1

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

bu mods, kalo ada pilihan kata yg lebih tepat untuk judulnya, silahkan diganti ya.

hi mommies!

mau sharing lagi nih..
tentang 'jimat' anak2 untuk tidur. sebenernya apa sih sebutannya? blankie? yah pokoknya benda yg terus dibawa2 deh.
kebetulan, anak gue sejak umur 30 hari kalo bobo ditemenin sama lion soft toy yg bisa ditarik trus bunyi.
lagunya menenangkan banget u/ dia tidur. trus kita kasih nama pula. :) hehehe
trus sampe dia umur 6 taun sekarang ini... kalo bobo masih pegang si lion itu. padahal udah rusak sejak nggak tau kapan. udah ga bisa ditarik lagi. dan yg jelas sih udah kumel abiiis! meskipun selalu kita cuci.
kalo dulu masih baby itu selalu dibawa2 kemanapun kita pergi. even cuma ke mall aja dibawa.
tapi sekarang udah nggak. cuma dipegangnya kalo dia tidur.

naaah... kalo ada moms yg punya pengalaman, gimana sih cara memisahkan si anak dengan benda itu?
apa perlu dipisahkan? setelat2nya umur berapa? gue kok rasanya nggak tega bener mo misahin.
tapi umumnya sampe kapan sih anak akan
terus bergantung pada benda kesayangannya untuk bisa tidur???

ditunggu share-nya yaa... :)

2

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

gak bisa bantu.. punya masalah yang sama... nunggu yang lain aja :)
kalo jimat anak gue sih: ketek emaknye :D

And thelilsolder is back. Fire!

3

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

ya ampuunnn... aidan lucu banget sih mbak shin punya 'temen tidur'? aku ga tau gimana cara ngelepasinnya karena ga punya pengalaman juga. naia gak pake toy apapun kalo tidur. yang penting "mimik"! heheheh... dan kebetulan aku & adekku pun ga pernah ngalamin kayak beginian jadi ga tau juga.

good luck yaa! kalo udah bisa tar di share disini.. setau gue thalia juga punya masalah yang sama ama aina. yang selalu bawa snowy (boneka anjing warna putih) kemanapun pergi.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

wah, gue bisa banget relate ama ini, hihihi. tapi, mungkin banyak orang tua yang ga sependapat ama gue.

iya, chint13... aina juga punya "jimat"... namanya snowy, boneka anjing putih yang sekarang warnanya udah abu2... haha.

buat gue pribadi, sih, i don't see anything wrong with security blanket, selama anaknya tetep pengen bergaul dengan anak lain dan ga mengganggu social skill-nya. sebagai bekas pemakai "security blanket" juga (hihihi, ketauan deh), gue ngeliat itu sebagai sanctuary-nya aina, yang dia pake untuk retreat dari "real life" when the "real life" seems too harsh on her.

ntar, semakin dia gede, semakin sedikit ketergantungan dia dengan jimatnya itu. kebutuhan dia untuk "masuk sanctuary" makin kecil karena lama2, dia belajar gimana menghadapi orang2 sekitar dan dunia sekitarnya. jadi, lama2 dia akan suka rela untuk ngelepasin jimatnya itu. menurut pengalaman gue (gue pake, adik gue pake, sepupu2 gue juga banyaaaaak banget yang pake), umur lepasnya beda2... jadi ga bisa ditentuin juga ya.

takutnya kalo mo dipisahin secara paksa, malah bisa jadi hal yang sangat traumatic banget buat anaknya. gue inget banget waktu security blanket pertama gue dibuang nyokap... sediiiiih banget. kayak ditinggal mati ama sahabat gitu, rasanya. dan yang paling sedih, gue berasa ga bisa ngelindungin si "sahabat" tersebut dari aksi pembuangan nyokap... dan dalam waktu bbrp minggu, gue udah punya security blanket baru... jadi percuma deh nyokap buang2... tumbuh lagi... hehehe.

aidan sekarang kan udah ga bawa2 jimatnya lagi... kalo menurut gue sih, kasih waktu aja. lama2 juga lepas sendiri :)

oh, satu lagi, kalo si anak udah mulai ninggalin barangnya di rumah, kemungkinan besar dia udah mulai malu kalo ketauan ama orang lain, dia punya security blanket (biasanya TK atau SD nih). jadi jangan dipermalukan dengan cerita2 ke orang2 ttg "boneka kesayangan dia di rumah" di depan dia... biarin aja, that's his/her little secret :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

5

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

Hi hi hi masalahnya sama..cuma bukan anak saya..ini mah saya dulu...halah...jd si blankie itu py saya..memang menimbulkan huru hara..

Kalo mau pergi nginep di rumah nenek pernah batal dan pulang hari gara2 si blankie ga kebawa...

Ampyun...dan baru lepas...lamaaa banget..setelah SD...wakakaka

Ada filmnya namanya Imangine That diperankan oleh Eddy Murphy dan Yasida Rashid...bagus sekali...

Ini hanya simbol rasa aman saja...yg mudah2an akan berangsur hilang sejalan dengan kematangan perkembangan anak...

Itu makanya krn pengalaman saya..maka anak saya ga saya kasih begini ternyata dianya malah jauh lebih mandiri drpd emaknya...halah...:)

A Bandung mother, teacher and traveller, who currently lives and works in north Canada with her husband and daughter.

6

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

ahahaha lucu banget sih jimat temen tidur :) ternyata yaa thalia & bi willy pernah punya juga ;).

kalo alde ngga punya jimat temen tidur sih. jadi ga bisa ngasih pendapat/ saran. tapi setuju sama thalia sih. kayaknya kalo dipisahin dengan paksa akan jadi traumatic buat anaknya. selama anaknya happy, punya security blanket, ngga apa-apa. ;)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

slesta.. iya, gw juga nggak ada pengalaman nih sebelumnya :p

thalia, thx inputnya yah.
bener, gw juga nggak akan misahin dgn paksa. apalagi dibuang!!! waaah.. gak banget. soalnya si kimi (the cute yellow lion soft toy) itu tadinya 'pelarian' dari aksi ngempeng jari yg berhasil kita lepas di umur 1.5 thn (mulainya sejak umur 3bln). dan kimi itu juga jadi keseharian kita kalo lagi di rumah. sampe skrg sih kalo di rmh, kimi masih suka 'diajak' nonton, ato difoto2in, ato pura2nya ikutan makan sama kita. hihihi...
bahkan dia bilang kimi itu ultahnya tgl 31 dec! so he insist that kimi will be 3yo this december. :p

tadinya menjelang dia masuk SD suami udah kasih hint, krn udah bigboy ga perlu bobo ditemenin kimi. jadi kiminya ditaro aja...
(tapi kok malah gue yg gak tega...) :D
coba kita liat nanti deh ya!

akan terus lapor kalo ada perkembangan. heheheh

8

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

ikutan sharing ya, parents..

aku jg ga ngalamin punya jimat sih, anak2ku jg ga punya jimat. jimatnya ya paling jg nenen :-)
tapi ponakan2ku banyak yg punya jimat. ada yg berupa selimut dekil, boneka jelek, bantal kecil bau, dan dot kumuh.

sebenernya dari awal orang tua merekalah yg mengkondisikan benda2 tsb jadi jimat dan akhirnya anaknya terbiasa tidur ato pergi kemana2 bawa jimat itu krn si jimat memberi efek aman dan nyaman.

cara misahinnya kayak menyapih, bertahap sampe akhirnya ponakan2ku itu yg self weaning. dan waktunya memang beda2, ada yg mulai masuk sd, ada yg mulai masuk tk, dan ada jg yg br umur 3 tahun tp udah pny adik.
yg kasian sih waktu salah satu ponakanku mau disapih dari dot kumuhnya, dia dibawa ke pak haji gogo trus disuapin nasi dan minum air doa gt. setelah itu semua dotnya dibuang di dpn ponakanku itu. aku yg denger ceritanya aja ngerasa sedih, kebayang gmana perasaan anak umur 3thn yg dipisahkan dr dot2 yg saking setianya menjadi kumuh. abis itu dia jd kayak ketakutan gt, gak mau ngedot dan gak mau minum susu. sedih lah pokonya.

ponakanku yg laen sih jadinya self weaning; caranya jimatnya disimpan di suatu tempat-gak dibuang. kalo mereka minta, dikasih. setelah mereka puas main2 sama jimat, jimatnya disimpan lagi. kalo mereka gak minta, ya gak dikasih. lama2, semakin gede banyak temen banyak acara jd pisah deh sama si jimat.
cara ini jg aku terapkan saat aku mulai nyapih enzo, dikasih hanya kalo enzo minta. emang sih takes time - however it works.

mudah2an membantu yaa..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

9

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

eka,
TFS...

kenapa ya jadi ikut sedih pas baca 'jimat' anak dipisahkan secara paksa? huhu :(.
kadang mungkin kita lupa kalo bagi anak punya 'jimat' ini is a big deal. kayak punya BFF gitu ya hihi :).

iya bener, lama2 juga pasti akan lepas... buktinya kita ga pernah ngeliat kan anak smp bawa-bawa dot kumuh :). yang penting sih komunikasi antara ortu & anak.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

10

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

iya teh ninit,

sedih. tapi ya gimana, orang tuanya pengen nyapihnya dengan cara itu. yah, tiap orang tua punya cara masing2 kali ya untuk mendidik anaknya.

menurutku menyapih botolnya berhasil, tapi anaknya jadi trauma (walaupun cuma untuk 2 mingguan).
trauma untuk hal-hal yg gak perlu ditakutkan. jadi takut sama tikus, takut sama pak haji, takut sama botol (karena dikatain kumuh, bau, kotor, ada racunnya). juga jadi gak pede karena dikatain enggak pinter (karena masih ngedot) dan jadi nganggap anak kecil/baby itu gak keren (karena selalu dikatain bahwa ngedot=baby).

selama gak berbahaya/membahayakan, ya santai aja, gak perlu sampe menyakiti perasaan anak. yang penting tetep dilatih dan bener teh, yg penting komunikasi antar ortu dan anak, kudu sabar :) lama2 juga berhasil...

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

11

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

adam juga punya jimat blankienya, dari bayi udah ditemenin sama selimut le monde hadiah dari bundanya (kk gw). sampe gede kemana2 kudu dibawa. repot dong? apalagi kalo kelupaan bawa, wah bisa ngamuk. akhirnya gw malah beli 3! satu buat adeknya, satu buat spare dia.

akhirnya , pas dia 3 thn gw ngerasa enough deh, kayaknya it must stopped. sebelumnya kasi pengertian dulu kalo dia udah besar, bla bla bla. dan gw ajak untuk menyimpan selimutnya untuk selamanya, gw libatkan dia dalam seluruh proses itu.
dari milih mau simpan selimutnya ditas yang mana, sampe dia yang masukin sendiri ketiga selimutnya ke tas itu. tadinya dia sempet ragu mau masukin, tapi gw kasih semangat
trus....gw suruh dia say goodbye sama selimutnya. dan dia yang tutup sendiri tasnya (gw bantuin) dan kita sama2 masukin ke lemari dan kita kunci.
sejak saat itu, dia kalo tidur gak pernah nyari selimut lagi, bahkan bilang gini:
"mi, adam kan udah besar, jadi gak perlu pake selimut lagi"

hehehe...oia ceritanya gw posting diblog anak2

12

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

eh ada Nizma!

kalau gue perhatiin di belgie, justru banyak mama (contohnya ipar gue) yang mendorong anaknya dari baby punya 'jimat' buat bobo. biasanya yg dipake blankie. alasan murah meriah bisa beli banyak gampang dicuci.
gue pernah baca 'jimat' ini memang ngebantu anak buat ngerasa lebih aman. something familiar and secure. seperti efek rutinitas buat babylah kira2 ==kayak kata Thalia di atas.

kalau neng al sih waktu bayi gak punya jimat tidur. tapi mulai 1-2 tahun, dia mulai attached dengan barney-nya yang dibawa kemana2. tapi belakangan (she's now 5), dia mulai cuek sama itu barney. bahkan pas gue tanya apa barney bakal di ajak ke indo bulan april nanti, dia bilang gak mau.

lucunya, 'jimat' neng sekarang berubah... sekarang dia kalau mo bobo minta di olesin minyak telon di kening. she believes it protects her from monsters and nightmares!!!
jadinya dia 'kecanduan' minyak telon.. :-)

but not too worry lah. this too shall pass...

13

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

Niz14 - waaah, Adam hebaaat! ampe terharu gini pas ngeliatin foto2nya waktu Adam masukin sang selimut ke tas... uhuk.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

14

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

nizma - lucu banget sih adam! pinter deh dia akhirnya yang ngerasa dia gak perlu selimutnya lagi karena udah gede...

fanny - awww, al so cuteee!! minyak telon sebagai protection dari monsters... hihi.. imajinasi anak kecil yah.. amazing!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

15

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

fanny - aww ada fancee! pa kabar buu
update nih, ketiga selimutnya skrg gw keluarin lagi. pengen liat aja reaksinya dia. dan skrg dia memperlakukan selimutnya dgn proper, pake kalo tidur sajah hehe

thalia - makasihh! btw gw kmrn blogwalking ke avocadolite.com wow keren bangettt...salam kenal yah...gw demen liat foto xmas dinner yang nunjukin dua jari (peace), dan mupeng liat trippstrapps nya hihihihi

shinta - iya bener, gara2 gw dikomporin sm lingkungan sempet worried jg, "cowok kok seneng selimut" beuhh...tp gw cuek bebeks lah..alhamdulillah akhirnya nemu selahnya, dan seperti fanny bilang, it all will passed kaann

16

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

Shinta
yep, imajinasi anak emang top!

lucunya, pernah suatu hari pas bobo si neng gelisaaaaah banget. kayaknya dia mimpi buruk. trus gue langsung usapin minyak telon dan gue ciumin itu telon di hidungnya... eh langsung tenang loh! just like that!
mungkin saat itu dia lagi mimpi perang lawan monster dan menang begitu 'ajian telon' datang!!!

haha, so minyak telon as aromatheraphy.. it works really well!
hidup minyak telon!

17

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

nataya waktu usia 18 bulanan punya boneka fave yang dia pilih sendiri di toko, yaitu elmo. sejak itu nataya & elmo tak terpisahkan. ke mana-mana di bawa.. ampun deh. jadi bukan hanya jadi jimat tidur aja, kebayang kan..

sampai akhirnya gue beli elmo kedua, supaya elmo kesatu bisa dicuci, hehe..

tapi ketergantungan akan elmo akhirnya hilang sendiri.. mungkin pas dia menjelang usia 2,5 tahun. ga tau kenapa, tapi hilang dengan sendirinya..

18

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

Niz14 - hehe, thank you! salam kenal juga! :) jadi inget, udah lama nih ga update blog... hu hu hu.

angki - wah, cerita nataya dan elmo sama persis ama cerita aina dan snowy. mulai dari pilih sendiri di toko (1 jam banding2in antara satu boneka dan boneka lain, akhirnya pilihan jatuh ke snowy....), ampe beli snowy kedua biar yang pertama bisa dicuci... hihihi.

cuma, ampe sekarang aina masih tetep nempel ama snowynya (yang no. 1... kalo yang no. 2 boleh dipinjem dan ditinggal di rumah). moga2 someday ketergantungan ama snowynya juga ilang sendiri kayak nataya dan elmo...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

19

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

pssst..
lapor! aidan udah bbrp hari ini gak nanyain si kimi lagi kalo pas mau tidur kiminya ngga ada di kasur. dia waktu itu bilang "bu, from now..if i forget to bring kimi to sleep and when i ask you to bring it to me, you just pretend that you're lazy to take it for me, ok?". "OK!"
kocak, malah ngatur skenario!
xixixixixi.. terharu tapi bangga deh! :P
dan udah dikasih tau sama ayahnya, kalo udah siap tidur gak pake kimi lagi dia mesti bilang sama kita. supaya bisa kita simpen. rupanya ini udah ada tanda2 nih.... moga2 nggak lama lagi deh :)

nizma, pinter banget adam cepet ngertinya ya. dikit lagi gw juga kayaknya bisa nih me'lemari'kan si kimi.. hihihi

fanny, lucu banget neng bisa ganti jimat ke minyak telon! hahaha.. mesti stock terus nih :p

angki, dulu sempet pingin juga cari kimi ke 2 buat pegangan. tapi susah banget udah cari ga ketemu2.. soalnya itu gift dari sahabatku di jkt. sementara cari di Sg malah gak ada. pdhl udah super kumeeel bgt!

20

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

chint13 - waaa, congrats, aidan! udah mo lulus mata kuliah kimi, hihihi. lucu banget sih pake kompakan dulu buat sapih diri sendiri! tapi hebat lho, cara kayak gitu... semoga sukses ya...

moga2 aina bakal self-weaning juga dari snowy someday :)

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

21

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

chint13
hwaaa... aidan... duh kamuuu tuh. udah ganteng... sopan bgt & lucu lagi... duhhhh senengnya :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

22

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

ahahah..ternyata topik ini dibahas di General Parenting...tadi langsung post aja di toddler... :D
*maafkan ya bumod..*

mau share juga...
Anak gw (2.5th) punya sedikit ketergantungan sama selimut..Sebenernya ini pun bukan selimut bayi yang biasa dia pake dari kecil ya, tapi selimut jadul punya gw yang umurnya udah hampir 20th. Awalnya masih gw yang pake (enak sih big_smile), tapi sejak dia umur 1th sepertinya udah beralih kepemilikan...
Emang tu selimut ga sampe tiap waktu dibawa-bawa ke mana2, cuma kalau dia mau tidur di kasur HARUS ada selimut itu (kalau ketiduran di luar rumah sih ngga)..kalau gak ada, dia akan cari2 terus, kalaupun udah ngantuk akan rewel banget, kalaupun terus ketiduran, tengah malem akan bangun, rewel, dan susah banget ditidurin lagi....(biasanya kalo tengah malem bangun dan rewel, disodorin selimut itu juga pasti diem dan tidur lagi).
kalau nginep ke mana2, selimut itu gak boleh ketinggalan atau dia akan rewel..*sigh*
padahal sih selimutnya bukan dipergunakan sebagaimana mestinya ya alias kadang cuma diuwel-uwel dan dipeluk, dianya sih boro2 mau diselimutin...
terakhir rewel adalah tadi malem....selimutnya lagi dicuci gara2 ketumpahan makanan (kalo siang suka dia bawa2 juga sih, walau masih di dalam rumah) dan siang itu ga ada matahari, jadi walaupun udah masuk pengering, selimutnya masih lembab2 gitu...
Diganti selimut lain juga gamau...malah dilempar...

kalo baca2 di atas, ilangnya kapan mungkin beda2 ya?
Tadinya sempet kepikiran buat motong selimutnya jadi 2, satu disimpen buat cadangan kalo yang lain dicuci (gw udah ga nemu selimut kaya gitu lagi dimana-mana..)...tapi khawatir nanti dia malah nyadar dan sebel.. :S

a mother of energizer bunnies

23

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

SunShine - wah enak ya, selimut beneran bisa dipotong jadi 2... aina ampe gue beliin snowy kedua, gara2 snowy pertamanya mo dicuci. ternyata, ga ngaruh... yang dia mau tetep snowy pertama. sayang ama snowy keduanya sih, tapi sekarang cuma nganggur di ranjang. snowy 1-nya tetep dibawah kemana2.

waktu snowynya kena muntah, jadi mesti dicuci, dia jadi sediiiih banget sebelum bobo. trus tidurnya juga jadi pendek, cepet bangun. dan nyariin snowy.

akhirnya, kalo nyuci snowy, jemurnya di sebelah ranjang dia... jadi kalopun dia kebangun nyari snowy, ada di sebelah ranjangnya... paling engga bisa pegang2. hu hu hu...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

24

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

thalia, belom dipotong sih...masi mikir2...soalnya tu selimut lumayan besar dan dia suka maen tenda2an di bawah selimut itu sama gw atau bokapnya...tar kalo dia nyadar jadi kecil, trus bete, ya brabe juga.. :D
padahal tu selimut dah pudar bgt warnanya, sobek dan bolong2 sana - sini...

aduuhh...aina sayang banget sama snowy ya? pernah nyoba dikasi puppy beneran ga? kali aja jadinya dia ga terlalu attach sama snowy?

a mother of energizer bunnies

25

Topic: Bagaimana Melepas 'Jimat' Temen Tidur

Sunshine - sama bgt ama suami gue deh.Dulu suami jg punya selimut sbg jimat.Lucu kalo dgr crita suka dukanya ama itu selimut.Cuman kebawa gitu ampe gede,ampe mo nikah malah. Untung skrg engga..kebayang kan lusuhnya itu slimut. Pernah gue tanya suami ko bisa lepas dari slimutnya.Katanya karna skarang punya temen tidur.Hehehe.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva