1

Topic: Induksi

Aslinya nggak mau cerita, tapi sepertinya harus di sharing ajah. Smg ga jadi parno yaa

Aku melahirkan Izza dan ikram keduanya via induksi, karena over due date (41w). Kalo kata orang melahirkan kedua & selanjutnya tuh dpt diskon, gak berlaku di aku. Singkatnya melahirkan pertama total waktunya 36 Jam. Induksinya dari mulai oral (obat minum), vaginal, sampe infus. Stuck di pembukaan 2, krn anak pertama gak kuat, mintalah epidural, tapi entah reasonnya apa, dokter hanya memperbolehkan ngasih epidural setelah bukaan 4. Nunggu sampe bisa bukaan 4 tuh lebih dari 12 jam, dan pas disuntik, sakit suntikannya ketutup ama kontraksinya (kontraksi yg tanpa bukaan), dan emang sih bukaan 4 sampe lengkap gak sesakit pas bukaan awal, ku rasa krn pengaruh epidural.

Hamil kedua lebih parah lagi, total induksi sampe lahiran selama 41 Jam. Ini gak pake epidural, dan sakitnya bener2 kha-cow (gaya mc queen). Tindakannya induksinya sama, yang infus ampe ngabisin 2 ampul, sbenernya udah disaranin SC aja, cuman keukeuh aja minta normal selama detak jantung bayi normal, disambi jalan2 cepat stengah lari ngelilingin Ward nya Bersalin sambil nyeret selang infus dan digandeng suami.

Aku bukannya gak setuju dgn SC sih. Cuma krn kondisi tanpa ART/BS saat itu, ibu udah gak ada, Mertua kena stroke, jd kudu handle 1 baby, dan 1 toddler sendiri. Sepertinya harus normal. Pengalaman beberapa temen dan aku juga nih, biasanya kalo lahirannya induksi, kelahiran berikutnya akan induksi juga. Tapi tenang walo lahiran itu sakit apalagi di induksi, kapoknya cuma kapok sambel. Aku aja pengen lahiran lagi walow di induksi, Cuma males hamilnya itu (9mos) dan kurusin badannya (OOT)

2

Topic: Induksi

bunniza
gue punya temen tuh, dua kali hamil dua2nya overdue padahal yg kedua katanya udah turun banget. selidik demi selidik, ternyata kepala babynya besar dan gak cukup di panggulnya. temenku ini kebetulan petite dan suaminya bule sih. akhirnya gak pake induksi langsung scheduled SC aja setelah > 41wks. mungkinkah kasusnya sama di ukuran kepala bayi?

btw setauku emang epidural itu cuman bisa dikasih di bukaan tertentu deh, gak boleh terlalu awal dan gak boleh terlalu telat juga. tp sayangnya gue gak ngerti rentang bukaan berapa sampe berapa. yang kutau sih, temenku (yg lain) ada yg minta epidural pas udah bukaan 7-8 ditolak dokternya karena ud terlambat.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

3

Topic: Induksi

etapi dulu akibat induksi ini gue sampe mutah2 2x lho.. habis 2ampul saja. sakitnya emang sedeeep tapi lebih sakit lagi SC after induksi *OOT*
dan dokterku sempet curiga babyku dulu posisinya berubah (sebelum induksi posisi normal, after induksi posisi miring dan brow presentation) karena kontraksinya kuat banget :(
untuk anak kedua nanti (yg belum di-planning) gak bisa induksi lagi karena pengeeen VBAC.
Adapun tentang mulas.. menurut saya sih karena kontraksi ya, bukan karena pecah ketuban. wong mau pupita aja mules (kontraksi juga, kan?) hihihihih

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

4

Topic: Induksi

mummyhilya wrote:
......tapi lebih sakit lagi SC after induksi *OOT*


berarti induksinya berhasil dong ya, tuh bs mules
kalo aku bukannya mules malah pules deh tidurnya
hbs 2 ampul juga tuh, ga ngefek jg cuman bukaan 2 seharian
tp bsyukur ga mules krn ujung2nya SC juga :D

5

Topic: Induksi

MIssyayuk: Duh beruntung deh ga mules kalo akhirnya SC juga... Aku induksi abis 2 ampul, abis tangan suami diremek sambil frustasi denger ibu2 di depan jerit2 lg kontraksi *sampai ga ada niat buat teriak sedikitpun* cuman sampe bukaan 3.

Sempet penasaran sama normal tapi ngeliat detak jantung anak udah lemah. Agak2 takut liat detak jantung garis2nya panjang, detaknya jarang banget dan emang baby ga banyak gerak pas di induksi, jadi SC. Ya di induksi awal juga karena detak jantung udah lemah...Sakitnya 2 kali, sakit induksi sama recovery SC.

Makanya sekarang sering bujuk2 baby ke2 supaya ga overdue karena kalau mau VBAC ga boleh di induksi... Mudah2an bisa, doain ya mamas...

In love with my 2 sons Pandu dan Dhira

6

Topic: Induksi

charissarhanie Kalo aku kasusnya krn overdue ajah, dan BB baby udah tll besar kl ingin lahiran normal. Jadi kalo mau lahiran normal, terpaksa induksi deh.

Indung iya bener, kalo overdue dan anak sbelumnya SC, better untuk lahiran ini SC aja deh. Tapi mudah2an kudoain lancar dan spontan delivery aja. Sering-sering jalan aja kalo dah 9 bulan. Good luck yaa

7

Topic: Induksi

Bunniza..hebat ya mom tahan diinduksi sampe 41 jam, secara sakitnya diinduksi luar biasa...

8

Topic: Induksi

Induksi sakit gak sih?

Kemaren, gue juga berencana mau induksi, karena gue semakin mendekat EDD kok ya makin gak kontraksi samsek. Jadi gue udah 39w (Conception date) dan 41w (LMP) dan obgyn yg pro normal sudah nanya, jadi mau diinduksi kapan?

Tapi gak jadi akhirnya karena tensi tinggi.

Kalo menurut obgyn induksi memang 50-50, bisa berhasil bisa gagal, tergantung sikon.

Kalo gue emang ga bisa diinduksi akhirnya krn ya itu tensi tinggi, ntar kalo stres ngeden habis diinduksi, bisa stroke.

Oh iya ibu2, induksi itu ada macem2 yah? Kok kayanya induksi model Otty (diinfus) itu kemaren bukan induksi yg ditawarin oleh obgyn gue, dia nawarin induksi awalnya itu dengan obat yg diinsert lewat bawah :)

9

Topic: Induksi

peach margarita : yg sakit sebenarnya dari kontraksi nya, induksi kan dibuat untuk mempercepat/memperkuat kontraksi,kalo kasus aku mah, aku diinduksi karena bukaan ga naek scr signifikan n bayinya dorong kluar msh blm kuat.
di halaman 1 ada cerita tuh mamas yg pake 3 cara induksi (oral/obat minum, infus, dimasukin lwt vagina), beda2 juga efeknya,

mamanya mas fadhil n dedek nafisa :)

10

Topic: Induksi

Hey ibuk2, gw minta induksi krn udah 40 wk tp kontraksi masih lemah, janin udah 3.5 kg, dan yg paling bikin ga tahan adalah ambeyen gw. Gw pengennya cepet lahiran biar ambeyen gw ga makin parah. Dokternya sih mendukung karena 40, 41, 42 wk menurut dia ga ada bedanya. Janin udah siap dilahirkan, yg ada klo gw menunggu tambah gede si janin, tambah parah ambeyen. Jadi jam 10 pagi gw induksi lewat vagina. Mule deh ada mules2 yg berarti hahaha. Jam 2 dicek baru pembukaan satu, induksinya diganti ama infus, kontraksi makin menjadi. Magrib gw pecah ketuban. Nah menurut gw sakit yg menjadi2 itu setelah pecah ketuban. RUAR BIASA! dan naasnya setelah dicek masih bukaan satu, padahal intensitas kontraksi sudah sangat tinggi, bahkan dokter bilang ambang sakit gw di atas normal.
Tapi berhubung bukaan yg gw hasilkan ga sebanding dengan tenaga untuk kontraksi dan udah pecah ketuban dimana golden period gw adalah 3 jam, -di atas itu janin terancam infeksi- akhirnya kami sepakat caesar:)

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

11

Topic: Induksi

kalo ngomongin induksi sebenernya masih suka agak2 amaze sih.. dulu ngebayangin induksi itu seperti apa..pas mau lahiran, sudah diputuskan SC tapi karena kekeuh pgn coba normal (siapa tau ada keajaiban) akhirnya dokter mengajak berikhtiar dengan induksi 1labu 5unit..
saatnya, induksi..seperti infusan biasa..cuma emang bikin badan meringkel2..panas pungung..badan posisi gimanapun ga karuan yang ada pengen nongkrong di toilet :p
induksi sekitar 3jam.. dan ga ada pembukaan sama sekali..lepas induksi,..mules pun hilang,.
lalalalalalaa... langsung puasa buat SC. *ooh gitu ya rasanya induksi*

oiyah, kebetulan aku sc karena ketuban sedikit.. dokter bilang 1labu cukup karena takut mengakibatkan stress pada janin..cmiiw yah
dan dokter heran..karena dia kasih aku 1labu 5unit koq ga ada pembukaan samsek.. sebenernya aku masih bingung loh..maksud 5unit ini apa ya? wkkkk....*ada yg bisa bantu jawab*

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

12

Topic: Induksi

mum....

aku juga mau bagi pengalaman nih. aku juga udah overdue waktu lahiran 2010 lalu. Udah overdue, ga ada kontraksi teratur. akhirnya diputuskan untuk induksi. Aku diinduksi kamis sore melalu vagina. tapi sampai jumat pagi tetep ga ada kontraksi atau mules. trus jumat pagi dikasi lagi sama dokter melalu vagina. jumat sore baru terasa kontraksi dan dicek udah bukan 1 menuju 2. sampe bukaan 5 aku masih oke dengan kontraksinya. sakit sih tp aku tenangin dgn hypnobirthing. bukaan 5 aku ke ruang delivery (itu jam 10 malam). pas ke delivery room aku jalan kaki dan merasa dgn jalan sakitnya lebih mendingan. akhirnya aku coba jalan2 di sekitar delivery room. tp sayangnya waktu itu aku udah ngantuuuk banget, so aku tiduran aja di bed. pembukaan terus maju sampe akhirnya stuck di bukaan 8. waktu itu udah lebih jam 12 malam. karena ga maju2 akhirnyaair keruban dipecahin...setelah itu woooow.....dorongan baby jadi lebih dahsyat. tp setelah itu mulus smpe bukaan 10 paginya dan aku pun bisa lahiran normal.

Semoga besok pas hamil dan lahiran anak kedua bisa lancar tanpa induksi....amiinnn

happy-go-lucky mummy
tweeting as @thearizkia
- www.thearizkia.com -

13

Topic: Induksi

nambahin, kemaren baru baca2 lagi. ternyata pecah ketuban itu adalah salah satu bentuk induksi loh. jadi maksudnya, kalo ketuban udah pecah kepala bayi kan udah gak 'cushioned' lagi dan langsung nyentuh leher rahim tuh. jadi kontraksi kerasa makin kuat karena dorongan oleh bayi juga makin kuat.

makanya kl induksi terus pecah ketuban duluan tuh sakitnya makin 'maknyus', hihihi... *pengalamanpribadi*

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

14

Topic: Induksi

Chariss...

Emang betul banget. Pas air ketuban pecah bukaan lebih cepet dan emang rasanya lebih manteeeeppp....

Duh semoga bsk lancaaaar

happy-go-lucky mummy
tweeting as @thearizkia
- www.thearizkia.com -

15

Topic: Induksi

thearizkia wrote:
Chariss...

Emang betul banget. Pas air ketuban pecah bukaan lebih cepet dan emang rasanya lebih manteeeeppp....

Duh semoga bsk lancaaaar


hihihi.. gue langsung nyerah dan asking for epidural loh.. abisnya pecahnya pas bukaan 3 sih, kl ngebayangin bakal nunggu kurleb 7 jam-an lg ke bukaan lengkap bisa2 udah pingsan di tengah jalan gue :p

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

16

Topic: Induksi

ikutan sharing ya moms.

Waktu lahiran anak pertama, dari bukaan 1 sdh ada flek, sakitnya krn kontraksi sejak bukaan 1 juga sudah yang mantaaaap banget . Total dari bukaan 1 sd bukaan 10 sepanjang 24 jam, tp ga diinduksi samsek.

Waktu melahirkan anak ke-2, pas kehamilan usia 39 weeks aku kontrol lagi ke obsgyn. Disana aku disarankan untuk periksa dalam, pertimbangan dokter krn BB babyku sdh 3 kg-an sedangkan aku orangnya kecil, jd kalau mau lahiran normal BB baby harus dibawah 3.4 kgan. Pertimbangan lain kt dokter kalau memang setelah periksa dalam ternyata belum ada tanda2 mau pembukaan, periksa dlm bisa merangsang agar terjadi pembukaan.

Eh, ternyata habis periksa dlm ketahuan kalau aku sdh bukaan 3, pdhl ga da flek sama sekali dan asli sepanjang pagi sd siang itu aku ga merasa mules2 atau braxton hiks sekalipun, pdhl sejak masuk usia 36 weeks hampir tiap hari ngerasain braxton hiks. Akhirnya aku menuruti saran dokter agar langsung rawat inap saja mengingat ini sdh kehamilan yang ke-2, yang mana banyak pengalaman proses kelahiran biasanya lbh cepet dr proses kelahiran anak pertama. Bener saja 4 jam kemudian aku sdh bukaan 5 mendekati 6, tapi rasa sakitnya tuh bener2 yang masih biasa2 saja, masih kalah sama sakit braxton hiks yang 3 minggu sebelumnya selalu kualami.

Jam 19.30 malam (8,5 jam sejak bukaan 3), waktu bukaan 6, akhirnya aku mengikuti saran dokter agar diinduksi krn menurut dokter kalau kontraksinya masih lemah seperti ini akan sulit bagi aku untuk melahirkan normal krn kalau kontraksi lemah kekuatan mengejan juga lemah.

Benar, setelah diinduksi (dengan infus), kontraksinya jd terasa kuat sekali, mana jedanya antara kontraksi pertama dengan kontraksi berikutnya hanya antara 1-3 menit. Selama diinduksi, kalau lagi ga kontraksi mataku selalu memandang ke botol infus "duh, ini infus induksi kapan habisnya". Udah sempat bilang juga ke suster "sust, saya ga mau diinduksi lagi" (ngarep langsung ditawari SC)". Total diinduksi 5 jam, alhamdulillah aku termasuk yang berhasil, akhirnya bisa melahirkan normal.

Kalau ditanya sih, sakit kontraksi masih ttp sakit waktu anak pertama, tp pengalaman diinduksi krmn bener2 menghabiskan tenagaku krn kontraksi yang serasa ga ada jedanya.

Waktu bukaan 8-9, ketuban pecah, dan mmg setelah itu cepet banget tahu2 sudah bukaan 10 dan boleh mengejan. Legaaa :).

17

Topic: Induksi

mum...

ada yang bilang jeda kehamilan dari anak satu dan anak kedua jangan lebih dari 4 thn biar jalan lahirnya gak kaku. Bener ga yah? Soalnya kalo udah pernah lahiran normal dan kurang dari 4 thn udah hamil lagi, lahirannya jadi lebih lancar dari sebelumnya soalnya jalan lahirnya masih belum kaku. Ada yg punya pengalaman?

Thea

happy-go-lucky mummy
tweeting as @thearizkia
- www.thearizkia.com -

18

Topic: Induksi

moms..
aku hari ini baru dari obsgyn-ku..hasilnya adalah,aku disarankan untuk induksi karena sudah lewat due date(minggu ini sudah 40weeks)..aku bertanya sih,apa gak mau dtunggu sampe 42weeks aja..tapi dokterkusepertinya prefer utk induksi aja,klo sampe masuk41weeks..

sejujurnya,aku sendiri termasuk yang percaya bahwa bayi itu akan lahir melalui jalan lahirnyama sing2..dan kapannya slama masih 42weeks insya Allah aman2 aja. tapi aku juga takutklo knapa2 sib aby didalam..krn aku jgpernah denger banyak kasus yang keukeuh nunggu akhirnya janin meninggal di dalam..(knockon wood)..makanya dilemai inimenghantarkan pada pencarian artikel2 ttg induksi...

ada hal menarik ttg induksi yg dapat dilakukan..kalau kita bicara menggunakan kimiawi,di artikel2 akan menyebutkan memakai oksitosin atau prostaglandin.naun,selain kimiawi itu,dapat dilakukan dengan rangasangan pada puting susu..
(artikel dapat dilihat di sini:
http://korek-obgin.blogspot.com/2010/02/induksi-persalinan.html)

aku tertarik banget untuk tau lebih lanjut ttg cara2 dan teknik perangsangan puting susu ini..kalo2 ada moms yang tau,ato pernah mempraktekkannya..mumpung masih di 40weeks,masih ada waktu seminggu jungkirbalik cari cara utk menghindari induksi obat2an ato SC
(bener2 pengen usahain dulu normal senormal2nya,,walaupun emang bayiku udah 3.5kg sih sekarang)...
jalankaki,nungging,beres2 rumah,udah dilakuin semua..tp dinding rahim katas i doker masiha ja tebal..si dedek bayi masih setengah masuknya..

mudah2an ada moms yg bisa sharing ttg stimulasi puting susu ini...
maaciiii:)

19

Topic: Induksi

Mau sharing soal induksi juga. Saya juga karena udah 41 minggu g ada kontraksi sama sekali, ga ada tanda melahirkan sedikitpun, jadinya di induksi dengan masukin Prostaglandin dari bawah gitu. Efek induksi itu bisa berbeda untuk setiap orang. Saya diinduksi jam 9 pagi, jam 12 udah bukaan 4 dan jam 4 sore udah bukaan lengkap.

Alhamdulillah prosesnya cepat, tapi rasanya juga jungkir balik (eh tapi ga tau sih, soalnya baru 1 anak jd g bisa bandingin, jgn2 melahirkan rasanya emang gitu).

20

Topic: Induksi

Imu Aku kurang tau ya ttg gimana ngerangsang melalui puting tapi mungkin itu salah satu alasan kalau lagi hamil dan punya anak yang masih menyusui harus disapih karena bisa menyebabkan kontraksi. Jadi nebak2 gerakan menyedot bayi pada puting termasuk salah satu yang bisa merangsang kontraksi.

Aku jg kemarin sibuk induksi alami krn berharap VBAC jd kehamilan kedua tdk boleh induksi, bener2 harus dari anaknya sendiri yg mau keluar, sampai 40w bayi ga engaged.

Aku banyakin jalan, naik turun tangga, nungging, senam hamil, ditengok sama bapaknya dan yang pasti tiap hari ngobrol sama dedenya supaya dibantu nanti bisa lahiran normal. Alhamdulillah 40w2d lancar buat VBAC. Tapi ya itu sejak 39w udah dipantau terus, selama kondisi si baby ok, kalau udah ga ok spt kurang ketuban, kelilit tali, udah mulai pengapuran, lebih baik ngambil jalan terbaik supaya ibu dan anak sehat selamat.

Semoga semuaya lancar ya..

In love with my 2 sons Pandu dan Dhira

21

Topic: Induksi

iyaa...setelah mencari tau dari orang2 dan artikel2 internet juga..cara menstimulasi oksitosin pada puting susu ternyata metode yang sama ketika kita nanti menyusui, massage2 gitu..bergantian payudara satu dengan yg lainnya per 15 menit..minimal dilakukan sampai 1 jam..atau dapat ditembakkan shower air hangat ketika mandi,atau juga ditempelkan anduk kering hangat pada payudara..dgn catatan kondisi kita rileks..mungkin termudahnya distimulasi sama pasangan lebih singkat kali yah jalannya,hehehee...

aku juga dapat saran dr temen, banyakin nonton film2 sedih..yang mengharukan penuh cinta gitu tapi bukan sedih meraung2 yg emosional marah gitu..misalnya film2 ttg keluarga, atau cinta2an macam hachiko, i am sam,dll...nah bisa jg dikombinasikan sambil distimulasi puting susunya (walaupun terdenga ini aneh..tapi therapistku pas ikutan kelas hypnobirthing bilang ini salah satu metode induksi alami juga,hehe)

pertanyaan selanjutnya...
ada yg pernah denger tentang castor oil gak? atau sering disebut minyak jarak..
katanya sih sering dipakai bidan2 untuk membantu induksi alami..cairannya dicampur dengan jus jeruk dan telor ayam kampung..tapi blom jelas juga sih gimana2nya..klo moms ada yang tau ato udh penah coba pake castor oil ini boleh dishare?

makasih yaaah...
mudah2an segala usaha menghantarkan pada jalan yg terbaik saja :)

22

Topic: Induksi

gw juga termasuk yang pernah merasakan induksi lewat vagina (induksi balon). Sakit banget waktu proses masukin balonnya. makanya, berharap di persalinan kedua nanti ga ketemu lagi sama si balon.. amin...

Imu, thx info ttg induksi alaminya.. jadi banyakin nonton korean drama yang mengharu biru gitu yaah... Asyiiiik..! *lho..?!

Men are from Mars, Women are from Venus. So what the hell we're doing on earth?!? The answer is...to raise our children!! ^_^

Find me in... PloveS's Planet
Tweet With Me... @BUNAprita

23

Topic: Induksi

Baca pengalamannya mummyhilya jadi kayak dejavu, aku dulu juga induksi atas permintaan sendiri, secara dokternya cool sumekul mau nunggu sampe 41/42w. Tapi dealnya aku boleh bawa tas ke RS pas 40w *hasil maksa.com*. Pas 40w tet pagi2 buta kontraksi teratur 10menit sekali, ngacir ke RS ternyata baru bukaan 1, karena jarak RS lumayan, jadinya daripada balik mending nungguin bukaannya di RS aja, sambil jalan2, senam segalamacem, malemnya dipriksa baru bukaan 2. Aku minta diinduksi lagi, kata susternya, yakin bu? diinduksi sakitnya 2kali lho... Oya? Trus besok paginya jam 7 dipriksa malah turun jadi bukaan 1 *emang bisa gitu ya?* yah intinya mungkin baby masih mau di dalem kali ya :D akhirnya minta diinduksi lagi, dipasanglah itu infus, wah aku seneng bukan maen *loh?* jam 8 diinduksi, sejam kemudian mules2 trus keluar flek lendir, dan makin maknyus mulesnya, jam 10 bukaan 4, jam 11 bukaan 5, trus jam 1 pas dipriksa malah bukaan 1 lagi *haaaahhh? nggak salah?* jam 5 sore walopun masih ketawa-ketiwi menylimurkan rasa mules yang makin dahsyat, tapi agak worry juga sama progress bukaan di bawah sana kok malah menurun? Dokter dateng langsung liat riwayat ctg dari suster2 yang seharian mriksa dalem, katanya 'Ini grafiknya udah tajem banget harusnya udah bukaan 7 atau 8 bu, kalo masih bukaan 1 dan denyut jantung bayi lemah harus segera operasi.' doweng...doweng.... 'tapi saya cek dalam sebentar ya, bener nggak sih masih bukaan 1 (set set set priksa dalem) waaahhh ini mah memang sudah bukaan 7 bu, yuk ke VK' waaaa, jadi si suster yang salah menganalisis bukaan gw atau emang bukaan gw yang ajaib bisa naik turun gitu ya? Alhamdulillah jam 19.14 si baby mbrojol juga, dengan bb setengah kg lebih berat daripada hasil usg. Hikmahnya aku minta induksi sih mungkinnn... kalo nunggu sampe w41/42 bb bayiku bakal 4kg lebih *so what?* hehehe...

24

Topic: Induksi

Hi mommies... Walau thread ini udh lumayan lama tp ttp pgn nanya krn bahasannya disini udh cukp lengkap :)

Bener gak sih kalo induksi itu baru efektif kalo udh ada bukaan?
Kalo lm ada bukaan ujung2nya pasti hrs SC ?

Saat ini usia kandungan 39w3d, blm ada flek atau lendir darah..baru berasa kenceng2 aja ni perutnya trus suka ky ada yg nusuk2 ke arah v*gina..

Ditunggu jwbnyya ya mom..thanks

25

Topic: Induksi

nayamira

Saya induksi pas belom ada pembukaan sama sekali kok. Udah 40 minggu gak mules2 juga sampe dikasih dateline kapan harus caesar. Gak taunya hari ini ngecek terakhir ke dokter eh besoknya keluar flek darah. Ke RS dah, dicek dalem,belom ada pembukaan sama sekali, akhirnya ditawarin mau induksi apa langsung caesar. Karena plan nya mau normal ya milih induksi d. Mulai induksi jam 5 sore, lahiran normal jam 11.30 malem.