1

Topic: Kolik

ihihihi baru ngecek thread ini lagi...
fifu n heymai waaaaa syukur deh kalo bisa tenang pake suara hairdryer, konon katanya hairdryer memproduksi white noise suara kayak waktu dirahim ibu gitu, selain hairdryer bisa pake vacuum cleaner juga..
kayla dulu sampe umur 4 bulan hairdryer teruuusss...

2

Topic: Kolik

wah, baru buka thread ini... mau cerita yah moms... 2 minggu ini kami baru pindah ke toko.. awalnya sih gak ada masalah.. sampe 4 hari yg lalu tiba2 barra nangis kenceng banget.. padahal uda selesai nenen, popok jg uda bersih.. dan kejadian itu berulang esoknya di rentang waktu yang sama : jam 12 - setengah 1 malem...

bapaknya gendong2 tetep nangis.. mana nangisnya yg sampe mukanya memerah, badan kaku.. untuk ukuran barra, nangisnya histeris banget.. dan baru kali ini ngeliat dia kayak gitu.. aku mikir, apa ini ya yang namanya kolik ? sempet takpijitin, tapi kok tetep nangis.. musical mobile dimainin, eh tetep nangis jg.. akhirnya papanya langsung gendong2 sambil komat kamit baca surah pendek, sapa tau nangisnya jadi reda.. malam pertama, berhasil.. papanya bawa barra keluar kamar, al fatihah belum selesai udah langsung bobo gt di gendongan papanya.. malam kedua, al fatihah plus surah2 pendek dan ayat kursi jg gak mempan... malah nangisnya lebih heboh dari malam sebelumnya.. dan waktu itu, nangisnya ngelihat ke arah yang sama (tembok).. mau dgendong ngadep mana aja, matanya tetep ngarah ke tembok... akhirnya barra dibawa keluar kamar lagi.. krn kesumukan, papanya nyalain blade fan di area toko.. ee lha kok barra jd ga nangis lagi, padahal gak dibacain apa2..

kejadian terakhir, kemarin sore.. tau2 pas ashar nangis histeris lagi... krn mikir kmarin malemnya bisa ditenangin pake suara blade fan, barra langsung tak bawa ke area toko.. ehhhh, tetep nangis.. ada kali nangisnya setengah jam gak reda .. *maafkan mama ya nak* sempet mikir apa gara2 di atas lagi rame, jadinya dia gak bisa "menikmati" suara blade fan..? jadinya barra tak bawa turun.. begitu denger suara mesin fotokopi sama printer, langsung diem.. hehehehe..

ternyata, dari sebuah blog, dapet info klo sebagian besar bayi rewel dapat ditenangkan oleh suara yang berirama monoton, memiliki ketukan lambat, atau berupa dengungan teratur disertai nada naik turun dari lambat menjadi keras atau dari keras menjadi lambat dengan pola suara berulang 60-70 ketukan per menit..

dan seperti kata mba eryka, bunyinya hairdryer kan ritmenya teratur gt... jadi bisa bantu nenangin bayi yg lg rewel.. :) tapi terus terang masih agak penasaran, knp waktu itu barra nangisnya ngelihat ke arah yg sama ya ?

3

Topic: Kolik

ah iya, kmarin infonya dapet dari http://keluargakecilbahagia.wordpress.com/2009/10/10/tidak-menangis-lagi-berkat-irama-monoton/ sumber : The Fussy Baby Book karangan William Sears, M.D., dan Martha Sears, R.N.


SUARA ALAT RUMAH TANGGA

Sears menekankan, selain mainan, beberapa suara peralatan rumah juga bisa digunakan untuk menenangkan bayi. Yang perlu disadari, bayi merupakan individu yang unik, yang tidak bisa disamakan satu dengan yang lain. Bayi Kayla mungkin menyukai beat yang terdapat pada lagu To Be With You. Lainnya baru tenang setelah mendengar tetesan air keran. Nah, tugas orang tualah untuk selalu menjajal suara apa yang bisa membuat bayi rewelnya menjadi tenang. Berikut beberapa suara yang bisa dicoba:

1. Detak Jam


Bagi sebagian orang dewasa, bunyi detak jam malah bisa mengganggu kenyenyakan tidur. Namun tidak demikian dengan bayi karena tik-tok-tik-tok jam bisa menenangkannya dari kerewelan. Sudah barang tentu jangan ada suara lain selain detak jam ini agar bayi bisa mendengarnya.

2. Aliran dan Tetesan Air

Sewaktu si kecil menangis, coba bawa ia ke dekat wastafel atau kamar mandi. Buka keran atau pancuran airnya. Menurut penelitian, suara aliran atau tetesan air dapat menghilangkan kerewelannya.

3. Vacuum Cleaner

Beberapa bayi dapat tenang setelah mendengarkan suara dengungan vacuum cleaner. Unik memang. Namun, agar tak perlu berulangkali menghidup-matikan benda tersebut, kita bisa merekamnya dalam kaset untuk kemudian memutarnya kembali saat dia mulai rewel.

4. Exhaust ( kipas penyedot gas atau uap)

Kalau kita memiliki kipas exhaust di kamar mandi atau dapur, manfaatkan suaranya untuk menenangkan bayi. Bawalah bayi yang sedang rewel ke dekatnya lalu nyalakan exhaust sambil mematikan lampu ruang dapur atau kamar mandi. Suasana gelap dan suara deru dari kipas angin juga diyakini dapat membuat bayi menjadi tenang.

5. Kipas Angin dan Air Conditioner

Nyalakanlah kipas angin atau AC ketika bayi sedang rewel. Aturlah jaraknya dengan kita sampai suaranya sudah dapat didengar oleh bayi.

6. Metronom

Mungkin tak semua keluarga memiliki metronom (alat pengatur kecepatan lagu). Tapi sebagai informasi saja, alat ini juga bisa menenangkan bayi karena memiliki ketukan suara teratur dan terdengar monoton. Pasanglah alat ini dengan kecepatan 60 ketukan per menit. Jangan mengatur tempo terlalu cepat karena bayi tidak terlalu menyukainya.

7. Air Terjun dan Ombak

Suara deburan air terjun dan ombak yang monoton juga dapat meredakan kerewelan bayi. Bila di rumah ada kolam hias dengan air terjun buatan, tentu tidak harus repot membawa bayi ke gunung atau ke pantai setiap kali rewelnya kumat. Namun bila tidak ada, buat saja rekamannya saat mengunjungi lokasi-lokasi tersebut. Yang lebih praktis lagi, carilah CD berisi kumpulan efek suara laut yang bisa dibeli di toko-toko kaset yang lengkap. Perdengarkan CD ini saat bayi mulai menangis. Rekaman suara ombak atau air pada keyboard atau komputer juga bisa dimanfaatkan.

8. Mesin Cuci

Pusing dengan bayi rewel padahal harus mencuci pakaian? Cobalah ajak bayi ke dekat mesin cuci, karena beberapa bayi bisa tenang saat mendengar suara dengungan atau adukan mesin cuci. Dudukan bayi di kursi mobilnya yang diletakkan di atas mesin cuci yang sedang dihidupkan. Beberapa bayi malah bisa tertidur nyenyak dengan cara ini. Namun ingat, jangan pernah meninggalkannya sendirian. Getaran mesin cuci dapat membuat car seat bergeser hingga terjatuh.


KEKUATAN MELODI SEDERHANA

Cara klasik dengan berdendang atau memperdengarkan musik tetap bisa menjadi langkah jitu mengatasi kerewelan bayi. Dendangkan lagu atau setelkan musik yang melodinya sederhana dan berirama lambat seperti beberapa di bawah ini:

1. “Nina Bobo” Ciptaan Sendiri

Kita bisa menciptakan lagu nina bobo versi sendiri. Namun, agar pas terdengar di telinga si kecil, cermati beberapa aturan mainnya dalam membuat lagu:

* Buat lagu dengan melodi yang lambat, nada naik turun dengan tema berulang. Pada akhir lagu usahakan suara semakin melirih dan menghilang. Pola lagu seperti ini sangat disukai bayi dan dapat membuatnya tenang. Lagu Nina Bobo yang sudah populer didendangkan merupakan contoh yang baik.

* Pilih lagu dengan nada simpel dan kata-kata yang mudah. Misalnya, “Waktunya tidur, waktunya tidur. Kayla sayangku, Kayla sayangku. Mama sudah lelah, Mama sudah lelah. cepatlah tidur, cepatlah tidur.”

* Agar tak bosan, variasikan dengan menggunakan versi lain. Untuk mencipta lagu, tak harus memiliki kemampuan bermusik kok. Yang penting ada naluri atau kepekaan apakah lagu yang kita buat dapat menenangkan bayi atau tidak.

* Nah, bila kita sibuk di luar rumah atau sedang sibuk mengerjakan pekerjaan rumah, rekam lagu Nina Bobo yang kita ciptakan. Ketika bayi rewel, letakkan di dalam boks bayi kemudian bunyikan rekaman itu agar bayi dapat mendengarnya.

2. Medley Lagu-lagu Kesukaan Bayi

Banyak lagu atau instrumen yang diciptakan khusus untuk bayi. Namun, sulit bila bayi harus mendengarkan seluruh lagu dalam satu kaset. Terlebih bila ia hanya senang pada satu lagu atau hanya menyukai intro dan refrain-nya saja. Kalau demikian, coba buat medley sendiri. Pilihlah lagu-lagu atau bagian-bagian dari lagu-lagu yang benar-benar disukai bayi, lalu rekamlah satu per satu hingga menjadi medley. Pastikan bahwa kita juga menyukai medley tersebut karena mau tidak mau kita akan sering mendengarnya juga.

3. Musik Klasik

Musik yang paling baik untuk menenangkan bayi adalah musik klasik. Sebagian besar bayi suka dengan musik klasik yang memiliki tempo tetap dan lambat dengan dinamika yang naik turun, seperti musik Mozart dan Vivaldi. Tak hanya bayi, orang dewasa yang mendengarkan musik klasik dapat dibuat relaks. Kalau bisa gunakan pemutar kaset atau CD yang bisa otomatis memutar balik atau memutar ulang sendiri karena beberapa bayi tidak sabaran menunggu musik klasik favoritnya diperdengarkan lagi. Lagi pula player otomatis itu bisa membantu usaha kita meninabobokan bayi dengan lebih lancar.

4. Rekaman Tangisan

Terkadang bayi bisa dibuat tenang oleh suara tangisannya sendiri. Lucu, bukan? Coba rekam suaranya kala ia menangis dan kemudian bunyikan saat ia mulai rewel. Bunyi tangisannya sendiri akan membuat bayi terkejut dan diam.

4

Topic: Kolik

Baru aja kejadian neh hari. Udah dari kemarin seh, Mika nangis jerit2 gak mo tidur, tidur bentar langsung nangis lagi. Sampe aku nya capek banget. Di pegang agak2 kembung perut nya. Aku kirain kolik tuh semacem keselek ato gimana, gak tau nya perut kembung yah. Browsing2 urbanmama, nemu deh.
Baca di halaman pertama, slesta bilang kalo daun jarak bisa menyembuhkan perut kembung. Langsung telp nyokap suruhan beliin daun jarak, maklum aku kagak ada pembantu dan suster, semua ngurus sendiri. Udah gitu nyokap bilang gini "Daun jarak kan buat ngusir Setan juga bisa!!" aku cuma bengong doank, apa anak ku ngeliat setan kah?? Akhirnya suruhan pegawai nyokap, cari ke pasar kagak ada yang jual, dan untung pinter tuh pegawai, dia metik di kebun orang gak tau dimana (maap bagi yang punya rumah).
Dipakaiin ke Mika, langsung loh Mika tidur pules les... sampe aku terkagum2 sama tuh daun. Padahal bentuk nya kayak daun singkong versi kecilan nya. Sampe skrg masih bobok neh anak ku, udah 2 jam lebih. Dan mama nya bisa istirahat dengan tenang. :)

5

Topic: Kolik

Eh..mirip nih sama yg dialamin Arraf (1m) belakangan ini, gue masih agak susah sih mengenali tipikal nangisnya Arraf apa dia noleh kemana atau ada hal2 tertentu yg berulang2. Yang pasti, kalo nangis tuh dia seperti menahan sakit sesuatu atau kaya ngeden, mukanya merah, kentut terus, susah bobo (sebentar2 bangun) Trus dia suka bikin balon-balon dari liurnya gt.

Tapi sindrom nangis berjam-jam gitu enggak sih..kolik bukan ya?

- Provides a boy with the courage to explore the outside world -

@shalihare ||
http://dailyrolla.blogspot.com

6

Topic: Kolik

babyku usia 1bulan dan udh beberapa hr ini gejalanya sperti kena kolik yaa...tp jamnya ga hanya malam saja,,,tiba2 td pagi jg gt nangis tanpa sebab dan kejer bgt...tp ga sampe berjam2 sihh...cm yaa tetep ada rasa panik dimama n papanya...
yg aq mau tanya...kolik itu kan ada gas/angin didalam perut si baby...nahh gas/angin itu dtg dr mana yaa?kan babyku jarang dibawa kluar rmh,,,tp babyku bobonya pake AC krn dia ga tahan panas...suka keringetan gt n gelisah kl kepanasan...apakah dr AC jg ngaruh bs msk angin???pdhal aku pasang ACnya ga terlalu dingin lho...ya sewajarnya suhu utk baby....:s

mhn bantuannya ya moms...krn msh binun sebabnya kolik tu dtg dr mana ya???

momnya aby ;)

mama love habibie.....:*

http://misskembang.blogspot.com/

7

Topic: Kolik

Babyku kena kolik ampe usianya 2,5 bulan. Nangisnya bisa sore2, malem, ato siang2. Sempet dibawa ke dokter tapi katanya kolik akan hilang dengan sendirinya dan gak perlu sampe diberi obat. Yg paling penting adalah penanganan saat kolik itu datang supaya si baby perhatiannya teralihkan dari rasa sakitnya itu.

Coba search di you tube dengan key "Dr. Harvey Karp". Cara 5S nya sangat sangat efektif banget membuat babyku tenang dikala kolik.

8

Topic: Kolik

BAca thread ini jadi curiga baby-ku kolik deh.. habisnya kalau mau tidur ngantuk gitu bawaannya nangis kenceng banget.. ga tega sih liatnya.. nha sama ibuku kalo kayak gitu langsung dikasih minum .. kebetulan udah ga ASIX lagi, jadi minumnya pake botol..

MAsalahnya, kadang mau kadang gak mau diem kalo dkasih minum.. pernah ampe dilepeh2 tuh botolnya...

Abis baca thread ini, jadi download aplikasi di android, nama aplikasinya relax and sleep.. di Ipad juga ada sih.. isinya bunyi2an kayak yang theovilla tulis di atas.. bagi orang yang ga punya hairdryer dan suaminya ga suka bunyi tiktok di jam.. ini ngebantu banget.. soalnya kalo nyalain mesin cuci malem-malem bisa diomelin tetangga ntar.... :) DAn... it works lhoo..

@ianaholic
ibu antar kota antar propinsi

9

Topic: Kolik

iana, tx banget sarannyaaa...aku lgs download td mlm tu aplikasi, tadinya pake hairdryer..huhuuu...mak ama bpknya ampe pusing denger suara itu sementara babynya anteng, skrg cukup pake hp dah, suaranya bgs2 yaaa

Always love my happy life, alhamdulillah
@ruribuwi

10

Topic: Kolik

Aku juga udah download, makasi ya iana. Anakku langsung liyer2 dengernya.

mau coba menjawab mabhy24 ttg dari mana datangnya gas. Anakku Kinan sekarang usia 2mos dan kemarin mulai curiga kolik dari umur 2 minggu. Kata DSAku itu bisa karena makanan yang aku makan yang terbawa ASI. Trus DSAku nyuruh aku pantang makan ini-itu, antara lain:
[list=*]

  • Spicy food (termasuk lada hitam dan cabe)[/*]

    [list=*]
  • Sayuran yang bergas (kol, brokoli)[/*]

    [list=*]
  • Kafein (kopi, teh, soda)[/*]

    [list=*]
  • Makanan dan minuman dingin (misalnya es krim, nah ini agak aneh ya. Tapi kata DSA nya makanan dingin itu gak bagus utk sirkulasi darah bayi)[/*]


    Alhamdulillah ternyata yg paling ngaruh secara signifikan ke anakku yg cabe itu. Setelah gak cabe sama sekali, intensitas koliknya berkurang. Sekarang tinggal ngeden2 nya aja.

    Oya, mau nyaranin buku pedoman pijat bayi karang dr.Utami Roesli,SpA. Itu bagus tuh, ada VCDnya jg. Kinan jadi lebih nyenyak tidurnya setelah dipijetin soalnya.

  • 11

    Topic: Kolik

    Dulu Naim waktu umur 2-3 mingguan tiap mlm waktu mau tidur, nangis sekenceng2nya, awal2 disusuin ngurangin atw bs berhentiin nangisnya. Tp kemudian tidak mempan. Kapan pernah lagi disusuin, nangis kencang smp ibu&bapak mertua yg lg nginap d kita masuk k kmr. Ud mau digendong Naim oleh ibu, tp krn ak merasa bersalah krn g tau bayiku mau apa. Aku bersikeras ngegendong sndr aj (sambil nangis). Akhirnya diem sih.

    Baru tau setelah baca threads ini, bahwa mungkin itu kolic. Tp g tau jg ya.... Dulu g tau sama sekali, jd g bgt memperhatikan simptom lain seain ingat nangis kejer2 yang lama itu.

    Nah kemudian suami menemukan cara menenangkan Naim klo lg nangis kejer2 gt. Digendong pk gendongan sling, posisinya dia tiduran kepala disangga tangan& pantat ditepok2 sambil mengikuti irama lagu "Indonesia tanah air beta" & "kasih ibu". Manjur banget buat naim.

    Sekarang dia ud jarang nangis2 (4 month), tp klo mau tidur masih kadang2 digendong2 kyk gt + dinyanyiin :)

    12

    Topic: Kolik

    Akhirnya ikutan thread ini. Udah 3 hari ini Maghma (3m) kolik. 2 hari sebelum kolik,badannya anget. Jadi pas awal2 kolik ini ngga ngeh,terus hari kedua baru ngeh kalo kolik dan langsung cek artikel di TUM.

    Maghma nangis sesukanya sih,ngga cuma malem. Rasanya kesiksa banget gitu,mau kentut susah,gendong berdiri(thanks to sleepywrap) begitu tidur ditaro nangis.
    Hari ini lumayan berkurang kembungnya,mudah2an ngga lama2 deh koliknya. Kasian banget :( Soalnya dari baru lahir aja jaraaang banget nangis,eeh begitu kolik ngga berenti2 nangisnya..huhuhu

    Love my kids

    twitter & IG : @ndiievania
    blog : https://ndiievania.wordpress.com/

    13

    Topic: Kolik

    gali kuburan ternyata ada juga kaya gini

    saran ya Moms, berhati2 melihat penyebab kolik, bisa karena kembung akibat menyusu (bahkan menyusu dengan PD pun bisa kembung karena ada jeda antara nyot2) atau bisa karena alergi

    pertama kali Gwen dulu jejeritan tiap jam 4 sore sampai malam kira2 jam 10an, jejeritan bener2 ga bisa diapa2in, gendong muter2, gendong indung2, kasi suara hair dryer, kasih suara blender, vacuum cleaner, nyanyi2, tepuk2 gendong berdiri (hasil googling), semua gatot!!!!

    hampir 2hari sekali absen ke dsa yg rada geblek (walau senior dan terlaris di rs tsb), trus sampe diangkat anak oleh orang yg shio nya klop untuk menetralisir ciong(mama ku bilang ini Gwen ciong sama papanya secara shio, jadi siapa yg 'lemah' bakal sakit2an lah, rewel lah, bisa meninggal juga kalau parah ciongnya, halah!!!!!!tahyul aja ya, tapi gpp deh, positifnya Gwen punya mama dan mami he he)
    trus saudara2 ada yg nyalahin krn sy sering mandi malem lah, asinya jd anyep, trus kalo nyuci ga bole malem2, ga bole jg jemuran semaleman didiemin di luar aja (ada canopy ya udah biarin aja biar besok ga ribet keluarin jemuran kannnn), ga boleh minum es, ga boleh makan pedes, aduh segambreng ga boleh yg sangat tidak masuk di akal, karena sy termasuk generasi yg selalu mau tau alasannya, dan seringkali saudara2 tsb ga bisa kasih alasannya, cuma katanya2 aja, jadi itu semua sy anggep non sense, kecuali versi angkat anak karena mama sy ngieng2 ampir sebulan untuk masalah tsb hu hu hu

    akhirnya thanks God ada titik terang, direkomendasi dsa sama temen masa kuliah, yg ikut2an sutris liat status BB mak baru keder selalu
    sebenernya teman itu dsanya sama papanya, cuma karena malas lokasinya jauh, kebetulan anaknya juga dsa dan praktek di rs yg biasa

    dicoba datang kesana, masih muda belia (kayanya mudaan dia deh), trus dia ngajak observasi, tanya jawab sampe ampir 1jam (pdhl bnyk yg antri jg tp dia sabar sekali), ternyata dari observe tsb kemungkinan ditemukan 2 penyebab kolik Gwen

    1. kemungkinan kembung karena terisi udara saat menyusu dari botol (waktu itu pake pigeon yg ada anti sedaknya itu), benar bahwa itu anti sedak, tapi tetap ada udara kosong yang ikut mengalir, jadi disarankan pakai dr brown (dsa langsung sebut merk nya, sempet mikir wah ini dokter pesenan sales nih), tapi ternyata terbukti seiring berjalannya waktu

    2. kemungkinan Gwen kolik karena manifestasi alergi, karena ada kalanya mereda (tidak pernah hilang) tapi ada kalanya jejeritan luar biasa sambil ngepel2 tangan kakinya dan geliat2 kaya anak kejang gitu
    setelah tanya jawab, kaya2nya menghebat setelah weekend dimana kita biasa ada jadwal masak yg spesial, pastinya berbau italiano dengan seabrek susu keju, trus selalu di sore hari karena ternyata itu hasil ASIP setelah lunch, dimana lunch sy sering banget terdiri dari protein tinggi

    jadilah dapet pesan2 dsa utk pantang seafood, putih telur, kacang2an dan produk susu selama 2 minggu kedepan, ternyata ga sampe 2mgu, baru 3 hari berjalan, Gwen ga pernah kelojotan jejeritan lagi, sesekali dia nangis, kalo di ketuk2 perutnya gpp, digendong langsung diam, bearti cuma tangisan manja :)

    selebihnya, hari2 berikutnya dilalui dengan riang gembira, jauh2 dari namanya tebirit2 ke rs karena panik liat Gwen jejeritan gitu, cuma mamanya menabahkan diri, tutup mata sama gado2, ketoprak, tahu telor, pizza, pasta, mayo, cake, ice cream, hu hu hu

    begitu kira2 pengalaman Gwen, semoga bisa berguna buat yang sedang pusing liat si kecil jejeritan ga brenti2 :(

    14

    Topic: Kolik

    waaahh...sekarang razi (3bulan)nih kolik, tapi kalo pas mau bobo aja nangisnya kejer kaya diapain aja. Dirumah gak ada hairdrye or vacuum cleaner, alhasil sepertinya mau pake suara aliran air atau tetesan air gitu dueh...(ngosongin kamar mandi dulu) hehehe

    15

    Topic: Kolik

    ikutan sharing. my baby waktu umur 1 bln pertama sering kolik. ketauan bgt kalo misal dia kentut pasti slalu nangis. berarti lambungnya kembung oleh protein susu. pdhal ac sudah diset ke 27 C.

    akhirnya tuker sufor ke protein yang lebih rendah. plus pake minyak telon cap Puri.

    bukan mau promo product ini, tapi telon ini bener2 membantu banget atasin angin alana ampe skrg. harganya yg tidak tahan mahal. product MLM soalnya.

    16

    Topic: Kolik

    Brapa hari lalu anakku (3m1w) kayak kembung gitu. Nangis mikimos ngga karu-karuan tengah malem. Iparku bilang kolik. Ngga tau juga sih apa bener apa engga. Mo kentut kayak susah banget gitu dan ngeden-ngeden. Akhirnya aku kasih Gripe Water aja. Emang dari umur sebulanan lebih sih udah kasih Gripe Water pas sempet gumoh dan muntah beberapa kali. Emang manjur dan cocok sih buat anakku. Langsung bisa kentut dan tidur ngga pake nangis lagi tengah malem.

    17

    Topic: Kolik

    Halo moms,bukannya sudah ada ya obat kolik baby. Dicoba aja moms pas baby dirasa kolik atau perut kembung. Klo dulu pas babyku kolik,minta nya digendong ayun2x terus.Papinya tuh yg rempyonggg abisss. Jaman sebelum tahu dan ikut TUM. Jadi yah tdk tahu aneka macam gendongan. Hanya kekuatan tangan, mata, stamina dan doa. Kolik selama 3 minggu. Sepanjang jam 11 malam sampai pagi jam 06.00 minta gendongan terus itupun masih nangis, klo diletakkan tempat tidur makin kenceng sampe muka merah,nangis tanpa sebab,diapain salah. Salut aku sama suami rela gendong baby. Sekrg dah banyak pengetahuan ikut TUM. Jadi tahu ada sharing macem2x. Sekrg dah ada senjata jika baby kolik:
    1. Dicoba dulu ditenangkan dgn digendong,bila tdk kuat pakai baby warp/baby sling/jarik
    2. Jika sudah minum susu, dan sekira overload baby minta minum susu terus,pdhl perut dah kenceng+pengennya ngenyut terus(empeng lah beraksi ini jika sangat kepepet banget loooo...) Maklum dulu dah tdk kuat bunda, bergadang 3 minggu, jam bobok baby+ortu juga ikut kebalik (apalagi masih kerja,kebayang capeknya gak ketulungan). Untung sekrg tdk kecanduan empeng dipakai pas baby masih usia 2,5 bulan.
    3. Obat anti kolik for baby jgn lupa (ada berbagai macam merk)
    4. Boleh dicoba saran moms diatas dgn suara hairdyer/vacuum,dst (klo babyku suka tepukan tangan yg keras terus menerus,pada dasarnya memang bener dibuat monoton)
    5. Jika punya ayunan baby membantu bangettttt (nyesel dulu tdk beli)
    6. Selalu cek bila nangis terus bisa jadi ada serangga semut/dispo diaper penuh/haus.
    7. Yg ini andalan ibu2x yaitu minyak telon
    8. Sebelum bobok Baby jgn dibuat kebanyakan tertawa,bisa kebawa rewel pas bobok.
    9. Khusus bagi ibu menyusui hindari konsumsi jenis makanan yg bisa membuat bayi kembung/alergi.

    18

    Topic: Kolik

    mom siawcu, lengkap bener dah inponya thanks...ntar dipraktekin ah satu2 hehe =D

    19

    Topic: Kolik

    Dear moms Saya new mom baby ku kolik sampe skrg usia 2 bln 3 minggu.. Boleh share pengalaman maksimal kolik bisa hiking di usia brp bln ya? Need support n info dr mommy sekalian :(

    20

    Topic: Kolik

    Mau sharing,baby kei umur 6-7minggu tiap sore jerit2 Ampe 2jam... Stelah 2 minggu dikasi tau temen,kmungkinan alergi makanan. akhirnya saya stop makan seafood, kacang dan susu sapi. Alhamdulillah dalam 3harivberkurang koliknya sampai akhirnya brhenti. Stelah itu konsultasi ama dsa nya, katanya makanan yg paling sering bikin kolik itu susu sapi dan kacang tanah..