1

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Bunda Bitha *peluuk* sepertinya emg ada hubungannya dg bakat alergi. kebetulan aku pengidap rhinitis allergy, yg hampir setiap bangun pagi bersin2 :) bakat alergi ini sangat mungkin nurun ke anak. makdarit, dulu carinya dokter anak yg super spesialisasinya alergi atau lagi ambil riset ttg alergi.
dulu di jkt, dsaku menyarankan untuk mengurangi risiko alergi, sebaiknya asix sampe 6bln. dan dijaga sekitar tempat tinggal kita supaya: gak debuan, ga lembap dan sinar matahari bisa masuk.
kalau batpil karena alergi, biasanya bentuk mukus (ingus dan dahak) beda dg batuk pilek yg krn infeksi virus.
kalau setiap bulan batuk, menurutku perlu dikonsul ke dsanya, kl perlu cari 2nd and 3rd opinion dr dsa lain (terutama yg superspesialis alergi) soalnya-IMHO- kasian anak kita kl asupan gizinya abis buat defense mechanism spy gak batpil. HTH. cepet sembuh yaa...

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

2

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

mummyhilya tx infonya yaaa ternyata emang bener abis dr dokter katanya alergi setelah ditelusuri kayaknya emang dari makanan tp ya susah jg krn dah 2 thn jd pemakan segala hihihihi sekarang masih batuk kyknya ada dahaknya trs pileknya dari bening encer sampe netes gitu skrng jd kentel putih

iih alerginya sama lho mamas kita hehehe tp sekarang aku dah lumayan ga bersin2 lagi krn pada saat remaja 3 bln dicekok obat sama renang 2x seminggu alhamdulilah kalo pagi ga bersin2 lagi tp kalo kena debu teteeeep hahahahaha

:) Amazing Life with Amazing Son :)

3

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Ada yg tau terapi bioresonansi buat batuk pilek krna alergi gak ya? Thx mamas

The greatest gift from God....my Randi

4

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

randi wrote:
Ada yg tau terapi bioresonansi buat batuk pilek krna alergi gak ya? Thx mamas


aku baru mencoba untuk Raras ku (3y 10m) test alergi dgn metode bio-E dan baru terapi basic. Aku coba ini atas rekomendasi teman yg anaknya alergi, dan sering sekali batuk. Kalau Raras, sejak pindah ke Malang (sudah 10 bulan) hampir tiap bulan pilek :( dan ternyata amandel+adenoidnya besar (hypertrophy).
Baru 1x terapi belum ketauan hasilnya :) dokternya sedang naik haji

mama Raras

5

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Babykatie,
Randi sebenernya dah full terapi.... Tapi masih alergi dingin...susahnya dia gak pake ac gak bisa bobo... Rutin bapil, pusing deh...apa mending lanjut full session lagi ya. Sementara aku pake madu sih buat home treatment sama punya alat nebulizer prinadi di rumah...

The greatest gift from God....my Randi

6

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

moms... anakku alergi dingin larinya ke batuk di pagi dan malam hari dan seminngu ini ada pileknya yg warnanya keruh keijoan gitu. kata dsa nya lendirnya sudah terinfeksi dan ahirnya diberikan antibiotik, dan matanya kalo malem sampe bangun tidur itu belekan karena lendirnya naik ke atas. Sudah diberikan juga obat tetes mata untuk anak, tapi sekarang batpil nya sudah sembuh tapi matanya masih sukaa belekan. ada moms yg punya tips ato pengalaman yg sama ngga? mohon bantuannya... trims.

7

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Mom, aurell (2m) 3 hari ini muntah, batuk, pilek, truz tadi priksa ke DSA dikasih AB n puyer untuk radangnya. Tadi pagi udah dikasihkan 1x. sekarang aq pikir2 (agak lola, soalnya saking paniknya) kasian aurell masih bayi udah dikasih obat2an, apalagi tu obat utk 10 dan 6 hari. Gimana ya mom, apakah dihentikan saja obatnya? Atau harus dihabiskan dulu? Atau pake cara alami aja?

8

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

kalo suka batuk pilek biasa malah disuruh sering-sering berenang. takut gejala asma. supaya paru-parunya semakin kuat.

9

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Yang saya pernah baca : batuk pilek masih dikatakan wajar jika terjadi 12x dalam 1 tahun selama 2 tahun pertama kehidupan anak.
Bapil terjadi karena virus yang bertebaran di udara bebas. Sekarang pertanyaannya knp cuma beberapa anak yg bapil sementara yg lainnya gs? Jawabannya adl karena kondisi daya tahan tubuh anak berbeda. Daya tahan tubuh dipengaruhi : aktivitas, istirahat, dan gizi. So pd prinsipnya bapil akan sembuh dengan sendirinya selama maksimal 2 minggu hanya dengan istirahat, makan bergizi dan minum banyak air mineral hangat.

@NoonKey
Istrinya Apah, Umahnya Anami dan Nayyara

10

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Makasih ya moms atas semua infonya .. :)

11

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Baby Rachel juga bapil nggak sembuh2 nih. Kasian bgt deh. Dikasih obat sama dsa-nya, tapi cuma aku kasih sekali. Rencananya mau home treatment dulu. Cepet sembuh ya sayang

I am a mother, apotheker, and editor

12

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

baby aku juga udah bbrp hari ini pilek, kasian yaa liat baby kita kalo lg bapil gitu.. aku sih lbh sering dinenenin aja, sama dijemur pagi2, kayaknya udah mendingan ni

13

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Mau nimbrung ya hhihii... Dulu waktu satria usia 3m juga panik saat kena batpil dan nda sabar bawa ke Dsa, tapi setelah tanya sana sini akhirnya memutuskan nda bawa ke Dsa krn takut di kasih obat, kasian masih baby sudah minum obat, akhirnya therapy uap minyak kayu putih di rumah, dicoba sekali, dua kali, tiga kali berhasil, dan sampai sekarang kalau Satria batpil malamnya pasang minyak kayuputih uap therapy^^

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

14

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Kalo bayi & batita terserang batuk & pilek memang biasa muntah-muntah. Yang dimuntahkan adalah dahak. AB untuk mengobati penyakit karena bakteri sedangkan batpil penyebabnya biasanya adalh virus. Jadi tidak tepat ya mom diberikan AB. Dikasi puyer itu adalah plyfarmasi pengobatan yg tidak rasional, kita harustau apa aja yg diracik dipuyer? Kasian sekali anak baru umur bulanan kalau sudah menelan begitu banyak obat-obatan cuma karena batpil. Padahal batpil ini bisa sembuh sendiri. Kalau masi ASI batpil berikan banyak-banyak ASI saja karena asupan cairan yang banyak akan menurunkan demam. Kalo hidung mampet banyak ingus bisa pke penyedot ingus atau kalau tidak nyaman bisa berikan cairan NaCl yg nama dagangnya breathy. Buat menghangatkan badan anak bisa diberikan balsem anak-anak yaitu transpulmin. Nanti ingus & dahak akan keluar sendiri lewat BAB nya tinggal dibanyakin asupan ASI/cairan biar encer lendir (ingus & dahaknya) biar gampang keluar. Home treatment aja lebih baik kamar bisa dibikin lebih lembab dengan uap panas. Pake ketel listrik atau eadah air panas bisa tambahi minyak kayu putih atau eucalyptus essential oil, atau lavender essential oil untuk melegakan napas.
Anak saya sekarang 3,5 thn kalo batpil ga perna saya kasi obat sembuh aja sendiri kadang-kadang bisa sampe 2-3 minggu baru sembuh. Paling parah saya kasi paracetamol kalo ga bisa tidur udah rewel banget karena demam tinggi.

15

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Moms, anakku 15 bln udah pilek seminggu nih gak baik2, tapi tanpa batuk & juga gak demam. Kadang2 aja hangat badannya, tp diukur termometer gak tinggi suhu badannya (masih sekitar 37°). Msh belum pingin bawa ke dokter krn anaknya msh aktif aja spt biasa & makannya juga spt biasa. Apalg skrg dah msk masa libur jg, gak tahu DSA-nya msh praktek atau dah cuti.

Kalo utk pilek aja, home-treatmentnya apa yah, moms? Hidungnya suka mampet kl malam, jd susah tidur. Udah coba kasih minyak kayu putih, vicks, olbas, tp gak bantu banyak. Atau mungkin bisa rekomendasi obat yg dijual bebas, yg gak terlalu berat, khusus utk pilek aja? Udah baca dr depan tp kebanyakan lebih utk pengobatan batuk & demam yah... TIA :)

16

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

meggy,

Hai mom, sekedar sharing ajah ya... anak2ku juga kmrn2 ini sempat pilek lama bgt semingguan lebih kayaknya.. Trus aq treatment aja di rumah dgn cara air panas di tempatin wadah/baskom/centong juga bisa trus diisiin minyak kayu putih taroh di pojokan kamar pas mlm anak udh bo2... Selama ini pake treatment itu cukup membantu untuk ngilangin mampet idungnya, jadi bobonya juga ga terganggu walopun masih meler. Dan kalo pake home treatment emang ga bisa langsung sembuh ya mom, butuh waktu juga hehe.. apalagi skr cuaca lagi dingin bgt...

Oya waktu itu juga babyku sempat anget tapi ga sampe 38 sih panesnya jadi aq tunda buat ke dokter, cuma aq home treatment aja.. Astungkara skr udah baikan, udah ga meler lagi walopun masih ada sedikit lendir dahaknya.

Semoga membantu yah moms :)

17

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

meggy
lendir pileknya encer atau kental?
kalau kakak pilek biasanya aku kasih makan sop, jus, jeruk peres. intinya perbanyak asupan cairan dan vitamin C, untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

kalau tidur, dikasih bantal agak tinggi. supaya posisi hidung agak di atas. jadi lendir bisa turun ke bawah (mulut). supaya lendirnya keluar lewat batuk atau ditelan anak dan keluar lewat feses. selain itu kasih peluang udara bisa keluar masuk lebih lancar. kalau masih mampet, tidurnya dimiringkan ke kanan-kiri aja.

mandi pake air hangat.

rumah dibersihkan. jangan terlalu sering terpapar AC. udara dingin bikin virus seneng berkembangbiak.

biasanya kalau pilek, anak ngga akan demam tinggi. jadi tenang aja. kakak pernah beberapa kali pilek. rentan waktunya antara beberapa hari sampai 2minggu. setelah itu sembuh sendiri. HTH yah... :)

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

18

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

ashwindhiwa, mrs. doyi, thank you, yah... berarti aku trs-in aja yg udah kukerjain skrg. Kl home-treatment ternyata memang agak lama yah sembuhnya :( Kasihannya kl malam skrg jd susah tidur, susahnya anaknya kl tidur gak bs diposisi-in diam, pasti bolak-balik cari posisi sendiri, jd susah kl kepalanya diganjal bantal ditinggiin jg cuma bertahan semenit. Ingusnya td-nya encer, skrg mulai kental. Kmrn2 udah sempet membaik, udah gak meler, eh skrg kok perasaan tambah beringus yah? Hiks.. Mungkin krn susah tidur itu jd kurang istirahat.. :(

19

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

meggy

Iya memang gt mom, hrus ekstra sabar hehhe.... anakku jg gt sempat ga keluar ingus ehh ntrnya bs meler lg...

Semoga cpt sembuh ya baby.nya :)

20

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Sebenarnya pakai penyedot ingus itu bagus nggak sih? Itu kekuatan sedotannya udah terukur gak bikin sakit ya? Kasihan liat bocil gak bisa ngeluarin ingus yang mulai kental. Jadi suka senewen sendiri anaknya..

multitasking mom and pharmachist

21

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Belum sempat baca semua isi threadnya...
Anakku 4th kurang 2 bln, skrg lg kambuh batuk2 nya. Sdh hmpir sebulan, batuk terus, kata dokter pemicunya sepertinya dr makanan, ttpi kok susah ya kalo ditelusuri krn kalo sdh jd batuk gini apapun yg dia makan bisa bikin batuk (kecuali nasi dan laukpauknya, dan buah.bahkan makan pisang aja dia batuk)
Bln feb pernah jg batuk gini,sama tiap betuk berkepanjangan pasti muntah keluar lendir n makanannya lendir bening.dikasih obat tiriz sm dokternya yg diminum sampai obat habis.
Skrg jg dikasih obat yg sama, cuma kyk nya lebih susah berhenti batuk drpd dulu,sdgkan makanan aku sdh gak kasih cemilan2 kecuali buah,jd makin bingung penyababnya apa?? Help dong moms

*mama si unyil ganteng*

22

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

ikutan sharing: anakku 6bln sekarang. setiap batuk dan pilek. saya akalin dengan berjemur matahari pagi. matahari pagi yang baik itu dari sunrise sampe 8. lewat dari itu sebenarnya kurang bagus buat bayi sampai toddler dan anak2.

walau ada matahari pagi, dicek juga apa udaranya masih terlalu dingin atau ngak. kalo udaranya sudah hanget makin bagus langsung dicopotin smua baju2nya dan ditutup kepalanya. karena area kepala masih sgt rawan dan sensitif untuk terima panas.

untuk yang sering alergi, saya pernah dikasi masukkan dari temen2 lain. beli air purifier yang ada fungsi humidity nya. selain menyaring udara lebih bersih dirumah juga bisa set kelembaban buat kamar si bayi.

23

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

adistybudiman


crane humidifier di indo dpt dimana moms??? mohon info na ya.. eike tertarik mau beli..

24

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

Baca-baca thread ini karena si kecil (tanggal 5 Oktober '15 besok 3 tahun) 4 hari batpil pakai demam :( Yang bikin galau itu demamnya. Hari ke-3 baik malam sebelumnya & pagi siang ga demam, tapi berasa enakan dikit anaknya maunya langsung heboh lagi mainnya, ogah istirahat, akibatnya malamnya demam lagi hu hu. Kalau batuk keliatan susah gitu, mungkin dahaknya kental, 2 hari terakhir si treatment pakai madu batuk yang ada mentolnya. Mau nyobain dikasi kencur juga deh. Kayaknya kuncinya memang anak harus banyak istirahat dulu + jaga asupan gizi ya.

25

Topic: Batuk Pilek dan perawatan di rumah

mama HeniPuspita
Iya.. ya... anak-anak gak bisa diem. Sembuh dikit udah langsung heboh aja mainnya. Mamanya yang musti kerja ekstra keras cari booster untuk daya tahan tubuhnya. Madu, kencur, minum air putih yang banyak, pijit-pijit sebelum tidur, jaga suhu kamar agar tidak terlalu dingin, juga begadang semalaman untuk memastikan si bocah nyenyak tidurnya dan cukup istirahatnya. Plus lagi masak makanan kesukaan si bocah biar asupan gizinya gak telat biar daya tahannya makin prima. Benar-benar perjuangan yaaa.. Semoga si kecil terus tumbuh sehat, Happy early birthday :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's