1

Topic: Financial Check Up

koeliz
Target jumlah Dana Darurat keluarga: 9x monthly expenses --> ngikutin guideline QM utk keluarga dgn 1 anak...sampai saat ini msh berjuang utk mencapai target.
Penyimpanannya: 1x monthly expenses dlm bentuk tabungan, 6x monthly expenses dlm bentuk LM dan disimpan di SDB dgn biaya 75rb/thn (+10% PPN) dan 2x monthly expenses dlm bentuk deposito.
Tiap bln udah commit meyisihkan sejumlah tertentu ke rekening tabungan Dana Darurat, trus klo ada sisa (walau sedikit) dr "personal shopping budget", lgs masuk jg ke rekening Dana Darurat ini...begitu terus sampai terkumpul 1x monthly expenses. Stlh itu mulai menyisihkan yg utk beli LM. Tetap ditabung dulu sampai jumlahnya cukup buat beli LM.

O iya, kalau menanggung biaya hidup ortu sih kita ngga, tp memang sejak blm menikah, baik gw maupun suami sll rutin mengirim sejumlah tertentu ke ortu masing2 (kita ga pernah nanya sih itu buat apa), dan kebiasaan ini kita lanjutkan sampai skr. Jd itu udah include di perhitungan monthly expenses.

2

Topic: Financial Check Up

Sebenernya ada maksimumnya nggak sih dana darurat ini?

3

Topic: Financial Check Up

fanny ya itu fan, formula yang 9x monthly expenses max untuk keluarga 1 anak. tapi menurut gue sih itu hanya patokan, kadang gak perlu sebanyak itu juga, 6-9 lah. soalnya sayang kalo duitnya idle. makanya kan bisa dibagi2 tuh seperti kata marina

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Financial Check Up

oh gue pikir itu minimal. selama ini baca2 di majalah mostly nyaranin min 6-9 bulan - tapi gak pernah ada yang nyaranin max.nya.
emang bener Shin gue juga mikir sayang kalau kebanyakan pasti idle. thanks!
mo baca2 lagi dengan lebih teliti :)

oya, satu pertanyaan lagi.
jumlah ideal 6-9 bulan (utk kel dg 1 anak) itu kan TOTAL perkeluarga yah?
Nah, gimana kalau tabungan pribadi istri aja? ada nggak perhitungan idealnya. err sorry kalau pertanyaan gue rada absurd, tapi gue dari dulu selalu berpegangan kalau sebagai perempuan kita harus punya tabungan sendiri. just in case. eh, udah pernah dibahas belum yah soal ini?

5

Topic: Financial Check Up

@fanny and @slesta
Bu.. setau ku.. dana darurat minimal tergantung anggota keluarga. Dan bener.. kalo uda anak 1 minimal 9 bulan expenses.

Dananya ga idle kok.. soalnya di plan gue (by QM itu), yang ditabungan / gampang diakses cuman sebagian.. sebagian lagi tetep di reksadana.
Intinya.ada dana yang bisa dicairkan saat itu juga kalo ada apa apa. Dan ada dana yang diinvestasiin lagi..yang bisa dicairin kurang dari seminggu.. mm..bingung ga?
Heheh...maksudnya..umpama 9 bulan ni dana darurat. yang 4 bulan ada di rekening..ga boleh diotak atik kalo ga darurat.
Yang 5 bulan lagi diinvestasiin di reksadana.. kalo dibutuhin..itu bisa cair dalam jangka waktu 4 hari. ( pernah ngalamin soalnya..:P )

Gitu..

Fit..CMIIW yaa.

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

6

Topic: Financial Check Up

setuju ama marina n tickzie, dana daruratnya termasuk dalam bentuk investasi lain yg mudah cair, soalnya kalo dalam cash tabungan dalam jumlah mayan besar itu apa ga paling berasa inflasi nya

7

Topic: Financial Check Up

tickzie iya maksud gue, kalo dananya mentang2 darurat terus akhirnya ditaro di tabungan juga jadinya idle, makanya mesti tetep ada diversifikasi dimana ada sebagian yang ditaro di tabungan (setau gue min. 1 bln expense di tabungan) sisanya bisa ditaro dalam berbagai macam bentuk. soalnya 9x monthly expense itu kan mayan gede juga.

makanya kadang dana darurat ini belom tentu mesti dipisahin, kali aja emang udah ada.. hihi.. well, ini di kasus gue sih.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta