1

Topic: Chest X-ray semasa hamil

Hi Moms and moms to be,

Mau nanya donk, boleh ga kita melakukan chest x-ray semasa hamil? Saya lagi hamil 20 weeks and need to take chest x-ray. Moms disini ada yg pernah chest x-ray blum? klo uda pernah, ada ga yg bisa di lakukan utk menutupi kehamilan selama di lakukannya chest x-ray itu? sebesar apa resiko klo kita emang melakukan x-ray tersebut. Share ya moms.. sedang galau neh.. hehehehe...

Thank you..

2

Topic: Chest X-ray semasa hamil

astykay biasanya sih kalo lagi hamil GAK BOLEH melakukan x-ray samsek. gak baik untuk bayinya.

in fact, gue dulu tau hamil gara2 ini. jadi gue waktu itu mau health check up karena mau pindah ke kantor di spore krn mau ikut suami. gue baru nikah 3 mingguan gitu deh. nah pas check-up itu salah satunya gue mesti test x-ray. tapi karena dibilangin itu ga boleh kalo hamil, jadi gue ditanya.. "hamil apa engga?". nah berhubung gue baru nikah dan emang belom waktunya mens (jadwalnya msh minggu depannya) jadi ya gue ga tau ya. akhirnya gue bilang aja.. gue ga tau.. kira2 gimana dong?

trus gue disuruh test kehamilan aja dulu, biar pasti! dan ketauan ternyata gue lagi hamil dan akhirnya gak jadi test x-ray deh!

sayangnya ternyata 10 hari kemudian, mens gue dateng. tapi bukan berarti gue ternayta ga hamil, tapi itu karena gue spontaneous miscarriage, which is very very common sebenernya. kao gue ga pake tes hamil waktu itu, gue ga bakalan tau kalo sebenernya gue sempet hamil.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Chest X-ray semasa hamil

astykay, barusan aja gue medcheck dan dapet giliran x-ray... karna lg isi, gue sempet nanya ke dokter sama petugas lab boleh gaknya ibu hamil di x-ray, dan dua2nya bilang gak boleh...

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

4

Topic: Chest X-ray semasa hamil

Mb Astykay, kalo untuk kehamilan diatas 16 minggu memang janin udah relatif aman kalo memang TERPAKSA bgt dilakukan X-Ray. Karena pada masa ini pembentukan organ sudah selesai. Lagipula, berdasarkan penelitian sampai saat ini, tidak ada satu pun alat diagnostik (x-ray) yg bisa menimbulkan bahaya untuk embrio/janin hanya dengan satu kali paparan. X-ray mgkn baru berbahaya kalau ada paparan terus menerus atau berulang... Jadi kalo cuma sekali periksa aja kemungkinan bahayanya kecil bgt. Apalagi kalau yang dirontgent daerah selain abdomen/perut, dosis radiasinya kecil bgt koq. InsyaAllah tidak membahayakan janin (apalagi sudah diatas 16 minggu).

Jadi, kalau memang diperlukan bgt bwat X-ray, boleh dilakukan dengan pengawasan dari dokter. InsyaAllah tidak apa-apa.

PS: kalau memang ragu dan ada alternatif pemeriksaan lain, mungkin lebih baik tidak dilakukan. (^.^)b

Dear Mama, empowering yourself!! Knows better, Think Best, Choose Right... Gentle Birth, From the WOMB, For the better WORLD.

5

Topic: Chest X-ray semasa hamil

dear mba asty, sharing pengalaman aja
waktu itu ada MCU di kantor, pas giliranku ditanya lagi hamil apa ngga, aku ngga tau, trus disuruh testpack. hasilnya negatif. jadilah aku x-ray paru2. 3 mggu setelah itu, pas tau hamil, aku ke dokter dan tanya usia kehamilan ku berapa bulan? ternyata setelah dihitung2, pas aku x-ray kehamilanku udah 2 mingguan, aku jadi panik, krna setau ku ga boleh kan x-ray slama hamil.
trus kata dokter, pasti ada efeknya, tapi selama kehamilan ini normal, ya ga masalah. Alhamdulillah, udah hampir 4 bulan dan normal2 ja.
tapi aku masih ada worry, akhirnya aku tanya ma dokter (temen kantor), dia bilang sih, "kalo berefk sih, smua juga ada efeknya, makanan, polusi udara, dll. toh cuma sekali, istriku malah sempet 2 kali x-ray waktu hamil, ga ada apa-apa kok" (istrinya si dokter juga dokter).
semenjak itu sih aku mulai tenang, malah kalo kepikiran mulu jdnya ga baek juga buat si janin.

6

Topic: Chest X-ray semasa hamil

hmm, gue waktu itu mau X-Ray gigi aja ga jadi waktu hamil... diundur ampe melahirkan. padahal lumayan jauh kan dari gigi ke perut dibanding dari dada ke perut, hehe.

kalo gue sih milih untuk engga... sebagian besar dokter menghindari xray semasa hamil, pasti kan ada reason kuatnya. mending gue ga ambil resiko, daripada nyesel :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

7

Topic: Chest X-ray semasa hamil

Eh,gue sama kaya Thalia. Pas hamil kan mo oprasi gigi gitu tdnya dan harus x-ray.Tp ama dokter gigi gue disuruh tunda sampe abis ngelahirin.Lupa juga nanya alesannya apa.Soalnya keburu seneng disuru nunda.Hehehe.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

8

Topic: Chest X-ray semasa hamil

Gue waktu proses recruitment dan disuruh MCU sama dokternya jg ditanyain nggak lagi hamil kan, krn klo lg hamil nggak boleh. Tapi sama ma Nyanya ga ditanyain alasannya kenapa :) kalo gue hamil nggak akan gue xtray takut nyesel kemudian, kalo pun perlu banget, baiknya konsultasiin dulu sama Spog-nya.

9

Topic: Chest X-ray semasa hamil

Maaf mommy mommy yg cantik baru bales lagi.. iyaa sebenarnya takut jg kalau mau xray, karena kita sendiri kan ga tau efeknya kyny apa ke babynya.. walaopun ada yg bilang aman, tp ga jamin ya...

waaa bener jg ya nyanya and thalia, gigi aja di xray ga boleh padahal jaoh apa lagi dada yah...

emang seh dokter asty blg ga apapa, ada shield penutup perut pas di xray, tp takut jg ngambil resiko, kalo knapa2 ama baby pas lahir, waduh nyeselnya setengah mati.. hehehe.. jadi kayanya di putuskan dl, untuk sementara xray nya di tunda sampe lahiran, sebenarnya cuma 4 bln lagi seh, jadi ya lebih balik di tunggu aja.

thank you ya mommy2 yg cantik, uda kasih masukan... :D

10

Topic: Chest X-ray semasa hamil

Haduuh... aku sempet di Xray bagian dada (thorax) untuk syarat rekrutmen salah satu BUMN. waktu itu aku masih hamil muda banget (1 atau 2 bulan, lupa). Belum sempet ke SPOG, jadi nanya ama dokter BUMN n dia nyaranin untuk bilang ke bagian radiologinya kalau aku sedang hamil.. Pas di Xray, bagian perut dan punggung bawah, sampe perut dan pantat ditutupin baju timah.

Sampe sekarang (jalan 5 bulan) dan rutin di USG ama dokter kandungan sih ga ada masalah.

Cuma yang bikin sebel banget, hasil tesnya aku oke. dinyatakan sehat. Tapi tetep aja ga ketrima dengan alasan aku sudah hamil (what the..!!##XX)

Mother of Universe