1

Topic: Perut baby "bunyi"

haloo mom,mau cerita ni aku punya baby baru 25 hari tapi beberapa hari ini kalo mau pup perutnya bunyi kaya orang dewasa kalo kelaperan heheheh :) puup nya si biasa aja,karena dia anak ASI jadi pup nya sering,perutnya juga ga keras,cuma kalo mau pup agak rewel,kalo pup nya sudah keluar dia si anteng aja,apa baby ku mules kali ya perutnya kalo mau pup,atau karena aku mengonsumsi makanan pedas?pengaruh ga mam?

2

Topic: Perut baby "bunyi"

rahma kiki first of all, ini thread nya dipindahin ke area "baby" ya. tadinya soalnya ada di "birth club".

second of all, biar gak terlalu sempit bahasannya, ini tret nya saya tutup setelah saya jawab pertanyaannya.

untuk bayi baru lahir, itu biasa banget perutnya bunyi2 seperti itu, itu disebabkan oleh angin. ketika dia minum susu (baik ASI langsung atau pake botol) ada angin yang masuk ke perutnya. makanya sebaiknya setelah menyusui si bayi, angkat bayi dalam posisi duduk/tegak dan tepuk2 pelan punggungnya sampai keluar anginnya (glegean atau burp). biasanya kenceng banget keluarnya, kadang diikuti oleh gumoh (keluar susu dari mulut, which is wajar banget pada bawa di bawah 6bln, even older). ini maksudnya untuk mengurangi angin yang trapped di perutnya.

kalau angin ini tidak keluar dalam bentuk burp atau kentut, bisa bikin sakit perut, dan ini bisa jadi salah satu penyebab Colic. dan adanya angin di perut ini makanya bikin dia gelisah dan mau pup jadi rewel krn mesti keluar dulu anginnya, baru enak.

coba pijat si kecil dengan pijatan ILU (coba gugel deh atau cari di youtube), supaya memudahkan bayi untuk keluar angin di perutnya dan gak rewel pas pup. selaen tentunya dengan menepuk2 punggung bayi tadi.

bahasan selanjutnya tentang ini, boleh di thread Colic aja yaa.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta