1

Topic: Ketika Anak Mogok Sekolah

Moms.. udah sebulanan ini anakku males banget sekolah ( TK. A) . Padahal dulu awal sekolah semangat banget. Cuma ditungguin 1 minggu abis itu bisa ditinggal. Tiap berangkat sekolah juga semangat. Tapi sejak 1 bulanan ini dia males banget sekolah. Tiap hari ada aja alesan untuk nggak sekolah.
Kadang dia mau sekolah tapi saya harus nungguin di kelas. Saya sendiri sebenarnya bukan tipe ibu pemaksa. Jadi kalau dia udah males sekolah gini, aku bikin perjanjian sama dia. Dirumah harus mau belajar sama ibu.
Kayak tadi pagi.. dia nggak mau sekolah, dan aku deal2-an sama anakku. Eh dia malah semangat ngerjain task2 yg aku kasih. Seperti habis mandi harus belajar mewarnai, trus belajar hafalan ayat2 pendek, belajar hafal2 angka dan huruf baru boleh main.

Ibu2 yang pernah ngalamin, bisa sharing dong pengalamannya. Apa yang harus aku lakukan, tetap memaksanya untuk sekolah atau belajar dirumah ?

2

Topic: Ketika Anak Mogok Sekolah

hai mama hanifa,
lupa nih sudah ada bahasan serupa atau belum. Dulu sepertinya pernah baca, tapi dicari belum ketemu. Nanti deh kalo ketemu kita merge aja ya..

Oh iya, tahun pertama kemarin, kira dan kara seriiiing sekali mengalami mogok sekolah. Rasanya pengen nangis setiap kali lihat mereka mogok. Sampai akhirnya gak tahan, lalu saya konsultasi dengan psikolognya. Kalau menurut psikolog dan hasil perbincangan dengan kira dan kara sih, mereka mogok karena merasa kurang nyaman di sekolahnya. Nah kebetulan ki-ka gak nyaman karena tidak bisa bersosialisasi dengan teman-temannya. Kalo kata psikolognya, itu karena tahapan sosialisasi ki-ka yang anak kembar memang belum matang. Mereka terbiasa kemana-mana berdua. Jadi ketika disekolah pun jadi pemilih banget untuk berteman. Kalo gak asik ya mereka gak mau dan memilih tetep berdua.
Selain itu apa yang ditemui di rumah berbeda dengan ketika bersosialisasi dengan temannya, jadi bikin mereka lebih banyak rasa betenya. Sudah gitu, mainan di sekolah lebih sedikit, jadi kalau mau main harus gantian sama yang lain dan lagi yang lebih gede biasanya lebih menang dan kadang gak mau bergantian. Tahap kompetisi yang belum matang juga ini yang sering membuat mereka jadi frustasi kalau kalah bermain dengan temannya. Jadi ya gitu deh akhirnya mereka gak mau berteman, dan jadi malas sekolah.

Tapi tahun ini, karena usianya sudah lebih matang, jadi tahapan sosialisasi dan kompetisinya pun juga berkembang sesuai usianya. Dan sekarang mereka lebih nyaman berinteraksi dengan teman-temannya. Ya meskipun kadang berselisih paham dengan temannya, tapi mereka tetap gak nolak untuk sekolah. Dan setiap pagi gak perlu drama lagi.

Mungkin bisa dicoba ditanyakan dengan bahasa anak-anak, apa yang membuat dia tidak nyaman di sekolah. Mogok pastinya karena ada sesuatu yang membuat dia gak nyaman bukan?! Gurunya kah? Tuntutan pelajarannya kah? teman-temannya kah? atau yang lainnya? ada nih anak teman saya yang gak mau sekolah karena mainannya di sekolah TK gak sebanyak waktu dia di preschool. kebetulan sekolah preschool dan TKnya di tempat yang berbeda. jadi ya gitu deh, dia cepet bosan di sekolah katanya.
Alasan bisa bermacam-macam. Memang tidak perlu dipaksa, tapi juga wajib diselidiki menurut aku. Karena dengan tahu masalahnya kita bisa membantu anak mengatasinya.
Semoga sedikit membantu ya...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Ketika Anak Mogok Sekolah

hanifa,
wah... justru kalo di rumah semangat banget yaaa belajarnya. pengamatan sementara berarti kemungkinan ada sesuatu di sekolah yang bikin dia kurang semangat. harus dicari tau apa penyebabnya.

salah satu teman, anaknya mengalami hal yang sama. tapi sudah SD. mogok sekolah. memang tambah ke sini... pelajaran sekolah tambah berat ya rasanya... :(

anakku sempet nangis... dia merasa ngga oke di mengaji. karena masuk SD islam jadi selain mata pelajaran sekolah... ada hafalan2 surat dan baca al qur'an yang mana dia belum lancar.

pokoknya yg pertama ngga maksa. peluk... bilang kalo iya mama ngerti, berat ya dan susah. trus sama2 deh dicari jalan keluarnya gimana.

update yaa kabarnya mama hanifa... semoga si kecil semangat ke sekolahnya naik lagi. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

4

Topic: Ketika Anak Mogok Sekolah

Wah pasti bingung ya kalau anak mogok sekolah. Mungkin selain mencoba berbagai tips dan cara, juga ada baiknya si anak diajak mengobrol dengan psikolog. Dari pengalaman, Al bisa lebih terbuka dan cerita masalahnya kepada psikolog. Mereka juga punya cara tersendiri untuk mengorek masalah yang ada pada anak. Jadi kita juga gak nebak-nebak ini masalahnya apa dan bisa punya pendekatan gimana cara mengatasi masalah ini.

"Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
–Elmer and the Rainbow

5

Topic: Ketika Anak Mogok Sekolah

aloo mba...
anakku yang kedua juga lagi ngalamin ini mba.

benar kata mommy2 di atas mba.
selidik punya selidik dengan setiap hari diajak ngomong ternyata dia ga suka diusilin sama salah satu anak cowok dikelasnya, anaknya jahil dan usil katanya. klop banget deh anakku paling ga suka sama anak usil sedikit saja. balada anak usil di TK kecil mba he-he.
Mungkin minta dipantau dulu mba sama pihak sekolah, siapa tahu ada "sesuatu" dikelas atao bahkan disekolahnya.


semoga membantu.
terimakasih dan salam kenal :)

6

Topic: Ketika Anak Mogok Sekolah

Mama Kira Kara , Teh Ninit, Gabriella, Prajnasarasvati terima kasih sharingnya..

Mungkin setiap anak akan mengalami hal serupa ya, kalau anakku pas aku tanya dia takut sama salah satu temennya krn pernah diusilin. Sekarang udah baikan tetep aja males sekolah. Dan sekarang kalau ditanya kenapa ngga mau sekolah, alesannya mau dirumah aja sama Ayah. [Aku dan suami resign dr kantor trus buka usaha dirumah]. Jadi dia merasa nyaman dirumah.

Oh iya tiap kali sekolah, dia milih duduknya semeja dengan temen2 cowok.

Sementara emang aku ndak paksain, kalaupun dia mau sekolah aku yg ngalah buat nungguin.. Emang dilihat2 kelasnya berisik banget, ada 2 anak yg usilnya minta ampun. Gurunya sampai kewalahan sama 2 anak itu. Anakku yg dr kecil selalu dapat perlakuan Nice dari keluarga, tiba2 di kelas di usilin, di rebutin mainannya jadi agak sebel kali yaa..

7

Topic: Ketika Anak Mogok Sekolah

sama-sama Mba Hanifa...
semoga balada mogok sekolahnya ga lama-lama ya nak'

:)

8

Topic: Ketika Anak Mogok Sekolah

Hi mba Hanifa...
mau share, dulu anakku juga sempat mogok sekolah. Waktu itu pas awal2 kami baru pindah kota. Pertama mogok sekolah, penyebabnya krn kendala bahasa. trus mogok yg ke-2 karena dia dijahilin temannya.
Oh satu lagi juga yang pernah bikin anakku mogok sekolah: pas abis libur panjang, hihi. Untuk kasus no.1-2, akhirnya kita utarakan ke guru sekolah & alhmdlh gurunya suportif.

Setuju ama Wiwit, yang kuamati juga biasanya anakku mogok sekolah karena ada yang bikin dia nggak nyaman dg berada di sekolah. Bisa juga terjadi saat adaptasi dg lingkungan baru. Sebelum berlanjut, mmg sebaiknya diobrolin dengan guru (kalau misalnya hal2 di sekolahlah yg bikin si anak gak nyaman), sambil kitanya juga ngobrol ngulik2 biar si anaknya cerita. Nanti pelan2 kitanya bantu & dorong si anak buat belajar mengatasi rasa tdk nyaman tsb.

Sama kyk mba Hanifa, waktu anakku mogok sekolah, kami bikin deal dia boleh ngerjain task2 di rumah, tapi just this once, hanya hari ini saja. Besok harus ke sekolah lagi, sambil kubujuk buat paginya diantar ke sekolah.