1

Topic: TUM "Go Green" Campaign

- cloth diaper & mens pad
Baby audrey pakai cloth diaper, mamanya pakai reusable menstrual pad.. ada yang motifnya sama pula ;) *nggak penting* jadi udah jarang beli pospak dan pembalut

- hemat energi seperti listrik dan air dipakai seperlunya saja
Contoh, sampai sekitar usia 7 bulan, bekas air mandi audrey dipakai mandi lagi sama papa atau mamanya.. Karena waktu itu audrey masih disabun dan dilap di baby tafel, jadi air di bak sebenarnya hanya untuk bilasan ke-2, jadi masih relatif bersih. Setelah dia sudah bisa duduk, baru deh seluruh kegiatan mandi dilakukan di bak dengan air secukupnya.

- tanam bayam sendiri
Untuk menghindari pemakaian pestisida, jadi menanam bayam organik sendiri di pot..

- siapin reusable shopping bag di tas
Jadi kalau ke supermarket hampir selalu pake tas itu kecuali kalau belanjaan banyak baru butuh tambahan tas plastik.

2

Topic: TUM "Go Green" Campaign

Di halaman rumah yang terbatas aku juga punya tambulapot (tanaman buah dalam pot) sekarang ada cabai rawit,mangga harum manis,klengkeng. Sisanya di tanah,lg coba tanam sereh,jahe,kunyit dan kentang.

PostModern Mama

3

Topic: TUM "Go Green" Campaign

one more...;)

kebetulan sedang renovasi, rumah didesign supaya hemat energi. lubang-lubang angin dibuat sedemikian sehingga aliran udara lancar, dan sinar matahari bisa cukup menerangi di siang hari.

it means : tidak perlu menyalakan lampu dan AC :)

*moga-moga berhasil*

4

Topic: TUM "Go Green" Campaign

akan lebih sering lagi bersepeda.untuk antar jemput anak sekolah, belanja ke pasar, rapat ke rumah teman.

ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

5

Topic: TUM "Go Green" Campaign

duuuh ga tahan mau posting lagi niii

aku mengusahakan selalu bawa bekal dari rumah..dengan begitu mengurangi bungkus ataupun styrofoam.

plus, ini ada ide seru, kayaknya OK juga kalau dijalankan.
sering di kantor pengen beli juice atau es, nitip ke teman/ OB yang membelikan, nah gimana kalau nitip tumbler/ gelas kita sekalian aja. jadi kan ngurangin plastik atau gelas plastik yang biasa digunakan untuk mengemas jajanan tadi..

:)

6

Topic: TUM "Go Green" Campaign

-membeli alat2 yg tahan lama dan evolutif, contohnya: tempat tidur CĂ©lia bisa diubah dari crib menjadi tempat tidur utk todler (+/- umur 6 tahun), kursi high chairnya juga bisa dijadikan meja + kursi, car seat yg dari umur 1 thn - 7 thn
-recycle sampah: kardus, plastik, majalah, gelas
-menggunakan rechargeable baterei
-menyumbangkan baju/sepatu yg masih bagus ke red cross
-pada saat musim dingin: memprogram heater ke mode off selama kita ngga ada di rumah: keluar rumah ato liburan.
-di supermarket skg sudah tidak menyediakan tas plastik jadi hrs pakai tas sendiri atau tas recycled
-membeli buah2an ato sayuran bio / di pasar tradisionil
-membeli barang2 fairtrade: coklat, kopi, teh, perhiasan, krafts dll
-ketika merebus air, panci ditutup
-ingin liburan model eco-tourisme (yg ini baru niat, belum dilaksanakan)
-ingin punya rumah yg self sufficient home (ini juga baru impian)

@LizCherie

7

Topic: TUM "Go Green" Campaign

wah asik2 bgt deh idenya urban mama... bisa ditiru :)
meski ga ikutan quiznya, boleh yaaa ikutan berbagi pengalaman ttg go green ini:

1. kalo tinggal d hdb, tiap 2 mg sekali dikasih plastik kuning utk diisi kemasan yg bisa di daur ulang. dan selalu berpartisipasi :).

2. matiin listrik kalo ga dipake.

3. suka nampung air bekas wudhu, bisa dipake utk bersihin lt kmr mandi atau yg lainnya.

4. bawa tas buat belanja sendiri, biar ngurangin penggunaan plastik. di bbrp supermarket ada acara bring your own bag (kalo ga salah tiap rabu), jadi dpt potongan harga jg. dikit sih, tapi gpp. seneng aja bawa tas belanja sendiri.

oh ya pernah jg pas ke starbucks bawa tumbler sendiri. ngurangin penggunaan cup sekali pake udah gitu harganya jg jd lbh murah. tapi emang ga sering jg sih ke starbucks.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

8

Topic: TUM "Go Green" Campaign

mo ngadain syukuran ultah anak dengan:bagi2 nasi kuning dibungkus besek anyaman dialasi daun pisang.trus suvenirnya mainan kincir angin terbuat dari bambu dan kertas minyak warna warni.(menghindari penggunaan streofoam dan mainan plastik).sederhana dan semoga berkah...:)

ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

9

Topic: TUM "Go Green" Campaign

Kehamilan trimester pertama :
- Setiap mual,saya selalu paksakan ke washtafel/toilet instead of duduk di tempat tidur dan 'throw up' menggunakan plastic bag
- Memilih aroma theraphy yg dibakar sebagai wangi2an dalam rangka menghilangkan bau2 yg membuat mual instead of spray pewangi

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

10

Topic: TUM "Go Green" Campaign

idenya asyik2 yaa...
dan aku mau nambahin....

1. jalan kaki; berguna banget, terutama saat hamil, and it works.. melahirkannya lancar jaya :)

2. menyusui; sekali mendayung, dua pulau terlampaui :) dan slow weaning pake susu uht.

3. homemade food untuk keluarga, dibekal juga ke kantor; sebenernya sih karena saya gak terlalu pinter masakmasakan untuk anak2, jadinya pengennya anak2 makanannya sama kayak mama-papa (table food); that's why mix tepung gasol & BLW buat dante :)

4. mandiin enzodante pake tubs (ehm, sebenernya sih, ember); sisa airnya dipakai untuk siram2 jalanan yg berdebu, kadang dipakai untuk ngepel teras rumah juga. gak pake shower, karena enzo jadinya malah suka mainin air. berendem di ember ini asyik juga kalo gak sempet berenang di kolam (karena cuaca buruk atau karena gak punya kolam renang hehe)

5. air sisa cuci beras dipakai untuk siram bunga.

6. pakein enzo & dante cloth diaper; belum full sih, karena masih nyicil2 belinya; sekarang kan yang pake clodi berdua (enzo & dante) jadinya clodinya kurang aja gitu

7. cuci pakaian pake tangan, jarang pake mesin cuci. awalnya karena sering kebagian pemadaman listrik dari PLN, lama2 jadi terbiasa, tapi jadi hemat juga. sering mati lampu ada hikmahnya juga ternyata hehe..

8. cuci pakaian pagi2, diperas biasa aja gak kenceng2, trus digantung pake gantungan pakaian, jadi siang udah kering, dan kalau digantung, selain menghemat tempat, juga gak akan ada lipatan/kerutan, yang artinya setrikaan juga gak terlalu banyak (hehe.. ibu2 males nyetrika!) oh ya, jemur pakaian sebaiknya sampe siang aja, jangan disorein, karena kalau sore pakaiannya keringnya gak asyik, jadi agak2 bau dan suka ditempelin serangga (binatang2 kecil).

9. nanem bawang, cabe, sledri, jahe2an di tanah sempit di teras (gak punya halaman bow!)

10. kertas-kertas brosur dari swalayan dipake untuk origami kapal2an, kodok2an, dll untuk mainannya enzo. kertas bekas yg belakangnya masih kosong dipake buat gambar2/corat-coret enzo.

11. minta pake kardus kalo belanja bulanan ke supermarket, kalo pake kardus, belanjaan kita ditata apik sama petugas/kasirnya, trus dapet point juga yg bisa ditukerin sama hadiah2 gitu.. kadang dapet minyak goreng, kadang dapet teh, gula, kopi.. hehehe.. mayan...

12. kalo cuci piring, tampung air di baskom lebih hemat dari pada kerannya ngucur terus. kotoran yg nempel dibersihkan dulu, biar mudah nyucinya. barang2nya dirapiin dulu. gelas, sendok-garpu, mangkok, piring, wajan2.. yg pertama dicuci gelas2 dulu, dimulai dari yg paling sedikit kotorannya, sama seperti cuci pakaian, dimulai dari yg putih2 dulu dan bagian atasan.

13. nasi sisa semalem kalo tinggal dikit gak perlu diangetin pake magic jar, pagi2 diangetin bentar aja atau dibikin nasi goreng untuk sarapan.

14. menyapu sebelum mengepel lantai. jadi saat ngepel gak perlu keluar ekstra tenaga dan air/cairan pel banyak2.

15. bayi diajarin siang-malem. jadi kalo bobok gak perlu nyalain lampu trang, cukup matiin lampu/ pakelampu yg temaram aja.

hmm.. apalagi yaa... tar deh, kalo inget ditambah lagi.. :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

11

Topic: TUM "Go Green" Campaign

hemmm... nambah lagi ah :

membiasakan diri bawa rantang kosong pas beli makan ke warung bawah. Nggak mau pakai wadah styrofoam (selain nggak nambah sampah, juga mencegah lepas racun styrofoam yang larut dalam lemak makanan). Pertama2 sih masih suka ribet, tapi skrg kalo nggak bawa rantang rasanya gak afdol :P

memakai ulang botol/wadah gelas(kaca) bekas selai untuk menyimpan bumbu, lauk2 kering, homemade-sauce, kecap, gula, garam dkk. Usia-pakai wadah gelas lebih lama & awet daripada wadah plastik. Oia, ntar pengen pakai botol susu, botol ASIP & wadah buat puree makanan bayi yang terbuat dari kaca aja :D

Seminggu sekali bikin lauk-laukan kering, masaknya sekaligus banyak. Ntar pas masak nasi, lauknya tinggal diangetin bareng :P

Disini pas kemana2 dibiasain jalan-kaki & pakai kendaraan umum (bus). Jalan kakinya buat pengganti jatah olahraga :P Bus-nya nyaman pula.

12

Topic: TUM "Go Green" Campaign

walau badan berasa gerah sampe harus mandi keringet tapi sampe sekarang berusaha menahan diri untuk gak pasang AC dikamar dan tetep pake kipas angin aja, biar naeema juga bisa tahan disegala situasi (gak tergantung AC)

;) Unda Naeema

13

Topic: TUM "Go Green" Campaign

Mau nambah..

Kan biasanya kita kalau jajan minum di luar kan dikasi sedotan tuh.. Nanti saya mau ajarin alya untuk mengurangi pemakaian sedotan ini. Kalo cuma minum es jeruk, bisa langsung diteguk aja kan? :D

Mengajarkan ke ART di rumah untuk membalik semua pakaian yang akan disetrika. Kan waktu dijemur semua pakaian dibalik tuh, nah, sebelum disetrika dibalik ke posisi semula semua, jadi waktu tengah2 nyetrika, ga ada waktu yang terbuang untuk membalik pakaian. Ga banyak sih yang dihemat, tapi setidaknya ini bisa mengurangi pemakaian listrik. :)

learning is a never ending process
@rhisuka

14

Topic: TUM "Go Green" Campaign

aku ikutan yaaaaaaaaaaaaaaa....
"waktu hamil, selalu pakek kertas bekas buat coratcoret alternatif nama si baby"
^_^

@anaersam : I'm latifah's mom!

15

Topic: TUM "Go Green" Campaign

Selama ini saya dan keluarga tdk pernah bermaksud melakukan kegiatan2 khusus utk kampanye Go Green, tp secara ga lgsg ternyata kebiasaan2 itu mendukung aktifitas Go Green. :D

- Memakaikan cloth diaper ke Bumi, anak kami, utk mengurangi penggunaan disposable diaper.
- Air berendam (mandi) Bumi saya pakai lg utk mencuci cloth diaper dan baby bathernya.
- Suami dan saya punya hobi bersepeda. Bahkan suami B2W 3xseminggu.
- Membiasakan belanja produk2 lokal.
- Menyalakan lampu di atas jam 18.30 dan mematikan kembali jam 04.00.
- Kami tdk menggunakan microwave, oven listrik dan toaster utk memasak. Bahkan utk mensteril alat2 makan Bumi saya merebus air di panci yg sangat besar kemudian merendam alat2 tsb ketika air sdh mendidih. Kami punya sterilizer, tp dgn sterilizer harus 2-3x steril sedangkan dgn panci cukup merebus air dan semua alat bahkan yg tdk bisa masuk di sterilizer bisa mdisteril dlm 1x waktu saja.

Hmm sepertinya cuma itu yg saya ingat. Hehe
Nanti akan saya sambung lg. :)

~Life is good~

16

Topic: TUM "Go Green" Campaign

sebelum melahirkan, waktu pengajian 4 bulanan kehamilan, souvenir pengajian yang dibagikan adalah bibit/pohon gelombang cinta yang masih pitik *masih kecil -->di pot kuecill banget* dengan harapan baby yang gw kandung membawa gelombang cinta bagi dunia ini salah satunya dengan menambah jumlah pohon yang bisa ditanam para ibu-ibu di daerah rumah gw

Trus, setelah melahirkan baby aiRa dan mengadakan pengajian 40 harian serta syukuran akikah *potong kambing bagi umat muslim* gw membagikan bibit bunga matahari dengan harapan baby aiRa dapat menyinari kehidupan serta membawa terang/manfaat bagi dunia -semoga ibu-ibu itu sukses nanam bibit bunga yang gw bagi-

dan setiap tanggal kelahiran baby aiRa, gw beliin baby aiRa berbagai macam pohon tabulampot yang gw sumbangin ke balai warga untuk dirawat dan bikin balai warga jadi semakin hijau dan asri

Dan kemarin setelah baby aiRa harus dirawat di RS dan setelah diperbolehkan pulang sama dokternya, gw mengungkapkan wujud syukur gw dengan mbagiin bibit bunga matahari ke para suster yang lagi jaga sebagai salah satu doa gw juga agar baby aiRa dapat terus hidup sehat dan menyinari dunia ini.

Untuk di rumah gw sendiri gw punya berbagai macam tanaman baik tanaman hias di dalam pot maupun di area tanah kosong di belakang rumah gw yang umumnya pohon yang tidak diniatkan _lempar cabe,bawang,tomat,biji pepaya, biji jeruk sampe biji kelengkeng- yang ternyata mereka pada numbuh begitu aja padahal dikasih pupuk pun enggak -->organik dunk yia?? ^^v

Dan saat ini lagi potty training ke baby aiRa untuk mengurangi pemakaian diapers selain sehari-hari hanya dipakein celana pop biasa aja *murahhhhhh plus tahan lama en gampang banget dicuciiii*, jadi baby aiRa hampir bisa ditebak jam-jam dia pipis nah (kecuali malam hari) biasanya mendekati waktu pipis itu gw bukain celana baby aiRa trus gw ajak ke area kamar mandi -biasanya sih area tempat cuci bajunya karena relatif kering dan di ruang terbuka- jadi gw berdiriin aiRa sambil diajak ngobrol untuk dia pipis (meski belum sukses setiap waktu, namanya juga masih almost 7mos)

*udah dulu yakk, ngantuk..daripada terus dipaksain mikir di depan notebook yang masih nyala padahal tangan udah pegel yang bisa berakibat boros pemakaian listrik neeehh ^^v mendingan lain kali gw sambung lagi deh.

pRoud to be Yummy Mommy and Sexy Wifey ^^v
.: http://airababy.blogspot.com :.

17

Topic: TUM "Go Green" Campaign

Kehamilan trimester kedua :
-memilih membaca e-book mengenai kehamilan instead of beli/langganan tabloid/majalahnya
-meminta OBGYN untuk tidak membuat double print out setiap USG
-meminta apoteker untuk tidak membuat salinan resep dari setiap obat/vitamin yg kita tebus
-mengembalikan plastic bag yg diberikan apoteker setiap menebus obat/vitamin

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

18

Topic: TUM "Go Green" Campaign

bikin mainan sederhana dari bahan recycled: botol bekas aqua diisi beras sama tabung bekas cotton bud diisi kacang merah beberapa butir buat krincingan.. kedengarannya sederhana tapi audrey cekikikan melulu waktu awal-awal main :D waktu itu dia masih sekitar 5-6 bulan.. sampai sekarang (10 bulan) juga masih suka dimainin walau udah agak2 dicuekin sih

19

Topic: TUM "Go Green" Campaign

anak anak menerima dan menggunakan dengan senang hati, setiap mendapatkan pakaian lungsuran layak pakai dari kakak sepupunya. sesuai dengan konsep go green, yaitu re -use..

ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

20

Topic: TUM "Go Green" Campaign

sejak anakku lahir sudah dibiasakan memakai cloth diaper setiap harinya.
mengajarkan anak mematikan lampu sebelum tidur, jadi kalo Ariq sudah ngantuk dia akan mematikan lampu sendiri jadi hemat energi kan? :D
mengurangi pemakaian AC, lebih dibiasakan main diruangan tidak ber AC
kalo mau belanja pake tas ransel aja, jd mengurangi penggunaan kantong plastik
setiap hari masak makanan sendiri, sehingga mengurangi sampah bungkus/plastik, kalo kita beli kan pasti pake stryfoam/plastik.
menanam tanaman di sekitar rumah, biar rumah jadi sejuk dan nti kalo ariq dah gede berencana mo ngajarin menanam tanaman supaya dia bisa mengerti manfaat "go green"

mommy love ariq

21

Topic: TUM "Go Green" Campaign

ahaaaa setujuuu sama ayutri! ^.^

dari kecil sampai sekarang, aku kena lungsuran baju2nya kakakku, apalagi waktu hamli...daripada beli baju baru dan ga kepake lagi nanti habis lahiran (pede banget badannya kembali seperti semula...hehe).

22

Topic: TUM "Go Green" Campaign

nambah lagi... :)
sebisa mungkin kalo ga perlu2 banget ga usah ngeprint saldo di ATM, lebih baik pilih transaksi (saat pengambilan tunai) yg tidak usah ngeluarin struk. Dan ada baiknya bikin e-banking dan smsbanking :)

PostModern Mama

23

Topic: TUM "Go Green" Campaign

- karna zayyan masih mandi di bak mandi bayi,air bekas mandinya dipake buat cuci baju n clodinya dia.sayang banget klo cuman bersihin pipis or pup pake air baru yg bersih.bisa buat ngepel n bersih2 juga.
- jaraaaang banget nyuci pake mesin.tiap kali selalu nyuci pake tangan baru setelah bilas terakhir di-spin pake mesin n dijemur.sangat sangat berpengaruh ke tagihan air n listrik.biar ga pegel disempetin nyuci tiap hari jadi cucian ga numpuk,kecuali bener2 ga ada cucian.
- kadang2 klo ada cucian yg blm kering suka ditaroh aja diatas magicjar,kering n ga kusut.
- untuk baju2 rumah n baju tidur ga perlu setrika.
- dispenser dinyalakan klo perlu air panas cepet2 aja.
- beli susu segar (untuk papa mamanya zayyan,bkn zayyan) di tkg susu yg lewat tiap pg.murmer abis,1liter 4rb bisa jd 4 gelas.
- untuk bersih2 rumah(ngelap perabotan) pake baju lama yg udah bolong2 n ga dipake.
- beli apapun selama bisa masuk tas or ditenteng tangan ga perlu minta tas plastik
- kalopun dapet tas plastik pas udah selesai dilipet yg rapi jadi bisa dipake sewaktu2.
- belanja ke pasar tradisional bawa tas belanja sendiri.lebih murah dan membantu pedagang2 kecil.
- breastfeeding,sangat hemat segalanya.bahkan karna sy FTM saya ga sekalipun beli botol susu karna ngerasa belum butuh.
- punya anak!! karna waktu banyak buat anak jadi waktu untuk nonton tv n jalan2 berkurang drastis.dikala anak udah bobo enak saya pun lebih milih untuk istirahat juga dan tidur.

24

Topic: TUM "Go Green" Campaign

-Sebisa mungkin memakai pospak hanya untuk urgent situation.. Selebihnya lebih enak memakai clodi.. Dan g bikin ruam popok pula..
-Mematikan lampu/ac jika tidak diperlukan.. Bahkan, dikamar, dibuat sebuah lubang khusus yang ditutup kaca (bagian dalam) supaya sinar matahari bisa masuk ke kamar.. Otomatis menerangi kamar.. Jadi pagi sampai sore tidak perlu menyalakan lampu.. Sudah terang.. ?
-Hemat pemakaian air, mencuci baju sekaligus agak banyak dalam satu kali cuci, sehingga pemakaian air dan deterjen bisa lebih hemat.. Karena sekali pakai saja..
-instead of using plactic bag untuk groceries, memakai kantung kain untuk membawa belanjaan ?

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

25

Topic: TUM "Go Green" Campaign

Suami dan aku sepakat untuk menggalakkan gerakan "Go Green" dirumah, semua memang dimulai dari anak2 masih kecil. Standar lah anakku - Altaf 11mos udah bebas dari disposable diapers. Kalo siang pake celana kain, malem cloth diaper. Gak Mau kalah dari anaknya, saya juga udah bebas dari disposable menstrual pad...jadi udah pake pembalut kain. Lebih nyaman, sehat dan ramah lingkungan. Bisa dicuci pake bertahun-tahun.

Altaf juga jarang banget pake disposable baby wipes. Senjatanya adalah bawa waslap kemana-mana. Abis makan ya cuci mulut diwastafel. No tissue!
Waslap = OK; bisa dicuci pake dan tidak mengandung racun.
Tissue = tidak OK; menghabiskan banyak pohon ditebang, mengandung dioksin, mahal dkk.

Beli toiletries juga selalu yang kemasan besar dan refill. Supaya gak banyak menghasilkan sampah plastik kemasan kecil2.

Kemana-mana selalu bawa air minum dalam tupperware untuk masing2 orang. (ini sih emang dibiasakan mamaku sejak aku kecil). Jadi kalo dijalan haus ...bisa hemat, ga nyampah botol kemasan, dan sehat karena banyak minum air.

Kalo belanja ke supermarket suka minta dibungkus kardus besar. Nanti kardusnya kalo udah numpuk bisa dikilo in ke tukang loak (menghasilkan uang :p). Kalo beli buku atau perlengkapan kecil2 juga ndak mau kresek. Langsung masuk tas aja.

Dan dalam rangka "Save the Earth" tak lupa juga menyebutkan bahwa ASI dan homemade food adalah cara yang sangat baik untuk "Go Green". Bayi ASI tak perlu botol susu plastik, tak perlu rebus/dispenser air panas, tak perlu susu kaleng (susu kaleng menimbulkan polusi dalam proses produksinya; bandingkan dengan ASI yang ramah lingkungan). Homemade food bergizi dan tidak boros energi untuk produksi masal, juga tidak nyampah banyak2 kemasan plastik atau jar kaca. Hemat dan Sehat.


Menyelamatkan bumi selalu dimulai dengan hal sederhana dirumah :D

Go..ASI & Homemade food..
Go..Clothdiapering..
Go..The better future for our children
visit me at: http://javaleste.multiply.com/