1

Topic: Bayi Kuning

Hai mau share juga.. Baby qu kadar bili nya 13 pas plg RS. tpi boleh plg ama dokter. 2 hari kmudian naik jadi 15 dan disinar satu hari.. sekarang uda usia 14 hari.. , anaknya sih aktif banget.. Minum asi BAB warna kuning. katanya sih bilirubinnya dikeluarin lewat kencing n BAB..

2

Topic: Bayi Kuning

aahhhh nemu thread ini akhirnya... marsha-ku sekarang lg di sinar di RS ud lebih dari 1x24 jam.. pake double light.. pas pulang dari RS bilirubinnya 13.35 tapi karena akunya sudah sembuh dan merasa udh pgen pulang aja akhirnya aku minta pulang... dibolehin pulang karena aku bilang mau pindah ke Her***na dekat rmh aja.. karen pas lahiran aku di jatinegara.. akhirnya dikasih pengantar untuk di blue ray.. 1 hari setelah pulang kita ga langsung ke RS untuk di sinar.. tapi pas hari ke 2 qo ya tambah kuning aja,, akhirnya mutusin lgsg ke RS n d tes bili_nya sampe 18.8.. yg tadinya disinar 1 lampu jd double.. hiks.. kasian dy kepanasan.. mana pesan dokternya tiap 2 jam harus diminumin asi 90ml.. kalo asiku ga ckup misal pumping cm dapet 60ml dan 30 ml dksh sufor...
tekad asix terancam gagal.. mewek2 lah pas disuruh ttd pernyataan bersedia dikasih sufor kalo asi ga cukup.. drama queen bgd apalagi liat dy pas di taro n pake kacamata itu trus lampu dinyalain dia nangiss.. langsung dehh berderai-derai air mataku.. saran dokternya terus dikasih asi...

aku baru tau kalo beda gol dar antara ibu dan baby bisa bikin kuning.. soalny kebetulan aku B dan Baby Marsha O ikut gol dar ayahnya,,

3

Topic: Bayi Kuning

coffee_mix huhuhu..i feel u :( akupun beda gol sama liffa , aku O dia A.. tetep semangat nyusuin ya mom..
di rumah ttp pompa, di RS juga setelah nen in pompa lagi terus..
kalo aq karena aku justru yg ga mau pulang, jadi nyusuin bisa setiap saat, tinggal di telp suster lgs deh ke ruang fototerapi..
cari donor asi saja mom, kalo ga mau pake sufor

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

4

Topic: Bayi Kuning

ikutan share....

coffe_mix babyku juga dulu kuning, bilirubinnya 17,6...sempet 5 hari d rumah sakit. Dan bener banget itu latihan pumping yang beraaaat banget, apalagi kalo anak pertama yang artinya kita gak punya pengalaman menyusui sebelumnya.

saranku sih sama dengan saran mom bundaliffa ; nginep aja d rumah sakit jadi bisa nyusuin setiap saat. Walaupun terkadang pasti disuruh merah juga karena kalo nyusuin langsung bisa lebih lama dan baby yang disinar gak boleh terlalu lama keluar dari box.

Bright sitenya: lebih terlatih untuk mompa under pressure hehehe, berguna kalo untuk menyemangati mengumpulkan asi pas mau masuk kantor.

There is only one pretty child in the world, and every mother has it

5

Topic: Bayi Kuning

alhamdulillah stlh 3hr dsinar bilinya turun jd 11 n blh plg.. kn aq bermasalah sm puting datar n marsha ud kesel dluan jd males nyusu jdlah skg aq pumping terus n marsha mnum pke dot.. hik hik hik.. tp gpp lah yg pntg marsha ttp asii n bnyk mnum..

6

Topic: Bayi Kuning

ikutan sharing,..

baby-ku kuning dengan bili 20 di hari ke-3. padahal pas lahir ngga kuning. akhirnya sinar double bluelight 24jam. turun jadi 12,9. sinar single blulight lagi 18jam turun jadi 12,5 dan boleh dibawa pulang. dari situ dikencengin asi-nya. tapi di hari ke-10, baby kuning lagi dengan bili 15. akhirnya tes urin dan ternyata baby kena infeksi saluran kemih dengan bakteri e coli di urinnya. akhirnya minum anti biotik deh selama 7 hari. setelah itu, kuningnya berangsur hilang....

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

7

Topic: Bayi Kuning

baby-ku kuning sejak dibawa pulang ke rumah..aku kasih ASI terus dan tiap hari jemur..Alhamdulillah ga kuning lagi :)

8

Topic: Bayi Kuning

Sbnrnya mnrt guideline, mesti disinar pas bilirubin total brp sih? Anakku umur 36 jam, bil total msk range normal, tp direct bil.nya 1,45 lgs disuruh phototherapy 2x24 jam smbl obsrvsi sm dsa nya.*coleh bu dokter metameta* Susahnya, krn aku msh lemess Dan cape bgt hbs lahiran, jdnya sedih bgt. Alhamdulillah TD pagi udah merona lagi, tinggal tunggu hasil test lagi siang ini. Sy keukeuh ga mau formula, soalnya sayang sm kolostrum, Dan kt adikku (kbtln dia dokter) yg perlu sbnrnya banyakin asi.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

9

Topic: Bayi Kuning

mummyhilya,
saya gak tahu persis berapa kadar bilirubin yg mengharuskan bayi di photo-teraphy. Tapi dulu KI-KA semasa menginap di inkubator juga sempat di phototerapy. 2x malah. Karena memang hatinya yang belum sempurna. Tapi tetap diijinkan minum ASI kok, melalui selang sonde-nya. Malah menurut DSA dan perawatnya waktu itu ASI bagus untuk membantu ke"matang"an organ-organ dalamnya. maaf tidak banyak membantu. Semoga adiknya hilya segera bisa kembali ke pelukan.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

10

Topic: Bayi Kuning

mummyhilya, kira kara,

kuning pada bayi lahir disebut neonatal jaundice..

dsa biasanya akan merekomendasikan untuk phototheraphy apabila kadar bilirubin >15 , kebetulan dulu baby shane juga neonatal jaundice, soalnya waktu itu lagi susah sinar matahari jadi gak bisa jemuran, tepatnya karena ABO incompability (baby shane gol darah B dan mamanya O)

umumnya baby normal sekalipun akan mengalami neonatal jaundice, dan akan menghilang pada usia 2W+ , kecuali untuk bayi ASIX, bisa lebih dari 3W karena produksi susu ibunya belom cukup..

selain dijemur bisa juga di treat sendiri dirumah dengan menggunakan bill light, yaitu lampu ultra violet, baiknya pake lampu khusus untuk treat baby jaundice, yaitu philips tl-d 18w/52 , bisa beli di toko alat medic, harga sekitar 300 ribu lampunya saja..

lampu ini akan membantu memecah bilirubin sehingga dapat diproses oleh bayi dan dibuang melalui pup+pee, tapi kulit bayi akan kasar efek sampingnya, nanti juga sembuh tinggal pake lotion hehe..

neonatal jaundice terjadi karena system organ tubuh bayi belom normal untuk bisa proses bilirubin (hatinya)

kadar normal bilirubin pada bayi adalah 7

HTH

11

Topic: Bayi Kuning

mummyhilya
Selamat yah,adik hilya uda lahir...
Kedua anakku jg kuning. Kemungkinan karena beda gol darah. Aq O,sdgk Zhiezhie dan Shasha ikut ayahnya,,A. Zhiezhie disinar hr ke-4,hsl bilirubinnya 16. Sdgk Shasha,hr kedua lahir uda keliatan kuning. Sbnrnya DSAnya nyuruh cek bilirubin pas hr ke-7. Tp qt keukeuh mnt diambil darah hr ke-3 dan bnr bilirubinnya uda 15an (td cari2 hasil lab-nya ga ketemu,utk ngecek bilirubin totalnya). Akhirnya hr itu jg lgs difototerapi,,pk double light. Dua hari baru bs keluar RS krn bilirubinnya uda 9.

papanyashane
Wah,kalo beli lampu dan dirawat sndr,,jauh lbh hemat yah :D

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

12

Topic: Bayi Kuning

natallia , betul, tapi setelah 2W+ dianggap sebagai pemborosan secara hanya dipake solely emang sampe 2 minggu aja wkwkwkwk...
tapi ya betul hemat dibanding tinggal di rs, di tempat baby shane lahir, treat jaundice sehari 900 ribu haha

13

Topic: Bayi Kuning

Maret lalu bayiku Jordyn harus difototerapi 6hr, dan in total biaya 3,6jt. Jauh lebih hemat beli lampu yah...
Mungkin buat moms yg akn lahiran di musim penghujan ada baiknya considering untuk buat alat fototerapi sendiri.

Ngomongin soal bilirubin, setelah hr ke-6 bilirubin Jordyn turun jadi 10,3 (awalnya 17,95), dan diperbolehkan pulang. Saya, suami, dan mama jibaku ngasih jordyn asih perah (kbtln anaknya belum mau puting) tiap 3 jm sekali. 3 hari kemudian cek kembali, ternyata bilirubin Jordyn naik lagi menjadi 11,50. Tapi syukurlah DSA-nya bilang tidak perlu di fototerapi lg, krn secara fisiologis Jordyn sehat dengan ditandai BB nya naik 1kg dalam 2 minggu itu. :)

:Anugerah itu tidak gratis, diberikan untuk diuji dan dipertanggungjawabkan:

14

Topic: Bayi Kuning

oh iya sekedar tambahan, bagi yang minat pake phototherapy sendiri, lampu diletakan 50 cm dari badan bayi, misalnya digantung di box bayi..
mata dan alat vital harus ditutup, untuk penutup mata bisa beli merk posey (di toko alat medis juga belinya)
sama perbanyak konsumsi asi/sufor

15

Topic: Bayi Kuning

papanyashane,
infonya lengkap sekalii.. wah thanks for share yaa..
KIRA-KARA dulu disinar karena memang organnya yang belum sempurna karena premature. Untungnya Gol darah ikut saya O. Kalo ayahnya B.
Thanks for share.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

16

Topic: Bayi Kuning

All,

Mau tanya dong, apakah ada cara / precaution untuk menghindari bayi lahir kuning? Klo gol darah silang *beda sm ibunya* itu pasti kuning ya?
Sebetulnya apa aja sih yg bikin bayi lahir kuning? Parno nih..

Aku skrg 8mo pregnant, dr 6bln tiap pagi aku disuruh ibuku berjemur katanya biar bayiku ga kuning, apa ngaruh ya?

Mohon pencerahannya :)
Thank you

Gemini boy ?

17

Topic: Bayi Kuning

mummyhilya Phototherapy should be instituted when the total serum bilirubin level is at or above 15 mg per dL in infants 25 to 48 hours old, 18 mg per dL in infants 49 to 72 hours old, and 20 mg per dL in infants older than 72 hours. Waktu itu berapa total bilirubinnya mbak?:D

ncitncit faktor resiko bayi kuning banyak mbak. beberapa di antaranya yaa: ASIX, inkompabilitas ABO, ibu pny sakit diabetes gestasional, etnis: bayi Asia emang lebih sering kuning, infeksi TORCH, jenis kelamin (bayi cowok lebih banyak), prematur, riwayat kakaknya juga kuning, dll. Banyaak:D Engga usah parno mbak, ada juga kuning alias jaundice normal atau fisiologis, belum tentu semua ga normal kok:D

18

Topic: Bayi Kuning

Metameta bilirubin total pas umur 2 hari 6,48 (msh masuk range), tp direct bilirubinnya 2x lebih dr nilai normal (1,45, normal <0,6). Smpt konsul juga sm adikku (kbtln dia lg residensi Pnykt dalam), dibilang sbnrnya fisiologis jaundicenya, as long as bukan inkompatibilitas ABO. Tp difototerapi pun gpp krn efek samping minimal. Akhirnya cm 1x24jam. Alhamdulillah stlh itu smua hsl lab nya normal. Jd bs pulang. Skrg sih minum asinya kenceeng dan kuusahakan jemur tiap hari.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

19

Topic: Bayi Kuning

mummyhilyaah ya, sebenernya sih iya masih gpp:D
Yang penting sekarang sudah pulaaaaang yaaa:D

20

Topic: Bayi Kuning

Kelupaan say thanks to papanyashane. Makasih, oom. Iya, zee cm difototerapi 1x24jam. Fisiologis aja.
Makasih supportnya yaaa, buat semua

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

21

Topic: Bayi Kuning

alhamdulillah banget ada thread ini.. karena dari sebelum hamil aku was2. gol darah ku o dan suami AB. mudah2an nanti setelah baby ku lahir ga kuning..

22

Topic: Bayi Kuning

Isham, waktu umur 2 hari juga didiagnosis kuning.. lupa kadar bili-nya berapa. sempat disinar selama 24jam.
Sekarang isham umurnya sudah 16 hari.. g bisa rutin jemur pagi karena entah kenapa di semarang selalu mendung saat pagi hari :(.

Klo kulitnya sedikit dipijit,,kulitnya sedikit kekuningan (susah mendiskripsikannya, tapi mamas bisa bayangin kan?) tapi langsung balik ke warna asal sih..
Ini apa tanda2 isham masih kuning ya? perlu ke DSA g ya? *parno*
Klo pipis dan pup-nya sih udah normal frekuensinya..
TIA ya mamas..

Find Me @Mama's Mall
Qibi Zaqibi
ARISAN BUKU YUUK

23

Topic: Bayi Kuning

piyut kalo kulitnya dipijit msh kuning, most likely emang bilirubinnya masih tinggi.kalo kuningnya masih warna muda sih, coba aja trs dikasih asi, tapi jangan sampe dia mabok asi yah, dan kalo cuaca memungkinkan dijemur dr rentang waktu jam 7-9 selama maksimal 15 menit bolak balik depan belakang. tapi kalo emang cuacanya buruk, mendung trs, dan warna kuningnya makin pekat, mau gak mau mending ke DSA aja. Dulu juga kakang pas umur seminggu, badannya agak kuning gitu, udah gitu ga bisa dijemur soalnya mendung trs. pas ke DSA, suruh cek bilirubbinya, trnya 11,98. check in deh 2 hari di RS. Biasanya observasi u/ bilirubin itu per 2 X24 jam, jadi kalo kadar bilirubinya belon terlalu jauh dari kadar normal, DSAku bilang sih sektar 8-9.Pasti bisa cepet pulang. jadi better emang ke DSA aja sih, mom..

24

Topic: Bayi Kuning

piyut
dulu baby shane setelah diphototherapy juga seperti itu, kuningnya gak langsung ilang setelah dipijit kulitnya, nanti juga normal sendiri setelah 3 minggu, perbanyak konsumsi asi + rajin jemur pagi hari

25

Topic: Bayi Kuning

sekarang lagi nungguin anakku yg lg di fototerapi.sebenernya udah sempet disinar 1x24 jam.trus bisa pulang krn bili-nya 7.2 hari di rumah dan dikontrol lagi tnyata naek jd 18.lgs deh disuruh masuk lagi.set 12jam turun jd 15.tp msh disuruh lanjut sama dsa-nya.jd considering u beli lampu yg kayak di bilang papanyashane.

You complete me...