1

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

indriani budi utami.. wwaaahhh.. aku punya buku itu juga dibeliin bapakku dan dikirim khusus untukku. belum sempet khatamin buku itu sih. tp intinya memang ada banyak kemungkinan kalo anak telat ngomong dan ngga selalu negatif. malah ada kemungkinan jd tanda2 si anak itu gifted ya :)

Almira sampe hampir 18 bulan belum ada 1 pun kosakata yg bermakna jelas menurut orang dewasa. ada kata "minyum minyum" yg bisa berarti nenen, minta, minum, dll. padahal dia gak kurang stimulus fisik di sekitar mulut lho, sejak 6 bulan udah makan yg teksturnya kasar yg pasti menstimulus lidah, mukosa, gusi, rahang, dan organ2 mulut lainnya. soalnya kata Gill Rapley dengan metode BLW, si anak jd terstimulus kemampuan berbicaranya.

tp saya ga terlalu khawatir karna udah baca sekilas "Anakku Terlambat Bicara", trus dia tetep ngerti kalo diajak ngomong dan kata ibuku, dulu aku juga baru ngomong umur 2 taun setelah sama sekali ga ngomong apa2. jd sekalinya bisa ngomong langsung banyak kosakatanya. ngga pake nyicil dulu.

2

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

ikutan share yah mms.......
anakku yang pertama di usia 9 bulan sudah mulai bisa manggil mama, papa. sedangkan anakku yang ke 2 diusia 1.5 tahun baru bisa manggil mama or bapa itu juga sering salah manggil bapa yang dipanggil mama. tapi menurut moms yang deket rumahku itu bilang walo telat ngomong tapi kelak skali dah bisa kata-kata yang lain dia lebih cerewet klo ngomong, karna kata-kata yang dia dengar slama sebelum pinter ngomong dia inget.

awalnya khawatir jga yah diusia 1.5 tahun anakku belum bisa manggil mama, papa karna ada anak tetangga ku di usia 2 tahun belum bisa ngomong dan di anak pertamanya yang usia 8 tahun ngomongnya jga gak jelas. tapi rasa khawatir itu agak mulai surut karna saat ini anakku sudah mulai manggil mama, bapa jadi seneng deh :)

3

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

mamas,zayyan 27bulan juga belum ngomong.sbenernya udah pernah keluar beberapa kata.tapi lama2 menghilang n ga disebut2 lagi.kaya "ini apa" itu dulu sering keluar,tapi sekarang samsek ga ada lagi.
sekarang ini yang kluar malah jadi babbling2 ga jelas aja.sama "yah" ato "yeh" aja.ato paling pol "apah".tapi dia ga diem,tapi ya gitu,ga jelas samsek.
makin kesini tanda2nya malah kaya ciri2 ADHD(Attention Deficit Hyperactivty Disorder).n kayanya harus ikut terapi okupasi.klo menurut terapisnya sih,emang konsentrasinya yg harus dibenahi dulu.karna kalo ga percuma aja diajarin ngomong kalo dia ga bisa konsen.
tapi kalo diajak omong dia ngerti dan bisa merespon dgn baik.tapi ya gitu,ga pake ucapan,cuman tindakan aja.

disini udah ada thread khusus ttg ADHD belum ya?boleh buka thread baru ga ya?biar lebih khusus membahas anak2 ADHD

4

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

hai moms udh lama nih ga post disini :) bingung jg ini trmsk perkembangan bicara atau bukan ya, tp krn ada hub nya jd aku post disini ja ya.
anakku cyrill skrg 33bln, sudah pandai menirukan kata2 dgn jelas + tepat dimulai sejak usia 9bulan
kalau ditanya juga mengerti dan bisa jawab, ttp kelihatannya dia blm bisa mengolah kata2 sehingga agak sulit kalau diajak ngobrol.selama ini kami sdh berusaha memancing dia untuk ngobrol, ngasih tahu nama2 benda,kosakata dll. ttp ga seperti anak seusianya, dia blum bisa tek tok kalau diajak ngobrol. kelihatannya semua kata2 yg keluar itu adalah hasil dia menghafal apa yg diajarkan, bukan olah katanya sendiri.
dan akhir2 ini juga dia susah diberikan perintah atau larangan srta smakin aktif. kalau sy bilang 'ini bukan mainan ya nak' misalnya, dia sebenarnya mengerti tp ga mau nurut,
adakah mamas yang bisa bantu? ditunggu pencerahannya ya:) thanks

*mama si unyil ganteng*

5

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

up

*mama si unyil ganteng*

6

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Momcyrill, bukannya gitu ya, rebelling periode..jadi menunjukkan ke-akuannya dgn membantah semua kata orang dewasa. Triknya konsisten dan nggak lelah menegakkan perintah dan peraturan dgn metode tarik ulur kayak layangan. Melihat situasi saja kapan si todler bisa diajak teratur atau kapan lepas dia jadi bos.
Terus tentang respon lama diajak ngobrol ini juga tergantung pembawaan anak, ada yg nyaring suka bercerita ada yg mesti butuh waktu lama (menurut orang dewasa) utk menjawab dialog. Kalau jawabannya tepat an dia tahu apa maksud lawan bicaranya menurut saya ya hanya butuh kesabaran kita sebagai pengasuh. Pastiii datang masanya anak kita pandai merangkai kata.

hari ini adalah hari baik

7

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

ikutan share :)
setuju dng moms sebelumnya..
anakku dulu waktu baru belajar ngomong juga dah seneng nonton tv, bukannya tambah lancar ngomongnya.. ee.. malah belepotan ga karuan, akhirnya di stop dulu tv, sebagai gantinya.. ditambah interaksi/stimulasi bicara dari orang2 di sekitarnya, hampir tiap mau tidur juga pake acara "mendongeng", dari situ dia mulai nambah kosakata, sampai sekarang juga kadang kalau mau tidur masih suka minta dibacain cerita.. :)

8

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

ikutan dong...
aku juga lagi waswas...
Tegar (19m) juga baru sedikit vocabnya...
baru bisa bilang Bapak..sampai-sampai tukang parkir juga dibilang bapak
mamam untuk makan, menom untuk minum, tetan untuk ikan, nenen, nenek, mbamba ( lumba-lumba)....
sepupunya udah bisa ngomong macem2.
padahal sering dibacain buku tiap malem.
moms apakah kepandaian bicara itu ada hubungannya dengan pertumbuhan gigi? soalnya tegar giginya baru 6 yang udah tumbuh sempurna...2 lagi baru tumbuh kemaren...

9

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

gitu ya mom namila.. soalnya aku lihat ketiga sepupunya yg umurnya sama (cuma beda 1-2 bulan)dan anak2 temanku kok smua lancar ngobrolnya jd kuatir juga..

*mama si unyil ganteng*

10

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

indrisanti,
kayaknya ga ada hubnya sama gigi, dulu qonita telat banget tumbuh giginya, temen2 sebayanya dah lengkap, qonita baru nongol beberapa biji, tp alhamdulillah ngomongnya lancar.. dulu awalnya anakku jg gitu mom, kosakatanya ga jelas, tapi waktu itu kita "ga kasih toleransi" dng biarin dia ngomong ga jelas gitu, jd langsung kita benerin, inget dia nyebut makan : mamam.. kita ajarin per kosakata ma - kan, sedikit penekanan dan diulang2, diusahain jg dia lihat mulut kita pas ngucapin kata, pokoknya tiap salah telaten dibenerin, lama2 lancar :)

11

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Momcyrill
Coba diajak membaca saja. Ga usah buku yg tebel2 dl. Cukup cerita bergambar ky di buncil. Awalnya qt bacain dulu aja smbl liat responnya bgm. Dia tertarik ato tdk. Yg diharapkan disini,dia tertarik utk bercerita berdasarkan gbr2 itu. Jalan ceritanya ya sesuai imajinasi dia. Kalo dia sdh mulai bercerita sdkt demi sdkt dia bs merangkai kalimat dg kata2 yg dia miliki.
Kalo ttg "larangan",emg betul,lg masa2 rebelling periode. Apaaaa aja yg dilarang justru dilakukan sm mrk.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

12

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

adhya wrote:
indriani budi utami.. wwaaahhh.. aku punya buku itu juga dibeliin bapakku dan dikirim khusus untukku. belum sempet khatamin buku itu sih. tp intinya memang ada banyak kemungkinan kalo anak telat ngomong dan ngga selalu negatif. malah ada kemungkinan jd tanda2 si anak itu gifted ya :)
tp saya ga terlalu khawatir karna udah baca sekilas "Anakku Terlambat Bicara", trus dia tetep ngerti kalo diajak ngomong dan kata ibuku, dulu aku juga baru ngomong umur 2 taun setelah sama sekali ga ngomong apa2. jd sekalinya bisa ngomong langsung banyak kosakatanya. ngga pake nyicil dulu.


adhya..iya, mmg ada type anak gifted yang terlambat bicara, terutama gifted visual-spatial learner. Kebanyakan stlh besar anak2 ini ahli di bidang yg membutuhkan kemampuan logika analisa (matematika, fisika, dsb). Kasus gifted child tidak banyak, yang aku pernah baca jumlahnya < 2% dari total bayi yang lahir. Sebelum usia 3 tahun, mungkin bagi yang bukan benar2 ahli di bidangnya akan kesulitan membedakan mana yg gifted, mana yang autism, mana yang murni speech delay, japi orang tua harus hati2 juga dlm mencari ke ahli mana mau berkonsultasi (psikolog/dokter anak tumbuh kembang), jgn sampai terjadi salah diagnosa shg salah penanganan jg.

momcyrill wrote:
anakku cyrill skrg 33bln, sudah pandai menirukan kata2 dgn jelas + tepat dimulai sejak usia 9bulan
kalau ditanya juga mengerti dan bisa jawab, ttp kelihatannya dia blm bisa mengolah kata2 sehingga agak sulit kalau diajak ngobrol.selama ini kami sdh berusaha memancing dia untuk ngobrol, ngasih tahu nama2 benda,kosakata dll. ttp ga seperti anak seusianya, dia blum bisa tek tok kalau diajak ngobrol. kelihatannya semua kata2 yg keluar itu adalah hasil dia menghafal apa yg diajarkan, bukan olah katanya sendiri

momcyrill..si kecil belum 3 tahun kan mbak. "semua kata2 yg keluar itu adalah hasil dia menghafal apa yg diajarkan, bukan olah katanya sendiri itu" maksudnya hampir semuanya ga paham artinya atau cuma ada beberapa yang mmg benar2 salah dalam pemahaman ?. Waktu seusia itu, ilyasaku juga baru bisa mengucapkan 1 kata (single word) dan bukan kalimat dan mmg masih ada bbrp pemahaman makna yg salah, tp sebagian besar dia paham arti kata2 yang diucapkannya. Misal "minum" artinya "mama aku mau minum", "mau" artinya "aku mau makanannya, bagi dong" dsb. Sedangkan untuk beberapa kata yang salah di dalam pemahaman arti kata itu sendiri, misal "mama", semua orang asal perempuan dipanggil dia mama, ditanya ini apa? (payung) dijawab "air" (maksudnya supaya tidak kena air hujan". Tapi sejak umur 3.5 tahun ilyasa mulai bisa merangkai kalimat dari 2 kata. Skrg 3.10 tahun sudah mulai kalimat 3-4 kata dan pemahaman arti dari kata-katapun semakin bagus. Skrg sdh bisa menghafal nama-nama orang, tidak semua perempuan dipanggil mama lagi :). Mungkin memang blm "waktunya" saja mbak si kecil belum bisa merangkai kata2 menjadi kalimat.

ttg belum bisa tek-tok kalau diajak ngobrol, daftar penguasaan kosa-katanya sudah cukup banyak belum?. Ilyasa dl kalau diajak ngobrol juga sudah banget tek-tok (jawab spontan dg benar), ternyata penyebabnya krn daftar penguasaan kosakatanya masih minim. Skrg stlh daftar penguasaaan kosakatanya semakin banyak, diajak ngobrol juga makin cpt nyambungnya.

Tapi kalau mmg momcyrill masih was-was, ga ada salahnya konsul ke dsa tumbuh kembang untuk berkonsultasi.

13

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

natallia
iya mom kalo baca sudah aku mulai kasih buku2 ttg warna, gambar binatang , dll,, oke deh aku cobain terus baca nya, makasih ya sarannya ^^

indriani budi utami
belum merangkai kata sendiri mom, tp kalau menirukan atau menghafal dia cepet banget,
ooh jd anaknya mbak indri jg belum yah..kurang lebih sama ya sama anakku,,mgkn juga bener kosa katanya kurang jd kurg tek tok jg, makasih sarannya ya.. aku coba terus ajarin mudah2an sama kyk ilyasa lama2 berkembang juga bicara nya :)

*mama si unyil ganteng*

14

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

btw, kalo telat/cepat bicara itu berhub sm kecerdasan ga ya ? kalo motorik kasar kan nggak tuh, misalny telat duduk, jalan dll

-FullTimeWorkingMami-

15

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

blackbeauty
Sependek pengetahuanku,telat bicara ga ada hubnya dg kecerdasan. CMIIW yah mama yg lain.
Anak temen ibuku,wkt msh kecil smp umur 3taunan,ga jelas ngomong apa. Tp stlh dimasukin sekolah sm ibunya,lgs lancar bicaranya. Dan anaknya itu skrg sdh umur 15th,pintar sekali. Br aja dpt medali perak utk olimpiade astronomi.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

16

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Hi.. salam kenal...
saya ibu dari jovan (22mos) seneng banget nemuin forum ini karena anak saya juga mungkin salah satu dari late talker.. sedih juga moms.. apalagi liat anak sebayanya yang sudah pandai berkomunikasi dan berceloteh. jovan di usianya sekarang baru bisa mama, papa. teteh (yang ngasuh), mim (minum), jatuh, abis, ni (ini), mamau (gamau), dadah. dan bahasa planetnya (babling).
observasi saya sendiri, jovan sangat aktif, tidak bisa diam, selalu bergerak, diam kalau sedang nonton barney dan lagi kecapean, kalau main mudah bosen main puzle baru beres 2 sudah kaboer..
JOvan sudah bisa sih mengungkapkan keinginannya meski dengan bahasa tubuh dan menangis (apabila qta salah menterjemahkan)

saya dan suami memang bekerja dan anak bersama pengasuhnya. yang saya takutkan adalah anak saya kena ADHD.. aduuuhh jangan sampai.. moms bisa bantu ga kalau ada yang tahu seperti apa ADHD, dan apakah anak saya masuk late talker saja??.. thank mom for sharing

17

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

dear mamas,

sekedar sharing saja, saya sering memantau twitter dsa ahli saraf dr.hardiono (@hardiono) menurut beliau tenggat waktu untuk perkembangan anak bs berbicara dan berjalan adalah 18 bln. mungkin dlm hal bicara anak seharusnya sdh bs menguasai 20 kata CMIIW. jika belum sebaiknya dibawa periksa ke klinik tumbuh kembang. karena jika memang ada masalah, terapi yg dilakukan akan lbh mudah dibandingkan jika dibiarkan saja.

lanjut lagi, saya jg pernah baca satu artikel kemampuan anak untuk mengerti perkataan kita berbeda dengan kemampuan dia berbicara ato meniru perkataan kita. jd kemampuan anak mengerti itu untuk melihat attention dia klo berbicara dan meniru perkataan untuk melihat kemampuan dia belajar hal baru CMIIW. jadi saran saya jika anak kita sdh 18 bln ato lebih dan kita ragu dia terlambat bicara ato tidak lbh baik diperiksakan saja toh tdk ada ruginya untuk kepentingan anak kita. oiya, hal ini berlaku untuk perempuan dan laki-laki krn banyak org blg laki-laki terlambat bicara normal pdhal tidak.

sekedar sharing jg anak saya perempuan usia 15 bln baru bs berkata papa, mam (makan/minum). nen (nyusu), abu/bua (bunda). dia mengerti semua parkataan dan perintah saya. semoga usia 18 bln dia sdh bs 20 kata. :)

18

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

uya16..well, kalau menurut pengalamanku ya, 18 bulan sudah dibawa ke dokter untuk konsultasi masalah speech delay, kok kecepeten ya. Dulu aku pernah curhat ke salah seorang dokter saat anakku umur segitu, dan baru disarankan nanti balik lagi (konsultasi) masalah tersebut saat anak usia 2 tahun.

Dan dari pengalaman anakku juga, umur 2 tahunpun masih termasuk dini lho, anakku malah sempat 2x mendapatkan salah diagnosa. Br setelah 3 tahun kelihatan, bener2 bisa dibedakan mana yg pure speech delay dan mana disertai gangguan lainnya.

Oya, dulu aku pernah juga nonton dialog dg dr. Hadiono di televisi. Memang sih, pendapatnya berbeda dg pendapat bbrp ahli yg pernah kubaca sebelumnya (miriam s dsb), kalau mnrt dr. Hadiono tidak benar kalau anak laki2 peluangnya mengalami speech delay lbh besar drpd anak2 perempuan.
Tapi, dari pengalamanku pindah2 kebbrp klinik terapi bicara, sebagian besar pasien mereka (mungkin malah >75%) adalah anak laki-laki.

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

nih jg lagi cemas liat nathan :(
kosakata nya baru, mama,papa, kerja (tp blm terlalu jelas). tiga,nah,gak...sisa ny bahasa planet, tp kalo qt ngomong sih nathan ngerti
apa udah harus dibawa ke klinik tum-bang ya?

even you`re not baby anymore..but in my heart you`re always my baby..

20

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

moms.. kalo 20 bulan batasnya harus udah bisa berapa kata ya? kalo kurang dari 20 kata gimana? ada juga kata yang dulu sering diucapkan sekarang gak lagi..

We can never judge the lives of others, because each person knows only their own pain and renunciation. It's one thing to feel that you are on the right path, but it's another to think that yours is the only path. Paulo Coelho

21

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

hai mamas, jadi pengen cerita juga nih

Anakku mika sekarang dudah 3,5 tahun sudah lancar bicara sih, mika baru mulai bicara tuh umur 2 tahun, bener-bener bisa ngomong ya umur 2 tahun itu, sebelumnya cuman sedikit banget dan lebih cepet karena dia masuk daycare, waktu belum masuk daycare masih sama ART dirumah mika belum bisa ngomong, makanya pas masuk daycare dan umurnya 2 tahun langsung pesat ngomongnya walaupun masih balaleot ya ga fasih banget tapi kita ngerti maksudnya dan kalo diajarin pun lumayan cepet.

memang mika lebih dulu jalan ya karena setahun dia udah bisa lari haha makanya ngomongnya belakangan. mungkin kalo ada yang belum ngomong, lebih sering diajak ngobrol dan di stimulus setiap hari, karena ada anak yang tipenya nangkep dulu semuanya nanti baru dikeluarin dan mika kayak gitu soalnya.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

22

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

pipitta, gak bisa bantu jawab. mau sharing aja. anakku (20bln) tergantung mood bicaranya. kadang bisa niru kata yang kami ucapkan tapi kalo diminta mengulang, gak mau.
sejak 15bln, aku gak pernah ngitung dia udah bisa berapa kata sih. tar malah pusing (",) kalo lihat anak2 lain yang (kata ortunya) udah bisa ngobrol macem2. aku malah nyante aja.. cuma tetap disimulasi. rajin ajak cerita. kalo dia pick up kata baru, dijelaskan artinya apa dan diajak ngobrol pake kata baru itu. Alhamdulillah mulai minggu lalu udah bisa mengucap 2 kata dalam satu kalimat kaya maaf ibu, dadah ayah, ati-ati ayah, ati-ati becak (dari lagu becak) dll. oiya, sama diajak melengkapi lagu. seperti cicak2 di______. nah, itu favorit Shafa banget! HTH.

23

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

mama,
anak saya arza 3 tahun ngomongnya masih kurang jelas...
tapi kalo ngikutin instruksi etc... bisa.
matematika sederhana, tambah2an gitu udah bisa meski ga diajarin.

kata dr tiwi, telat ngomong gini ada faktor turunan juga. dulu suami saya telat juga ngomong waktu kecil, aldebaran juga gitu... tapi ini arza yg paling telat dibanding suami & alde.

lagi browsing2 dan kemaren nanya di twitter, banyak yg rekomendasiin ke pela 9.

ada yang udah pernah ke sana?

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

24

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

mama indriani budi utami

thank u bwt sharingnya.. anakku pun baru 16 bulan jadi masi observasi kosakata2 dia.. alhamdulillah mulai bertambah.. semoga bertambah terus.. secara pribadi saya akan periksa anakku si klo nanti 18 bln ke klinik tumbuh kembang klo memang blm terpenuhi milestonenya..

mengenai anak laki2 yg lbh sering speech delay, maksudnya dr. hardiono mungkin karena banyak orang tua dulu yang blg klo anak laki2 telat bicara tdk apa2 makanya itu termasuk normal pdhal sebaliknya tdk ada bedanya anak laki2 dan perempuan.. mungkin itu jg penyebab d terapi wicara lbh banyak anak laki2 krn pendapat orang tua yg blg itu normal pdhal tidak..

25

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

mama indriani budi utami

thank u bwt sharingnya.. anakku pun baru 16 bulan jadi masi observasi kosakata2 dia.. alhamdulillah mulai bertambah.. semoga bertambah terus.. secara pribadi saya akan periksa anakku si klo nanti 18 bln ke klinik tumbuh kembang klo memang blm terpenuhi milestonenya..

mengenai anak laki2 yg lbh sering speech delay, maksudnya dr. hardiono mungkin karena banyak orang tua dulu yang blg klo anak laki2 telat bicara tdk apa2 makanya itu termasuk normal pdhal sebaliknya tdk ada bedanya anak laki2 dan perempuan.. mungkin itu jg penyebab d terapi wicara lbh banyak anak laki2 krn pendapat orang tua yg blg itu normal pdhal tidak..