1

Topic: Mengasuh Si Kembar

Sebelumnya maaf bu MODS kalo udah ada bahasan serupa. Boleh di gabung deeh... Saya ibu dari si kembar KIRA dan KARA usia 15 bulan. Saya sering sekali merasa dilemma ketika mengasuh si kembar. Si kembar yang memiliki perbedaan karakter kadang suka rebutan mainan atau bercanda sambil saling pukul kepala. Kalo soal rebutan sih mungkin masalahnya di semua ibu yg memiliki anak lebih dari 1 pasti mengalami. Tapi bagaimana dengan si kembar. Kondisi keuangan kami kadang tidak memungkinkan untuk membeli mainan sama persis untuk masing2 anak. Biasanya saya beli 1 untuk dipake bersama. Tadinya untuk membiasakan si kembar belajar berbagi dgn saudaranya. Tapi seringnya dipake rebutan. Atau bila salah satu anak sedang tantrum, otomatis perhatian saya terpaku pada si anak yg tantrum tsb. Tapi biasanya saudara kembarannya terlihat seperti minta perhatian juga. Saya jadi suka kasihan liat. Kalo sudah seperti itu biasanya saya panggilkan ayahnya atau eyang utinya untuk digendong atau ngajak maen.
Mamas yang lain yg punya baby kembar ada yang pernah ngalamin gak yaa? Saya ingin sekali belajar tentang pola asuh si kembar tanpa membeda2kan satu dengan yg lain, dan membuat si kembar percaya diri. Thanks before for sharing...

-Wiwid-

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

2

Topic: Mengasuh Si Kembar

Hi Kira Kara
sebenernya belum ada topik khusus untuk si kembar, tapi ada topik yang mirip di sini http://theurbanmama.com/forum/topic120-sibling-rivalry.html
Sila dibaca2 siapa tahu bisa jadi masukan.

Kalau untuk masalah rebutan mainan, itu biasa yah namanya anak2, bukan cuma kembar aja yg ngalamin. Pastinya sih kasih perngertian buat si anak kalau itu gak baik.

Kalau soal tantrum, kalau gue boleh saranin, justru jangan kasih perhatian pada yg lagi tantrum. sebaliknya, setelah mastiin kalau si anak baik2 aja cuma ngambeg doang, cuekin. Malah ajak yg lagi gak tantrum untuk bercanda atau main-main. ini ngajarin, siapa yg behave, dapet perhatian mama dan senang-senang, bukan sebaliknya, justru dapat perhatian kalau nangis atau jejeritan.
Coba baca-baca di sini deh.. http://theurbanmama.com/forum/topic366-cry-baby.html

HTH yah

3

Topic: Mengasuh Si Kembar

waaaa... thank you pencerahannya fanny... soal tantrum saya jadi nyadar deh... baca-baca lagi aaaah... Thank you so much...

sambil masih terus berharap ada bunda yang punya anak kembar buat sharing disini.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Mengasuh Si Kembar

Hai mom Kira Kiara..
Saya gak punya anak kembar tapi saya sendiri anak kembar.Saya punya sodara kembar ,perempuan juga.Kami kembar identik dengan 1 ari-ari,jarak kelahiran cuman 5 menit,tapi karakter kami bisa dibilang bertolak belakang.
dulu waktu kecil sering juga rebutan mainan,sepertinya itu wajar,gak terjadi sama anak kembar aja.mungkin karena anak kembar jadi kayaknya harus selalu kompak ya,padahal anak kembar tetap pribadi yg berbeda.kalo berantem,sampai besar kamipun masih suka berantem beranteman tapi pada akhirnya kami selalu bisa saling memaafkan ko,jangan terlalu kawatir ya mom.mungkin mom belikan mainan yg bisa dipakai bersama,misalnya puzzel jadi si kembar bisa main bersama tanpa rebutan.
yang penting menurut saya,jangan pernah membanding bandingkan si kembar,memang si secara fisik mereka mirip tapi sebagai manusia mereka pasti punya keunikannya masing - masing.
itu sharing aja pengalaman saya jadi anak kembar,maaf kalo terkesan menggurui hehehehehehhe

love zahra,berumon and books

5

Topic: Mengasuh Si Kembar

Hai mama Alesha,
Waaah, senengnya akhirnya dapat cerita dari si kembar. heuheu... dari awal saya hamil kembar, selalu penasaran gimana sih rasanya jadi anak kembar, supaya nantinya saya tahu bagaimana harus memperlakukan si kembar. Eh akhirnya dapat juga dari mama Alesha... Setuju banget deh mam kalo kita gak boleh membanding-bandingkan. Bahkan saya kurang suka memakaikan semuanya serba kembar ke KIRA-KARA. seperti cerita mama Alesha, KIRA-KARA juga memiliki karakter yang berlawanan. Kalau saya bilang, mereka datang dengan sifat berbeda untuk saling melengkapi. haha... lebay banget gak sih. Jadi saya pun memperlakukan mereka sesuai karakter masing2. Bahkan sudah mulai saya ajari untuk memilih bajunya sendiri2, mau pake yg mana, mau yang warna apa. Saya sendiri tidak pernah membelikan baju/sepatu yg serba kembar. Kalaupun ada itupun karena dari Kado. Kalau tidak dipakai kan sayang. lagian lebih menghargai yang memberi, jadi saya pakaikan barengan. hehehe... Tapi gimana ya perasaannya kalo selalu dipanggil "Hai kembarr...!!!" padahal kan mereka punya nama masing2. Cuman karena yg manggil gak bisa bedain, jadinya sering dipanggil "hai kembar..." hehehe... apa gak tersinggung yaa.. meskipun saya kadang benerin "Aku KIRA tante..." atau "Aku KARA eyang..." hahaha... bener gak sih???
Yang membuat saya khawatir bukan hanya rebutan mainan, tapi kalo sudah rebutan si kakak suka pukul adiknya. Ketika saya tegaskan untuk tidak boleh memukul dan harus ijin kalo mau pinjem barang adik, dia tantrum. Karena si kakak memang lebih dekat sama eyangnya. Begitu si kakak tantrum, pasti eyangnya langsung turun tangan, gendong si kakak dan memberikan apa yang diminta. Kalau lagi tantrum saya cuekin (maksudnya sih memberikan waktu buat kakak untuk melepaskan tantrumnya) saya suka di omelin dan dimarahin. BIngung juga kaan... Tapi melihat si adik yg selalu jadi kalahan, kasihan juga. Meskipun setelah tenang saya selalu bilagn sama kakak, kalau mau mainan adik minta ijin dulu, main bareng, gak boleh main pukul. Entah paham atau tidak, yang jelas dia seperti memperhatikan omongan saya lewat tatapan innocentnya. Tapi lain waktu terjadi lagi hal serupa... Beginilah belajar hidup bersama si kembar di Pondok Mertua Indah... haha... kalau ada yang senasib dengan saya, tolong beri saya pencerahan untuk memberi pengertian pada mertua dan mengatasi tantrum si kembar...
thanks for sharing anyway.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

6

Topic: Mengasuh Si Kembar

hai mom Kira-Kara
aku jg punya putri kembar ezzah dan syasya (5m)
dari hamil aku dan suami sdh sepakat untuk tidak menyamakan mereka krn mereka manusia yg berbeda makanya dari milih namapun kami gak ambil yg mirip...tp kl soal beli baju sulit bgt buat beda2in,kadang2 gak ada jual yg beda warna ato cm ada 1 motif dan 1 warna jd yah kebanyakan bajunya sama hehe (mungkin utk baby blm terlalu banyak pilihan)
ezzah dan syasya blm sampe ke masa rebutan mainan mom (jd blm bs bagi2 pengalaman malah mau minta tips ni sm mom kira-kara)...tp kl aku lbh suka beli 2 mainan walo mereka blm bs rebutan menurut aku sih ini memang resiko pny anak kembar semuanya serba dobel...jd kl mainannya mahal dan budget gak cukup buat beli 2 mending gak jd aja atau beli mainan kl mimi or abi nya ezzah syasya ada rejeki lebih hihi

mimi ezzah & syasya

7

Topic: Mengasuh Si Kembar

mom kira kara,kalo yg aku alamin label anak kembar itu melekat terus sampai aku besar,tetanggaku aja masih suka ada yg panggil aku si kembar.kalo aku sih udah biasa,dl waktu kecil kalo ada orang panggil si kembar aku juga biasa aja tapi kadang suka malu karena tiba-tiba jadi pusat perhatian (waktu kecil belom senarsis sekarang slnya hehe)
sering aja bilang ke kira sama kara kalo jadi anak kembar itu menyenangkan,akan selalu ada teman untuk berbagi.
oiya jadi inget,dl aku karakternya lebih agresif dr adeku,jd aku juga sering main pukul.dan aku juga selalu di bela sama nenekku.ada masanya aku sama sodara kembarku saling merasa iri,aku merasa lebih disayang nenek sedangkan dia lebih disayang papa,tapi lama kelamaan semakin besar kami semakin tau kalo sebenarnya semua orang sayang ko sama kami.
klo masalah beda pendapat sama ortu dlm mendidik anak sepertinya di tread ini pernah dibahas http://theurbanmama.com/forum/topic111-grandparents-involvement.html

love zahra,berumon and books

8

Topic: Mengasuh Si Kembar

Mom veradwitya Menyenangkan, akhirnya ada juga yg punya kembar nongol disini. Iya nih Mom, saya lagi menghadapi persaingan antar si kecil. Ternyata setelah baca di majalah "tumbuh kembang" itu namanya Twin Escalation Syndrome (TES). TES adalah kecenderungan perilaku seorang anak yang meniru kembarannya. TES ini jamak terjadi untuk anak yang lahir kembar, karena cenderung terjadi persaingan antar sibling. Seperti persaingan untuk menarik perhatian orang tua. seperti yang dibilang mama alesha . Kembar saya KIRA-KARA juga begitu. KIRA yang cenderung dekat dengan semua orang karena kepribadiannya yang humble dan percaya diri dibandingkan adiknya. Sedangkan KARA si adik cenderung introvert. Kalau sudah saling rebutan mainan meskipun gak seheboh gimana, tapi tetap saja mengundang reaksi orang serumah. Nah reaksi yang berlebihan dari orang se-rumah inilah yang sering mengganggu saya. Setelah banyak membaca buku parenting, sedikit banyak saya tahu bagaimana harus menghadapi TES ini. Yang gak ada panduannya itu bagaimana menghadapi eyang-eyangnya ini. hehehehe... secara kita masih tinggal bersama mertua, jadi ya harus berkompromi dengan banyak hal. TES sendiri bisa dibaca disini http://www.twinparenthood.com/2009/09/25/twin-escalation-syndrome/ atau di majalah tumbuh kembang edisi september ini.
mama alesha apakah sampe skrg masih suka saling pukul? hihihihi... KIRA cenderung lebih manipulatif dibanding KARA. Suka merebut mainan, main pukul, gampang ngambek dan merajuk dan jadi kesayangan neneknya memang. Kembar memang selalu jadi pusat perhatian yaa... kalo bawa KIRA-KARA ke hypermart suka tiba2 ditowel orang yang gemes. jadinya si anak kaget dan nangis deeh... hehehe... sepertinya saya harus bilang sama mereka kalo menjadi kembar itu menyenangkan yaaaa... hehehe... thanks for sharing anyway.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

9

Topic: Mengasuh Si Kembar

wah baru tau ada TES...lgsg nenuju TKP buat nambah pengetahuan hehe..thanks ya mom kira-kara informasinya..

mimi ezzah & syasya

10

Topic: Mengasuh Si Kembar

Mau update cerita tentang pola asuh si kembar. Memiliki anak kembar ternyata tidak harus ribet lhooo... Pengalaman ini saya dapatkan ketika saya mengajarkan KIRA & KARA tentang pengenalan benda (contoh: payung, balon, meja, kursi, dll)
Saat salah satu kembar bertanya: "apa?" waktu dia melihat ada anak memainkan payung di VCD dancow, lalu saya jawab "payung..". dan jawaban itu harus saya ulang berkali-kali karena dia tanya juga gak 1 kali saja saat itu. Pada saat kembarannya muncul (awalnya dia tidak tahu topik yg kita bahas apa), lalu si kembar yg awalnya tanya tadi, tiba-tiba berusaha mengucapkan "ayonn..." (mungkin maksudnya payung) lalu saya jawab, "iyaaa... payuung... kakak pintar.." si adik hanya bengong sambil memperhatikan saya mengajari kakaknya mengucapkan kata "payung". Eh tiba-tiba si adik ikutan nyeletuk "paun.." hahahaha... yay...!!! 1 kali mengajarkan, 2 anak pun mahir... yippie... apakah ini juga disebut TES (Twin escalation syndrome)? dunno yet... but, it's really helpful...
HTH for other Mamas of twin babies...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

11

Topic: Mengasuh Si Kembar

Mom Kira Kara & veradwitya Hihihi seruu yaa pny anak kembar :). Mo nanya pertanyaan sbg org awam niy...gmn siy cara mengidentifikasi/memberi info ke org lain agar si kembar ga ketuker namanya? Apalagi klo bnr2 mirip secara fisik...kan org yg baru kenal susah bedainnya :D. Mama Alesha jg ayoo crita pengalamannya dong :)

12

Topic: Mengasuh Si Kembar

mom kira kara, sekarang si kita,udah gak main pukul pukulan lagi,udah tuaa hehehehe maluuu...udah emak emak semua hehehehe.makin besar kita makin jarang si berantemnya.soalnya udah sibuk sama duania masing masing jadi kalo ketemu kangen kangenan aja :)
mom irdhelia aku kembar identik,harusnya namanya identik kita mirip,tapi banyak orang bilang kita beda,dan menurutku kita memang beda si ya.baju kita juga selalu beda gak pernah kembar (memang di sengaja sama ortu untuk di bedakan) oiya aku inget,aku punya tahi lalat di kening,itu yg jadi pembeda antara aku sama kembaranku,tapi aku suka sebel kalo ketemu orang (dulu wkt kecil) orang2 yg gak bisa bedain suka sembarangan pegang poniku untuk liat tahi lalat di keningku,klo ada tahi lalatnya dengan muka puas mereka bilang,na ini mba lila...
makin besar,kita udah gaya sendiri2,kita makin beda jadi orang orang juga makin bisa membedakan.
sebenarnya jadi anak kembar itu asik.selalu ada teman.aku ngeliat zahra sekarang di rumah main sendirian ,aku suka kasian, klo aku dulu dari baru buka mata sampai mau tidur lagi selalu ada teman yg bisa diajak main.kalo zahra sekarang klo mau main sama teman sebayanya mesti ke rumah tetangga dulu heheheheheheh

love zahra,berumon and books

13

Topic: Mengasuh Si Kembar

Jeng irdhelia, seru segalanya. seru mengasuhnya, seru biayanya, seru rejekinya, seru juga senengnya... hehehe... Kalo kembar saya, biasanya orang lebih mudah membedakan dari postur tubuhnya. Kebetulan KIRA lebih gemuk dan chubby dibandingkan KARA. Kalo KARA badannya seperti saya, cenderung mungil. kalo kita yang di rumah sih bilang mereka beda, cuman saudara yang jarang ketemu atau pertama kali ketemu pasti bilangnya mirip, karena memang kembar identik. Apalagi masih kecil, barang-barangnya masih kebanyakan sama (efek kado dari saudara yg ikutan gemes liat anak kembar... hahaha...) Efek positifnya sampai umur 16 bulan, emaknya belum pernah beliin baju, karena banyak sekali kado baju kembar yg masih numpuk manis di lemari. eh pernah ding 1x doang... hahaha...

Mama Alesha, setuju, enaknya jadi anak kembar melek mata punya temen maen plus temen berantem. Kembar saya juga begitu, kalo lagi akur, mereka ketawa sama-sama, maen sama-sama, kejar-kejaran berdua, seru sekali ngeliatnya. Bahkan kalo satu dipinjam utinya dibawa arisan, kelihatan sekali kalo kembarannya sangat kesepian.. hehe... Tapi kalo sudah rebutan mainan, ampuuun rame sekali... padahal itu mainan ada 2, sama persis, masih aja dipake rebutan.. heuheu... well, overall, it's always fun...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Mengasuh Si Kembar

Hihihihi,,,kalo di aq,,suamiku yg kembar. Tp mereka emg sengaja dipisahin. Aq lupa dr umur brp dipisahnya. Alasannya,,kalo yg 1 sakit,yg lain ga ikutan sakit. Trs spy ga sering berantem,dll. Katanya sh ada hubungannya dg mitos jg,entahlah. Kalo suamiku yg ikut dg ortu kandung,sdgk kembarannya dg ortu angkat. Bener2 dipisah beda pulau antara Kalimantan dan Jawa. Jd suamiku ini ga tau kalo dia kembar smp suatu saat (umur 9-10th),kembarannya dibawa pulang sm ortunya. Br deh mereka bingung,,koq ada orang yg mukanya sm persis dg mereka? Stlh itu tahap 'perkenalan' dimulai. Satu sekolahan,temen2 yg tadinya ga tau kalo kembar,jd ngerti dan bingung ngebedain. Sering berantem (namanya jg cowoq),sering bersaing tp tetep sering kompak jg. Waktu kuliah,mereka pisah lagi bahkan smp sekarang. Mskpn 'basic'nya mereka suka bgt dg seni dan fotografi,tp suamiku ga kerja di bidang itu. Cm sbg hobi. Beda dg kembarannya yg menjadikan seni dan fotografi sbg pekerjaannya.
Ini cm sekedar sharing,mskpn pnh dipisah lama bgt tp tetep ada ikatan batin di antara mereka :)

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

15

Topic: Mengasuh Si Kembar

natallia haa??? mas erik sama mas dedy itu dulu dipisahin? eh serius akyu tak tahuuuuuuuu.... *tetangga durhaka*
maapkan ke OOT-an ku mama mods

still learning....day by day....

16

Topic: Mengasuh Si Kembar

eh mama natallia dan mama alula tetanggan yach? *lha kok ikutan OOT*
Eh, jangankan yang kembar, yang gak kembar aja suka bertengkar.. apalagi yang kembar, seusia yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang hampir sama. pastilah lebih sering bertengkar. tapi juga lebih sering kompak karena senasib dan sepehamaman kali yaa.. hihihi..
KIRA - KARA juga bertengkar. tapi juga kompak sekali kalo pas becanda atau baca buku. Meskipun sering rebutan mainan, tapi kalo lagi kompak juga seruu sekali main berdua, diskusi berdua dengan bahasa yg kadang masih pake bahasa planet, dan herannya kok nyambung sih satu dan yang lain. Sampe penasaran ngobrolin apaan ya mereka? hehehe.. :D
Karena keadaan, tak jarang saya beli mainan cuman 1. Seperti sepeda roda 3, saya beli cuman 1. Selain karena budget yang terbatas, saya juga ingin mereka lebih kenal dengan kata "giliran". Dan meskipun melalui tahap rebutan lebih dulu, akhirnya mereka bisa kompak, 1 yang nyetir, 1 yg dorong. bergantian sesuai kesepakatan. Atau naik dua2nya, diatur sedemikian rupa, jadi kayak boncengan gitu. Dan gak pake rebutan siapa yg di depan, siapa yagn dibelakang... dan kalo rebutan, mereka tahu konsekuensinya... (mainannya bakalan disita bundanya..) :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Mengasuh Si Kembar

MamaAlula wrote:
natallia haa??? mas erik sama mas dedy itu dulu dipisahin? eh serius akyu tak tahuuuuuuuu.... *tetangga durhaka*
maapkan ke OOT-an ku mama mods

Hohohoho...iya,,dipisah... Kalo ga slh Deddy tuh dtg ke Bontang pas sktr kelas 4 SD. Lama jg yah dipisahnya? Pas november, Deddy nikah,ortu angkatnya jg didatangkan dr Batu.

Kira Kara
Qt tetanggaan di kampung nan jauh,di Bontang. Kalo aq asli Surabaya,lhr disana. Hmmm..spy ga makin OOT. Aq kn langganan majalah ayahbunda,pnh ada artikel ttg bayi kembar 4(bkn bayi tabung,2ceweq,2cowoq). Usut pny usut,,bapaknya temen suamiku dl pas msh di Freeport. Trs kmrn smpt liat poto2 anak2nya. Ihhh,,,,lucu2 bgt.... Bayi2 itu asik bermain dg kembarannya. Ada yg lg pk babywalker 'ngobrol' sm sodaranya yg pk jumperoo. Ada yg lg asik tidur berdua di cribs. Seru bgt... Kyknya mrk jg mainannya ga ada yg sama,,kalo liat dr fotonya. Wewwww,,,,kembar 4,ga kebayang rumah ruameee bgt...

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

18

Topic: Mengasuh Si Kembar

whattt???!! kembar 4??
Kalo saya pingsan kalii.. hihihi.. haduuh.. ampuun ramenyaa.. hehehe.. 2 aja rumah udah kayak kapal pecah. udah seperti pasar pindah.. apalagi 4 yaa...
*membayangkan*
eh gak pengen nyobain tuh mbak??! apalagi punya gen kembar..
hehehe..
gimana pola asuhnya yaa..
mungkin sama kali ya kayak ibu-ibu normal yang punya 4 anak.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

19

Topic: Mengasuh Si Kembar

Halo perkenalkan nama saya mama nya Annisa Hafizah, si kakak Annisa juga mempunyai adik kembar cowok identik, sengaja kami beri nama tidak sama yaitu Zanki dan Raffi. Saat ini sudah berusia 7.5bulan. Walaupun kembar identik, allhamdulilah ada birth mark di salah satu tangan Zanki sehingga memudahkan kita, tidak hanya itu saja, walaupun mirip kita bisa membedakan dari bentuk kepala, Zanki lonjong dan Raffi bulat :)

Mengasuh sikembar memang membutuhkan tenaga ekstra plus kesabaran, saat ini kita dibantu oleh 2 ART yg masing masing memegang sikembar. Dari perkembangan motoriknya juga mereka saling berlomba lomba satu sama lain, Zanki sudah mulai belajar duduk dan bicara ta ta tatata ta dan Raffi start ogoh ogoh dan duduk.

Pokoknya seru abiss walaupun cape tapi make our love more colorfull :)

20

Topic: Mengasuh Si Kembar

yeaaayyy... nambah 1 lagi bunda si kembar.. Welcome to the club mama Annisa Hafizah Yunanta

Iya, mengasuh si kembar memang seruuu.. Tunggu saatnya nanti mereka mulai makin aktif.. Celotehnya lebih seru.. tingkahnya pun juga dobel surpraise.. semua makin ajaib deh kalo ada si kembar.. :) Happy for you..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

21

Topic: Mengasuh Si Kembar

Haloooo perkenalkan, saya newcomer. Anak ke-2 dan 3 saya kembar dampit, Niko dan Anya (3 bln). Tentunya karena satu laki2 dan satu lagi perempuan, nggak punya masalah utk identifikasi. Hehehe....

Aku pengen tanya kembar2 yang lain, dulu growth chart-nya ngikutin growth chart biasa kah? Soalnya namanya kembar, berat lahirnya kan di bawah yang nggak kembar.
Makasih sebelumnya

22

Topic: Mengasuh Si Kembar

f1gurl,
Kembar saya growth chart nya ikut GC baby prematur. Karena memang lahirnya prematur. Kalo BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah) biasanya pada usia tertentu akan catch up ke BB normal. Tiap anak berbeda usia kemampuan catch up nya. Kebetulan kembar saya termasuk slow growth, jadi 1 anak baru catch up ketika usia 18 bulan, dan 1 anak usia 24 bulan. Tapi ada yang 6 bulan udah bisa catch up. di monitor terus aja perkembangannya :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

23

Topic: Mengasuh Si Kembar

wah, senangnya baru ketemu thread ini..
Anak kedua saya kembar laki-perempuan yang sekarang umurnya hampir 10 bulan, namanya Athar & Audry. Karena dampit ya jadi nggak sulit untuk membedakan keduanya. Untuk baju,sudah pasti beda, kalau untuk mainan mereka masih suka mainan yang 'netral' jadi tidak dibedakan.. catch up nya termasuk cepat, berat badannya malah utk Audry sudah overweight dlm gc-nya (11kg), Athar (10kg). sejak umur 9 bln sudah belajar berdiri dan skr sedang belajar tetah (jalan sambil dipegangi).. kerepotan utk menjaga? hihi nggak usah yg punya bayi kembar ya moms..semua pasti ngalamin hal yang sama, beruntung saya masih dibantuin ibu dan ibu mertua..apalagi sekarang blm dapat yang bantuin jaga..*maap curcol

live in a colourful life with 3 lil angels, Jehan Athar Audry..

24

Topic: Mengasuh Si Kembar

arika,
wah lengkap ya kalo dapat anugerah kembar dampit cowok-cewek.. Seneng deh liat GCnya bisa cepet catch up nya.. motoriknya juga cepet tuh catch up nya yaaa... oh iya, untuk mama f1gurl, nih ada mama si kembar dampit yang bisa catch up cepet lhoo.. jadi tetep semangat yaaa.. :)

Kalo soal kerepotan mengasuh si kembar, rasanya semua akan ada tahap penyesuaian. 4-5 bulan pertama mengasuh si kembar rasanya stress luar biasa. belum bisa managing segala hal.. tetapi seiring perkembangan si kembar yang makin stabil, dan terus belajar memanage segala pekerjaan, lama-lama bisa terbiasa juga mengasuh tanpa perlu ribet. Yang penting memang dinikmati penuh rasa syukur.. Ketika saya tinggal berangkat ke kantor, saya percayakan si kembar ke MIL dan 1 BS yang gak nginep. tapi kalo sudah sampe rumah, semua lengket sama saya.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

25

Topic: Mengasuh Si Kembar

Makasih, semua...

arika,
Semoga Niko-Annika bisa catch up cepat seperti Audry dan Authar, ya..

Aku baru masuk kerja lagi nih...
Sekarang ini, Annika (5 kg) lebih cepat catch up daripada Niko (4.7 kg). Alhamdulillah, gimana juga, target "2x BBL di usia 3 bulan" berhasil terlampaui oleh dua2nya.
Keduanya sekarang sudah bisa menggulingkan badan. Jadi udah harus lebih hati2 lagi kalau jagain mereka.

Untuk baju, untungnya stok baju yang ada, rata2 "gender-neutral".
Mainan - banyaknya mainan abangnya waktu bayi. Tapi mengingat aku pun dulu senengnya main mobil2an dan pesawat terbang, aku rasa nggak masalah. Hehehe....