1

Topic: Tentang CROUP - Bukan Asthma

Pagi Semua...

Saya ingin bertanya, adakah disini yang anaknya sering mengalami CROUP?

anak saya setiap bulan mengalaminya. terutama saat terserang flu. Batang tenggorokannya merapat dan kesulitan bernapas. sehingga setiap tarikan dan keluaran udara nafas, itu berbunyi semacam suara anjing laut. berbeda bunyinya dengan suara ngik-ngik pada sesak napas orang asthma...yang ini bunyinya kayak gonggongan anjing.

Saya lumayan stress menghadapinya. Jadi parno setiap ngeliat ada orang lagi flu, saya harus menghindar karena kalau anak saya tertular pasti malamnya croup. padahal batuk pilek itu kan penyakit biasa saja ya kalau untuk anak lain. buat saya itu momok banget. karena saya panik setiap suara gnggngan anjing itu muncul, anak saya pun panik karena kesulitan bernapas. Selama ini hanya STEROID yang mampu sedikit membantu anak saya. tapi penggunaan steroid jangka panjang ini jg tidak baik. saya ingin sekali mencari solusi.. :(

ada kah yg mengalami hal yg sama? saya harus berkonsultasi kedkter apa ya? ada kah rekomendasi dokter terbaik di indonesia untuk kasus CROUP ini? karena menurut dkter anak di Oman, kasus anak saya ini jarang terjadi.

2

Topic: Tentang CROUP - Bukan Asthma

bubabebs Anak saya gak mengalami tapi coba kita tanyakan TUM Expert ya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

3

Topic: Tentang CROUP - Bukan Asthma

semoga ada yg berkenan untuk share

4

Topic: Tentang CROUP - Bukan Asthma

Mau share sedikit,
Anak saya pernah mengalami croup meskipun nggak sering dan memang sangat sedih ya buat orangtua saat mendengar batuknya yang nggak berhenti-henti.

Saat itu saya cek informasi tentang croup di kidshealth dan lumayan membantu menenangkan.
Intinya sih meskipun sangat mengganggu tapi croup penyebabnya sama dengan commoncold, virus, sehingga akan sembuh dengan sendirinya. Jadi warning signnya pun sama dengan common cold: sesak napas. Jika tidak ada sesak napas nggak perlu diberi obat-obatan seperti steroid. Yang saya baca penggunaan steroid hanya untuk kasus-kasus tertentu yang berat. Jika serangan croup hanya ringan, anak masih dapat minum dan makan, tidak ada sesak napas maka cukup diperlakukan seperti common cold. Tipsnya udara dibuat agak lembab dan sebaiknya tidak tidur menggunakan AC.

use drugs rationally for your babies and children
learn about common diseases in children
parents are best pediatricians for their children
t: @ni_nugroho

Topic: Tentang CROUP - Bukan Asthma

Coba konsul ke Halodoc bunda, ada banyak dokter spesialis anak di sana. Semoga si kecil segera membaik yaa