1

Topic: Due Date

Waahh..rata-rata pada maju sebelum due date ya? aa..aku menghindari ini sih sebetulnya, soalnya pingin cuti sampe akhir tahun, hehe (kantor tmsk yg menerapkan 1.5 sbelum-sesudah, no matter delivery date, kalo kecepetan ya salah sendiri hiks).

Btw..kalo temenku, berhubung suaminya baru bisa pulang di tgl due date dan H-1 blum ada tanda2 mo lahiran, sama bidan-nya dikasih obat spy memicu kontraksi. Diminumnya cuma stengah tablet doang, dua kali minum udah kontraksi...passs banget pas suaminya udah ada di samping dia.

mm, tapi kalo kaya kata metariza...semua misteri juga ya, cuma obat2an itu kok bisa majuin kontraksi ya? kalo obat yg buat mundur ada gak? hehe

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

2

Topic: Due Date

Sorella setau gw yang memajukan due date adalah sesuatu yang menyebabkan rahim kontraksi, termasuk obat2an pemicu kontraksi yang dipakai untuk induksi persalinan. Pemicu kontraksi lainnya, bisa kecapekan, atau sperma (karena sperma mengandung prostlagandin yang menyebabkan rahim

Kalo yang memundurkan due date apa ya?? Mungkin gak imobilitas si ibu? Jadi bayinya gak masuk2 ke panggul. Hehehe.. Soalnya orang yang flek saat hamil kan disuruh bed rest tuh. Tapi nggak sehat lah ya kalo hamil terus diem aja gitu. :p Jadi setuju kata Metariza itu semua rahasia yang di atas ya.. :)

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

3

Topic: Due Date

Hi all,

Wah, udah rame postingannya.

Iya, ternyata banyak yang pada maju yah? SoRella, aku juga sama. Di kantorku strict banget. Harus diambil 1,5bln sebelum and 1,5bln setelah. Bulan lalu ada temen kantorku yang lahirannya premature (35weeks kalo ga salah), kepotong aja gitu cutinya. Jadi cuma dapet 1 minggu diawal and 1,5bulan abis lahiran. Sedih banget.. Kayanya rugi 1 bulan.. :( -eh, sorry OTT.

Anyway, thanks for sharing yah...

4

Topic: Due Date

anywy..kalo kaya gue yg lupa HPHT nya, due date bisa diitung tepatnya dr mana ya? huhu.

soalnya kalo dr hasil USG maju-mundur gitu, gak pernah jelas tanggal rata2nya. ini gue ngajuin cuti juga ambil berdasarkan due date pas kehamilan dibawah 20minggu, krn konon di umur <20minggu lebih akurat dibandingkan setelahnya.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

5

Topic: Due Date

Due date kan benernya buat siklus wanita normal yang 28 hari, padahal tiap wanita beda2 siklusnya. Apalagi banyak banget faktor yang mempengaruhi persalinan.. Jadi kayaknya emang jarang banget ada yang bisa pas due date-nya gitu =)

a daughter, a wife, a mother --- a CIELER and SIXTH GUN at heart
http://diariazaria.wordpress.com

6

Topic: Due Date

sorella,
Iya bener bgt due date kl dr hsl usg suka maju mundur gt tglnya krn diliat dr perkembangan baby, wlpn biasanya ga beda2 jauh sih. Kl skrg lupa tgl HPHT, liat aja di hsl usg yg pertama kali pas ketauan cek di dokter positif.
Kl gw sih dulu atha lahir H+1 dr due datenya. Semua orang yg ketemu slalu nanya ko ga lahir2 (krn liat ukuran perut yg udh aduhai itu :P), tp feeling gw bilang sih belum waktunya. Bener aja kebetulan hari minggu tgl 2nov semua keperluan barang2 udah rapi jali beres selesai disiapkan (box baby,lemari baju dsb), besoknya (due date gw tgl 3nov) sore gw keluar flek n ke RS jam 11mlm. atha lahir hari selasa tgl 4nov siang, alhamdulillah normal ga pake induksi dsb.
Balik lg semua emang rahasia Allah n kondisi keadaan masing2 moms yg beda2 :)

bab ? atha ? kae ? nda

7

Topic: Due Date

sorella,

apa ya yang bisa bikin HPL mundur, kalo dari pengalamanku dua-duanya maju dan pake induksi karena pembukaan gak nambah juga...
alhamdulillah dua-duanya lahiran normal.
mungkin yang bisa dilakuin untuk sedikit menunda ya menghindari sperma itu tadi, sama kalo orgasme kan sedikit banyak ada kontraksi ke rahim yaa... itu juga bisa memicu kontraksi rahim buat lahiran juga mungkin.
CMIIW.

bahagia punya Sya-Vee

8

Topic: Due Date

Yth. Moms

Saya kutipkan penjelasan dari buku HypnoBirthing MF Mongan :

" Ada beberapa alasan mengapa TTP (Tanggal Taksiran Persalinan) atau EDD (Estimasi Due Date) hanyalah suatu perkiraan.
Pertama , data yang dipilih biasanya dihitung dengan mengingat kembali tanggal hari pertama siklus haid(menstruasi) terakhir anda (yang mungkin tidak akurat), menghitung mundur tiga bulan dari tanggal itu dan kemudian menambahkan tujuh hari. Namun sejumlah penelitian terbaru mengisyaratkan bahwa untuk kehamilan pertama, harus ditambahkan 15 hari, dan untuk ibu yang pernah melahirkan ditambah 10 hari. Terdapat faktor yang dapat melencengkan perkiraan ini: a. Bulan kalender yang sebenarnya memiliki panjang yang berbeda; b. Slklus haid berbeda dalam hal jumlah hari antar-masa haid dan durasi haid; dst... "

Berdasarkan penjelasan diatas : bila istri saya mengalami hari pertama haid terakhirnya adalah pada tanggal 24 Januari 2010, maka perhitungan EDDnya adalah 3 bulan mundur, berarti sekitar bulan Oktober 2010 dan untuk tanggalnya tinggal ditambahkan 7 hari, jadi sekitar 31 Oktober 2010.
Bila ditambahkan 15 hari, maka bisa saja EDDnya sekitar 7 November 2010.
Dari penjelasan di buku tersebut, juga disebutkan bahwa " Anda sebenarnya tidak benar "lewat waktu" sampai anda mencapai 42 minggu ".

Berhubung sampai saat ini istri saya belum melahirkan maka saya tetap dalam kondisi menantikan persalinan yang diharapkan. Semoga semuanya berjalan lancar dan mudah.

Semoga informasi ini bermanfaat.
Terima kasih
Wassalam

Terima kasih
Wassalam

9

Topic: Due Date

wah rata2 pada maju ya moms..
kalo gw malah mundur dari HPl..
Kinanti lahir hampir di usia kandungan 42 minggu
tepatnya 42 minggu kurang sehari hehe
sepakat moms emang kayanya jarang ya yang pas sama due date.
yang sedang menanti kelahiran, gudlak ya:)

10

Topic: Due Date

Kinanti wrote:

Kinanti lahir hampir di usia kandungan 42 minggu
tepatnya 42 minggu kurang sehari hehe
sepakat moms emang kayanya jarang ya yang pas sama due date.
yang sedang menanti kelahiran, gudlak ya:)


Pertanyaan saya untuk Kinanti : Bagaimana proses persalinannya, apakah normal atau cesar? Bagaimana kondisinya (ibu dan anak) setelah lewat 40 minggu, apakah ada komentar dari dokter untuk segera induksi atau memang ibunya mau sabar menantikan kelahiran.
Tolong dijelaskan sekilas saat saat sebelum persalinan.

Terima kasih
Wassalam

11

Topic: Due Date

Hi All..,

Saat ini aku hamil uda 6 bulan (menurut perkiraan USG), dari 2 obgyn yang rutin kudatengin plus satu dokter penyakit dalam (pas USG 4D), ketiganya ngga ada yang sama perkiraan HPLnya...
Ada yang bilang 12,14 dan 15 Feb 2011.
Tapi aku ngga masalahin itu semua sih...due-date itu kan emang ngga bisa ditentukan secara tepat.Karena banyak faktor yang berpengaruh di dalamnya...yang penting enjoy aja deh..dinikmatin aja kehamilannya...

12

Topic: Due Date

hello Abi salam kenal..
sori baru ol lagi..
alhamdulillah lahirnya normal bu..ibu dan baby sehat.
gk pake induksi..paling induksi alami (bercinta dan accupressure hehe)
prosesnya pun cepat..cek pertama udah bukaan 6-7
tunggu 4 jam dan akhirnya Kinanti lahir tgl 1 agustus kmrn..
kata dokter kalo sampe tgl 2 gk ada rasa apa2 baru diinduksi..
kalo gk salah batas paling akhir itu 42 minggu ya..kalo lebih dari itu bahaya
aku juga sempet waswas..tapi setiap cek up kondisi ibu,baby,plasenta semua baik, akhirnya aku sabar aja menanti sambil berdoa terus..
ini karena bundanya hypno si baby supaya lahir sabtu minggu
jadi kalo sabtu minggu lewat nunggu deh sabtu minggu berikutnya:)

13

Topic: Due Date

Halo Abi n Kinanti, salam kenal ya..

Kinanti, wah selamat ya.. Induksi alaminya sukses tuh! Mulai week berapa intensif bercinta :D dan accupressurenya?

Abi Anabella, sekarang saya udah masuk wk 39 (EDD 3 Nov) dan kemaren pas check up bayinya belum masuk panggul. Oiya dan si baby ini juga agak terlambat muternya, dia baru turun ke posisi lahir di week 37. Kata dokternya mungkin itu juga kenapa dia belum engaged...

Obgyn saya sih bilang biasanya memang ditunggu sampai 41-42 minggu, tergantung kondisi bayi, air ketuban dan plasenta.
Tapi masalahnya, menurut perhitungan dokter, sekarang berat bayinya udah 3,5 kg ajaaa...! Dan pertumbuhan beratnya kira2 2,5 ons seminggu. Jadi, minggu depan pas tanggal EDD kita mau sama-sama liat lagi, kalau pertumbuhan bayinya masih secepet sekarang, kemungkinan besar harus diinduksi, soalnya dokternya khawatir kalau beratnya >3,6 kg lahirannya harus c-sect...

14

Topic: Due Date

hai Sorella, salam kenal ya
kalau pengalaman melahirkan dua anakku ga ada yang mundur ya, dua-duanya maju pas 37-38 minggu. Sepengalamanku, yang membuat cepat menuju proses persalinan karena aku sering banget jalan kaki cepat dan campur dengan suami. Ada tetangga yang mundur dari EDD mungkin karena bayinya belum mau keluar kali ya, atau tidak sering jalan cepat (aku setiap hari jalan kaki cepat 15-30 menit dari umur kehamilan 35 minggu). CMIWW ya mom, nikmati aja kehamilannya, kalo udah saatnya keluar pasti keluar kok. Trus bilang aja sama baby di dalam rahim, kayak aku waktu ngelahirin Atha anak ke2, maunya sebelum lebaran, dan alhamdulillah lahiran sebelum lebaran,

-Bunda Syanda dan Atha-

15

Topic: Due Date

hello Anya salam kenal juga:)
thanks ya..
kalo bercinta sih dari 0 bulan juga rutin;)
alhamdulillah hamilnya kebo..jadi gk masalah.
kalo accupressure dimulai minggu ke-36
karena temen2 seangkatanku yang hamil barengan bahkan yang lebih lama HPLnya malah pada lahiran duluan..ya jadi iri pgn lahiran juga
akhirnya baca2 thread induksi alami (accupressure) dan setiap hari dipraktekin sama suami.
teknik ini mesti dikonsul dulu ke dokter dan make sure kalo janin sudah matang nanti kalo yang belum cukup bulan malah kontraksi hehe

16

Topic: Due Date

Hi kinanti, salam kenal

nanya dong tentang accupressure, kayak apa ya yang kalian praktekin sendiri? aku sendiri mau coba hypnobirthing, ngerayu si dedek biar lahiran habis ujian =)

a daughter, a wife, a mother --- a CIELER and SIXTH GUN at heart
http://diariazaria.wordpress.com

17

Topic: Due Date

waktu anak pertama EDD nya tgl 4des,eh lahirnya tgl 9des..nah pas anak ke2 ini EDDnya tgl 24okt,lahirnya pas 251010,dua2nya lahir di week 40,normal delivery..emang jrg yah yg pas sm EDD!

A Mother Always Bring Extra Love...

18

Topic: Due Date

Rada bingung,,,semept cek diindo, dokternya blg due date gue tgl 14 feb, eh pas ksini dimundurin jadi 25 feb...kayanya beda ilmu beda EDD yahh :rolleyes: :rolleyes:..Kalo mo majuin byk jalan, kalo mo mundurin byk tidur kali yah

~ Mama Papa Luv Dastan Foreva ~

19

Topic: Due Date

Laurina wrote:
Rada bingung,,,semept cek diindo, dokternya blg due date gue tgl 14 feb, eh pas ksini dimundurin jadi 25 feb...kayanya beda ilmu beda EDD


Tidak perlu bingung. Yang penting kontrol terus sama DSOG nya. Kalau tidak ada indikasi medis yang membahayakan alias gawat darurat, misalnya air ketubannya mulai kering, kekuning kuningan, denyut jantung bayi mulai menurun, masalah tali pusar dsb. dan bila everything oke, : ibu dan anak masih sehat selalu, saya kira ditunggu saja, sampai babynya mau keluar sendiri. Kalaupun ada pertumbuhan bayi sampai 4 kg, sepanjang pinggul ibunya masih memungkinkan keluar atau proporsional dengan volume bayi,
Saran saya cari DSOG yg senior dan pengalaman yg pro kelahiran normal, kecuali mau dicesar.

20

Topic: Due Date

Laurina wrote:
Rada bingung,,,semept cek diindo, dokternya blg due date gue tgl 14 feb, eh pas ksini dimundurin jadi 25 feb...kayanya beda ilmu beda EDD yahh


Laurina
, yang mempengaruhi maju-mundurnya due date bukan ilmu si dokter tsb tapi perkembangan janin dlm kandungan. Sonogram akan mendeteksi umur si bayi berdasarkan ukuran janin, jadi kalo bayinya gede cenderung usia kehamilan lebih tua dari sebenarnya yang menyebabkan EDD juga lebih cepat, begitupun sebaliknya kalo janin kecil.

Gue pernah di USG dengan hasil umur kehamilan 32w krn janinnya cukup kecil, padahal kalo hitung2an gue sebelumnya, harusnya gue udah 34w.

Nah, kalo mau tau EDD yang bisa dipegang..yang paling akurat hitung dari HPHT atau dari hasil USG dibawah 20w .

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

21

Topic: Due Date

Eh iya, mo cerita aja...due date gue harusnya 13Des, tapi gue lahiran 7Des (maju seminggu). Right after semua barang udah lengkap, udah dipack n siap dibawa, belanjaan babystuff udah selesei dicuci n diberesin. Ternyata bener, baby nungguin kita bener-bener siap baru ngirimin tanda-tanda mau keluar.

Yang lebih hepi lagi, Arraf nungguin ayahnya dateng dari luar kota dulu baru dia siap keluar...pembukaannya langsung cepeett, doa gue supaya dia lahir nungguin ayahnya terkabul :D

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

22

Topic: Due Date

Laurina
iya betul spt yg sorella bilang, ga usah bingung krn EDD based on perkembangan baby didlm perut. dulu wkt atha EDD pernah mundur krn perkembangannya < 2w dr yg seharusnya. kl baby yg diperut gw skrg bener2 pas sesuai dg perkembangannya. temen gw yg hamilnya beda 1w sesudah gw malah perkembangan babynya sama ma baby gw skrg jd EDD bisa maju.

sorella
wah udah lahiran... congrats ya, alhamdulillah semuanya lancar n dlm keadaan sehat walafiat :)
baby arraf sama ma atha dl wkt lahir nunggu semua barang2nya udh lengkap diberesin.

bab ? atha ? kae ? nda