1

Topic: Different parenting style

Moms,
Gimana kalo gaya asuh kita beda dengan hubby? contohnya, kalo di careefour Rafa minta mainan, hubby cenderung ngasih, buat dipegang aja, daripada anaknya nangis malu diliatin orang, ntar mau pulang baru dialihin perhatiannya, mainannya dikembaliin..kadang berhasil, kadang gak...Kalo aku sih cenderung gak nurutin, wong mainnannya udah banyak, toh kalo dia nangis dialihin perhatiannnya sebentar udah diem lagian juga maksud aku rafa biar ngerti kalo gak boleh ya berarti emang bener2 gak boleh..aku udah bilang ke hubby jangan terus diturutin, kalo enggak ya bener2 nggak, tapi hubby bilang daripada nangis, lagian kan cuma dipegang2..minta sarannya dong, thx

2

Topic: Different parenting style

r4f4mum,
Sharing ya, menurutku ayah dan ibu harus kompak dlm hal pengasuhan anak.
Anak itu pinter loh, klo dia tau misalnya ibunya bilang 'no' sedangkan ayahnya bilang 'yes', maka anak akan berusaha minta sesuatu ke ayahnya.
Bisa juga klo ayah ibunya beda pendapat, bisa membuat anak bingung loh ...
So saranku sih diskusi ama hubby, gimana kesepakatan bersamanya.

Btw klo anak menangis supaya dikabulkan prmintaannya, itu wajar bgt, anak tau nangis adl senjatanya agar permintaannya dipenuhi.
So sbg ortu emang kudu bisa bersikap tegas ya ? (Bukan keras).

Gutlak ya, never ending belajar jadi ortu yg lebih baik.

Salam
-Lilik-

bunda shafa-hafiz-reefa

3

Topic: Different parenting style

r4f4mum - aku kebetulan mirip ama Lilik. menurut kita, yang paling penting adalah aku dan suami mesti satu suara di depan aina.

biasanya sih kita rundingin dulu, apa yang boleh, ga boleh, peraturan dan kesepakatan kita dibelakang layar... tapi kadang2 kan suka kejadian kayak yang r4f4mum bilang... suami ngerjain sesuatu yang gue ga setuju, atau kebalikannya. tapi karena untuk kita yang paling penting itu orang tua satu suara, yang pertama didenger aina, itu yang kita kerjain.

contoh: aina minta mainan. gue pikir boleh, suami pikir ga boleh. tapi gue ngomong duluan: "yuk, sini mama beliin". ya suami ikutan beli deh. tapi ntar kalo udah sampe rumah/aina lagi bobo, suami akan bilang, kalo sebenernya tadi dia ga setuju soalnya mainan aina udah banyak. trus kita berunding, kenapa ga perlu beli mainan lagi. best case scenario, dua2nya setuju kalo aina minta mainan lagi, aku akan tanya ama suami dulu pendapat dia apa, sebelum aku nyeplos mo beliin.

kira2 kayak gitu. tapi rasanya sih, cara tiap pasangan kan lain2 ya... HTH :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

4

Topic: Different parenting style

iiiih paling sebel kalo udah beda pendapat trus jadinya adu argumen sama suami tentang anak di depan anak.

And thelilsolder is back. Fire!

5

Topic: Different parenting style

samaaa.. gue setuju ama lilik & thalia gue dari awal juga udah diwanti2 sama nyokap gue. kalo sampe ada yang ga setuju, jangan diliatin di depan anak. suara yang keluar dan sampe ke anak, hanya boleh 1 suara. kalo berantem pun gitu. biarpun lagi marah2an kalo pas di depan anak gak boleh kayak lagi brantem.

in a way ini yang bikin jadi bersukur ada anak kan? karena pas lagi marah2 tapi di depan anak mesti baik2.. akhirnya marahnya reda deh :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Different parenting style

hai,
kayanya tergantung kita be2 ama suami maunya karakter anak mau seperti apa.. repotnya, budaya masing2 sudah berbeda jadi musti sepakat bikin "budaya baru"...

aku pengennya anak terbiasa diskusi (n negosiasi).. jadi kalo pas aku ga bisa mutusin sesuatu, aku langsung ajakin, "obrolin sama papa yuk.." trus kami diskusi be3 kenapa harus dilakukan kenapa engga..

trus sm dgn thalia, kesepakatan yang didapat pas diskusi be3ya itu yg dilakukan, kalo anak masi ga setuju, tinggal dialihkan perhatiannya (biar ga sampai nangis merengek-rengek, masi 2 tahun), pas lagi be2 sm papanya, baru deh dibahas lagi... ^_^

7

Topic: Different parenting style

Kl gw & suami ngebiasain bilang sama Ib'ham tujuan kita pergi mo ngapain sebelum kita berangkat. Misalnya niy 'Ib'ham sekarang kita pergi mau nengokin temen ayah. Nanti kita juga mau mampir swalayan beli beras'.Jadi kl di swalayan dia mulai lirik2 mainan, kita ingetin aja lagi kalo tujuan kami pergi ngapain. Kalopun nangis, wajar lah hay anak2 nangis. Dan mnrt gw kl uda terbiasa ga akan nangis lagi.

Katanya kalo dibiasakan begini dari kecil, anak bisa menahan keinginannya. Dan gw pernah baca *lupa baca dimana link artikelnya', kalau anak bisa menahan keinginannya, emosinya lebih stabil & EQnya bisa lebih tinggi. Katanya lhooo.....secara anak gw jg baru 1...masih 8 bulan pula...hihihi... :P

8

Topic: Different parenting style

kalo gue urusan belanja2 gitu biasanya disetujui ama gue dulu. kalo papanya ternyata emang mau beliin, dia ngasih tau dulu. nah tapi kan mungkin aja kalo lagi ke toko trus si anak liat pengen maen. biasanya kita bedua sih ngebolehin aja.. tapiiiii kita udah ngajarin, abis main, mesti say bye-bye. jadi kalo udah say bye-bye ya udah, gak mesti beli.

dan kalo mau beli apa2.. gak di depan anaknya. jadi abis dia say bye-bye ama mainannya, kita (gue ama suami) diskusi mau beliin ato gak. kalo ga perlu ya gak dibeliin. kalo emang bagus dan harganya oke, ya kita beliin tapi kita kasihnya nanti kalo udah di rumah, gak di depan si anak.

dan biasanya pas lagi main2 dan sebelom bye-bye, suka ditanyain dulu ke naia.. "suka gak?" kalo dia bilang suka, berarti dia mau. tapi tetep kita akan suruh dia "bye bye" dulu. maksudnya ini ngajarin kalo we don't always give everything she wants.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Different parenting style

Slesta ยค aah mama shinta..suka deh tiap baca di macam2 thread cara2 mendidik Naia :)
bayiku baru 2 bulan sih :p tapi kadang2 crnya yg shinta pake (jg urban mama lainnya) udah didiskusikan sama suami, and suami manggut2 setuju :D
Muka suami tu kaya mikir "istriku kok tambah pintar ya?"
hahah..love the urban mama!
Btw stuju sama Thalia juga,emang bener parents harus satu suara. Waktu aku kecil dulu Mama Papaku gak kompak,alhasil aku lebih manja sm Papaku dan lumayan cuek sama aturan Mama karena Papaku sering nurutin kemauanku walaupun Mama bilang NGGAK.hehehe..ga mau lah yau (jangan sampe) anakku kaya bundanya :p :p :p

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

10

Topic: Different parenting style

setujuh, harus satu suara, soalnya kalau gak ntar anaknya keilangan respek sama salah satu ortu. kalau dia tau, mama adalah pihak pengambil keputusan, ntar dia nggak mo denger atau bahkan ngeremehin pendapat papanya.
aku liat sendiri kejadian kayak begini di salah satu keluarga ipar. bahkan kadang mamanya making a bad joke ttg si papa.. kasian deh, jadi si papa bener2 'nggak dianggep' ama anak2nya.. moga2 itu nggak sampe kejadian di kel. gue..

11

Topic: Different parenting style

bundanegara, sama aku juga, papaku selalu nurutin kemauanku, sampe dia suka bilang jangan kasih tau mama yah, nanti papa diomelin mama, soalnya mamaku tuh strict banget.

Soal perbedaan pendapat dgn suami ttg disiplin anak, aku setuju ma post seblmnya, didepan anak kita mesti kompak, kalo ada perbedaan atau tiba2 ada situasi yg belum pernah dihadapi, kita biasanya just go along, tapi di belakang anak baru kita bicarakan. Kalo anak sudah besar, kita adakan diskusi bersama, jadi anakku merasa kalo suaranya didengar dan melatih dia untuk menghadapi perbedaan pendapat dgn teman.

12

Topic: Different parenting style

Thank you moms saran2nya, ntar aku diskusi sama hubby supaya next time kita bisa satu suara di dpn Rafa..secara dia kayaknya udah mulai ngerti siapa yang bakal nurutin segala kemauannya

13

Topic: Different parenting style

setuju, ortu mesti satu suara. Saya juga pernah mengalami perbedaan suara sama hubby. Yang ada kita selalu diskusi, lebih tepatnya hubby yg selalu ngajak diskusi.. heuheu... karena saya orangnya keburu suka marah dan gondok duluan... hihihihi...
Bahkan sekarang saya juga mulai mengajarkan mereka untuk meminta ijin, misal minta sesuatu saya bilang "adik tanya dulu sama ayah, kalo ayah ijinin, bunda juga ijinin..." heuheu.. seperti itu bener juga ga sih? haha... habisnya kalo langsung di-ijinin takutnya sama ayahnya gak boleh, kan repot... :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Different parenting style

Kalo beda, mending disamakan, didiskusikan, "Let's pake gaya pengasuhan ini or A, misalnya". Karena kalo beda, nt anaknya jd bingung, or malah jd berpihak ke salah satu ortu. (disclaimer on :)

15

Topic: Different parenting style

topiknya sangat meanrik nih..... aku and hubby berusaha selalu satu suara di depan demya. dan tidak pernah berargumen di depan demya. itu sudah komitmen dari awal. memang susah ya apalagi pada kondisi2 tertentu. tetapi karena sudah mengenal sifat suami dan memegang teguh komitmen. biasanya aku lebih banyak mengalah dulu. baru di diskusikan berdua. setelah sepakat baru dibicarakan dengan demya.

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung