1

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

dear mods, moga2 topik ini belom ada ya, soalnya aku cari ga nemu
aku mau sharingnya, kira2 hal paling ekstrim apa yang dilakuin toddler mamas semua dan umur brp, soalnya aku bingung, anakku kategori normal atau memang ga ekstrim. jadi ceritanya kemarin di tempat main, aku liat anak yg lebih kecil dari anakku (3yo) udah berani ngelakuin mainan yang cukup ekstrim (menurutku), aku jadi bertanya-tanya, jangan-jangan anakku ga beranian anaknya hehehe...atau bisa jadi si anak itu yang masuk kategori ekstrim
mohon sharingnya yaa :) TIA

2

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

lusyani, agak bingung yah pengkategorian ekstrim itu gimana :)
yg jelas ada yg aktif banget, ada yang bisa menikmati main dengan tenang

anak mamas TUM yg sempet bikin aku deg-degan tuh Dante-nya Eka, asli ya itu tiang atamerica PP dipanjat ampe tinggiii. pas akunya heboh sendiri, eh eka-nya sante aja, udah biasa katanya :D

klo Asa (29bulan) ga sampe setinggi itu manjat2. yang agak bikin jantungan cuma kalo dia naik ke sandaran sofa trus loncat, pernah kejadian sekali, trus dia nangis kejedug dan kapok. mungkin karena mamah-nya juga tipe parnoan kali ya ...

less ego, more heart

3

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

mungkin judulnya diganti, jangan "extreme toddler" tapi bahas ttg active or hyperactive toddler. karena extreme itu kesannya gimanaa gitu deh.. padahal yang maksudnya mau dibahas kan ttg how active is your toddler. dan menurut gue ini sih kembali ke orang tua masing2. toddler pada dasarnya pasti aktif, tapi ada yang takut2 krn suka dilarang orang tua, ada yang mayan berani manjat tinggi2 krn ya dibiarin aja ama ortunya, disuruh explore.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

ah, baru aja bahas ini ama suami..aysha itu termasuk yang sangat berani nyoba permainan yang cukup ekstrim atau standar di usianya..(maksudnya itu kan ya?)
jadi aysha itu berani naek flying fox, euro bungy, perosotan nan tinggi di lolipop sendirian..itu semua di umur 2 taun kurang. awalnya gw pikir wajar untuk seusianya, sampe akhirnya ngobrol ama temen2 yang anaknya seumur ternyata cuma aysha yang berani diumur segitu pdhl sama ortunya disuruh ikutan juga.
nah kmrn di waterpark, aysha (2,5yo) berani naek perosotan setinggi 3 meter yang langsung meluncur ke kolam renang, sendiri! ga mau dibarengin ama papanya. semua org bilang ini anak beranian amat. sampe akhirnya ada yang bilang ati2, soalnya anaknya ga takutan, jadi harus bener2 diawasin.
nah muley deh tanda tanya..wajar ga sih anak seumur ini beraniannya sampe segitunya, bakal ada efek ke depannya ga atau yah paling beranian aja gitu anaknya..hehehe penasaran aja
lusyani itu sih hal paling "ekstrim" yang pernah aysha lakuin :)
sidta hahaha curiga dante suka disuruh ambilin rambutan di atas pohon ama eka ini mah :D

~Aysha's mom~

5

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

Kayaknya selama anaknya diawasin dan dijaga keamanannya dan selama anaknya mampu dan berani mencoba,go ahead aja mamas...soalnya anak pertamaku awalnya aktif ampe perosotan dr railing tangga juga sebelum 4 taun klo ga salah, tapi karena ibu ama neneknya khawatiran dan bawel bangeet, ni anak jadi malah ga pedean klo mencoba sesuatu misalnya maenan yg aga ekstrim gitu...krn dibilangin ama psikolog sklh pas sd barulah rada di los dan ga terlalu dilarang-larang,berani nyoba waterboom aja pas kls 4sd...hadoooh telat bgt yaa...jd adik2nya ntar ga akan terlalu dioverprotektif deeh

Always love my happy life, alhamdulillah
@ruribuwi

6

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

Setuju ama yang lain, mungkin bawaan aktif itu ada hubungannya ama tingkat kekhawatiran orang-orang di sekitarnya (ibu, ayah, dll).

Tapi mungkin juga ada sifat bawaan dari anaknya sendiri kali yah. Ini saya coba membandingkan anak saya yg no.1 dan no.2 (kebetulan dua-duanya laki2 pula :D)...

Yang no.1 memang saya biarin bebas, soalnya perna nanya2 temen di kantor katanya kalo terlalu banyak dilarang2 bikin dia nanti jadi susah bergaul, pemalu, dan takut ketemu orang baru. Jadilah umur 9 bulan pun, si no.1 naik turun tangga sesuka hati :P, saya gag pasang pagar ato pembatas apa pun deket tangga. Awalnya tentu diikutin, lama-lama umur 11 bulan dia udah saya biarin naik turun tangga sendiri ke lantai 2. Memang hasilnya si no.1 ini kalo ketemu orang baru mana pun langsung pasang aksi, kenalin diri, nanya-nanya nama orang, pokoknya gag pemalu. Ini aja udah playgroup dari hari pertama saya gak perna jagain di sekolah semenit pun, hari pertama langsung akrab ama bu guru :D.

Nah, ini anak no.2 saya berusaha lakukan hal yang sama. Di rumah saya biarin aja dia bergerak sesuka hati, manjatin lemari juga hayooo, karena di apartemen sekarang gag ada tangga hihihihi... tapi yg kecil ini kalo liat orang baru gag mau digendong, nangis-nangis nyari saya. Terus kalo dibawa ke tempat baru juga jadi cengeng dan maunya nempel terus. Kalo di rumah biasanya lincah, di tempat baru lempeng aja, gendong terus maunya :P.

Eh, ini menyimpang gag dari topik aslinya??? hehehehehe... maap kalo gag nyambung :P

Jihan : simply a mom ;) ... http://jihandavincka.com follow me @davincka

7

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

Anak pertamaku, laki-laki, 3 yo, banyak disebut orang sebagai anak yang hyperaktif.
Kenapa?, karena dia jaraaaang banget bisa duduk diam, bahkan dalam hitungan <5 menitpun. Baik mulut, tangan, dan kakinya selalu aktif ngomong dan ngoprek semua barang di rumah, bongkar2 mainan dan perabot sampai banyak yang rusak karena dioprek dia, loncat-loncat dari kursi/meja, lari kesana-kemari, dan tidak ketinggalan manjat sana-manjat sini. Mamah mertua sampai tiap hari pusing dibuatnya.

But, deep down in my heart, aku tidak pernah melabelinya sebagai anak yang hyperaktive, aku lebih senang menyebutnya sebagai anak yang super-aktive. Dari beberapa sumber yang kubaca dan aku sefahami (krn definisi anak hyperaktive dari beberapa sumber ternyata berbeda-beda), label hyperaktive ini baru bisa diberikan ke anak kalau usianya sdh >7 thn (sudah masuk usia SD), dan belum bisa duduk manis dan konsentrasi mengikuti pelajaran di kelasnya

Kebetulan anakku termasuk yang telat bicaranya. Karena telat ngomong+sangat aktif ini, waktu dia kami bawa ke dsa untuk konsultasi, (waktu itu usianya 2,5 tahun), dia pernah divonis ASD (autism spectrum disorder). Padahal hanya dengan sesi wawancara 30 menit dengan suamiku (aku nggak ikut waktu itu) dan tanpa interaksi langsung dengan anakku karena dia malah tertidur karena kelamaan mengantri . Suamiku syok banget waktu itu, tapi alhamdulillah aku tenang-tenang saja karena feelingku anakku bukanlah seperti yang dibilang pak dokter tersebut. Mungkin ada yang menyebutku denial, tapi aku yang mengasuhnya 24 jam sehari, aku sudah banyak membaca banyak literatur, dan di rumah ada iparku yang juga menderita autisme nonverbal, insyaAllah feelingku tidak salah.

Beberapa bulan lalu, menuruti saran dokter, anakku kami masukkan ke tempat speech therapy di Bandung. Disana tahapan yang harus dilaluinya adalah behaviour therapy dulu sebelum masuk speech therapy. Disini anak diajarkan agar mau duduk manis untuk selanjutnya diajari bermain puzzle, warna, sedikit2 kosakata dll. Speech therapy baru akan diberikan ketika si anak sudah bisa duduk manis. Jadi walaupun sudah setahun therapy kalau si anak belum bisa duduk manis, belum akan naik ke speech theraphy.

Aku hanya mengikutkan anakku behaviour therapy ini 6 bulan saja. Setelah kusadari bahwa bentuk keaktivan anakku adalah caranya belajar ini-itu. Aku merasa tidak perlu meredam keaktivannya dengan therapy segala rupa. Aku yakin, akan ada saatnya nanti seiring dengan bertambahnya usianya dimana dia akan bisa duduk manis dan berkonsentrasi mendengarkan pelajaran dari gurunya.
Kebetulan aku juga punya sepupu yang seaktive anakku, dan toh setelah besar dia bisa juga jadi anak yang kalem dan prestasi sekolahnyapun bagus (dia masuk PTN tahun ini)

Oya, untuk mama yang anak balitanya nya sangat aktif dan telat bicara (speech delay/late talker), bisa juga membaca buku "Anakku Terlambat Bicara - Anak Berbakat dengan Disinkronitas Perkembangan: Memahami dan Mengasuhnya, Membedakannya dengan Autisme, ADHD, dan Permasalahan Gangguan Belajar" karangan Julia Maria van Tiel, supaya tidak mudah panik kalau anaknya divonis autisme atau anak yang hyper-aktive. Sebab ternyata, kasus salah vonis ini lumayan banyak juga terjadi di indonesia.

8

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

Mia, ih aysha berani bangett ... asa klo turun ke kolam renang sukanya yg tertib, duduk dulu, baru kaki nyemplung dst.

davincka, iya, ada bawaan karakter anak juga kali ya. klo diperhatiin, sebelum ngomongnya lancar asa juga heboh nyobain ini itu. setelah mulai bawel, mulai deh ati-ati dianya.

dulu dia berani kotor, sekarang bolanya nggelinding ke halaman belakang aja dia ambilnya pake cari sendal dulu. klo di playground juga dia nggak terlalu kalap, malah kadang klo ada yg minta gantian main dia langsung kasih aja.

untuk kali pertama sebelum dua tahun dulu dia minta naik kereta2an. selain dia gak ada anak lain yg naik, dan klopun naik si anak gak boleh ditemeni. deg2an banget takut dia heboh atau turun pas kereta lagi jalan, tapi ditekad dibiarin aja ... dan ternyata asa bisa ngendaliin diri sampe beberapa kali putaran n akhirnya berhenti

Asa kayanya sekarang pergerakannya udah mulai 'terarah' :)

less ego, more heart

9

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

makasih ya sharingnya mamas semua :)
sidta wah anaknya mba eka beranian ya..
setuju sama slesta tergantung orang tuanya ngebolehin si anak explore mainan yang "bahaya" atau engga
tapi kalo utk kategori aktif/hiperaktif..belum tentu anak yang beranian kaya aysha nya mia masuk kategori hiperaktif ya, sebenernya pengkategorian yang dimaksud aku adalah anak itu berani/kurang berani utk seusianya :)
mia nah iya, kmrn anak yg aku liat di tempat main itu kaya aysha, umur 2 taun dia explore segala macem permainan yang menurut aku ngeri untuk dilakuin anakku, tapi akhirnya aku tanya anakku mau ga naik flying fox..eh anakku ga mau hehe

10

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

indriani wah gerak aktifnya sama banget sama anakku pertama, Kerlap (33bulan). Tp dia barengan tuh antara ngomong dan jalannya, jd sekarang selain gak bisa duduk diam, gak berenti ngomong juga hehe Aku juga baca2 soal hiperaktif, soalnya biasanya yang jagain dia yang tepar duluan, dianya masih seger aja. Anak br bs dibilang hiperaktif atau gak kalau masuk usia sekolah, kira2 7 tahun. Sekarang ini masa2 anak explore, itu cara belajarnya dia. Rasanya ni anak gak pernah jalan deh, selalu lariiiiiii. Tp ya lama2 jd lebih jarang jatuh, jd makin terampil naik dan manjat2 apapun itu. Anaknya juga berani, dilepas di playground pun udah bisa survive dia hehe Sebagai orang tua, kita harus pinter2 ngarahin energi dia yg berlebih aja jd sesuatu yang positif ya..

@sweet_greeny
ibunya kerlap semesta dan kilau pagi

11

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

shinantya..iya mbak, aku setuju kalau anak br bisa dibilang hyperaktif stelah usia 7 thn, tp pada kenyataannya skrg ini banyak orang yang dengan cepat melabel anak sbg anak hyperaktif, pdhl usianya msh balita, msh usia eksplor ini-itu. IMO, justru orang tua harus bersyukur kalau anaknya aktif, berarti otaknya berkembang :),

12

Topic: Active or Hyper-active Toddler?

mamas,

parenting emang susah susah gampang yah ! bebe D hobi explore tempat dan barang barang setelah join baby class. seneng banget sih, karena dia jadi ga takut ketemu orang dan berani di tempat baru.

tapiiii, emang nyebelin kalau ada orang (saudara atau bukan) langsung nge cap anak kita...ihhh ga bisa diem yah, hiperaktif gini / malahan lebih extrem lagi langsung bilang bandel banget sih...berani panjat panjat tangga dan kursi (walaupun sambil cengengesan....teteupp emaknya gondok berat!!!)

oh ya bebe D sekarang 15M, baru lancar jalan sehingga semuaaaa di explore hihihi. alhamdulilah anak kita aktif dan semangat dengan dunia yang bagi mereka memang baru. toh akan ada masa nya juga mereka paham bagaimana bersikap dan ga terlalu aktif lagi. tentunya, sebagai seorang ibu, kita pasti akan kangen masa masa merepotkan itu (belum apa apa udah sedih duluan....*emak emak mellow).

mending anak kita aktif dan sehat yah...semangat mamas ! biar panas kuping dan hati dengar pendapat orang, we as mother, knew whats best for our babies !!!

Mommy bebe D & baby K
Nothing beats your smile!