1

Topic: Anak sulit konsentrasi

Moms,sebentar lagi mau UN nih. Agak kasian juga liat anak pulang sekolah terus les, udah gitu malem nya tetep harus ngerjain PR dari sekolah.
Dan nampakny sekarang anakku agak sedikit kehilangan konsentrasi, gampang sekali fokus nya kepecah.
Ada saran gak moms untuk makanan atau mulititamin apa gitu supaya anak ku konsentrasinya gak terlalu terpecah, makasih :)

2

Topic: Anak sulit konsentrasi

Hai mama Afrill,
belum ngerasain punya teenagers nihh.. Tapi IMHO, konsentrasi belajar lebih mudah dibangun dari kebiasaan dan psikologis ya.. multivitamin mungkin bermanfaat hanya sebagai faktor pendorong. Faktor utama adalah psikologis anak dan kebiasaan dalam kegiatan sehari2.
Misalnya, untuk persiapan menghadapi UN, minimalisir beban anak, dengan menyelesaikan konflik anak-ortu/antar ortu (apabila ada). selain itu ortu/guru tidak membebani anak dengan hasil UN. Terkadang anak terlalu stress menghadapi UN karena harus dikejar target dengan hasil UN dan kita/ortu/guru sering lupa bahwa proses belajar jauh lebih penting dari hasil. Stress karena beban tersebut justru bisa jadi membuat anak terganggu konsentrasi belajarnya.

Metode belajar yang tepat dan menanamkan manfaat belajar sejak dini juga akan membantu meningkatkan konsentrasi belajar. Anak yang terbiasa belajar tanpa disuruh/diminta tidak lagi menganggap belajar menghadapi UN adalah beban.

Mungkin suasana belajar yang menyenangkan, ruangan yang nyaman, dan cukup istirahat juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi belajar.

Untuk teenagers, biasanya sudah mulai mengenal cinta, pacaran, mungkin dengan pendekatan yang lebih personal ke anak, ortu bisa membantu untuk "meletakkan" sementara permasalahan dengan pacar atau teman untuk konsentrasi ke UN :D

well, maap kalo tidak bisa membantu soal multivitamin. Karena memang anak2 belum teenagers nih.. Hanya berdasar pengalaman pernah menjadi ABG :D hehe.. HTH

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Anak sulit konsentrasi

Betul juga ya, yang utama adalah jangan sampai anak merasa tertekan karena orang tua pasti menginginkan nilai bagus, anak malah jadi stress dam banyak pikiran. Makasih sarannya ya :)

4

Topic: Anak sulit konsentrasi

Hi Afrill

setuju ama Kira Kara.

saya sendiri juga belum punya teenager, anakku baru 8 thn (kelas 3) :)
biasanya saya nanemin ke dia untuk do her best, jadi nggak mengukur dari hasilnya aja tapi juga dari usahanya.

kalau konsentrasi sendiri, tiap-tiap anak beda yah.
selama bukan karena faktor kondisi semacam ADHD, dsb.. kayaknya masih wajar sih kalau remaja suka gak fokus :)

selain dukungan dan suasana yg nyaman, jangan lupa juga ngingetin buat istirahat, soalnya belajar berjam-jam tanpa jeda juga kurang baik yah..

good luck

5

Topic: Anak sulit konsentrasi

Hai mama Afril,
anak saya juga sama nih, mau UN tapi kayaknya susah sekali untuk konsentrasi, sekarang sudah mulai di ajak ngobrol dari hati ke hati (ehm,,) tapi katanya gak ada masalah. makanya saya mulai memberi dia multivitamin, semoga saja membantu :)

6

Topic: Anak sulit konsentrasi

Bunda Fanny

Thanks ya atas sarannya mungkin memang harus lebih sering didampingi.

7

Topic: Anak sulit konsentrasi

wuaa..udah kudu baca2 bagian teenagers nih skarang..
dari pengalamanku, anak makin gede justru makin perlu didampingi, makanya aku ngambil tindakan sedikit ekstrim, brenti kerja kantoran, biar bisa dampingin dua anak yang mulai gede dan satu batita di rumah..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

8

Topic: Anak sulit konsentrasi

ZataLigouw wrote:
anak makin gede justru makin perlu didampingi, ..


setuju sekali dengan pendapat Zata di atas :). kebetulan si sulung kami sudah kelas 8 (lk2), makin terasa bahwa kebutuhannya berbeda dengan saat dulu masih kecil, skarang yg ia butuhkan dr saya adalah pendamping yang dapat dijadikan partner berbicara dan rujukan atas apapun masalah,pertanyaan,unek unek etc yang ia miliki :).

9

Topic: Anak sulit konsentrasi

iya bener Inayati, caranya udah beda sekarang. Udah ngga terlalu mempan kalo cuma disuruh dan diperintah karena dia udah tumbuh sebagai pribadi yang punya kemauan sendiri, cara sendiri, pemikiran sendiri, yang penting banget untuk kita hargai. Jadinya, di saat2 tertentu kita memang perlu menjadi partner dan teman buat dia... smangat ya, mudah2an kita sama2 bisa melewati masa2 ini dengan baik ;p

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/