1

Topic: Kolik

Dear mamas...

mau tanya nih...ada yang pengalaman punya baby kolik? baby-ku dari umur 2 minggu sampai sekarang (hampir 4 bulan) sering banget nangis tanpa sebab, sambil ngeden-ngeden dengan muka merah yang susah kentut gitu....kadang ngamuk sampe berjam-jam dan nggak bisa didiemin.

konsultasi ke dokter dan googling-googling, ternyata itu simptomnya baby kolik. tapi sampai sekarang nggak ngerti penyebabnya apa...dan apakah akan ada efeknya sampe dia tumbuh besar nanti....untungnya sih sekarang udah jauhhhh ngurangin, tapi kadang masih suka sedih sih, apalagi kalo lagi ngumpul sama mamas yang lain dan baby mereka kayanya ceria semua sementara babyku suka nangis dan marah. jadi suka nggak pede kalo mau bawa dia jalan, hehehe...mungkin ada yg punya tips mengatasi baby kolik? (ini anak pertamaku dan suerrrr bener" stres kadang-kadang, hahaha)

thanks ya...=)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

2

Topic: Kolik

superpippo, itu bayiku! tapi maaf ya, saya nggak ada tips supaya bayi nggak "colicky". sejak umur 2 hari toto sudah histeris2 gitu, biasanya tengah malam, jam tidak menentu. saya malah ikutan nangis haha. toto dihibur ala textbook juga nggak mempan, digendong nangis, ditaruh nangis, classical music ato massage atau apa lah, paling diem bentar 2 detik, nangis lagi. saya pasrah dan bersabar aja sampe toto capek n tertidur. sekarang umur 5.5 bulan toto masih sering marah2 sebelum tidur, jeritan tangisnya histeris n emotional banget, saya rekam n tunjukin ke dokternya, dokternya bilang: kayaknya karakter anaknya, terus gimana dok...? no answer hehe. saya bener2 nggak setuju dengan medication, cousin saya bayinya "colicky" terus diminumin obat n manjur, tapi it's a big no no nurut saya.

semoga ngurangin stress nya ya... bayi saya juga "rewel" abis!
semangat!

.

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

3

Topic: Kolik

oh lupa one thing: sering2 diajak ngomong2 ama bercanda aja, paling enggak ngurangin jam marah, n banyak ketawa hehehe... kalo kita stress bayi ikutan lho, khan bayi connected banget ama ibunya.

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

4

Topic: Kolik

Hai toto,

thanks yaaaa buat replynya..hehe, senangnya ada temen senasib juga =p iya aku juga sempet sampe pengen nangis, kayanya kok helpless banget gitu, pengen ngerasain apa yang dia rasain...plus di sejarah keluargaku kayanya belum pernah ada baby colicky, jadi ya semuanya bingung.

dan soal medication, jujur aku sempet nyoba, karna bener" dah kalut banget, dikasih obat anti colic, tapi ternyata nggak mempan tuh. jadi aku stop obatnya. pernah juga pake gripe water, karena baca di salah satu forum katanya manjur, tapi ternyata nggak mempan juga. akhirnya sekarang pasraaahhh =)

iya sekarang aku suka becandain yofel aja...ngajak main, ketawa", lumayanlah udah mulai berkurang...semoga toto juga cepet jadi ceria lagi ya =)

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

5

Topic: Kolik

hi superpippo dan toto,aku jg senasib nih.bayiku sekarang 4 bulan.dah 2 minggu terakhir ini hampir tiap malam dia nangis kejer banget. biasa, kolik.yang hanya bisa aku lakukan: mengusapkan minyak telon ke perutnya.trus,aku dan suami ganti2an gendong baby Faiz sampai dia akhirnya cape dan tertidur. ..

ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

6

Topic: Kolik

mama yofel,toto dan faiz..

kayaknya ampir semua bayi ngalamin kolik ya. mungkin tingkatan dan intensitasnya aja yg berbeda.
menurut DSA nya Enzo & Dante, kolik itu terjadi karena ada udara di pencernaannya yg terperangkap. Jadi oksigennya gak ngalir dan jadinya bayinya nyeri perut n sakit kepala. Itulah salah satu fungsi bedong pada bayi. Umumnya bayi yg gak dibedong tingkat koliknya lebih tinggi. Tapi berhubung skrg bedong udah macem2 modelnya, jadi silakan digunakan- asal gak terlalu ketat. Bisa jg pake belly bands, dan yg paling mudah pusernya ditutup pake plester.
Pijat bayi juga sangat ngebantu, terutama pijatan utk daerah perut; pijat ILU juga dengan mengangkat kedua kaki bayi dan menekankannya perlahan ke arah perut beberapa kali.
Kasih minyak telon/transpulmin balsam biar anget. Juga posisi botol/ pelekatan puting susu pada saat menyusui harus diperhatikan, kalo ada bunyi kecipak2 artinya nyusunya ga bener dan berakibat bayi kolik.
Gripe water ato habatussauda juga menghilangkan kolik katanya. Sampe skrg, enzo masih suka dikasih gripe water kalo cuaca lg dingin dan saat teething period.
Hope it helps, moms!
Kiss kiss for the babies!

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

7

Topic: Kolik

eka..maaf mo tanya, emang habbatussauda bisa menghilangkan kolik? buat bayi 4 bln, gimana kasihnya?kapsulnya dibuka trus dicampur ke susu or asi begitu?makasih ya,..

ibu adalah sekolah pertama bagi anak- anaknya

8

Topic: Kolik

superpippo, ayutri indah, eka, iya kalo beneran colic karena gassy di perut, tapi kayaknya toto dulu nggak bisa dibilang colic juga. yah namanya juga baru nyampe ke dunia yang dingin ini hehe, jadi adaptasinya ya dengan nangis2, translation saya: huaaaaaa di mana ini, huaaaa kok nggak di dalem air lagi, huaaaaaaaa saya mesti gimana ini...

toto udah adaptasi ke dunia, dia sering ngakak2, terutama kalo ngantuk banget, semakin heboh ketawa2nya, suddenly everything cracks him up. ah, i love him, especially when he's sleeping peacefully, right now :P

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

9

Topic: Kolik

superpippo, ayutri, toto

salam kenal, semoga bayi-bayinya skg sudah jauh lebih baik dan dijauhkan dari kolik, amin

kalo disini (Jerman), bayi disarankan utk minum teh, namanya fencheltee (fenchel = fennel) supaya perutnya gak kembung (dan menghindari kolik juga)
semoga membantu

being a mom for Kareem makes me find out the answer why "surga itu ada ditelapak kaki ibu" (Blog: http://www.negeridongeng.com/)

10

Topic: Kolik

Dulu kei juga pernah kolik bbrp kali dan bangun nangis malam2.. Sekalinya sesudah mandi sore saya balur minyak telon dan pijat lembut di punggung dan perutnya, malamnya gak kolik tuh.. Cobain aja siapa tau berhasil..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

11

Topic: Kolik

hai semuaa....thanks ya buat masukan-masukannya...
eka, iya aku coba transpulmin, jauhh lebih ngefek dibanding telon biasa...

sefa, iya aku pernah denger tuh tentang teh ini, tapi nggak tau ya kalo di sini jual di mana...belum pernah liat...thanks buat infonya ya...

charissarhanie, thanks buat masukannya yaaaa....untung sekarang yofel semakin membaik, apalagi sejak bisa ketawa dan ngoceh", jadi lebih gampang dialihkan perhatiannya, hehehe...

toto n ayutri, semoga bayinya semakin sehat dan nggak kolik lagi ya...

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

12

Topic: Kolik

kalo ramuan traditional, biar gak kembung perutnya (yang akhirnya leading to colic) newborn itu suka ditempelin daun jarak di perutnya, stelah dioles minyak telon. gue sih percaya ga percaya, tapi emang bener! dari naia lahir, ama oma nya selalu dikasih daun jarak kalo dia mulai terdengar kembung perut (di tap aja dengan satu jari, kedengeran kalo kembung). biasanya abis mandi dipakein, kalo udah kering, daunnya di buang. alhamdulillah naia jaraaaanng banget kolik.

setau gue selain gripe water, untuk nenangin, bisa juga dengan ditetesin air anget ke mulutnya kalo lagi nangis2 gitu. 1-2 tetes aja cukup.

atau sambil dipijat pelan2.. supaya anginnya keluar.

hth yah mamas..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Kolik

hi semua...akhirnya ada juga thread soal kolik
superpippo no worries ur not alone...kayla kena kolik dari umur 2 minggu juga, sampe sekarang udah jauh berkurang..pertama2 kena aku juga bingung banget, kok anak ini sering banget nangis dan kalo udah nangis kasian mukanya sampe merah kakinya kayak kejang ditarik2..sebelom tau itu kolik ya kalo tengah malem sambil gendong dia yang nangis kadang aku juga ikutan nangis, sedih banget, soalnya cuma ada aku ama kayla dan aku ga ngerti dia kenapa..
akhirnya aku coba browsing dengan keywords yang polos abis "bayi sering menangis kalau malam" ihihihihii dan dapetlah itu gejala kolik ternyata...
aku coba browse lebih banyak ke situs diluar juga, jadi belum ada penelitian yang bisa memastikan penyebab kolik itu apa sebenernya..
setelah browsing sana sini, hati jadi lebih tenang sedikit *sedikiiittt banget*
soalnya pas nanya temen kebetulan ga ada yang kolik jadinya mereka malah nganggep kayak kayla kena penyakit aneh *sigh*
akhirnya aku ke dokter pertama dikasi obat tetes gitu untuk ngilangin kembungnya tapi ternyata ga ngurangin tuh..nah aku coba kedokter lain sepertinya dokter ini RUD ya..dia bilang stop aja obat tetes nya lalu dia kasi protein tambahan namanya proteksin
jadi dari dokter ini nebak loh apa kayla lahirnya caesar..iyes kayla caesar, dan apa maju dari due date nya..iyes maju 2 minggu
jadi menurut dokter ini ya kolik itu karena si bayi ga menikmati ada bakteri baik di vagina ibunya yang berguna untuk pencernaan nya yang belum sempurna..*kata dokternya siih*
abis dikasi proteksin,agak mendingan berkurang tapi tetep aja masi nangis2 nah karena pas hamil aku pernah nonton oprah yang soal pricilla dunstan baby language itu bahasa nangis bayi akhirnya aku coba download dari youtube,tapi ternyata blom ngaruh..
trus setelah itu aku tau soal harvey karp yang punya buku happiest baby on the block,aku coba cari di youtube videonya yes yes dapett...ehhehee jadi ada 5 S dari dr harvey karp untuk calming baby..
swaddling,side/stomach position,sssh-ing, swinging, sucking
dan untungnya cara ini berhasil diterapkan ke kayla...jadi cepet kalem..ada tips dari dr.harvey karp kalo sssh-ing ga berhasil karena nangisnya terlalu kenceng pakailah hairdryer hehehe so hairdryer adalah temen setia kayla..kalo nangis udah kenceng,digendong posisi upright dan di nyalain hairdryer ga lama langsung diem deh;-)
konon suara hairdryer atau vacuum cleaner itu menghasilkan suara seperti didalam rahim bayi...tempat yang mereka rindukan..
sekarang kayla udah jauh lebih anteng, memang kadang2 masi nangis trus tau2 buang angin trus langsung diem *sisa2 koliknya* nah sekarang emaknya udah lumayan ngerti jadi setuju sperti kata toto, diajak becanda..diajak ngobrol..*emak yang ga tenang bikin anak ga tenang* karena memang pernah pengalaman waktu kayla nangis kenceng dan aku gendong sambil nangis dia tambah meronta2 gitu, tapi kalo sambil dibecandain...digodain..cepet antengnya..
oiya untuk hairdryer masi dipake sih kalo sekarang kadang2 mo tidur nangisnya kenceng..sooo lullaby nya suara hairdryer teteeep..

14

Topic: Kolik

supperpipo,
iya loh bnr kata eryka dulu pas anak gue nangis2 terus ga sengaja nemu cara kl di deketin ama Breast Pump Mini Electric dia jadi diem. Mirip2 kali ya ama hair dryer. cm gue takut aja kuping nya knp2..krn dia mau nya deket gt suaranya kenceng

gue waktu itu pasrah aja sih, kl dia rewel ya gantian gendong. nenenin..masih nangis gendong lagi ya gitu terus huhu.
emang bikin panik ya kl kt ga ngerti hrs gimana krn baby blm bs ngomong..

semoga anak nya cepet anteng nya ya sayy :)

follow me @ini_dhita || www.inidhita.com ||

15

Topic: Kolik

slesta, waa baru tau soal daun jarak, haha...selama ini taunya cuman bawang merah doang, udah pernah nyoba, itu pun hasilnya nggak meyakinkan, plus ditambah baby yofel badannya bau seharian hehehe...

eryka, thaaaankkkkksssss yaaaa....kalo tau dr dulu soal urbanmama udah nanya dari dulu deh, hehe...dan aku sama banget pas googling keywordnya tuh "bayi nangis terus tanpa sebab", hehe...soal ssshhing, itu emang ngefek banget ya...tapi aku emang suka bingung kalo yofel nangis kekencengan, jadi this hair dryer idea is really interesting =)

fabsfashion, betul banget, aku suka bilang ke yofel, "semoga kamu cepet ngomong ya nak, biar mama tau maunya apa.." heuheue...padahal kalo bayi tiba" ngomong juga kita yang stress kali yaaa...=p

thank u all.

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

16

Topic: Kolik

parama dulu termasuk bayi yang suka kolik, terus berdsrkan baby booknya dr sears, saya nyoba gendong dengan posisi parama ngadep ke depan, terus kakinya di tekuk, seakan2 dia lagi duduk.. lancar euy keluar gasnya..:)..
kalo cara tsb gak mempan, pake cara ke 2, digendong posisi football hold, jadi parama digendong spt mo terbang :D.

untuk info lengkap, bisa di liat di http://www.askdrsears.com/html/5/T051200.asp

selamat mencoba :)

ibunya parama :)

17

Topic: Kolik

superpippo

fenchel itu bhs indonesianya adas, siapa tau ada minuman utk bayi dg ingredient adas

being a mom for Kareem makes me find out the answer why "surga itu ada ditelapak kaki ibu" (Blog: http://www.negeridongeng.com/)

18

Topic: Kolik

Eryka critanya lengkap kap kap bgt.Baru tau ada bakteri baik di vagina ibu pas melahirkan.Trus baru tau juga istilah kolik ini.Dan baru tauuu kalo hairdryer bisa nenangin bayi yg kolik.TFS mamas yg canggih2.Hehehe.Mudah2an nanti babyku ga perlu ngalamin kolik :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

19

Topic: Kolik

riansr : waaa ditunggu dooonkk gambar2nya soalnya ask dr searsnya kok ga bisa yaaahh...pengen tau soalnya sampe skrng sih kayla kadang masi ngerasa sakit kali yah kalo mau buang angin jadi kadang2 nangis tiba2 tau2 buang angin dan langsung diem...siapa tau kalo sering pake posisi nya diatas bisa ngurangin sakit kalo buang angin
superpippo : selamat ber hairdryer ria yaaah..coba aja deh liat2 di youtube cara2 calming babynya, oiya anak kolik identik pencinta gendong hihiihi..jadi yah gendong ajaa terus..jangan dengerin kalo ada celetukan bau tangan. tar kalo anaknya udah ga mau digendong emaknya yang sedih hihiihihii..kayla sampe skrng masi cinta gendong kok, jadi ya gendong ajaaa
nyanya : mudah2an yaaahh jangan sampe nanti babynya kolik, ceritanya lengkap soalnya so far yang paling bikin stress itu pas masa2 kayla kolik..jadi banyak ceritanya deh..

20

Topic: Kolik

riansr: thanks linknya yaaa....helpful banget dan lengkaps....tapi setuju ma eryka, pengen liat gambar"nya biar tambah ngerti...=)

sefa: adas sounds familiar. will try to find it, thanksss

nyanya: iya semoga bayinya sehat aja ya nya...tapi lumayanlah nambah pengetahuan kan =) aku juga soalnya gak tau apa" soal kolik ini dan bener" panik pas baby yofel nangissss terus...

eryka: yap, bener banget, aku sebenernya gak mau yofel bau tangan, tapi kalo dah nangis siapa sih yang tega, ya ga? kalo nyokap sih nyuruh aku belajar gendong pake kain (yg tradisional, bukan yg model sekarang)..tapi so far belum sukses tuh, hahaha...

a working mum who longs to be at home with baby yo all day.

21

Topic: Kolik

Mmmmh si CĂ©lia mah ratunya kolik dulu....
posisinya spt ini bukan, riansr ?

http://farm3.static.flickr.com/2757/4327819592_da8cac921c_m.jpg

kaki didorong ke perut jg bisa membantu:



tapi yg paling handal itu digendong pake babywrap posisi kaki nekuk (kayak tengkurep tapi ke dada kita gitu)

@LizCherie

22

Topic: Kolik

Ah iya iya, td sambil nginget2 lagi... Kaki yg ditekuk ke arah perut jg ngebantu ngeringanin kolik.. Dulu kei kl lg kolik diposisiin kaya gini agak berkurang nangisnya, tp larinya jadi kentut yg lumayan kenceng bunyinya, hehehe..

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

23

Topic: Kolik

Kalo di happiest baby on the blocknya dr harvey karp hampir2 mirip sih posisinya, side stomach position gitu dimiringin posisinya... Mungkin buat ngedorong gas yaah.. Yes charissarhanie kentut adalah hal yg paling aku tunggu kalo kayla lg nangis2 soalnya biasanya langsung diem gitu hihiihii..oiya moms.. Buat yg ASI dokterku sih bilang untuk mengurangi makanan yg menyebabkan kembung, dan yg terlalu pedas...

24

Topic: Kolik

Kalo di happiest baby on the blocknya dr harvey karp hampir2 mirip sih posisinya, side stomach position gitu dimiringin posisinya... Mungkin buat ngedorong gas yaah.. Yes charissarhanie kentut adalah hal yg paling aku tunggu kalo kayla lg nangis2 soalnya biasanya langsung diem gitu hihiihii..oiya moms.. Buat yg ASI dokterku sih bilang untuk mengurangi makanan yg menyebabkan kembung, dan yg terlalu pedas...

25

Topic: Kolik

eryka wrote:
*emak yang ga tenang bikin anak ga tenang*


hiks,aku dulu pas Zayyan nangis2 heboh malah ikutan nangis kenceng.nah,neneknya malah gendong sambil nyebut2,Astaghfirullah,Subhanallah,dsb gitu.yg ada malah tambah panik semua satu rumah.