1

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

mama2...
adakah mama yang merencanakan dana untuk ekskul/les/kursus anak?
saya termasuk yang percaya kl ekskul/les/kursus anak itu penting juga untuk menambah wawasan. yang penting anaknya suka. :)

nah kadang suka kelewat kaaan lebih perhatian dengan dana sekolah saja.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

2

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

Bener ih nit... terlalu fokus sama uang sekolah trs ternyata uang les ditotal lbh gede dari uang sekolah dong. Mau distop tapi sayang anaknya semangat bener. Lagian penting juga biar tambah keterampilan dan wawasan
Tambah temen juga.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

3

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

teh Ninit,
kok tahu sekali sih kegalauanku. Kira dan Kara pengen ikut les renang, tapi bundanya masih galau dengan biayanya. Masih dihitung lagi, dihitung ulang, dan cari tempat kursus yang masuk di budget. Tapi oh tapi.. sampe skrg masih belum dapat. Jadi gimana sih merencanakan dana untuk les itu?

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

Bener banget teh ninit. Kenapa dari dulu ngga kepikiran untuk nyiapin dana untuk les yaa..
Soalnya sama kayak ella kalo di total malah lebih gede dari uang sekolah *doeng*

Semenjak wilson les,aku sekarang mulai nyiapin uang les untuk 2 adeknya. yang paling enak sih buat adeknya,karena belom sekolah.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

5

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

ya kaaan...
ikut 1 les misalnya per bulan 300rb.
kalo 2 anak? 600rb.

itu kalo les-nya 1. kalo 2? ya nambah lagiii...

so far sih anak2 kalo les di luar sekolah cuma wushu. itu per bulan 300rb.
di sekolah yg no 1 ikut 2 ekskul... yg no 2 cuma 1 ekskul.
pengen sih nambah les lagi yaitu les renang, tapi masih cari guru.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

Hai Mamah-mamah..
aku termasuk yang merencanakan dana ekskulnya anak-anak. Soalnya kalau ga ekskul, anak-anak bisa depresi. Hahahaha.. jadi mesti dibikin sibuk biar energinya tersalurkan.

Kalau aku sih biasanya aku hitung dulu uang sekolah anak-anak setahun berapa, terus aku tambahin sama uang les/ekskulnya. Aku pasti ngitungnya uang sekolah + les untuk setahun, karena biasanya kalo sekaligus bayar di depan, malah suka dapet diskon 1-2 bulan.

Jadi antara alokasi dana pendidikan + les/ekskul dan uang belanja rumah memang aku bedain.

A marathoner in training, Mother of Farhan and Aurora
@fioneysofyan

7

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

fioney,
horeee mbak oney ikut diskusi :) senangnya.
ahahaha bener... kalo anak happy ikut les tiap hari juga oke yaaa... yang penting happy. soalnya pernah ketemu yg seperti itu. emang anaknya yang seneng les.

betul juga yaa... kalo disiapkan setahun, suka dapet diskon yang oke banget!

mbak oney, anak2 ikut les apa aja btw?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

hi Mba Ninit :D
Farhan ikut basket dan renang, tapi mau minta tambah les persiapan UN, BimBel gitu, ada deket rumah dan rame rame katanya . Basket dan renang masih lumayan sama Mba 300-450 ribu. Nah yang Bimbel ini dia mulai ga betah karena rame jadi ga konsen katanya dan sekarang minta yang private. Tapi masih aku pending karena belom deket UN.

Kalau Aurora renang aja, berhubung masih mood-moodtan, jadi yang ngajarin masih aku, sambil nungguin kakaknya. Hahahahaha..

A marathoner in training, Mother of Farhan and Aurora
@fioneysofyan

9

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

Hi mba oney, iya bener banget kalo kayak Albert dia seneng banget sama les musiknya, jadi kayak penyeimbang krn sehari2 gak bisa diem tapi ternyata bisa konsen pas main musik. Aku aja heran! Les musik tuh mahal ya, 500an per bulan plus lagi buku dan ujian. Untung taekwondo di sekolah cuma 50 rb sama bayar kl ujian aja. Trs ikut angklung di sklh gratis.
Sempat ikut les renang pas libur. Skrg pas sekolah dia minta stop dulu... capek katanya.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

10

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

Bener banget ya uang bulanan les sekarang malah lebih mahal dibanding spp-nya. Lana cuma ikut 2 les sih, satu bahasa inggris sppnya 350rb dan ngaji. Dulu ikut les musik juga, spp-nya lumayan gede 525rb/bln, anaknya gak betah trus berhenti. Lagi pengen masukin les renang, lagi nyari yg pas dgn budgetnya.

11

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

asiiiik ada mbak oney,
ooh iya-yaa.. kalo bayar setahun suka dapat diskon ya. Jadi kepikiran bayar sekolah ki-ka setahun sekalian. Kalau untuk les, mungkin dicoba dulu kali yaa. Kalo anaknya suka dan betah, bisa langsung bayar di depan.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

Kepikiran banget deh uang les/ ekskul ini. Bener tuh, kalo ditotal malah lebih gede uang les di luar.

So far sih anak2 ikut ekskul & les program dari sekolah aja, senin rabu jumat. Itu juga udah padet acaranya. Jadi uangnya udah termasuk uang sekolah. Ada ikutan les di luar cuma les renang aja, deket rumah. Murmer pulak sebulan cuma 150rb, dikali 2 anak 300rb.

Sekarang sih belum banyak ikut les ini itu. Masih bisa ngikutin anaknya walopun hanya dgn belajar di rumah sama aku. Tahun2 lalu pernah ikut les robotic & lukis, tapi berhenti begitu mereka masuk TK krn ya udah ga perlu aja hanya utk mengisi waktu luang.

Mungkin nanti kalo anak2 udah agak besar ya sekitar kelas 5 SD gitu, kalau ada yg kurang nilai akademisnya baru deh ikut les/ bimbel di luar kalo yg dari sekolah ga cukup.
Paling yg disiapin les utk olahraga/ bela diri, seni atau bahasa asing gitu biar berkembang.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

13

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

anak pertamaku (usia 6,5 tahun) les piano di yamaha music,570rb/bulan dan sekarang udah buku ke-4 (semester empat).
rencana kami adeknya (3,5 tahun) juga mau kami daftarin les, tapi mengingat hobinya mewarnai dan menggambar kayaknya mau les gambar aja di Global Art.
sabtu kemarin sempet nanya biayanya :
-registrasi 500.000
-material fee 220.000
-SPPnya per tiga bulan 1.500.000
yang bikin was-was gimana nanti kalo anaknya bosen di tengah jalan ya..hilang deh uang SPPnya yg dibayar di muka :(

14

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

Pernah baca di manaa gitu, anak anak yang aktivitas outdoornya kurang, itu ternyata ga baik juga buat kesehatan mentalnya. Jadi depresi, minder, dan kayak hilang semangat.

Ajaibnya Farhan sejak ikut basket dan renang ini kok prestasinya malah meningkat, padahal kalau dipikir-pikir kan cape juga liat aktivitasnya. Stimulasi brain power ternyata.

Hai Mba Gabriella.. iyaaaaa les musik itu mahaaall.. tapi aku setuju sama Mba, kalau anaknya udah kecapean ya di stop dulu. Pernah 'maksa' Farhan utk les musih waktu dia SD, udah setahun ga improve. Eh sekarang minta les musik lagi, katanya dia nyesel dulu main-main karena merasa terpaksa. Tapi ntar dulu kali yaa.. hihihihi..

Seperti kata Mba Ipeh, les musik itu mahaaalll.. hahahaha..

Mba Wiwit, iya betul.. jangan keburu bayar di depan, tahu tahu anaknya berhenti di tengah kan ga nyaman juga.

Mba Eka, iya Mba. Pengalaman sama Farhan waktu SD di les-in macem-macem ternyata dia ga hepi. Beda pas dia udah 'cukup umur' untuk tahu dia maunya apa. Enaknya karena Farhan udah SMP, aku udah bisa bicara konsekwensi dan resiko. Nah adiknya iniii.. hahahaha

A marathoner in training, Mother of Farhan and Aurora
@fioneysofyan

15

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

nah waktu kemarin bareng jadi speaker dengan purwa caraka.
beliau cerita...

di bandung
1. ada sekolah yang menghapuskan jam pelajaran musik (yang hanya 1 jam pelajaran dalam seminggu) karena mau ujian.
2. ada sekolah yang menambah jam pelajaran musik menjadi 2 jam pelajaran dengan alasan yang sama, mau ujian.

interesting ya :D.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

16

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

Anakku baru ikut les gambar, privat berdua sama sepupunya. Berhubung ada kemajuan dan anaknya hepi2 aja, jadi rencana lanjut terus.

Biaya les sebelumnya gak kepikiran sama sekali, dipikir mah di sekolah pasti ada ekskul dan gretong ya :p Tapi ternyata gak semua jenjang sekolah ada (anakku masih TK dan belum ada ekskul di jenjang ini), dan ternyata kalaupun ada bayar lagi bwehehehee

Sementara ini aku anggap uang Les-nya itu sebagai biaya jalan-jalan tiap bulan. Apa ya namanya, biaya rekreasi kali ya. Jadi anggep aja kayak ngajak jalan2 anak, tapi kita gak kemana2 hehee..

Sementara ini aku masih nyari info les yg lain. Kalau udah fix (anaknya udah trial dan hepi dan mau ikut) baru aku budget in total.
Sempat cari info les renang, sama rock* gym.. jeng-jeng-jeng deh sama biayanya kalau ditotalin :D
Mungkin sekalian aku cari2 info biaya ekskul juga ya di SDnya, pengen ngikutin yang beladiri secara anak laki.. tambah jeng-jeng-jeng lagi deh hahahahaa :D

Setuju sama mba fioney dan gabriella. Les kuanggep sebagai penyeimbang kegiatan otak kiri-kanan. Karena disekolah nanti akan digembor akademisnya. Sekaligus nambah teman dan pedenya juga sih, soalnya anakku termasuk yang pendiem di sekolahnya..

17

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

amaliaputri,
hahaha iya bener banget. juara deh kalo udah ditotalin. tapi liat hasilnya di anak tuh seneeeng banget yaaa... :) anak enjoy, seneng... dan kemampuannya bertambah. penyeimbang otak kiri dan kanan.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

Mbak oney,
Iya anaknya biasanya minta sendiri kalo udah suka. Di sekolah senin dan rabu itu les pelajaran sekolah, sedangkan jumat ekskul melukis dan gym (untuk kelas 1 dan 2 pilihannya cuma 4: melukis, nyanyi, tari dan gym) dan dibatasi hanya boleh pilih maksimal 2 ekskul biar ga terlalu capek.
Nanti kelas 3 baru nambah lagi pilihan ekskulnya ada berenang, futsal, karate, dll..mungkin disesuaikan dengan tingkatan usia juga.
Cuma ini anak2 sukanya berenang, sedangkan di sekolah belum ada pilihan ekskul itu, jadinya ikut les di luar deh. Sempat jugaikut les taekwondo, cuma waktunya yang ga pas. Rencana kalo les renangnya udah cukup (udah mahir), baru deh diikutin les bela diri, dan scr fisik juga mrk udah mampu. Soalnya kl skrg beladirinya masih yg level anak bawang gitu yg cuma lari2 dan gerakan jg basic banget. Jd memang blm terlalu perlu, berenang aja dulu :)

Teh ninit,
Iya itu nyata adanya :) di sekolah enzo satu minggu sblm ujian ekskul berhenti dulu. Tujuannya biar istirahat dan main2 di rumah aja, jadi pas ulangan ga kecapean dan fit.

Ipeh, ella,
Setujuu les musik tuh mahal yaa.. Enzo dante dulu sempat mau didaftarin di purwacaraka. Kebetulan salah satu gurunya temenku. Setelah ngobrol2 katanya hold dulu, soalnya kalau msh anak2 pelajarannya cuma ngebiasain mereka dengerin musik aja..berkelompok..biar ngerti ketukan dan irama..itu bisa dilakukan di rumah. Secara fisik jari2 dan kakinya juga belum nyampe utk pindah2 nada (gitar atau piano/ keyboard). Mrk juga blm siap utk baca not krn "masih ribet" dengan baca tulis hotung yg baru dipelajari di sekolah. Jadi biar otaknya ga terlalu hectic. Nanti kalo anak2 udah sekitar kelas 3 SD, les musik jadi lebih efektif. Dan untuk biaya juga lebih efisien. Anaknya sendiri udah punya tanggung jawab alamiah utk hadir di kelas, dan utk merawat buku2 dan alat musiknya.

Ya kita lihat nanti kelas 3 kira2 enzo dante udah mau ato engga nih les musik.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

19

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

eka,
sama ka. di sekolah anak2 juga... seminggu sebelum ujian, ngga ada ekskul. :D
umum banget ya kayaknya seperti ini.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

20

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

eka, sekolah musik mahal tapi kayak bayar satu yang belajar dua, alias mamanya belajar juga! Tapi gw seneng, karena bisa refresh lagi les musik gw jaman dulu banget yang cuma sebentar dan mulai bisa main lagi lagu2 sederhana. Kalo Al banyakan belajarnya masih dari mendengar, jadi nyanyiin lagunya dulu, trus not, trus coba main kanan, coba main kiri, baru main kanan kiri. Kayak sulap, tahu2 bisa aja... kalo baca not belum bisa. Jadi walaupun bayar mahal kalo anaknya menikmati banget ya gw seneng2 aja...

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

21

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

ella,
ah iyaaa bener banget... soalnya harus ada yang nemenin yah la pas lagi les musik itu. serasa 2in1. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

22

Topic: Dana Untuk Ekskul/Les/Kursus Anak

In order to set up a merchant account you need to contact licensed aggregators of payment systems as well as to negotiate bank regarding your business activity and plannes business. We can help you arrange all documents and hire IT specialists to find a solution.