1

Topic: Renovasi Rumah

Dear Mamas,
Mohon tips dan tricknya, kalau mau renovasi (nambah kamar, ruangan etc)
apasajakah yang perlu diperhatikan.
Bagaimana menyiasati budget yang tidak terlalu 'lebaar' dengan keinginan yang 'lebaaar'
Adakah jasa-jasa yang bisa di share servicenya.
Trims ya

2

Topic: Renovasi Rumah

*menyimak*
memang ya, kalau mau renovasi rumah, adaaa aja tambahannya. ujung2nya pengeluaran membengkak deh :)

sekarang sih, udah banyak ya penyedia jasa (kontraktor) untuk renovasi rumah, sekalian sama jasa interiornya juga.

waktu acara TUM halal bihalal kemarin, sempat disinggung ttg jasa renovasi & dekorasi juga, coba deh tanya2 di thread ini http://theurbanmama.com/forum/topic2114-sp-lets-colour-indonesia-bersama-dulux.html?utm_source=theurbanmama&utm_medium=sidebarforum&utm_campaign=sponsoredthread

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Renovasi Rumah

Hai Ingke!
Gue someday pengen juga nih renovasi rumah. Pengen bikin kamar buat anak. Dulu sempet nanya2 ke temen2 yang ahli di bidangnya plus baca2 di internet, tipsnya antara lain :
-renovasi sebaiknya jangan dilakukan di musim ujan.
-kalo mau renovasi tentuin dulu konsepnya mo kaya gmn. Konsepnya juga harus matang. Kalo mo ngirit mendingan mempertahankan yang udah ada & pake material lama. Misal pake pintu yang udah ada.
-kalo mo ngirit lagi, pilih gaya rumah unfinished gitu kali ya. Misalnya tembok tanpa diplester. Kan keren tuh sekarang gaya industrial buat interior rumah. Atau kurangi pekerjaan renovasi, seperti mengecat tembok. Seru juga kan kalo ngecet sendiri :D
-milih material sendiri. Ini bisa ngirit bisa juga malah jadi boros (kalo kita kurang teliti). Jadi harus survey dulu harga2 material terus jangan lupa bikin perbandingan.

Kurang lebih kaya gitu. Hehehehe. HTH!

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

4

Topic: Renovasi Rumah

kebetulan aku lg mulai renov rumah minggu2 ini. belum bisa byk berbagi, tp so far sih yg kulakukan sbb:
1. pilih tukang/handyman yg bener2 bisa kita percaya krn kejujuran dan kualitas kerjanya
2. byk2 baca referensi ttg bangun dan furniture, jd bisa diskusi dg handyman kita bagusnya pakai bahan apa, yg awet, bagus, tp disesuaikan budjet.
3. renovasi ga harus satu waktu selesai, istilahnya dicicil gitu, kalau ada rizki nanti diteruskan lagi

5

Topic: Renovasi Rumah

Waaa, makasih yaaa
Sepertinya masalah jgn renovasi di musim hujan skrg agak susah ya
1. musim tak menentu
2. bergantung sama availability si tukang, rebutaan cyiiin

nyari handyman nya itu beuuuh sama aja kyk nyari ART, susaaaah

baiklah skrg aku lg nyari milis yg bahas2 ttg renovaasi, ada ga yah?

6

Topic: Renovasi Rumah

halo moms bener kata nyanya di atas kalo sebaiknya proses membangun ato renovasi itu jangan kala musim hujan seperti ini.namun perencanaannya bisa kapanpun dan harus bener2 matang apalagi kalau lahan sangat terbatas.untuk budget yg terbatas bisa disiasati dengan konsep rumah tumbuh jadi pembangunan/ renov rumah dilakukan dlm beberapa tahap namun gambar perencanaannya sudah menyeluruh hingga hasil akhir yang diharapkan.sehingga nantinya tidak terjadi tambal sulam yang biasanya mengakibatkan keluarnya biaya2 yg sebenarnya tdk perlu dan penampilan rumah yang kurang tertata. pembiayaan buruh tukang apakah harian atau borongan jg hrs dipertimbangkan.

7

Topic: Renovasi Rumah

beli rumah tipe 38 dengan tanah 170. selama 2 tahun udah 2 kali renov. bertahap, karena memang tunai seadanya duit aja, ngga pakai kredit. rencana beberapa bulan lagi akan renov yg terakhir alias rumahnya selesai :)

beberapa tips :
1. perencanaan yg matang, gambar hasil akhir rumah. trus dipecah ke beberapa step, mau berapa kali renov, plus RAB. biar ngirit, ini diserahkan ke mbahnya Asa, ngga pakai jasa arsitek.

2. tukang harian vs borongan. yg renov kedua, pake harian. brubung ART orang ngawi asli dimana tukang adalah raja yg makanannya sangat dijaga, jadilah bengkak banget di biaya konsumsi tukang. yg bikin senewen karena belanja sehari-hari jadi rusuh pengeluarannya. setelah ini akan pakai jasa temen yg kontraktor aja.

3. menerapkan ide2 yang biasa menghemat biaya tapi tetap terlihat bagus. kebetulan dana kami terbatas. ngga kuat kalau harus nambah ornamen macam batu alam dan sebangsanya. jadilah berpikir gimana caranya supaya tetap kelihatan unik tapi ga nambah biaya. misal : dinding concrete ekspose dan semen dipola kotak-kotak untuk taman, fasad depan dibuat garis-garis putih dsb.

4. kalau belanja material sendiri, jangan tergiur dengan harga murah. pelajaran banget dapet satu toko yang harganya jauh lebih miring. nyatanya dia harus ditelepon berkali-kali untuk ngirim barangnya. efeknya ke waktu pengerjaan yg molor :(

less ego, more heart

8

Topic: Renovasi Rumah

@all thank you tipsnya, ditunggu yang lainnya yaa
@sita, bolehkah di share gambar sebelum dan sesudah, trus total biaya yg diperlukan?

9

Topic: Renovasi Rumah

gw lagi renovasi dari awal bulan sampe skarang blom slese2..malah berkembang huhuhu..tapi memuaskan sih..rumah jadi berasa lebih nyaman, gw punya home office, dan anak2 juga seneng banget dng ruang belajar yang baru..

@Ingke, kata suami gw, untuk renovasi biasanya dana yg keluar bisa sampe 3x lipet dari rencana awal lhoo kalo kitanya ngga disiplin..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

10

Topic: Renovasi Rumah

No promotion of business of any kinds in the forum, unless it's approved by the admin. -mod-

11

Topic: Renovasi Rumah

moms, buat yang ada rencana mau renov, sekarang udah banyak referensi dari majalah2 atau tabloid. Gw baru tau juga karena juga ada rencana buat renov total rumah seken yang baru di beli.

Boleh nyebut nama majalah tak ya?
Contohnya seperti majalah idea (untuk interior), majalah renovasi, ini isinya lengkap banget, ada simulasi bujet dan blue print untuk renovasi2 kecil semisal nambah kamar. media lainnya ada tabloid rumah, majalah serial rumah, tabloid bintang home dan majalah home living.

bisa tanya jawab, bahasanya ringan dan desainnya bisa dijadiin referensi banget.

HTH ya...

uminya Rafisqy Raefal

12

Topic: Renovasi Rumah

owh iya, bertanya dunk...

ada yang pernah pakai jasa desainer tak? semisal jasa arsitek tapi yang tarifnya agak ekonomis.. sekarang banyak tuh di internet. per m2, tarifnya hanya beberapa puluh ribu aja. kalo rumah 100m2, paling kena-nya hanya 2jutaan, udah dapet blue print-nya.

oke tak ya dari sisi service dll?

pls share ya mom kalo ada yang udah pake...

uminya Rafisqy Raefal

13

Topic: Renovasi Rumah

hai Mir,
Boleh dibisikin ga web nya apa ? :)

14

Topic: Renovasi Rumah

bole bole, bentar aku PM yah... eh, ternyata 13ribu aja/m2.

uminya Rafisqy Raefal

15

Topic: Renovasi Rumah

mir
13rb/m2 yah. untuk design & blueprint aja atau sekaligus konsultasi? kayanya mayan murah yah. meski belum pernah nyobain.

aku pribadi kebetulan lulusan arsitektur. jadi suka utak atik rumah. kalau renov, lebih suka cari referensi di web & youtube terus ditambahin personal taste, cari mandor terpercaya, berangkut.

prinsip renovasi buat aku:

1. untuk hidup hingga 10th ke depan. design for future. jadi sekali renov, buat hidup keberlanjutan. di luar perawatan yah.

2. balance & netral. ini untuk pemilihan material, bentuk & warna. suka warna atau bahan tertentu misalnya. cuss tuangkan. tapi jangan terlalu dituruti berlebihan. karena kita pasti punya titik jenuh. sekarang suka kuning, besok belum tentu. sekarang suka dinding ekspos, besok bisa benci banget. jadi, keunikan akan warna dan bahan tertentu, tuangkan hanya dalam satu atau dua sisi aja. lainnya, keep it general. kalau bentuk, kalau bisa jangan sampai ada sudut terbuang/kosong. karena akan kasih aura buruk. aura buruk itu apa? ya debu, sampah, kotoran.

3. pilih yang punya efek ramah lingkungan. jendela & bukaan2 itu penting. karena untuk akses cahaya + udara. mayan hemat lampu & ac. tapi please jangan terlalu banyak juga. karena, banyak bukaan juga akan mengurangi sisi privat kita.

4. soal budget nih. saya lebih suka renov rumah sekalian, tapi bayarnya nyicil. tapi kalau memang budgetnya kecil, buat rancangan menyeluruh dulu. the big designnya. mau gimana hasil jadinya nanti. kalau mau renov nyicil, langsung pikirkan, bagian mana yang harus dikerjain duluan. yang ketika mau lanjut renov, ngga perlu banyak bongkar pasang.

hth yah kaka kaka.. :D

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

16

Topic: Renovasi Rumah

Wow.... Thanks tipsnya mrs doyi... Mantaf... :)
Gw lum kontak si arsitek itu, baru liat sepintas aja di webs-nya.

Pinginnya sih sekali bangun selese yaa.... Betul banget,bisa pinjem ke bank trus nyicil... Jadinya gak ngotor2in krn bolak balik renov...

Mau napas dulu nih, abis akad rumah april kmarin, gali lobang lagi buat major renov...

Tsf yaaa

uminya Rafisqy Raefal

17

Topic: Renovasi Rumah

Akhirnya mampir ke sini. Aku lagi renov rumah yang luas awalnya 36. Kmrn karena dapet tukang, suami langsung aja pesen untuk lanjut kerja di rumah saya. Saya agak kurang sreg sih karena setuju sama mama sidta sebaiknya kita bikin gambar full rumah yang kita mau dan renov sesuai budget yang ada dulu (berhubung budget terbatas)
Akhirnya kmrn saya minta kita kerjain dikit dulu aja tambahan kamar untuk ART dan dapur n tempat cuci. Sekian curhatnya dan segera mencari majalah renovasi.

You complete me...

18

Topic: Renovasi Rumah

sedang dalam rangka merenov rumah juga. pakai jasa kontraktor. sebenarnya kontraktornya saudara, jadi sempat pending 1/2 tahun untuk mulai karena mengalah dengan project saudara yg lain *nasib*
sekarang udah jalan 2 minggu, baru ke pondasi dan akan mulai ke dinding.
waktu des 2012, dana yg dibutuhkan itu sekitar 75jt untuk 38.9m, ternyata begitu dihitung ulang tanahnya lebih 0.6m. alhasil nambah jadi sekitar 114jt untuk 68,98m.
over budget bangeeeet.. huhuhu.. tp ya sudahlah, akhirnya tetap berjalan :)

bundanya dinda dan rayyan..
always love u my lilprincess and lilprince..
Life is so tough, so calm down

19

Topic: Renovasi Rumah

Dear Mamas,

Kebetulan hari ini saya lihat di twitter sebuah link yang mengarahkan saya ke sini.
Jadi ingat kalau saya juga member forum ini dan topiknya menarik hati saya yang kebetulan berprofesi sebagai arsitek.
Ada kelebihan dan "kekurangan" menggunakan arsitek dalam merenovasi rumah anda.
"Kekurangan" dalam menggunakan jasa arsitek, yang sepertinya banyak dirasakan Mamas di sini juga adalah terasa mahal :p
Kelebihannya adalah perencanaan termasuk perencanaan desain dan perencanaan biaya untuk sebuah proyek renovasi bangunan (rumah) yang lebih
terarah dan terkendali. Jadi sebenarnya "kekurangan" menggunakan jasa arsitek tertutup oleh terkendalinya biaya dan terwujudnya desain sesuai dengan yang anda inginkan karena tugas arsitek selain mendesain bangunan adalah menjadi komunikator, jembatan, antara klien/anda dengan kontraktor, mengkomunikasikan semua kebutuhan anda dalam membangun/merenovasi sebuah bangunan rumah sehingga terwujud sesuai harapan.

Saran saya pilihlah arsitek/desainer yang nyaman diajak berkomunikasi dan paling mengerti anda dan kebutuhan anda termasuk bisa mengerti selera anda dan bahkan bisa mengembangkannya menjadi lebih indah lagi.

Dan tidak perlu takut akan harga mahal jika memakai jasa desainer/arsitek karena sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan anda, misalnya anda bisa menyewa jasa arsitek secara parsial misalnya di awal kebutuhan desain tanpa menyewanya untuk menjadi pengawas proyek, dll. Walaupun saya sendiri menyarankan jika memang menyewa jasa seorang arsitek, sewalah sampai tuntas termasuk pengawasan di lapangan karena seorang arsitek mengerti seluk beluk teknik pembangunan dan menjadi wakil anda di lapangan, dan bertugas melaporkan segala sesuatu yang terjadi di lapangan terutama jika terjadi berbagai penyimpangan.
Kalau memang proyeknya hanya ringan misalnya renovasi kamar tidur yang hanya mengubah warna cat tanpa perubahan konstruksi yang berat, dan anda merasa mampu mengawasi sendiri, lakukan saja, tidak perlu pakai arsitek. Tetapi jika menyangkut perubahan konstruksi misalnya menambah lantai dan mengubah bentuk beberapa ruangan sekaligus, sebaiknya sih pakai jasa arsitek dan nego lah dengan mereka harga yang sesuai dengan keahlian mereka tanpa harus membebani kantong anda. Mintalah paket pekerjaan yang bisa anda sesuaikan dengan budget anda saat itu.

Baru-baru ini saya membangun rumah kami dengan desain sendiri dan menggunakan jasa kontraktor langganan, budget bisa terkontrol baik dengan kelebihan tidak lebih dari 15% RAB (Rencana Anggaran Biaya) Kelebihan yang terjadi memang rata-rata tidak ada di RAB awal misalnya pagar dan perkerasan carport.

Saran saya juga yang penting rumah bisa ditinggali dengan nyaman dengan tambahan ini itu yang bisa menyusul kemudian, misalnya saat ini belum punya budget untuk membeli lantai keramik yang bermutu baik, belilah yang bekas tapi masih dalam keadaan baik untuk satu saat nanti diganti jika sudah punya dana lebih dan seterusnya.

Semoga berguna ;)

+++ di profesi kami tidak diperkenankan untuk banting harga gila-gilaan sampai 13ribu/M2. Hal tersebut dianggap unethical.

20

Topic: Renovasi Rumah

Mira..makasih tips2-nya ya, ngebantu banget. Gw juga setuju bahwa menggunakan jasa arsitek itu sebenarnya justru lebih efektif ketimbang membangun atau merenovasi rumah tanpa perencanaan, karena selain disain rumah belum tentu efektif dan sesuai kebutuhan, dana yang dibutuhkan juga malah bisa terus membengkak..
Gw pribadi ngebayangin kalo nanti mau bangun rumah baru, pengen pake jasa arsitek dan minta dibikinin 'rumah tumbuh', jadi, sementara dana belum cukup untuk bikin rumah sesuai cita2 kami, gw bisa minta tolong dibikinin rumah tumbuh aja, yang bisa selalu ditambah dan disesuaikan jika dananya sudah ada :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

21

Topic: Renovasi Rumah

Zata,
rumah tumbuh itu maksdunya gimana ya?

uminya Rafisqy Raefal

22

Topic: Renovasi Rumah

mir,
*nyamber* rumah tumbuh itu maksudnya... rumah yang sekarang masih bisa ditambah ruang/bangunan karena pondasinya udah bagus.

rumah saya termasuk rumah tumbuh, karena kalau lantai 2-nya mau diperluas, bisa. atau ada bagian atas yg bisa dibangun kamar tidur karena pondasinya sudah oke untuk bangunan bertingkat.
cmiiw yah.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

23

Topic: Renovasi Rumah

Teh ninit,

I see.... Jadi secara design udah dibuat mateng yah, tinggal pembangunannya di sesuaikan dengan bujet yg available tanpa harus bongkar2 yg major...

uminya Rafisqy Raefal

24

Topic: Renovasi Rumah

mamah sekalian...
aku mau share aja nih.
aku mutusin untuk ga pake arsitek karena memang kebetulan rumah yang aku beli rumah seken dimana aku mmg ga pengen merubah banyak dari kondisi existing
jadi langsung aja pake tukang.
tapi emang iya ya, dari RAB awal membengkak sampai 30%
tapi itu karena memang akunya nambah kerjaannya.hehehe
misal tadinya cuma ganti closet 1 biji jadi 3 biji gitu

tapi masih lumayan bisa ditolerir sih
*berusahamemaafkan diri sendiri
padahal sebenarnya masih pengen renov dapur dan halaman...

25

Topic: Renovasi Rumah

Lagi punya rencana bwt renov rumah tahun dpn, nambah lantai atas bwt kamar.. Ada 2 pilihan, renov tambah lantai 2 full dr depan atau renov tambah lantai 2 dari tengah tapi tambah lantai 3 utk jemur & gudang.. Baru mau konsultasi sama arsitek dari segi biayanya.. Pngennya sey lantai 2 full dr depan tapi berhubung msh kpr katnya ga boleh merubah tampak depan ya mamas? Ada yg punya pengalaman kah?

NimoStore ==> Work isn't a place it's an activity..