1

Topic: Anak tidak mau sekolah

Hi moms.. Salam kenal dari aku untuk semua mama2 hebat di dunia!
Aku sudah benar2 hopeless ga tau harus sharing ke siapa lagi. I hope one of you can help me..

Anakku kelas 2 SD di Salah satu SD Swasta di Jaksel, dan semenjak kelas 2 ini dia bilang dia sudah tidak mau sekolah hanya karena ada si 'Bima' . Di salah satu dalam mata pelajaran Tematik Kurikulum 2016 ada tokoh keluarga si Bima itu ( mungkin zaman aku dulu si Budi kali yah ). Jadi setiap pelajaran si Bima itu, dia selalu jawab seasalnya dia aja dan selalu dapat 0 besaaar! Aku sudah panggil guru private ke rumah , dan anakku itu bisa ngerjain pr atau tugas , tapi anehnya di sekolah itu dia selalu asal, dia udah bilang sekolahnya boring lah, bu guru cerita ttg Bima yg ga jelas. Oh men!!!

Aku ngerasa ini salah aku karna salah masukin dia ke sekolah yg beda cara pengajarannya, dr playgroup sampai lulus TK , dia belajar beradaptasi dengan lingkungan, guru dan murid berinteraksi, dia bisa mengeluarkan pertanyaan yg memang dia perlu tanya, tapi di sekolah ini text book banget. Feeling aku sih dia bisa ga naik kelas , tapi dia kekeuh malas sekolah, kalau lagi ngadat bilangnya 'sekolah ga ada fungsi, si Bima lagi Bima lagi'

Aku jadi serba salah, aku paksa tapi aku tau di sekolah itu dia tidak nyaman. Aku berencana pindahkan dia ke sekolah yg aku rasa dia nyaman. Tapi apa dia harus ulang kelas lagi??
Dan aku lelah dipanggil ke sekolah hee

Moms,, what sould I do??
Thank you so much

2

Topic: Anak tidak mau sekolah

Hai ririei,

Sudah coba bicara dengan gurunya di sekolah? Biasanya, pelajaran tematik akan membahas satu bacaan yang sama selama beberapa waktu, namun akan mempelajari hal yang berbeda-beda.
Misalnya, menggunakan bacaan Si Bima, anak diminta mencari kata kerja (fokus pada Bahasa Indonesia). Di lain waktu, mungkin bacaan Si Bima digunakan untuk membahas peran masing-masing anggota keluarga (fokus pada pelajaran IPS). Bisa juga, anak diminta untuk mencari perbedaan lingkungan dia dengan lingkungan Si Bima (fokus pada sains).
Ini menurut pengalamanku aja sih, hehehe... Tapi untuk lebih jelasnya, coba bicara dengan sang guru, siapa tau ada metode yang kurang cocok untuk anakmu, tapi bisa dibantu dengan cara lain yang lebih menarik di rumah.

Hope this helps

3

Topic: Anak tidak mau sekolah

Sudah konsul dengan guru bk (bimbingan konseling) atau psikolog sekolah mom?
Krn anak bilang gak suka sama bima, bisa jd bukan itu masalahnya. Bisa jd bima hanya pemicu.
Toh di rumah dia bisa menerjakan pr nya (yg pasti tetep ada tokoh bima dong).

Kl di sekolah tdk ada sarana konseling/ psikolog, saran gw sih boleh dicoba curhat dengan psikolog (jgn lupa kl ke psikolog barengan ya mama papa & anak biar afdol). Supaya bisa dicari akar permasalahan nya sblm masalah semakin besar/meluas.

Hth ya mom.

Bussy life...happy life...

4

Topic: Anak tidak mau sekolah

Hi ririel, setuju dengan mama menandr, mungkin bisa diskusi dengan guru atau kepala sekolahnya langsung? karena kalau anak bosan dan malas juga gak bisa dipaksain. Dulu pernah ada teman juga yang cerita tentang ini, anaknya sangat gak suka ke sekolah, malah kalau di sekolah selalu ada alasan sakit perut biar istirahat di UKS. Tetapi akhirnya anak-nya kembali ke sekolah dan sekarang baik-baik saja.

5

Topic: Anak tidak mau sekolah

halo riri salam kenal,
Pastinya bingung yah.. kalau boleh tau sejak kapan anaknya sekolah??
kalau misalnya dari 2 thn sudah sekolah miungkin ngga karena kecepatan dan sekarang lagi fase jenuh? tau nya dari mana? ya dikonsultasikan sama psikolog anak.

2. mungkin bisa cari tau dari temen2 yang dulu kelas satu, siapa aja yg masih tetep sekelas di kelas yg skr apa mungkin pisah ama sahabatnya jadi kurang semangat dan bima jadi salah satu pemicu.

3. sudah bicara sama walikelasnya dong yah secara udah sempat di panggil ke sekolah.. hasilnya apa kata sekolah?
Intinya sih menurutku cari dulu sumber kenapa ga mau sekolahnya..
dan kalau udah ketahuan apa yg bikin males/takut/bete atau ga nyaman semoga bisa lanjut nemu solusinya yg nyaman buat bersama.

hth ya mom.. :)

Miguel is my Rocktober Baby
@siskaknoch

6

Topic: Anak tidak mau sekolah

ririei ada kemungkinan gak ya kalau anakmu itu merasa bosan karena sudah menguasai materi? Biasanya anak anak dengan kecerdasan di atas rata-rata perlu tantangan. coba cari tahu apakah di sekolah ada program akselerasi atau tidak.

HTH, dan semoga anakmu semangat sekolah lagi ya :)

... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com

7

Topic: Anak tidak mau sekolah

Bisa juga, anak diminta untuk mencari perbedaan lingkungan dia dengan lingkungan Si Bima