1

Topic: Adopsi

Dear Mamas & Papas,
ada yg pernah/ punya anak adopsi gak?
Bisa sharing tentang A-Z adopsi anak?
Perlu pencerahan nih, ada temen yg pengen adopsi anak, tapi anak temennya juga yg ibunya baru meninggal pas melahirkan, bukan dari panti asuhan.
apa aja sih yg harus diperhatikan saat mengadopsi anak?
TIA for sharing :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

2

Topic: Adopsi

eka

klo orang jaman dulu nih..dibikin akte lahir baru klo gak salah..n then langsung deh jadi anak ..

..maap gak membantu banyak kaya nyaa

3

Topic: Adopsi

lie,
jadi di akte-nya seolah2 anak kandung gitu ya?

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

4

Topic: Adopsi

tanya ke yayasan sayap ibu deh. kayaknya musti lewat yayasan tsb deh. terus pake acara ke dep sos n pengadilan dll... sori ngga membantu

@LizCherie

5

Topic: Adopsi

kebetulan bln agustus kmrn tante br ngambil bayi,yg mana masih sodaraan jg.dr lahir. klo ga salah,sekarang lg urus KKnya,n untuk akte lahir msh akte lahir asli,tp lg diusahain bikin akte lahir baru (dgn tante sbg ortunya).skg surat2na lg diurus.tp ini didesa ya.ntar deh bis lebaran aku mudik kesana,aku tanyain detailna. Maaf eka,ga membantu..

To have a child is to know the beauty of life..-parenthood-

6

Topic: Adopsi

Adikku yang paling kecil diadopsi sama budeku dari lahir. Di akte kelahirannya, ortunya ya bude dan suaminya, bukan ibu dan bapakku. Jadi, seperti anak kandung aja. prosesnya lumayan ribet sih waktu itu, tp aku ga tau pastinya *secara waktu itu aku masih kecil*. Pokoknya waktu itu aku inget ribetnya bapakku kesono kemari ngurus surat2.

Kalo aktenya nama ortu adopsinya, IMO anak adopsi berhak dapet harta warisan seperti anak kandung ya... Dan itu dilindungi hukum.

7

Topic: Adopsi

oo.. Aktenya diubah untuk keperluan hak waris ya?
Ah ya, thank you mamas buat pencerahannya.. :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

8

Topic: Adopsi

Dtggu sharing n detail lgkp ny ya moms..pas bgttt ni..kk iparQ ada niatn mau adopsi anak soalny ud "umur" tp blom pnya keturunan..

*duduk manis mnanti info*

9

Topic: Adopsi

eka
iya..seolah olah anak kandung....kayanya udah jadi anak kandung beneran deh..tergantung kitanya bakal mo kasi tau gak ntar gedenya ( ini kasus yang di adopsi masih masih dibawah 1 tahun)

10

Topic: Adopsi

salam kenal ya.. saya newbie disini...

ingin share aja tentang adopsi..

yang paling mudah adalah kalo bayinya dari saudara/di rumah sakit, biasanya langsung dibuatkan akte atas nama orang tua angkat. tapi sebenernya ini ngga boleh oleh pemerintah, karena menghilangkan asal usul si bayi itu.
kalau mau jalan yang benernya, lewat yayasan sayap ibu. kalau bayinya sudah ada, disebut pelayanan asistensi di yayasan itu... kalau bayinya dari yayasan, disebutnya proses adopsi

garis besarnya seperti ini:
1. mengumpulkan admin2 yang diperlukan, surat nikah, foto kopi ktp, kartu keluarga, dll
2. setelah selesai diperiksa, bikin perjanjian pengasuhan sementara dengan yayasan, intinya yayasan dan departemen social memberikan ijin kita untuk merawat sementara anak tersebut biasanya waktunya 6 bulan. Di 6 bulan ini, depsos dan yayasan akan mengunjungi rumah 2 kali, sekali dengan pemberitahuan, satu kali nya tanpa pemberitahuan untuk melihat apakah anaknya diurus dengan baik atau ngga
3. abis itu tinggal tunggu sidang untuk pengangkatan anak (antara dept sosial dan sayap ibu)
4. sesudah sidang pipa, tinggal tunggu sidang di pengadilan negeri.
5. sesudah itu, baru tunggu salinan keputusan pengadilan untuk dibawa ke kanwil, akte kelahiran anak, surat nikah untuk diberikan foot note di akte kelahirannya si bayi bahwa dia adalah anak yang sah dari pasangan suami istri ini… dengan adanya foot note itu.. hak n kewajibannya sama persis dengan anak kandung

ribet banget urusan nya n musti sabar2 karena banyak harus nunggu yang ngga jelas…. But its all worth it in the end….. kalau ada yang perlu info lebih lengkap n lebih confortable DM… silahkan ke [email protected]

*I have 2kids, one is adopted…. I forgot which one… ?*

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

11

Topic: Adopsi

yay! ada myreshka disini. infonya berguna banget deh ka. and i looove your signature! :P

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Adopsi

myreshka - thanks bgt infonya.Dulu diriku ampiiiir aja mau adopsi anak.Tp setelah diskusi sana sini ga jd deh.Sama kaya Slesta..sukaaaa bgt ama signaturenya.Bacanya langsung terharu :')

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

13

Topic: Adopsi

iya myreskha signature-nya kereeeen.... btw yg point 5, diakte lahir akan diberi foot note bahwa si anak adalah anak yg sah dr pasangan yg mengadopsi...Berarti orang tua asli tetep ditulis diakta ya? Trus ortu angkat di foot note-nya? Begitukah ?

mamanya kayla n nayya
@ariprastawati
@sepasang_kembang

14

Topic: Adopsi

slesta n nyanya... thanks... hihihi...

mrs tody : bener.. kalo kita ngikutin aturan pemerintah, nama orang tua asli tetep ada di depan, and dikasih footnote dibelakang... so kalo emang masih bisa langsung ganti akte, ganti aja.. kalo kasus ku... ngga bisa... soo... ya sudah lah... :-)

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

15

Topic: Adopsi

myreshka,tfs..jd nambah pengetahuan. Btw kalo ga salah ada aturan dari pemerintah ttg syarat2 pasangan yg boleh adopsi ya? jd ga semua boleh melakukan adopsi,bener ga?

@medyratri

16

Topic: Adopsi

langsung brebes air matanya baca signaturenya myreskha...

-ibunya Oia&AiaLubis-

17

Topic: Adopsi

Medy... bener... kalo untuk adopsi langsung (adopsi untuk anak2 yang ada di sayap ibu), ada beberapa syarat:
1. sudah 5 tahun menikah dan belum mempunyai anak atau baru punya 1 anak. atau belum 5 tahun menikah, tapi sudah divonis tidak bisa memiliki anak dengan surat dokter
2. syarat umur.. kalo ngga salah sekarang 50 tahun untuk si ayah... dulu sekitar 45 tahun

yang lainnya syarat yg bisa ditawar lah... yang ga bisa ditawar 2 syarat itu. Kalau untuk asistensi, syarat diatas kayaknya ngga berlaku lagi (tapi saya juga ngga terlalu yakin)

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

18

Topic: Adopsi

myreshka,
thanks infonya yaa.. Lengkapkapkap!
Pertanyaannya sama ma pertanyaan mrs.tody, nama orang tua aslinya tetep ditulis di akte ya?
Berarti ada perbedaan antara akte anak kandung ma akte anak adopsi (perbedaan di footnote)?

Dan iya, setuju sama slesta, terharu baca signature-nya.

Barusan gw ngobrolin ttg ini sama temen gw yg niat ngadopsi itu, kita berandai2 kalo jd ngadopsi, rasa sayangnya beda gak ya sama ke anak kandung? Dan temenku bilang, kayaknya enggak deh.. Sayang2 aja kali kayak sayang ke anaknya yg pertama..
Lalu gw tanya lg, setelah adopsi, berarti gak akan punya bayi lagi dong?
Dan dia bilang, aakaan doong..
Jadi intinya, kalo udah niat ngadopsi emang hatinya udah tertambat (hayah tertambat) di anak adopsi itu ya, just like made in heaven, meant to be gitu yaa..
Cuma caranya nyampe ke tangan kitanya aja yg caranya agak gak biasa.
Bener kata myreshka, sabar ada hasilnya ;)
tfs ya ka..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

19

Topic: Adopsi

eka... sama2...
memang aktenya jadi beda ama anak kandung, karena nama orang tua kandungnya ada di depan.. ada juga yang kemudian bikin akte lagi dengan nama orang tua angkat (biar ngga ada bedanya ama anak kandung)

yups... setuju ama temennya eka.. sayangnya ngga beda... really... malah kalo aku... i have soft spot for the kid... karena mikir beratnya dulu perjuangan dia, dll... aku juga dulu pengennya adopsi dari yang kenal, dari yang baru lahir... bla.. bla.. bla... but.. once I see the kid... i just fell in love with her... and amazingly.. dia mirip banget ama mertuaku.... Udah jalan Nya kali ya...
aah.... kok jadi curhat.... hihihihi...

ini satu quotation yang aku seneng banget...
Adoption is when a child grew in its mommy’s heart instead of her tummy

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

20

Topic: Adopsi

aah myreshka...
Jadi berkaca2 lagi deh..
Merinding kalo nginget2 perjuangan si bayi itu ya..
*lap air mata*

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

21

Topic: Adopsi

myreshka makasi bgttt infonya...bole mnta ijin copy utk aq ksh ke iparQ?? Mrka lg pusing sana sni pgn adopsi anak, katanya kmrn liat di panti asuhan daerah bdg trs mrka lgsg jatuh hati ama baby itu *pdhl cmn dtatap matanya&telunjuk iparQ dgenggam ama si baby lgsg dia luluh* cmn dia msh blank urusan&proses adopsi..makasi byk yaaaaa..

Signature nya sukses bkin aq mewek huhu

22

Topic: Adopsi

d1andra7... silahkan looo... senengnya berguna sharingku... tadi mikirnya 10 x untuk sharing.. sekarang puassss banget rasanya... :-)

OOT nih... kemaren abis baca blog tentang ben... karena anakku itu dulu lahirnya prematur 7 bulan.. 1.8kg nangis deh ngebayangin dia sendirian dulu berjuang di inkubator kayak ben... kapan2 ngobrol yak.... disini nanti jadi melebar pembahasan...

*I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *

23

Topic: Adopsi

myreshka aaahhhh *hugs* maap mods mkin oot *salto 30x*

24

Topic: Adopsi

myreshka selama ini gue selalu penasaran karena kalo liat fb lo, ada 2 orang anak. sementara gue tau lo hamil kayaknya cuma sekali.. tapi gue ga nanya krn takutnya gue ga tau elo hamil satunya lagi. ternyata tebakan gue bener, elo adopsi anak ya.

yang gede yang lo adopsi kan yah ka? soalnya gue inget lo lahiran raveen...

seneng deh elo ikutan berbagi disini.. bikinin artikel dong ttg adopsi anak .. pasti banyak yang mau baca. ya kan ibu2? :)

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: Adopsi

Akurrrr ama slesta ;) jd lbh gampang ksh info ke iparQ... Dtggu yaaa artikel nyaaaa