin main alat2 yang lebih "cowok", kayak alat2 pertukangan.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

24

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

Fanny:
Trus gimana dong ya? Raka udah keburu perfeksionis dan takut salah nih.
What to do, what to do?

Mamas:
Ada tips?

And thelilsolder is back. Fire!

25

Topic: Growing Tough Boys - What Not To Do

@thelilsoldier raka suka masaknya gimana? maksudnya dia suka ikutan masak beneran saat ibunya masak kah ato masak2an?

@thalia u rite, dia juga sangat curious sama alat2 pertukangan, jadi dia udah punya tools mainan sendiri seperti obeng dsb walaupun lebih tertarik yang asli dan berat punya bapaknya
tapi tetep sih klo liat alat2 dandan - masih juga pnasaran
yang aku perhatiin neneknya jadi sangat keras soal ini, jadi klo akasyah liat hal hal cewek misalnya gelang, dilarangnya suka agak terlalu ekstrim dan gw malah khawatir mancing anaknya makin penasaran...

My little xerox's is waiting home for me