1

Topic: Jarak Umur Anak

moms,
anak sulung gue umurnya 3 tahun dan suami gue itu anak tunggal. jadi mertua pengen banget kalo kita punya anak 2 atau 3 (doh ;) !).

sampe sekarang sih gue belum hamil lagi. malah lagi mikir mau pake alat kontrasepsi apa... rasanya sih belum siap aja buat hamil lagi dan punya anak kedua. soalnya kalo ngeliat anak pertama gue, kayaknya lagi seru-serunya dan gue 'takut' kalo punya anak kedua, perhatian gue ke anak gue yang pertama berkurang...

gimana yaaaah? bingung deh.

[a mama who loves POCOYO]

2

Topic: Jarak Umur Anak

hai Alin,
kayanya ngga ada rumus untuk nentuin jarak anak pertama dan kedua. Baik jaraknya deket atau jauh, masing-masing ada plus minusnya. yang penting kitanya siap atau nggak... dulu gw juga sering banget bilang mau punya anak satu aja karena keingetan rasa sedapnya melahirkan, hehe sementara orang-orang di sekeliling nanyain terus kapan mau hamil lagi....huaa nambah pressure aja.

Gw dan suami akhirnya mantap mau punya anak lagi karena suatu hari liat anak gw (2taun waktu itu) pengen ikut main sama kakak beradik di mall, tapi mereka ngeliat Nara kayak "siapa lo?" hehe wajarlah ya, tapi gw ngeliatnya langsung terenyuh kasian klo Nara ngga punya temen main. Selain itu juga gemes banget liat bayi, kangen punya bayi, soalnya bayi belum bisa ngomong "nggak mau bunda", hihi.

oiya, pertimbangan tambahan kita untuk punya anak lagi antara lain adalah soal blueprint rencana keluarga kecil kita, antara lain kira-kira kita mau sekolah lagi nggak, klo iya kapan kita mau sekolah lagi dan pertimbangan keuangan untuk dana pendidikan anak nanti...

metariza.com | mother of two |@metariza

3

Topic: Jarak Umur Anak

waktu mau memutuskan lepas kontrasepsi, aku sempet browsing ini from babycenter.com

keputusan diambil bersama suami dan anak biar bagaimanapun kami yang akan jadi ortu dan anak sulung yang mengalami dampak emosi dll.

My son is almost 4 y.o. and we're trying to have another one.

And thelilsolder is back. Fire!

4

Topic: Jarak Umur Anak

halo alin...
share ya.. enzo dan dante jaraknya cuma 18 bulan...
gara2nya karena agak sedikit trauma untuk pasang kontrasepsi T, aku memutuskan untuk pake pil setelah melahirkan enzo. dan karena gak disiplin, akhirnya kedapetan rejeki lagi deh hamil dante :)
kerasa sih, kasian juga si kk, karena perhatianku terbagi2..
jadi sekarang aku pake alat kontrasepsi T yg untuk 5 tahun..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Jarak Umur Anak

hi alin,
dulu saya sama suami suka ngobrol... "kalo punya anak kedua, usahakan bedanya ga 3 tahun yah." karena apa? ada saatnya mereka bareng2 pindah tingkat sekolah (yang satu masuk smp, satu masuk sma). tapi ternyata malah kejadian :) pas banget anak kedua bedanya 3 tahun 3 hari sama yang sulung.

betul kata metariza, ngga ada rumusnya harus berapa tahun jarak antara anak pertama dan kedua (dst). lebih ke kesiapan orangtua nya kali ya? terutama ibu. ada juga yang beda 1 tahun, kata ibunya biar sekalian 'capek' ngurus anaknya. ada juga yang pertimbangannya kalau umur 4/5 tahun misalnya, udah bisa lebih ngerti kondisi kalau dia punya adik.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

6

Topic: Jarak Umur Anak

alin kayaknya menurut gue tiap keluarga pasti punya alesan yang beda2 yah untuk ini. bener kata metariza ga ada rumusnya. terlalu banyak variable :)

gue sendiri sih pengennya tuh ngasih adek langsung ke naia, biar ada temen maen. apalagi gue dan suami kan sama2 ngantor. tapi sayangnya ini pun bukan lah hal yang wise untuk dijalankan buat keluarga gue, dengan alesan..

1. gue tinggal jauh dari orang tua & keluarga, jadi bener2 menghandalkan hired helper untuk jagain anak gue pas gue lagi ngantor. ini aja gue kantornya deket dari rumah & bisa pulang pas lunch biar bisa tau keadaan anak gue di rumah tiap hari gimana..

2. gue ga tega ninggalin anak 2, batita sama nanny doang, kebayang repotnya gimana buat dia.

3. gue bisa stress mikirin anak2 gue cuma ditinggalin ama nanny doang.. dan gue pengen fokus ke masa perkembangan anak, apalagi kalo masih di rumah.

jadilah gue sampe sekarang masih nunda. harapannya sih nanti kalo anak pertama udah bisa gue taro di childcare full time, baru bisa mikir untuk punya anak kedua. kalo belom, mendingan jangan dulu deh.. ngebayanginnya aja gue ga tegaaa... hiks..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Jarak Umur Anak

Saya malah dulu maunya beda 2 atau 4 tahun, jadi saat satu masuk SMA, satunya baru kelas 6 SD atau kelas 1 SMP, jadi irit biaya. Pusing kalau sampai kedua anak masuk sekolah dan kita harus bayar uang pangkal masuk sekolah bebarengan.

Sayangnya... anak kami bedanya 2,5 tahun, jadi ya dalam urutan sekolah bedanya 3 tahun. Oh well, gotta work harder and save more then.

Works hard, plays harder with his kids.
- Papa to Shavira & Arkan -
http://emergencyrecipes.wordpress.com
http://chandramarsono.wordpress.com

8

Topic: Jarak Umur Anak

Hallo moms..
Saya sedang hamil anak ke-2..anak pertama saya, Alifah sudah berusia 7 tahun (kelas 2 SD). Rencana nambah anak ini karena saya dan suami ngerasa Alifah sudah sangat mandiri, sudah punya aktivitas sendiri...dan berasa sepi aja gt hehehe, dari segi finansial pun kita merasa sudah pas untuk nambah anak lagi. Keuntungan dari jarak usia yang jauh antara Alifah dan adiknya ini, Alifah ngerasa ngga terlalu cemburu (dia udah sibuk ama temen temen dan aktivitasnya...dan udah ngga interest ama hal hal yg berhubungan dgn mainan toddler). Di usianya sekarang Alifah lebih memahami konsep bersaudara dan berbagi. Cuma yang sedikit challenging adalah mempertahankan intensitas/kualitas perhatian terhadap prestasi sekolahnya Alifah. Anak SD sekarang beban sekolahnya jauh lebih berat dari jaman kita SD dulu. Dengan kehadiran adiknya, perhatian ke prestasi sekolahnya Alifah akan sedikit teralihkan. Untuk itu butuh kerja sama yang ok antara Ayah & Bundanya.

Sekarang Alifah tiap hari nanyain kapan dedeknya lahir...Syukurnya dedeknya lahir nanti pas kak Alifah nya sedang libur semester :) Liburan kali ini liburan yang paling dinanti Alifah krn kehadiran dedeknya.

9

Topic: Jarak Umur Anak

allow alin....aku mau sharing aja nih,,,dulu aku juga pinginnya nentuin jarak anatara anak kesatu dan kdwa tuh bedanya pingin 3 atow dwa tahun,,tapi waktu anak pertama aku berumur 11 bulan aku hamil lagi,,waktu itu karena aku memang ada rasa takut untuk memakai alat KB akhirnya aku memutuskan untuk pake pil saja,,tapi karena keteledoran ya alhasil anak kedwa,,,sekarang anak kdwa lahir dan sdh berumur 20 bulan,,aku yang sdh memakai alat KB yang dipasang pun ternyata masih dikasih hadiah oleh Tuhan kehamilan,,,well bisa dibayangkan gimana repotnya mengurus balita balita yang masih butuh banget perhatian kita,,,tetapi satu yang bisa di petik dari semuanya,,kita bisa berencana nentuin jarak dan berapa anak kita yang kita mau,,tapi tetep aja yang diatas yang ngatur,,hehehe,,sekarang kehamilan aku masuk ke 3 bulan,,,terpaksa pula anak kedwa aku sapih,,,berat dan kasihan tapi ya harus gimana lagi,,hehehehe..wah jadi menyimpang ya,,tapi anyway thanks ya bisa bikin aku curhat,,,

10

Topic: Jarak Umur Anak

wawww mbak dian, subur banget ya hehehe alhamdulillah
aku juga sama sekali ga ada rencana untuk hamil dulu asalnya, tapi ternyata udah dikasih rezeki lagi waktu akasyah baru 22 bulan.
Sekarang usia kehamilan 2 bulan, dan lagi sedikit2 nyapih kakanya.
kasian banget liat kakanya, karena entah karena ditinggal kerja - dia tuh attached bgt sm aku. klo tidur juga mesti nempel hehehe kebayang aja ntar ada adik yg bikin mamanya sibuk. Tapi mungkin alesan kenapa dikasih adik sekarang biar akasyah bisa lebih mandiri, dan ga terlalu nempel ke aku.
mudah2an lancar deh semuanya, mohon doanya aja ya :)

My little xerox's is waiting home for me

11

Topic: Jarak Umur Anak

Kalo gue sama kaya Urban Papa... Jarak anak gue pengennya 2 atau 4 tahun... Pokoknya gak kelipatan 3. Karna alasan sekolah juga! Bahkan pikiran kaya gini udah ada sebelum married, hehehe... Perhitungan bgt ya...

Bukan apa2 sih, karna jarak gue sama adek gue itu 3 tahun, jadi ngerasain bgt waktu ortu empot2an nyekolahin anak, terutama kalo gue dan adek gue lagi perpindahan jenjang pendidikan... ;)

“The mother's heart is the child's schoolroom.”

12

Topic: Jarak Umur Anak

ikutan sharing ya mamas, papas ...

Anak pertama umur 15 bln, aku hamil anak kedua, so beda anak pertama dan kedua 'cuma' 2 th ...
klo diingat2, saat2 itu biasa2 saja ... klo repot .. ya pastilah repot buat 2 anak batita, tp alhamdulillah semua bisa terlampui dengan baik.
Dulu alasanya, biar sekalian repotnya ... klise bgt ya ? :)

menginjak si sulung 8 th, adiknya 6 th, sebenernya sudah ''enak2"nya punya anak seusia gini, pergi2 gampang dan praktis dan lain sebagainya ..
trus ... akhirnya bismillah, kami memutuskan punya anak 1 lg, dan alhamdulillah skr sudah 7bln to go. InsyaAllah nanti adek baby beda dgn kakak no 2 beda 7th. wah jauhhh jg ya ? :)

klo dari sisi kemandirian kakak2nya, mereka excited sekali menunggu kelahiran adeknya, wlpun pd 'rebutan' kakak (ce) pengen adeknya ce, adeknya (co) pengen adek co :)
mereka antusias nganter bundanya kontrol ke dokter, ngingetin bundanya minum vit, smp skr antusias menyiapkan perlengkapan buat adek baby-nya.

tp klo ngerasain hamil ketiga ini, rasa2nya lebih 'enakan' hamil pertama dan kedua, tentunya faktor U (usia) berpengaruh dong ya ? :D rasa2nya seperti punya anak pertama lagi hehe ..
tentunya masa2 kami punya 2 anak jg merupakan moment2 yg tidak bisa tergantikan :)

so, memang tergantung dari kelg masing2 ya jarak ideal itu, dan kita hanya bisa berencana dan berusana, ada Yang Maha Kuasa yang menentukannya.

salam
-Lilik-

bunda shafa-hafiz-reefa

13

Topic: Jarak Umur Anak

urban papa...

iya nih sama kasusnya alde & arza bedanya pas 3 tahun 3 hari hahaha... yg dihindari justru malah dapet beda umur 3 tahun. tapi ya itu, artinya kita harus work harder... insya Allah rezeki dari Allah pasti ada aja ya... tinggal kita berusaha.

lilik,
wah senangnyaaa kakak-kakak perhatian banget yaaa sama adiknya :) kebayang pasti seneng deh. kakak2nya lebih ngerti & perhatian.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

14

Topic: Jarak Umur Anak

ninit, urban papa, yup ... insyaAllah rejeki sudah ada yg ngatur, don't worry be happy yg beda anak 3 th yaaa :)

ninit,
iya so far salah satu berkah hamil skr, kakak2nya perhatian sekali ke bundanya, termasuk mijet2in kaki2 bundanya ;-)

bunda shafa-hafiz-reefa

15

Topic: Jarak Umur Anak

Jarak umur antara kedua orang anakku adalah 9 th...hehe....nggak direncanain dan ceritanya panjang.
Anyway, ternyata sama aja tuh kelakuannga dengan yang jaraknya dekat, si sulung suka cemburu sama adiknya dan sebaliknya, suka rebutan mainan *sigh*

16

Topic: Jarak Umur Anak

Bener sih, semuanya balik ke preferensi masing2.
Tapi aku personally setuju juga dengan Ninit, jangan jarak 3 taon.. bisa bangkrut huhuhu.. tapi ini yg terjadi dengan diriku

Masing2 pilihan ada plus minusnya sih

Kalo jarak jauh, plusnya, kakaknya bisa ikut bantuin ngasuh adiknya. Minusnya udah lupa cara mengurus anak dan dengan kelahiran jadi mulai dari awal lagi utk ibunya

Kalo jarak deket, plusnya adalah kakak adik bisa jadi temen krn jaraknya deket. Lungsuran juga lancar, bisa pinjem2an baju dan mainan. Minusnya adalah REPOTNYA omaigat banget.

Kalo buat aku, aku pilih yg jarak deket, krn niatnya lebih utk supaya interruption buat aku sekali aja dan sekalian repot, krn rencana pengen balik kerja full time lagi pas dua2nya udah gedean. Tapi kejadiannya itupun jaraknya hampir tiga tahun, krn ternyata breastfeeding manjur bgt jadi kontrasepsi natural buat aku.

a frantic housewife :p

17

Topic: Jarak Umur Anak

waduh, klo aku planning hamil sekarang, jarak chise dan adiknya pas 3y (klo Allah kasih lancar)..kadang mikir ditunda lagi, mmm skrg waktu yg pas..sama kayak ninit semoga klo Insya Allah adiknya chise lahir, dikasih rejeki yg banyak amiin amiin...

18

Topic: Jarak Umur Anak

mamas & papas...yang jarak umur anaknya cuma 1-2 taun...share dooong...apa aja suka dukanya...apa aja plus minusnya...???

there's no place like home...

19

Topic: Jarak Umur Anak

Kalo gw dulu sama suami selalu ngomong kalo bisa jarak anak kita jangan 3 thn.... Alesannya ya sama kyk yg lain, biar tahun ajaran baru gak mumet hehehhehe.... Dan satu lagi, nambah anak kalo udah tinggal di rumah sendiri, krn waktu anak pertama masih numpang di rumah ortu gw. Sungkan aja kalo udah beranak pinak masih numpang. Pas udah settle di rumah sendiri, gw lepas kontrasepsi dan Alhamdulillah cepet hamil lagi. Jadilah jarak anak2 gw 4.5 thn...

20

Topic: Jarak Umur Anak

piw, mamanya Keona,

anak pertama en keduaku beda 2 th, so far suka duka pasti ada ya ? dan semua kembali ke kelg masing2 gimana menyikapinya :)
klo aku dulu pengennya punya anak sblm usia 30 (cita2 ideal hehe), so mutusin jarak anak pertama en kedua 2 th-an, judulnya biar sekalian repotnya :)

krn jaraknya yg lumayan dekat, sisi ekonomisnya barang2 kakaknya byk di'lungsur' adeknya :) trus adeknya copy cat kakaknya banget, so lebih mudah klo utk ngajarin sesuatu misalnya. Skr udah pd di SD jg buku2 paket kakaknya masih bs digunakan oleh adeknya. utk urusan main, mereka jg bisa kompakan :)

minusnya, klo pas 'berantem' aja kali ya hehehe, tp namanya sodara, ga 'berantem' ga seru ya ? :D tinggal bagaimana kita menyikapinya aja.

time flies, tahun kemaren kami memutuskan punya anak 1 lg, so insyaAllah ntar klo adeknya lahir beda ama anak kedua hampir 7th. Jarak umur yg lumayan lama ini buat bundanya berasa hamil pertama :) alhamdulillah anak2 udh gede so helpfull dan full attention ke bundanya, bahkan kmrn pas belanja belinji perlengkapan baby, terharu bgt sulungku yg nyatetin list belanjaan, bawain belanjaan bundanya, smp beliin minuman buat bundanya :)

so, buatku jarak anak insyaAllah terbaik buat kami, dan bagaimanapun jg kita berencana dan berusaha, ada Yang Maha Kuasa yang menentukannya.

gutlak ya piw ...

salam
-Lilik-

bunda shafa-hafiz-reefa

21

Topic: Jarak Umur Anak

thanks mbak Lilik...

well...sejujurnya nih...Keona baru 6 bulan...dan ternyata oh ternyata sekarang aku udah hamil lagi 6 minggu...hehehe...emang belom pake kontrasepsi sih karena rencananya ntar aja sekalian kalo udah ga mau nambah anak lagi...

sama tuh....aku cita2 juga punya anak sebelum umur 30...setelah 30 ga nambah anak lagi...sekarang umurku 28...ternyata Allah ngasih rejeki lagi segitu cepetnya...jadinya nih jarak Keona dan adeknya entar insyaAllah kurang lebih 14 bulan sajah...

aku dan suami waktu tau udah hamil lagi awalnya memang mixed emotion gitu...tapi akhirnya daripada dibikin pusing yang akhirnya cuma jadi mikirin negatifnya...mending juga disyukuri dan pikirin hal2 positifnya...kata mamaku juga 'berani berbuat berani bertanggungjawab'... :D
makanya nih nanya2 sama yang udah pengalaman supaya lebih memantapkan diri...hehehe...

sekarang jadinya banyak berdoa mudah2an hamilnya ga rewel...jadi tetep bisa main2 sama Keona...sekarang juga aku masih kerja...tapi buat 2 anak yang jaraknya nanti cuma setaunan...i'll give up my career for sure...

Haha...jadi curcol deh...
Doain ya moms... :)

there's no place like home...

22

Topic: Jarak Umur Anak

Piw,

woww, alhamdulillah, congrat ya atas kehamilannya, mudah2an sehat2 terus dan lancar kehamilannya,

yup setuju ama kata mamanya tuh :)
insyaAllah klo kita ihklas menjalaninya, semuanya dimudahkanNya ya, amin.

pray for u dear ;-)

salam
-Lilik-

bunda shafa-hafiz-reefa

23

Topic: Jarak Umur Anak

piw, emang kl kehamilan baik expected maupun engga pasti asyik kok.. Gw liat temen gw yg kasusnya sama, anak2nya malah lebih rukun dibanding sama gue jaman kecil yg jarak sama sibling terdekat 3thn.. Soalnya kan pas mamanya hamil anaknya blm ngeh ttg sibling rivalry jd he tought lngsg punya adek itu hal yg natural..

Yg penting lunya harus kuat fisik dan mental aja, krn lu harus ngurus bayi di dalem dan bayi diluar jg, hehehe...

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

24

Topic: Jarak Umur Anak

piw wow, congrats yah! gue rada setuju ama rhanie.. kadang emang yang gak di plan itu justru malah kayak blessing in disguise. kalo di plan, kok kayaknya ga siap2 lagi yaa.. *curcol*

insya Allah sih kalo umurnya deket gitu bakal akur yah. kalo gue liat suami gue ama adeknay gitu. mereka juga beda umurnya cuma 14bln. tapi mereka dekeeett banget! sampe2 adeknya tuh pernah nulis testimonial ttg kakaknya gini.. "you are my first best friend i know.. and you always will be.. " so sweettt!!!

tapi kalo nanya kecilnya gimana sih, katanya emang, kakaknya (suami gue) jaiill banget, senengnya ngisengin adeknya (cewek). but nonetheles, si adek tetep adore kakaknya and vice versa.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

25

Topic: Jarak Umur Anak

piw - congrats!! asik dong, keona ntar lagi punya adik :D ga ada pengalaman kayak gitu sih, tapi temen gue yang anaknya beda cuma 14 bulan, jadinya sahabatan banget.... suka dikira kembar, malah, hehehe.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia