1

Topic: Anemia Pada Bayi

mantaray
untuk usia 6m-24m batas minimal Hb-nya 10.5 sih (http://www.rch.org.au/clinicalguide/guideline_index/Anaemia_Guideline/). 12 itu untuk anak usia 12 thn ke atas. Berarti Hb normal ya...senangnya... Mdh2an cadangan besi & serum iron-nya juga bagus. :)
IMO resep suplementasi besi-nya (dosis pencegahan) kl bisa dikasih aja...krn umur 7-12 bulan perlu 11mg besi per hari (http://www.cdc.gov/nutrition/everyone/basics/vitamins/iron.html), jauh dr kebutuhan saat batita. lumayan lah buat jd cadangan saat dia remaja nanti..

2

Topic: Anemia Pada Bayi

Avee,
Makasih buat link nya mom. Informatif banget :)

3

Topic: Anemia Pada Bayi

moms

baca thread ini, mau tanya ke mamas di sini. Baby Jo (4m) minggu lalu abis imunisasi, DSA nya bilang dikasihin ferris 0.6 ml sehari biar gak anemia. Udah coba dikasih ke anaknya, ditelen2 aja sich, masalahnya kmrn BS nya info ke saya kalo pipisnya jadi cuma sedikit, pupnya sich gak masalah, tetap 1x sehari. Jadi bingung, minum ASIP nya banyak banget kok malah gak pipis2 ya? Apa emang efek ferrisnya begitu? Biasanya dikasih suplemen zat besi itu malah bikin susah pup kan, ini kok malah ngefek ke pipis yach. Anyway, baca pengalaman mamas di sini kayaknya dikasih ferris itu di atas 6 bulan ya, sebenarnya ferris itu untuk pencegahan apa pengobatan ya? kalo emang pengobatan, tau dari mana baby nya anemia padahal gak ngecek apa2. Galau abis, anaknya sptnya sehat2 aja, tapi kalo liat riwayat bapaknya, emang ada carrier thalasemia, jadi tambah bingung perlu dilanjutin apa distop ya ferrisnya? Mamas yang share di thread ini sblmnya kok malah cenderung gak minumin suplemen ke baby ya. Please help ya moms, tx

4

Topic: Anemia Pada Bayi

lide
saya belum pernah tahu efek suplemen besi ngaruh ke frekuensi/volume berkemih. biasanya emang ke pup-nya sih, walopun ngga ngaruh jg ke Diego dulu.
anyways, ferris bisa jd pencegahan maupun pengobatan, tergantung dosisnya. pencegahan 1mg/kgBB/hari. kalo pengobatan antara 3-6mg/kgBB/hari.

anjuran suplemen besi untuk pencegahan memang usia 4-6 bulan (tapi ini pun masih diperdebatkan krn akan "mengacaukan" ASI eksklusif), karena di usia inilah cadangan besi mulai menurun sementara bayi blm bisa dapet asupan zat besi dr MPASI. ntar 6 bulan ke atas cukup dgn MPASI seimbang & cek Hb saat 9 atau 12 bulan.
jadi kembali ke ortunya. dikasih boleh, ngga jg gpp. yg penting ntar MPASI & skriningnya.

satu lagi, kalo thalassemia treatment-nya malah bukan dgn suplemen besi, krn penyebab anemianya bukan dr defisiensi besi.

5

Topic: Anemia Pada Bayi

Sachie (7mos) lahir dengan berat badan cukup dan dengan kenaikan berat yang baik,, sekarang sudah 8,5 kg, DSA mewajibkan dia minum suplemen besi. Karena menurut rekomendasi WHO, Indonesia termasuk negara yang angka defisiensi zat besinya tinggi, sehingga semua anak diberikan treatment zat besi tanpa screening. Dan umumnya diberikan pada bayi sampai umur 2 tahun karena pada masa itu kebutuhan zat besi sedang tinggi-tingginya,,

aku pribadi sih minumin ferris ke Sachie dosis 1 mg/hari.. kalau untuk masalah pipis, aku kurang ngerti juga,, soalnya full dispo diaper.. hohoho

thelifeafterido.wordpress.com

6

Topic: Anemia Pada Bayi

avee, yusamandagi

saya lupa nanya juga sama DSA nya kenapa harus dikasih minum ferris * tepok jidat, emak2 oon*....baby Jo masih ASIX sampe skrg, kenaikan berat badan nya juga bagus, anaknya montok bener....makanya bingung kok dikasih suplemen segala...kebetulan emaknya tipe yang gak suka minum obat kecuali terpaksa....ternyata memang karena baby di atas 3 bulan mulai kehabisan cadangan zat besi yak....skrg sich saya kurangin dosisnya jadi cuma 0.3 aja per hari...tx ya moms...

7

Topic: Anemia Pada Bayi

Hi moms, dulu. Hb anakQ sebelum pulang sempet rendah, lupa berapa. Tapi pulang dgn Hb normal, 11,xx gitu. Waktu periksa ke dokter dia pake memori Hb pulang yg rendah,bukan yg normal. Terus dikasih Ferlin. Q minumin aja,tapi cuma berapa hari. Coz dia selalu berekspresi ky mau muntah kalo Q kasi. Ternyata itu penting ya? Krn Q sendiri Hbnya selalu rendah,ngaruh ga ya ke kualitas ASI?
Dan seperti babynya Indriani budi utami, babyQ (6m) kalo makan banyak, pupnya pun banyak. AsumsiQ karema penyerapan makan (pencernaan) belum sempurna. Sekarang Q kasih sangobion baby setiap hari, bingung terserap atau ngga. Krn dulu ada riwayat kena disentri,dikasih obat sma dsa (beda lagi) + antibiotik yg ga terminum semua - diminumin muntah.
Ini wajar dalam nanti kelak akan membaik apa enggak ya mom? Bb nya naik cuma dikit2, 0.2kg/bln sejak diare itu. Ceria dan aktif sih,tapi Q kawatir terus.

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

8

Topic: Anemia Pada Bayi

hi mom..ankku skrg ud 6 bulan kmrin smpt heboh jg sih aku pas ngeh msalah kekurangan zat besi ini,,emg sih kata dsa nya pradipta jg gitu d atas 4 bulan cadangan zat besi bayi habis..dan asi ga mengandung zat besi,,
tp utk tau bayi itu kekurangan zat besi kan mesti di tes dulu..nah kata DSA-nya utk mengantisipasi itu makanya MPASI ank2 qta pas 6 bulan skrg itu direkomendasiin utk ngikutin panduan MPASI dari WHO yg mulai menyertakan makanan yg mengandung protein pd usia 6 bulan,,yaah kalo masih khawatir anknya keceptan mkan ayam, ikan atau daging d usia 6 bulan yaaa 6 bulan lebih 1 minggu atau 2 minggulah,, saran DSA pradipta (dsa-nya ada 2 org)..dan para Dsa tsb ga ngasih tambahan zat besi sih krn kan liat kondisi bayinya juga..
begitu ibu2...

-being a mother is such wonderful experience-

9

Topic: Anemia Pada Bayi

mau sharing juga..Audrey(18m) awal Maret kemarin sempat opname, karena kekurangan zat besi, sampe berpengaruh ke nafsu makannya yang semakin hari semakin nggak mau apa2. Beratnya pas lagi drop itu, turun 900 gram dalam 4 hari, mau nangis nggak sih :''''(( huhuhuhu..

Memang di awal 4 bulan, sempet diresepin Ferris, tapi karena mau muntah terus setiap minum itu, akhirnya stop, dan konsumsi makanan banyak zat besi saat mulai MPASI.tapi sepertinya Audrey memang termasuk anak yang meski udah dpt asupan dari makanan, tetep perlu suplemen zat besi. Akhirnya pas keluar dari RS, minum sangobion baby, dan diberi indikasi kalau pup sudah berwarna hitam, berarti zat besi sudah tercukupi sehingga dibuang lewat feses. Kalau pup warnanya normal, berarti zat besi masih terus diserap tubuh.

Puji Tuhan sekarang sudah nggak minum sangobion lagi, dan nafsu makan sudah meningkat :)ternyata penurunan nafsu makan bukan hanya semata-mata anak bosan dengan menu/lagi masa GTM saja, kita harus waspada, karena bisa jadi ada indikasi medis di balik itu.

10

Topic: Anemia Pada Bayi

ayupermatadewi wrote:
diberi indikasi kalau pup sudah berwarna hitam, berarti zat besi sudah tercukupi sehingga dibuang lewat feses. Kalau pup warnanya normal, berarti zat besi masih terus diserap tubuh.


*catetin*
Berarti sewaktu pupnya berwarna normal masih perlu dikasih sangobionnya ya? Trudy pernah habis minum itu trus pupnya item semua. Tapi seterusnya warna normal. Berarti gimana ya mom? Terusin aja apa ga?
Btw TFS ya mom ayupermatadewi :)

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

11

Topic: Anemia Pada Bayi

lagi2 ternyata, banyak Mommies yang alami kejadian sama ya......

Gwen sempet diduga anemia karena stuck BB sejak MPASI, disebutkan dsa kalau anak full ASI malahan rentan anemia krn baby bergantung penuh pada asupan mamanya, kalo sufor udah ada kandungan zat besi di dalamnya

lah mamanya juga bakat anemia, bahkan kalau batuk2/ bersin kekencengan langsung muncul bintang2 gitu hu hu hu

tanda2 anemia yg biasanya mudah dideteksi = BB stuck, kelopak bawah mata pucat, bibir, lidah dan gusi juga pucat, anak kurang bergairah untuk bereksplorasi sesuai umurnya

vonisnya rada meleset sih krn yg cocok sama Gwen cuma si BB yg stuck, tp tetep dicoba2in dari ferris, trus sangobion drop lah, alhasil sukses muntah2 walau udah di selang 2 jam tanpa asupan apapun dan percobaan cuma 0.3ml aja dulu katanya (muntahnya liur doang bener2 si Gwen kalo ga suka sesuatu akan berusaha dikeluarin semaksimalnya)

akhirnya nyerah karena pegel liat Gwen muntah2 ga jelas sambil maksa gitu, trus searching2 cobain cara yang lebih enak, makan segala sayur hijau dikukus, prune, anggur yang black2, sama fu fang e jiao (bisa juga daging berwarna merah, tapi Gwen jadi sembelit kalo ketemu tu daging2an)

ternyata ga naik2 juga BBnya, masa dari 10-13 bulan cuma naik total 150gr, di observe lagi, kelihatannya masalah di pencernaan yg terlalu lancarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr hu hu hu

untuk poop, katanya akan berakibat mengeras bahkan beberapa bayi bisa sembelit, kalo Gwen sih ga, boro2 sampe ke dalam tubuh, cuma mentok di kerongkongan kayanya deh

12

Topic: Anemia Pada Bayi

wah, sharing mama di sini membantu sekali, juga menarik. terutama dari mom avee dan tanty ruslan, thx!
tp saya juga masih punya pertanyaan yg sama dgn mama ilien, penambah zat besi itu bener2 perlu gak sih?
dengan lempengnya saya mikir, kalo emang perlu kok ga pernah disarankan oleh DSA di puskesmas atau posyandu ya? :D
anak saya diresepkan ferlin waktu imunisasi di DSA di RS. pdhl ga ada latar belakang anak saya pucet atau apa. karena pikiran "lempeng" tadi, saya sempet curiga kalo ini sampingannya si dokter aja (jadi ga lempeng lagi pikirannya).
pas diminumin ke anak beberapa kali, dimuntahin, pas awal mah pasrah aja dia. kata DSAnya, campur ke buahnya. dicampur ke puree buah malah anakku jadi ga mau makan. akhirnya aku stop ferlinnya. selain karena hal yg sudah disebutkan, aku khawatir segala zat yg tidak perlu justru akan menjadi racun bagi tubuh.

sekarang BB anakku (15mos) juga sudah susah naik, tp belum curiga ke arah anemia karena anaknya aktif dan ceria. kalo lagi susah makan, aku kasih madu herbal bayi aja udah naik lagi nafsu makannya (walau ga langsung hari itu juga).

setelah baca thread ini, mempertimbangkan utk ngasih ferlin lg setelah madunya habis. lagian sayang kalo kebuang :P

13

Topic: Anemia Pada Bayi

ngelmu di thread ini ternyata banyak ya yang babynya muntah ketika dikasihkan suplemen zat besi ini..
sangkain babyku aja..

terus moms, kalo ga diterusin gpp kan ya? khawatir juga takut anemia, tapi kalo muntah2 terus kan kasihan juga ya babynya..

14

Topic: Anemia Pada Bayi

yak, sudah mulai ngasih ferlin lagi (anak 17m)dengan terlebih dulu menghipnosis "ini enak, rasa stroberi" :D
sukses, anak ga muntah dan saat dikasih lagi hari2 sesudahnya juga ga nolak.
dosis masih pakai dosis dsa waktu itu (0.5) padahal di etiketnya sudah lebih dari segitu (lupa brp).
efek: anakku lebih pecicilan dari biasanya, tp masih normal. so, masih akan diberikan smp habis atau maksimal smp umur 2th.

15

Topic: Anemia Pada Bayi

Mom, kalo tiap hari makan daging merah (sapi ato ayam kampung, dan pengen nyoba daging kambing) gitu masih perlu dikasih suplemen zat besi gak yah? Sehari paling 2-3 sendok makan utk usia 9m. Kadang aku tambahin sayuran brokoli kesukaannya. Makannya sukanya itu ituuu aja - atau mamanya yg ga kreatif hehe. TIA..

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

16

Topic: Anemia Pada Bayi

Moms, coba baca tweets nya @drOei deh.. di situ dijelasin soal suplementasi Fe yang emang udah masuk rekomendasi IDAI dan sampe kapan perlu dikasih ke bayi.. Mudah2an menjawab juga pertanyaan mommy IndriBracov, kalo dari @drOei itu sih kyknya kebutuhan Fe dr makanan baru bisa kepenuhin kalo anaknya udah lebih dari 1 tahun dan makan makanan kayak orang dewasa yaa.. lengkapnya silakan buka tweets nya deh hehe..

HTH :)

Yuti Kinasih
a happy wife of @supersupta and proud mommy of Daffa

Twitter : @pyuth / IG : @yutikinasih

17

Topic: Anemia Pada Bayi

Ok, makasih ya mom pyuth... akan mencoba berjuang lagi ngasihin sangobion ke Trudy... ?(-???-???-???__-???-???-???)?

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

18

Topic: Anemia Pada Bayi

amaliaputri wrote:
hai moms.. anemia ini batasnya sampai di angka berapa ya?

anakku sempat dirawat waktu HBnya 5,00.. dan angka ferritin 2,83.. 2bulan berlalu HBnya sekarang 9,8..
namun nih..pas kita konsul lagi ke dokter hematologi nya..dokter memperkirakan HB anakku seharusnya sudah 11..
saya sama ayahnya sebelumnya tenang2 aja, karena anaknya juga aktif dan gak keliatan pucet/lemes lagi..dan yg penting bagi Kami tiap 2minggu di tes darah,HBnya selalu naik..
setelah konsul ini, kita malah jadi khawatir dan menyetujui akhtar di tes thalassemia (yg dijadwalkan dokter 2bulan lagi)..sebagai perbandingan kitanya juga mau ambil tes thalassemia..

balik lagi ke pertanyaan semula tentang batasan angka HB, kalau saya googling menurut WHO sih minimal 11 ya..
Lalu sepupu saya yg ketakutan karena cerita anak saya, tes HB dan angka HB keponakan saya 10..anaknya juga terlihat aktif dan baik-baik saja..
dulu waktu saya kecil sampai sma, HB saya selalu dibawah 10..malah pernah sampai 8.. tapi kayaknya saya (merasa) normal2 aja :p Setelah rutin minum suplemen HB saya normal di angka 12..

*ehh,, malah melebar kemana2 ceritanya :p*

what should I do ya moms? should I worried?

19

Topic: Anemia Pada Bayi

sLesTa wrote:
btw, ini gue jadi gugel ttg anemia on babies.. somehow gue ga percaya babies (below 6 mos) bisa anemia.. krn harusnya these babies already born with iron supplement from birth.

nih artikelnya dari babycenter.com


he most typical signs of anemia are pale skin and tiredness. Other signs include rapid heartbeat, irritability, loss of appetite, brittle nails, and a sore or swollen tongue. But it's common for a baby with anemia not to have any symptoms at all.
wrote:



Is my baby at risk for anemia?

Between 9 and 24 months is a high-risk age for anemia. These babies are also at highest risk for anemia:

• Premature and low-birthweight infants who are 2 months old or older. Full-term infants are born with iron stores accumulated during the last months in utero, which can last four to six months. The iron stores of babies born prematurely may last only about two months.

• Those who drink cow's milk before their first birthday. Cow's milk is low in iron. It also interferes with the body's absorption of iron. And it may replace some iron-rich foods in the diet. Milk can also irritate the lining of a baby's intestine, causing bleeding. This slow loss of blood in the stool — along with low iron intake — can cause anemia.

• Breastfed infants who receive no iron-fortified foods after 4 to 6 months of age. The iron in breast milk is absorbed three times better than the iron in formula, but around the time a baby starts eating solids, he needs additional iron in the form of fortified cereals and other iron-rich foods.

• Full-term, formula-fed infants who aren't given iron-fortified formula.


Should I call the doctor?

The American Academy of Pediatrics (AAP) recommends that babies be screened for anemia between the ages of 9 and 12 months, or earlier if they were born prematurely. But if you notice any signs of anemia, do call your baby's doctor. To determine whether your baby is anemic, the doctor will do a blood test to measure levels of hemoglobin and hematocrit (percentage of red blood cells in the blood).


Can I prevent my baby from becoming anemic?

You can prevent your baby from developing iron deficiency anemia. Here's how:

• If your baby was born prematurely or at a low birth weight, talk with his doctor about iron supplements.

• Until he's a year old, give your baby breast milk or iron-fortified formula, not cow's milk.

• Once your baby starts eating solids, feed him iron-fortified cereal, and eventually (starting at about 8 months) iron-rich foods like lean meats, poultry, and fish; iron-fortified pasta, rice, and bread; leafy green vegetables; egg yolks; and legumes. (See our age-by-age guide for more details about when to feed your baby various foods.)

• Offer plenty of fruits and vegetables that are rich in vitamin C (like kiwi, avocado, and cantaloupe), which helps the body absorb iron.


How is anemia treated in babies?


It's important to boost your baby's iron intake once he's eating solids, but dietary changes aren't always enough to correct anemia. Your child may also need an iron supplement, usually given in the form of drops.

Iron is absorbed best on an empty stomach, but because it can cause tummy upset (and has an unpleasant taste, besides), your doctor may suggest giving the supplement to your baby with food, breast milk, or formula. Your doctor will probably recheck your child's hemoglobin/hematocrit levels after he has been on the supplement for a month or two.

It usually takes a couple of months for the blood count to return to normal, then another six to 12 months to replenish iron stores. After that, your child's iron can probably be maintained with an iron-rich diet.


So should I give my baby an iron supplement, just in case?


Iron supplements are helpful in many instances, but too much iron can be poisonous, so always consult your doctor before giving your baby iron supplements.

Once you have iron supplements in the house (or vitamins that contain iron), make sure you keep them locked up and well out of your baby's reach. Iron is a leading cause of accidental poisoning.
wrote:


based on the above information, kayaknya anemia lebih kemungkinan terjadi pada anak yang lahir premature atau lahir dengan bb yang rendah atau ketika bayi sudah di atas 6bln dan kurang asupan zat besi nya dari makanan, karena ASI biasanya kurang mengandung zat besi yang diperlukan oleh bayi.

jadi happyme-lia & almama.. coba cek dulu, apakah anak2 kalian termasuk dalam kategori di atas?

hope that helps ya..


Thanks for sharing! 

20

Topic: Anemia Pada Bayi

Thanks for sharing!