1

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

umm..ini semoga nggak salah kamar topicnya

Hai moms...lagi membutuhkan saran..
-/+ 5bln kedepan aku pindah domisili dalam rangka kuliah. Rencana nya pengen ngontrak rumah aja,karena masa kuliah cuma 2,5th. Mau nyari yang 2 kamar aja buat aku,suami,Faiz (13bln),sm seorang sodara buat bantu jagain Faiz di saat aku kuliah. Mungkin rumah dg 2 kamar udah cukup ya..
Cuma aku masih clueless pertimbangan apa aja yang harus diperhatikan saat akan mengontrak rumah,dan bentuk perjanjian nya dengan pemilik bagaimana,tertulis atau tidak,dll..
Butuh saran banget,karena nggak ingin ada penyesalan di kemudian hari.
Mamas yang berpengalaman masalah kontrak mengontrak rumah..heelp doong..
TIA

Jika kita sebut diri ini FULL TIME MOM, sudahkah anak-anak kita benar-benar merasakan bahwa kita ADA untuk mereka?

2

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

saya udah pernah ngontrak dan beberapa kali bantuin temen nyari kontrakan di daerah Bandung. selain kondisi bangunan, sirkulasi udara, lokasi, dll...beberapa hal yg perlu dipertimbangkan:
1. alasan rumah itu dikontrakkan. ini utk memprediksi kira2 apa yg punya kontrakan bakalan nyuruh pindah tiba2 karna ternyata rumah itu dijual sama dia, ato dia tempatin sendiri. rumah kontrakan saya dulu aman dari kemungkinan diusir tiba2 karna itu rumah warisan yg ngga akan dijual, dan pemilik kontrakan udah punya rumah sendiri.
2. kebanyakan kalo ngontrak rumah tu bayarnya langsung di depan utk 1 atau 2 taun. nah makanya harus dipastiin sreg dulu. kalo bisa trial 1 bulan dulu lebih bagus lagi :) nah kalo seandainya mau nyewanya sekaligus bayar di depan 1-2 taun, komunikasikan ke pemilik kontrakan mengenai kemungkinan selese ngontrak lebih cepat dr yg diperkirakan. misalnya udah bayar di depan utk 3 taun, tp ternyata pd prakteknya 2,8 taun aja udah selse. nah apakah sisa-nya bakalan dikembalikan apa nggak.
3. perlu dikomunikasikan biaya maintenance (kayak genteng bocor, sedot WC kalo mampet, dll) kalo ternyata ada, yg nanggung siapa.
4. banyak daerah di Bandung yg airnya ngga terlalu lancar ato ga terlalu jernih. ngga tau deh kalo di Madiun. jadi make sure soal air tuh baik2 aja. karna air adalah hal yg sangat vital.
5. berapa daya listriknya, apakah sharing dengan rumah kontrakan lainnya. kalo ya, kemungkinan ngga bisa punya perabot elektronik terlalu banyak karna bakalan ngga kuat daya-nya. yg ideal tuh minimal 1300w per rumah.
6. kami dulu ga bikin perjanjian tertulis, tp waktu bayar kontrakan di depan, minta kuitansi, ato kita bawa kuitansi sendiri yg ditandantanganin sama pemilik kontrakan di atas materai.

HTH ya Mam CNAP :)

3

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

wah, detail banget penjelasan adhya
Cuma mau nambahin, bener banget, yang harus dicek pertama tuh masalah air. Dl pernah punya pengalaman kontrak rumah, air yang kita pakai gabung dg pemilik rumah dan ga enak banget, akhirnya kami pindah sebelum 3 bulan kontrak.
IMO sih pastikan kalau air yang dipakai air sumur, asalnya dr sumber yg berbeda dari pemilik rumah, krn kalau satu sumber biasanya kita bakalan sering mengalami kekurangan air, yang mana kalau ada anak kecil di rumah terasa banget repotnya.

4

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

pengalamanku ngontrak rumah orang plus ngontrakin rumah sendiri :
1. perjanjian tertulis jd semua jelas ada saksi juga yg ikut sign.di dalamnya dijelasin misalnya ttg harga, perubahan harga & bila ada kerusakan menjadi beban siapa dll.
2. pembayaran rekening listrik, telp, air, iuran lingkungan/sampah: harus disepakati dgn tertulis kapan mulai jd beban kita dan kpn terakhir mjd tanggung jwb kita (krn khawatir ada tunggakan sebelumnya atopun ketika kita sdh pindah masih ada tagihan yg blm lunas)
3. pembayaran kontrak rumah sdh pasti di awal, biasanya 1bulan sblm masa kontrak habis saya selalu nanya mau diperpanjang ato tidak ke pengontraknya. Minta kwitansi sbg tanda bukti bayar.
4. administrasi kependudukan juga harus dibicarakan, dimana rumah RT/RW nya (syukur2 klo yg punya rumah mau nganterin ke RT/RWnya krn sdh pasti yg mau kontrak gak akan tau lingkungan barunya)
5. Jangan lupa semua kwitansi pembayaran rekning listrik, telp ama air selalu kita simpan. Waktu saya kontrak rumah dan setelah 3bulan pindah dr rmh itu si empunya rumah komplain ke saya katanya ada tagihan yg blm saya bayar, untungnya saya selalu menyimpan semua bukti pembayaran.
6. menjaga hubungan baik dgn pemilik rumah artinya jgn terlalu dekat dan jangan terlalu jauh, krn kadang itu bisa menimbulkan masalah :)

Biasanya permasalahan yg sering timbul itu ttg kerusakan rumah yg kecil tp menganggu (seperti genteng bocor). Dulu wkt saya ngontrak suka kesel krn tiap kali laporan ke pemilik dia selalu gak mau bertanggung jwb. Akhirnya saya ambil jalan tengah, minta pemilik nyiapin tukang dan saya yg bayar si tukang u/ benerin yg bocor dgn catatan biaya pembelian materialnya masih batas wajar.
Nah pas saya ngontrakin rumah diawal saya sudah bilang ama pemiliknya, klo misalnya ada yg bocor saya minta dia yg benerin (krn kondisi rumah baru saya renovasi) Dan ternyata stlh 1thn ditempati rumah saya mmg tdk ada kebocoran. Timbul masalah pas menginjak tahun ke 3, si pengontrak bilang klo mulai ada yg masalah rembesan dinding kamar mandi dll. Setelah berunding akhirnya diputuskan klo harga kontrakan rumah di thn ketiga msh sama (tidak saya naikin) dgn syarat dia yg mau benerin masalah rembesan.

Intinya sih selama kontrak semua harus dibicarakan dan disepakati di awal dgn pemiliknya, supaya tidak timbul masalah kemudian hari.

-wife to a great husband, mother for alesya & arsyila-

5

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

aku lagi ngontrak nih,dulu ga ada yg kasih tahu si poin2 diatas untung yang nyewain baik hehe jd kalaupun ada masalah bisa diselesaikan dengan baik.
yang ditulis diatas pada bener semua,oh ya yang musti diperhatikan juga pilih lingkungan ya,misal tetangga sebelah kira2 org2 yg seperti apa,keberatan atau tidak apabila banyak hewan peliharaan di sekitar situ,penting jg lho soalnya ada tetangga yang pindah gara2 ga tahan denger suara anjing disebelah rumahnya hehehe
yang penting ya soal air sama perjanjian kalau ada kerusakan atau masalah apa yang nanggung siapa,jgn sampai pemilik bilang ntar diua yang tanggung,ujung2nya kita yang nanggung hehe
kalau mau ngontrak lebihin uang awal buat ngontrak karena memang biasanya awal2 ada aja perbaikannya atau kebutuhan dasar rumah yang musti dipenuhi..
oh ya..cek juga banyak rayap ga di rumah itu dan tikus masalah rayap dan tikus ini bisa buat ga nyaman lho,kaya pintu atau furniture digerogotin dan tikus yang susah diberantas bisa bikin penyakit..
kira2 itu tambahannya,nanti kalo ada lagi,aku tulis lagi hehe :)

6

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

mau nambahin ya..aku nomaden alias ngontrak terus
1. tanya biaya ngontrak itu udah termasuk aer listrik belum,,soalnya da juga yang udah satu paket.
2.ventilasi..penting apalagi udah punya anak.
3.stop kontak..ini hal kecil tpi bakal jadi masalah kalo bawa barang elektronik banyak,,pengalaman dapet kontrakn yang stop kontaknya sedikit,,,jadi kalo mau nyuci harus cabut kulkas,,kalo nyetrika harus cabut tv (padahal udah pake kabel sambungan)
4.keamanan sekitar,,,suamiku udah kehilangan jaket sama sendal..dikontrakan yang sekarang,,,mangkanya sekarang kalo jemur yang bagus2 di dalem..tapi kalo basah netes kan ga mungkin juga..

hth ya mom,,nanti kalo ada lagi aku tambahin deh yaa...

7

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

nambahin y mam..^^
kalau kontrakannya di perumahan tanyakan jg ada iuran apa aja stiap blnnya...(biasanya ada iuran keamanan, kebersihan dll)..^^

8

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

mau nambahin, sebagai kontraktor, ada bbrp alasan seperti yg sudah disampaikan di atas. tapi, yang terpenting buatku, dapur dan kamar madinya layak pakai. Karena, kan punya anak kecil, acara masak dan mck ini puenting bgt.
terus seperti indriani AIR itu urgent. baik supply air, maupun apakah daerah itu banjir or not.
dan yg penting... masalah bayar2 an, listrik, air, telpon, PBB, aneka iuran lingkungan (kebersihan, keamanan, sosial).

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

9

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

sebisa mungkin , kalo udah nemu rumah yang cocok, jangan langsung diambil. Survey dulu ke tetangga sebelah, nanya2 tentang penghuni yang dulu mengenai permasalahan rumah. Biasanya penghuni lama suka cerita masalah kontrakan ke tetangga. Trus juga, pas siang ato malem jangan males datang ke calon rumah kontrakan untuk liat keadaan sekitar.

woman whom he loves

10

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

pengalamanku selama ngontrak ataupun kost;
1. AIR.. its very2 important.. pernah ku ngontrak dengan air yang kuning dan bau karat besi.. sebulan langsung cabut..
2. keadaan rumah.. kayu,plafon, dll.. coz ku pernah kost dengan kayu pinggir kamar mandi yang udah keropos.. dan di dalamnya jadi rumah kecoa, kelabang.. hho.. like a nightmare!!
3. lingkungan rumah..baik tetangga atau fisik kanan kiri atas bawah... ku pernah ngontrak dengan rumah yang diatasnya ada pohon yang cukup besar.. hasilnya, kamar lembab tak terkira.. buku ga pernah dalam keadaan full kering.. binatang berkeliaran.. dari mulai kecoa, kelabang hingga kalajengking pun masuk ke dalam rumah..
kalo tentang tetangga, ya emang harus dilihat dengan baik dan benar.. apalagi kalo dah punya anak..
4. perjanjian tertulis.. penting walaupun saya jarang lakukan.. coz kita nyari yang bulanan :)

itu yang bisa saya share yaa..
moga bisa membantu :D

11

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

nambahin juga :

cari pemilik kontrakan yang bisa mentrit kita dengan baik secara kekeluargaan. pengalaman kontrakan yg dulu, orgnya super duper baik, serasa keluarga, giliran yg sekarang nemu yg rese, kebanyakan aturan yg mana ga ada diawal perjanjian, ga mo dengerin keluhan, dan yg bikin bete dia mentrit kita seolah kita org yg numpang kaga bayar huh *ups curcol ini kayaknya :D muuph

12

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

semuanya sepertinya sudah dibahas dgn mamas lain.

kalo aku mau share pengalaman waktu ngontrak dulu.

dulu sempet ngontrak daerah kebon jeruk jakarta barat. dapet infonya dr kakak ipar yg tinggal di situ juga. pemiliknya punya beberapa rmh kontrakan dlm satu pagar, jadi berasa kayak town house mini..hehehe..

aku dapet rumah bertingkat dg 2 kamar dgn harga sewa dulu tuh less than 7 jt per tahun. kondisi rumah layak pakai lah, air bagus, lingkungan enak,
pemiliknya juga enak banget. dapurnya beliau nempel ke bagian belakang rmh, jadi kalo masak apa2 baunya sampe, dan makanannya pun juga. kalo lebaran wah gak usah masak apa2, kiriman dari beliau lebih dari cukup :D

kami sih gak pake perjanjian2 gitu, alhamdulillah lancar2 aja selama tinggal di situ. Ada kerusakan lantai keramik yg melembung, beliau yg ganti. gw juga jadi gak itung2an buat menambah beberapa fiber demi kenyamanan gw juga..

judulnya semua serba enak, dr hamil sampe punya anak 2 tinggal di sana lancar jaya aja gitu..gongnya februari 2007, pas msh punya anak 1. Banjir raya aja dong, dan di rumah gw sampe seleher!!!!

bukannya gak pernah nanya soal banjir, daerah situ katanya kena banjirnya jarang. kalo banjir parah paling banter cuma selutut..gak taunya seleher aja...

jadi penting banget tuh untuk tau masalah banjir2 kayak gitu..

kalo skrg sih gw dah pindah dari situ, cmn masih gak bisa lupa gmn enaknya tinggal di situ & tragedi banjirnya :D


btw adhya mau dong dibantuin cari kontrakan di bandung..ada wacana pindah ke sana soalnya..plis ya..pliss pliss pliss..hehehe

13

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

uracute wrote:
nambahin juga :

cari pemilik kontrakan yang bisa mentrit kita dengan baik secara kekeluargaan. pengalaman kontrakan yg dulu, orgnya super duper baik, serasa keluarga, giliran yg sekarang nemu yg rese, kebanyakan aturan yg mana ga ada diawal perjanjian, ga mo dengerin keluhan, dan yg bikin bete dia mentrit kita seolah kita org yg numpang kaga bayar huh *ups curcol ini kayaknya :D muuph



setuju bgt, based on pengalaman, kalo dpt yg punya rmh orgnya baik, klo ada ap2 bisa dititipin (cucian juga )hehe curhat**

apalagi klo suami istri sama2 kerja, kalo yg punya baik kan, qita ninggal kerjanya juga enak

--- nyanyian qilla sebelum tidur : nyanayyuunyununana" ---

14

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

Menurut gue, tetangga tuh kalo ngontrak penting bangeeeeet. Jgn sampe dapet tetangga rese...biarpun rumah nyaman kalo tetangga rese, ampun2an dehhhhh.

Gue dan suami sama2 cenderung lebih individualis sih, beda sama nyokap yg kenal deket dan akrab sama tetangga2 rumah.

Dan kalo bisa, sedapat mungkin kalo milih rumah kontrakan, yg tetangga2nya dari strata sosial / SES yang sama dengan kita, karena kecemburuan sosial dan sirik2an antar tetangga itu mengerikaaannnn.

Terakhir ngontrak di sebuah rumah kecil, pemiliknya lumayan tapi tetangga2nya rese. Jadi itu kan rumah kecil di jalan kecil biasa, nah sebelah gue tuh kontrakan2 si landlord lainnya yg berupa rumah petakan, ada 4-5 pintu.

Ya tentu, tanpa bermaksud menyombong yahhh, sama sekali ga berkamsud loh beneran - tetangga2 gue itu dari strata sosial yg lebih rendah dari gue dan suami, dalam arti mereka kurang pendidikan dan profesinya blue collar semua. Mereka masih muda2 sih malah lebih muda dari gue dan suami tapi udah punya anak 2-3 anak, dan ruang tinggalnya memang sempit banget karena petakan, jadi alhasil mereka siang2 itu nongkrongnya di halaman rumah / teras mereka terus, dan inilah yg sangat mengganggu krn mereka terus menerus mengamati apa yang gue dan suami beli, lakukan, atau apapun kegiatan kita deh...in an irritating way.

Penghasilan mereka juga jauh di bawah kita. Sebenernya gue ga masalah loh karena gue ga pernah mikir aneh2 dan menurut gue semua orang sama, tapi justru mereka yg bermasalah ke gue dan suami, karena spt gue bilang, kecemburuan sosial itu mengerikan :(

Hal2 kecil aja dari saat pertama gue pindah, mereka komentar bahwa barang gue dan suami kok banyak banget, ga kelar2 pindahannya, dan tiap hari beli ini-itu terus bisa seenaknya. Gue waktu itu emang ga mikir sampe kesitu bahwa mereka jeles, dan ya kalo beli barang2 kecil peralatan rumah tangga masak sih harus sembunyi2 bawa masuknya ke rumah? Emangnya maling....

Setiap gue pulang dari supermarket belanja, gue dikomentarin, "Belanja terus ih duitnya ga abis2 ya" atau "Kapan2 kalo belanja kita kek dibawain apa gitu" (apaaa cobaaa) dan setiap ada temen gue atau temen suami yang dateng sore/malam2, mereka rese banget, kalo jam 9 malam belum pulang, udah ribut2 nyindir - padahal gak ada hubungannya juga kan orang pintu masuk dan pagar aja beda. -________-

Dan kita juga ga pernah bikin keributan kalo ada tamu juga kok....

Belum lagi mereka suka komen2 ga jelas bernada pedes krn gue belum punya anak dan belum hamil, padahal emang gue dan suami menunda.

Belum lagi anak2 mereka yang ngeselin jorok banget buang2 sampah sembarangan di pager dan taman gue, PADAHAL ADA TONG SAMPAH GEDE di depan pager gue, dan udah berkali2 dibilangin, gue malah dibilang SOMBONG BANGET dan SOK TAU. Padahal, sampah kan kotor dan bisa membawa penyakit kan, kaya misalkan habis buang bungkus snack, abis itu ujan, tergenang air, jadi sarang nyamuk. Atau sisa snack masih dalam bungkusnya, nanti mengundang tikus.

Udah gitu, buangnya di depan pager dan di taman gue, lagi! Urgh. Sengaja banget kayanya bikin kesel.

Gue sebenernya ga mau kesel ama anak kecil karena anak2 kecil itu gak tau, tapi ini yg bikin kesel, orangtuanya udah tau anaknya salah ngga mau ngebilangin...malah gue dan suami dibilang sok.

Setelah itu gue sama suami gak tahan dan kita pindah ke apartemen...disini sih semua orang saling gak peduli sama tetangganya but at least nobody is being constantly annoying by giving you unwanted comments :)

Nyokap gue tuh termasuk beruntung, tetangga2nya baik2 semua, beberapa udah kayak sodara bahkan.

15

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

CNAP nambahin infonya peach margarita, dulu pernah ngontrak di gang.. di daerah jaktim, gitu. enak alhamdulillah. tetangganya baik-asli. hanya mereka gak bisa mengendalikan anak2nya. anaknya asli ribuuuuuuuut banget, gak kenal waktu. even jam 10 malem mereka masih pada main. waktu itu ponakan saya yg nuborn smp sering kebangun2 gitu karena berisiknya. dan karena nyokap seneng anak kecil, pas nyokap main ke tempat kita masukin anak2 itu, dan, mereka meraja lela dalam rumah sampai2 nyokap gue (yg mnrt gue super sabar) cm melongo. ibunya da loh.. ngeliat, tp gak ngelarang anaknya naik meja tamu, ketuk2 pintu, dll...
well intinya lingkungan= tetangga

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

16

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

CNAP, rumah kontrakanku, dibangunnya ngasal banget. secara itu sebenernya rumah dinas. tanahnya bisa dibeli sama yg punya kontrakan dengan syarat ada bangunan diatasnya. jadilah ngaco banget bangunannya.
cuma tetep ditempatin. soalnya deketan sama rumah Om, jadinya ada yg bisa dimintai tolong jagain Asa. udah nyari-nyari, cuma rumah itu yang ready di daerah sana waktu itu.

waktu baru dateng langsung ganti tiang yang keropos dimakan rayap. bikin kamar, ganti keran, nambal sana-sini. seru2an ngecat rumah, padahal lagi hamil tua .. hihi.

trus iya, tetangga penting banget. mesti sabar dan tahu diri deh, ibaratnya cuma numpang. belum lagi gosipnya, itu siapa yang belum bayar sampah, gaji pembantunya berapa. se-gang pada tahu T.T

trus akhirnya ada beberapa rumah yang ditinggal pengontraknya. akhirnya dikontrak orang dijadiin gudang. eh, ada pegawai gudang yang bawa cewek ML disitu. rame banget digerebek malem-malem ..

sekarang bersyukurr banget udah punya rumah sendiri .. gak sabar pengen pindahan :P , tapi belum dapet cuti .. huhu

less ego, more heart

17

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

@sidta haha ternyata pengalaman tetangganya mirip sama aku ya,aku juga karena suka bolakbalik rumah pd cabe dan rumah lebak bulusnya nyokap suka jarang di rumah kontrakan,kenal sih tetangga2 segank tapi ga yang deket banget,aku pernah kaget mereka tahu2 aja aku lagi punya ART yang pulang harian namanya is anu..padahal ngomongin ke mereka jg nggak.Gue pada dasarnya males ya tetanggaan ketemu isinya gosipin suami,etc doang apalagi kl di rumah banyak kerjaan alhasil suka males keluar juga kl lagi di rumah hehe :p makanya lingkungan emang penting banget diperhatiin karena nanti ngaruh ke anaknya juga :)

18

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

muttimitha: udah di-PM ya Mam :)

19

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

Alhamdulillah pengalaman pertama kali ngontrak kesannya welcome banget, jadi kagak pengen pindah tempat (padahal baru nempati 2 bulan hehe) ibu kosnya misuaku n ibu kontrakan yang sekarang sama-sama enaknya, meskipun sekarang agak jauh dari kantor misuaku, tapi kontrakannya nyaman, dan hal yang paling penting waktu dulu cari kontrakan adalah lingkungan tetangga n airnya. kita dulu pengennya cari lingkungan yang serasa kayak dirumah sendiri, jadi kekeluargaanlah, trus karena kulitku suka pilih-pilih air, jadi kita cari yang rada bersihan airnya, dan itu gak mungkin banget ada di sekitaran jakpus tempat misuaku kerja (kata dia sih) alhasil, kita cari di daerah bintaro, karena dulu misuaku pernah kuliah di sini jadi dia rekom banget tinggal di sini, meskipun konsekuennya dia harus berangkat pagi-pagi banget ke kantor.
setelah dicari dan ditelusuri, banyak kontrakan yang bangunannya gak jelas meskipun air n lingkungannya bagus, tetep aja ilfeel, tapi akhirnya dapet juga. kontrakan yang murah, bulanan lagi, kamar 1, listrik barengan sama tetangga sebelah, nah setelah deal ma yang punya kontrakan, eh ternyata tempat jemurnya sempit banget, kalo cucian banyak aku harus jemur di depan rumah biar cepet kering, nah risih banget kan, untungnya di kontrakan yang belakang rumah (tapi masih punya'nya orang yang sama yang aku tinggali) ada yang kosong, n tempat jemur di belakang gede, malah motor misuaku bisa dicuci dibelakang, jadinya baru dapet 3 minggu di tempat lama dah pindah ke rumah belakang. kalo si mungil nti lair n dah siap di boyong ke kontrakan yang ini, rencananya kita mau pindah lagi (kayak keong ya pindah mulu' hehe) cari yang 2 kamar, jadi biar ada private room buat bulan madu yang kedua setelah si mungil lahir hehe

:D Dhias's wife 'n Asyam's mom :D
YM: coshi mickley

20

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

adhya wrote:
saya udah pernah ngontrak dan beberapa kali bantuin temen nyari kontrakan di daerah Bandung. selain kondisi bangunan, sirkulasi udara, lokasi, dll...beberapa hal yg perlu dipertimbangkan:
1. alasan rumah itu dikontrakkan. ini utk memprediksi kira2 apa yg punya kontrakan bakalan nyuruh pindah tiba2 karna ternyata rumah itu dijual sama dia, ato dia tempatin sendiri. rumah kontrakan saya dulu aman dari kemungkinan diusir tiba2 karna itu rumah warisan yg ngga akan dijual, dan pemilik kontrakan udah punya rumah sendiri.
2. kebanyakan kalo ngontrak rumah tu bayarnya langsung di depan utk 1 atau 2 taun. nah makanya harus dipastiin sreg dulu. kalo bisa trial 1 bulan dulu lebih bagus lagi :) nah kalo seandainya mau nyewanya sekaligus bayar di depan 1-2 taun, komunikasikan ke pemilik kontrakan mengenai kemungkinan selese ngontrak lebih cepat dr yg diperkirakan. misalnya udah bayar di depan utk 3 taun, tp ternyata pd prakteknya 2,8 taun aja udah selse. nah apakah sisa-nya bakalan dikembalikan apa nggak.
3. perlu dikomunikasikan biaya maintenance (kayak genteng bocor, sedot WC kalo mampet, dll) kalo ternyata ada, yg nanggung siapa.
4. banyak daerah di Bandung yg airnya ngga terlalu lancar ato ga terlalu jernih. ngga tau deh kalo di Madiun. jadi make sure soal air tuh baik2 aja. karna air adalah hal yg sangat vital.
5. berapa daya listriknya, apakah sharing dengan rumah kontrakan lainnya. kalo ya, kemungkinan ngga bisa punya perabot elektronik terlalu banyak karna bakalan ngga kuat daya-nya. yg ideal tuh minimal 1300w per rumah.
6. kami dulu ga bikin perjanjian tertulis, tp waktu bayar kontrakan di depan, minta kuitansi, ato kita bawa kuitansi sendiri yg ditandantanganin sama pemilik kontrakan di atas materai.

HTH ya Mam CNAP :)



wahh..aku lagi nyari kontrakan nih di bandung, tapi di sekitaran banda-riau dan sekitarnya deh..hehehhehee kalo ada informasi please email me yaaaaaaa..
sarannya oke banget!!harus dicatattt..tfs yaaa

enjoy your moment!
bisous Bundo de Jene

21

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

ilien: ngga ada bayangan daerah kota banget di sono ceu.. karna ngga pernah hunting daerah situ :D maap ya belum bisa bantu

22

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

adhya wrote:
ilien: ngga ada bayangan daerah kota banget di sono ceu.. karna ngga pernah hunting daerah situ :D maap ya belum bisa bantu



hehhehehe tak apoooo..makasiii anw ;)

enjoy your moment!
bisous Bundo de Jene

23

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

Pengalamanku ngontrak rumah saat ini cukup baik, yang punya kontrakan warga betawi asli, biasa tanah warisan dibikin kontrak2an sehingga sekeliling itu kontrakan semua..warga pendatang yang udah berpuluh-puluh tahun tinggal disitu.

Yang pertama dipastikan adalah :
1. Kondisi bangunan
Ini merujuk pada ventilasi, sirkulasi udara, posisi mck, dan ukuran bangunan itu sendiri. Honestly kemarin gak mau nempatin petakan krn pertimbangan bakal ada pengasuh bayi, dengan nge-gemblang gitu aja tanpa kamar, cuman sekat..gimana mau bikin kamar privacy maupun kamar pengasuh? jadi aku sengaja cari yang bentuknya spt rumah, ada kamar dengan pintunya sendiri.

2. Aksesibilitas lokasi
Cari makan di sekitar lokasi barangkali gak bisa masak, deket supermarket buat belanja bulanan, deket mal/itc/toko barangkali pengen refreshing atau butuh beli sesuatu itu menurutku penting...selain tentunya, akses transport buat ke kantor mudah, meskipun gak deket sama kantor at least terjangkau sama transportasi umum daerahnya.

3. Air, listrik, dan tetek bengeknya
Pengalaman nih, keran air rusak, bisa minta diperbaiki sama yg punya (manggil tukang langganan dia), tapi penggantian kerannya kita yang bayar.

4. Lingkungan
Termasuk tetangga yaaa, alhamdulillah di lingkungan ini bersahabat banget. MIL-ku orangnya suka 'netangga', jadi dia gampang banget berbaur sama tetangga2 sini yang bikin hidup kita dipermudah sama peminjaman jemuran, meja kompor waktu baru pindah sampe kirim-kiriman oleh2 atau makanan :) ah iya, beberapa kali jemuran sering 'diselamatkan' juga sama tetangga kalo kita lagi dilua rumah trus hujan.

IMO, penting juga membina hub sm tetangga gini, apalagi kitanya pendatang, jd banyak yg bantu sekaligus meminimalisasi omongan2 gak enak didenger. Aku pernah juga sih dibilang 'gak ramah', mgkn gr2 aku jarang keluar rumah jadi gak hafal muka2 tetangga, pas lewat ya cuek aja atau lagi gak pake kacamata jadi gak ngenalin muka. Habis itu aku ketawa aja deh tiap lewat tetangga, kenal ato enggak, heee.

Eh iya, kalo punya bayi biasanya lebih diperhatiin sm lingkungan sekitar, misal banyak yang ngajak maen, banyak yang nyapa kalo lewat, banyak yg minjem juga sih..hehe.

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

24

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

pengalaman aku kontrak waktu dulu daerah bekasi, lupa namanya, rumah petakan gitu, suamiku sih yg nyari, dulu karena aku maksa2 pgn ikut dia ke bekasi, jd dia nyariin yg seadanya gitu, pertimbangannya deket ma kantornya dia n sodara dia jg , secara aku kan wkt itu ga kerja, trus sebagai pendatang baru di bekasi, jd ga kan bengong sendirian klo ditinggal dia kerja.
Wktu itu sih aku ga pake perjanjian sama sekali, cuma telp ajah ma pemilik rumah, trus ketemu sekali, lsg aku pindahan. tapi sayangnya, temboknya penuh coretan dari penghuni lama, aku minta ke pemilik rumahnya tuk di cat ulang, dia blg susah nyari tukanngya, sampe saking keselnya, akugosok semua dinding, biar bersih gitu...
bener deh, seharusnya walopun ngontrak, jgn buru2 deh mutusin, kudu dipikirkan byk pertimbangan..

* Meine Liebe Espanya, my Sunshine*

25

Topic: Pengalaman Mengontrak Rumah

akhir na thread ini bnyk bgt membantu...
baru pindah pulau nih,
dpt kontrakan dicariin sm temen hehe...
murah, rmh baru renovasi dan luaasss bgt
ibu yg punya kontrakan baik
cuma masalah kamar rembes klo ujan gede aja yg blom kelar" mpe sekrg, uang kontrak msh dp blom ditagih" lagi hahahaa....

kmrn aku inisiatif carikan tukang buat perbaikan si kamar, c ibu yg punya rmh jg oke" aja ganti ongkos.
tp diagnosa tukang bawaan ku ga singkron sama diagnosa tukang empunya rmh, jd mpe skrg blom ada penanganan, bingung...