1

Topic: Pergaulan Anak SD

Mam.. Boleh share atau bagi pengalaman gmn supaya anak kita bisa bergaul dgn baik di sekolah.. Anak sya kelas 1 sd cowo, 1 minggu ini dia selalu diganggu tmn2nya dan menurut sya udah sedikit keterlaluan, yg pertama dia ditendang alat kelaminnya sampai nangis dan anak yg melakukan g minta maaf.. Yg kedua dia kena tonjok dimata, dan yg ini kejadiannya dikelas, info gurunya tmnnya g sengaja dri main2 jadi kebablasan.. Saya jadi khwatir bgt.
Dibesokan harinya pensil dan penghapusnya anak sya pada ga ada, ditanya sama kakeknya(papah sya) kemana pensilnya, anak sya bilang diambil tmnnya.. Kenapa dikasih, ambil lagi dong papah saya blng gitu, anak saya jawab soalnya dia sendiri dan yg ambilin pensilnya dia banyakan..
Ada yg bisa share dan kasih masukan g mama, saya harus gmn biar anak saya g selalu jadi bahan buat anak2 yg lain.. Kalo bilang ke gurunya udah saya lakukan..

2

Topic: Pergaulan Anak SD

Halo ma, duh ikut sedih bacanya :(

Kebetulan kasusnya sama seperti anak pertama saya yang sudah jadi bahan bully-an dari kelas 1 SD. Saya biasanya selalu kroscek cerita anak dulu, bahkan seringnya teman-teman sekelasnya yang ngasih tau ke saya.
Gurunya sudah tau, dan sudah ditangani dengan baik, hanya orang tuanya anak yang suka bully ini nggak peduli masalah anaknya, semenjak banyak masalah, kedua orang tuanya nggak pernah terlihat di sekolah. Jadi saya anggap beres lah karena anak sudah gak diganggu.

Kelas dua, mulai lagi. Teman TKnya dulu akhirnya kembali bergabung di kelas 2. Anak ini sangat "luar biasa", teman-teman sekelas pernah membantu anak saya ketika sedang diganggu, hasilnya? anak pindahan ini menangis dan mengadu ke orang tua dengan cerita dia dibikin nangis anak satu kelas (?).
Orang tuanya tau dia sikapnya seperti itu, bahkan kalau ada yang berani memarahi atau mengganggu anaknya, siap2 saja satu kelas dimarahi.

Dari kasus luar biasa di sekolah anak saya, yang saya lakukan adalah menguatkan mental anak lebih lebih lebih lagi. Anak-anak harus tau kalau semua temannya tidak bisa berlaku sama baiknya. Kalau pelajaran diganggu, ya harus lapor gurunya. Masalah alat tulis setiap hari pasti hilang, patah, robek. PASTI. Jadi saya stok banyak sekali dan mengajarkan anak untuk bilang TIDAK BOLEH kalau temannya nakal dan BOLEH meminjam asal dikembalikan.

Untuk kasus kekerasan yang tidak disengaja sih anak saya belum pernah mengalami. Hanya satu kali, anak perempuan di kelas satu yang sengaja menancapkan pensil di telapak tangan anak pertama. :) Dari kasus itu orang tua yang saya ceritakan di atas tidak berani datang ke sekolah.

Intinya sih kalo saya, kuatkan mental anak. Kalau sudah bilang ke gurunya tapi tetap dilakukan lagi, nggak ada salahnya bicara sama orang tuanya langsung. Kalau nggak mempan, anaknya yang mengganggu terus itu boleh kok kita ajak bicara :) asal nggak dimarahin aja.

Maaf jadi panjang banget, semoga membantu ya ma:)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

3

Topic: Pergaulan Anak SD

sama seperti cindy, coba kroseck kebenaran terlebih dahulu ke guru, bisa minta tolong guru untuk lebih mengawasi dan jika memang seperti itu, minta guru untuk mengajak orangtua tersebut bertemu dan berdiskusi. Alangkah baiknya persoalan tersebut bisa diselesaikan dengan baik agar semuanya bisa terselesaikan juga dengan baik. 

kalo penghapus dan pensil sih kalo kata aklu sih wajar ya mom hilang, anakku selalu hilang, ya entah dia yang lupa taro, kebawa temennya atau jatuh/hilang. Apalagi masih kelas 1 ya, tanggung jawab anak akan benda miliknya masih sangat minim. Kadang karena takut ke orangtua bahwa dia lupa taro lagi di tas nya, bilangnya diambil sama temennya. Yah harus dipahami juga sih, kadang anak umur segini lagi banyak dramanya dan tidak mau disalahkan. Karenanya coba lebih banyak tanya informasi ke guru juga bagaimana anak dan teman-temannya di kelas. 

kira-kira gitu mom hehe

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

4

Topic: Pergaulan Anak SD

Mama Nimaca,
Sama seperti Cindy & Dieta, biasanya aku kroscek ke guru dan ke yang bersangkutan.

Anak pertama saya laki2, dulu juga sempet dibully2 temennya. Jadi anak saya itu sering disuruh menggambar sama temen2nya, kalau anak saya nolak, dia dipukul. Ih kan kesel ya, udah nyuruh2 gambar, kalo ga mau malah dipukul.
Awalnya anak saya ga cerita, tapi kok ya malem2 dia suka mimpi dan mengompol. Ternyata krn stress. Setelah dikorek2 sama papanya, akhirnya dia cerita. Solusinya, kami ajarin anak saya buat bilang kalau dia ngga suka. Bikin simulasi gitu.
Yang penting jangan memulai pertengkaran duluan.
Saya datang ke sekolah, peringatkan anak yg "nakal" itu untuk menjauhi anak saya. Saya bilang kalau anak saya hanya boleh berteman dengan anak2 yang baik sama dia. Jadi kalau kamu mau main sama anak saya, kamu harus baik sama anak saya :) dan kalau kamu nakal sama anak saya, jangan salahin kalau kamu ngga akan ditemenin lagi sama anak saya.
Sekarang mereka malah berteman baik, dan sama2 ikut ekskul beladiri yang sama di sekolah.

Beda dengan anak saya yang kedua. Dia nggak kayak kakaknya yg pendiam, anak kedua malah lebih berani. Tapi kelas 1 dia sempat dibully juga. Tapi saya liat ini bahaya, karena dari bahasa dan cara bergaul kok ngga banget alias kasar. Sebelum terjadi hal2 yang malesin, saat kenaikan kelas saya pindahkan anak kedua ini sekolahnya. Jadi bareng sama kakaknya. Karena tadinya mereka sekolahnya terpisah, setelah pindah sekolah bareng kakaknya, ya aman2 saja. Kalau ada teman yg nakal, si adik selalu ngadu ke kakak, dan kakak siap membela hahaha

Untuk alat tulis, ya sama aja sih. Aku punya stok alat tulis yang banyak di rumah. Begitu pula ibu gurunya. Kadang anakku bawa alat tulis punya temennya, dan alat tulis dia entah kebawa siapa. Paling ya diperiksa aja setiap hari, diingetin setiap hari untuk jaga alat2 tulisnya. Dulu sih aku suka rautin pensil2nya. Sekalian cek pr nya. Waktu anak2 masih kelas 1. Tapi skrg udah kelas 2 dan kelas 4, udah aman terkendali sih urusan alat tulis. Malah yg masih error2 justru kakaknya, hari ini hilang, dua hari kemudian di tempat pensilnya penuh banget karena ketemu semua atau ada yg pinjem baru dikembalikan seminggu kemudian. Tapi intinya dia udah tau sih di tempat pensilnya harus ada alat tulis apa aja, yg pinjaman dan harus dikembalikan yg mana, yang punya dia dan yg hilang yg mana. Intinya ya itu mam, punya stok banyak di rumah hehe

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Pergaulan Anak SD

Kalau aku sih setuju sama mommy cindy, hal yang paling penting untuk dimulai pertama kali adalah menguatkan mental si anak. Tidak hanya bersekolah, tapi juga saat melakukan aktivitas di luar rumah lainnya. Sehingga dia bisa menjaga diri dan bisa berkata "TIDAK" pada orang yang jahil. Atau memang paling efektif ya kita ajak bicara saja orang tua dari anak yang terkait itu, pasti deh itu mempan banget.

Tapi balik lagi juga sih, tipikal orang tuanya seperti apa. Biasanya ada orang tua yang sangat menyayangi anaknya sampai-sampai anaknya salah tetap aja dibelain.