1

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

Aku baru lahiran, babyku masih newborn banget, masih 8 hari... Ritme hidup jadi berubah drastis, gak bisa kayak dulu lagi. Jadinya ya aku yang harus nyesuaiin waktunya babyku. Di hari-hari awal pulang ke rumah (setelah persalinan) aku sempet stress banget klo sudah malam tiba :(

Selama 8 hari ini, kegiatannya klo pagi-siang-sore tiap 2 jam sekali cuma nenen-tidur-kebangun (karna popoknya basah/minta nen), begitu seterusnya. Klo pagi sebisa mungkin dijemur, tapi gak bisa lama, 5 menit dijemur sama ayahnya di luar sudah rewel. Klo malem tiap 1-2 jam sekali kebangun minta nen, tapi sejak aku pakein dispo klo malem alhamdulillah setidaknya bisa 2 jam sekali dia minta nen...

apa baby newborn semuanya gitu ya ritualnya?
ingin membuat jadwalnya teratur, tapi yang ideal kapan ya?
klo newborn dibikinin jadwal gitu bisa kah?

eh ya klo baby newborn enaknya diajak main harus ada jam tertentu kah?
aku selama ini biasanya pas nenenin dia aja sambil ajak ngobrol, blm punya waktu khusus buat ajak main....

- Mommy loves Arka so much -

..:: The Widiadi's ::..

2

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

ietha, kalo newborn sepertinya memang jadwal kita yang mesti adaptasi sama baby deh. ibaratnya dia sedang menghadapi dunia baru :P , jadi dia juga banyakan cari nyaman dengan bolak-balik nenen, dan otomatis juga bolak-balik pipis. nah abis itu baby-nya menggembul .. bulett ..
nanti setelah 3 atau 4 bulan, ada juga yg 2 bulan .. mulai bisa 'bernapas' kok mamanya. bisa ditinggal ngucek2 popok n internetan :D
tapi setelah itu pertambahan BB-nya juga udah gak sebanyak masa-masa pas dia bolak-balik nenen-pis-pup ..

less ego, more heart

3

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

ietha, sudah lahiran ya? Selamat ya mama baru. Nama baby-nya siapa?

Sama, saya dulu juga sempat ngalami jadwal yang kacau di awal-awal Alin lahir. Apalagi waktu itu saya niatkan 3 bulan pertama tidak memakaikan dispo ke Alin. Jadi pakai popok kain biasa, yang membuat Alin jadi selalu "ngeek" kalau popoknya basah (risih). Bahkan malam pun dia pakai popok kain biasa, jadi beberapa kali dalam semalam saya bangun buat gantiin popok yang basah. Sempat yang ngerasain stress juga karena otomatis jadwal saya buat beraktivitas dan istirahat tidak bisa seperti sebelumnya (apalagi saya juga harus mengurus Alin sendiri karena ayahnya tugas di luar pulau). Tapi orang-orang di sekitar selalu menyemangati sih, kata-kata senjata teman-teman saya adalah "Dinikmati saja dulu, toh masa-masa seperti ini ngga selamanya. Lagian kamu masih adaptasi, ntar juga akan terbiasa kok"

Nah, setelah 3 bulan itu, akhirnya saya mulai pakaikan dispo (hanya kalau mau tidur malam). Dan memang setelah itu, tidur malamnya lebih anteng, kebangun paling 2 atau 3 jam sekali untuk mimik.

Saya mulai menerapkan jadwal waktu dia usia 3 bulan itu. Karena saya bekerja, saya ingin Alin sudah rapi sebelum saya berangkat. Jadilah dia dibiasakan bangun jam 6 pagi dan lanjut mandi. Terus nyusu, dibawa putar-putar kompleks pake stroller sama mbaknya. Terus minum juice, nyusu lagi, bobok. Kalau belum MPASI biasanya kegiatannya seputar itu aja. Oya, saya ada jadwal setiap hari kasih juice setelah dia 4 bulan dan masih berjalan sampai sekarang. Mandi sore antara jam 3 - 4 sore. Tidur malam biasanya setelah maghrib.

Alhamdulillah, sampai sekarang (2,5 thn), secara garis besar masih sesuai. Yang berubah cuma bobok siangnya jadi cuma sekali setelah makan siang dan bobok malamnya sekarang antara jam 20.30 - 21.00.

Kalau waktu untuk bermain, setiap saat saya bersama Alin adalah masa bermain (baik buat Alin maupun buat emaknya hehehe). Menurut saya, anytime kita berinteraksi, bisa dipakai untuk waktu bermain, membentuk bonding dengan si kecil.

Jadi Ta, dinikmati saja dulu masa-masa awal ini. Masa-masa adaptasi menjadi ibu baru :)

-- alin's partner in crime --

4

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

Wah, inget waktu Bradley newborn (sekarang dah 5m2w). Masa2 itu bener2 challenging banget. Berasa kaya di twilight zone, nyawa antara ada dan tiada gara2 kurang tidur (haha.. lebay :P). Soalnya pas bulan pertama emang ga pake babysitter, jadi full ngurus sendiri (selain dibantu nyokap and suami). Sebenernya salah sendiri, karena kalo siang aku ga bisa tidur samsek, tidurnya cuma malem aja. Alhasil berasanya tidur itu kuraaaannnggg banget. Dulu sih jadwalnya Bradley waktu NB very predictable. Tidur, bangun, nyusu, ganti popok - repeat seratus ribu kali. Nangis aja jarang banget umur2 segitu. Sekarang sih dah banyak main, tapi dah banyak ngambeknya juga..

Yah, tiap masa kayanya ada +/-nya deh. Semua orang bilangnya "dont worry, this wont last" Hehe.. bener kok, pas udah 3 bulanan, tidur malemnya udah agak lama. Bisa tahan 4 - 5 jam. Pernah sekali abis ngambek berat, kayanya kecapean. Tidur dari jam 7 sore, bangun jam 2 pagi minta susu, abis itu bobo lagi.. :D

Sekarang kalo siang dia ga mau bobo suka kepikiran, ah, pas masih NB enak, banyakan bobonya. Sekarang harus pinter2 meng'entertain'..

5

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

hai ietha aku juga baru lahiran anak ke-2, emang jadwal berubah drastis.. dan berasa lebih stress+capek, karena setiap adiknya bangun tengah malam kakaknya ikut bangun (22nya co-sleeping) dan akhirnya 22nya minta nenen.

ohya mana adiknya ini bisa tiap 1-2 jam ganti popok di tengah malam. karena gerak dikit dia pup, tiap anak beda-beda sih karena dulu kakaknya ga seheboh ini jadwal pupnya.

Tapi dinikmati aja.. Catnapping whenever possible. Kalau usia bayi udah 2-3 bulan biasanya udah mulai jarang pupnya, malah bisa jadi 3 hari sekali baru pup kalau asi eksklusif.

Sebegadang apapun malamnya, aku tetep biasain bayi maupun kakaknya mandi pagi2 (sekitar jam 7), nanti pas mereka tidur siang, kita ikut tidur deh, charging energy. :)

soal kapan newborn main, aku gak ada jadwal, pas dia bangun atau pas dia nenen diajak main2 aja. Karena newborn kan seharian mostly tidur aja kerjaannya kalo siang.. hehe

ohya, usahakan kita "berisik" kalo pagi/ siang / sore, untuk menunjukkan ke bayi "there are activities during the days, and quiet sleep at night"

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

6

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

samaan nih, makanya bisa onlen malem2 gini :D

baru 1 bulan punya bayi baru, jadwalnya masih kacau beliau, mana si kakak juga kalo siang minta perhatian, mamanya kurang istirahat.

"hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita"

7

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

para moms
aku jadi tambah deg deg an liat pengalaman moms disini, aku melahirkan perkiraan tanggal 2 des 2011 melahirkan (cesar), dah aku ni ga punya moms MIL juga di negri sebrang, ga bs bayangin gimana caranya ngurus new born nantinya, pa lagi kl dah masuk kerja hikzzzzz, mudahan smua lancar jaya

just an ordinary working moms

8

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

rif gail Amiiin,yg penting jgn kepikiran yg engga2. Selama babynya lahir aterm, dan ibu-bapaknya udah siap mental. Inshaallaah no probs, kok. Kalaupun begadang palingan cm sebulanan. Itupun siang masih bs istirahat. Bnyk2 doa mudah2an ibu&bayi sehat sempurna, dan bayinya gak rewelan :))

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

9

Topic: Jadwal Bayi Baru Lahir

mummyhilya wrote:
rif gail Amiiin,yg penting jgn kepikiran yg engga2. Selama babynya lahir aterm, dan ibu-bapaknya udah siap mental. Inshaallaah no probs, kok. Kalaupun begadang palingan cm sebulanan. Itupun siang masih bs istirahat. Bnyk2 doa mudah2an ibu&bayi sehat sempurna, dan bayinya gak rewelan :))


terima kasih moms supportnya, semangkaaa!!! :)

just an ordinary working moms