1

Topic: Check-up Kehamilan

Mummy2 semua...
ada yang punya info untuk melakukan tes sebagai berikut nggak?
1.screening vitamin D
2.Oral Glucose Challenge Test (OGCT)
3.CBP (complete blood picture)
4.IDC (indirect coombs test)

Aku harus ngelakuin test itu semua di week 28
ada yg punya pengalaman test tersebut?1 diantara 4 test diatas mungkin...
mohon sharing nya ya mom...dimana bisa ngelakuinnya...
terima kasih sebelumnya... :)

He is my growing hope... :)

2

Topic: Check-up Kehamilan

Dhiza Wahh,, aku blm pernah diminta test itu, mungkin karena usia kandungan baru 15 minggu yah. Tapi minggu depan begitu memasuki usia kandungan 16 minggu, aku disuruh dokter screening usg ke Dr. Azen nih. Ada yang punya pengalaman usg screening inikah? Bukannya usg macam ini dilakukan pada usia kandungan 20 minggu yah? Kecepetan gak sih kalo USG screening di 16 minggu?

? Working Mommy I Architect I @yantri_abshar ?
Really fall in love with my little one (?????)
www.lifeofyantri.wordpress.com

3

Topic: Check-up Kehamilan

Ms_Anti:tujuan screeningnya apa ya?
klo aku kemaren testnya week 12 utk test trisomi&downsyndrome,week 19 full scan morfologi,ama ntar yg week 28 itu.
klo d tempat aku sekarang,radiolognya ga mau ngelakuin full scan dibawah 19 minggu.

He is my growing hope... :)

4

Topic: Check-up Kehamilan

Mau ikutan sharing ah... sekarang usia kehamilan saya udah di 35 minggu. Berikut riwayat konsultasi saya ke dsog:
1. waktu telat haid 15an hari,... ke dokter untuk konsultasi dengan keluhan haid mundur terus karena bulan sebelumnya juga telat lama banget, tapi haid lagi. Nggak curiga atau lebih tepatnya nggak berani ekspektasi hamil karena siklus haid emang panjang, biasanya bisa 35 hari normaly. Akhirnya dr melakukan USG dari perut dan transvaginal, ternyata dari transvaginal keliatan ada kantung walaupun masih kecil. trus karena belum tespack, dokter juga menyarankan tes lab karena kehamilan muda katanya lebih akurat dari test pack. Setelah ternyata positif yang dilakukan dokter adalah ngasih pantangan makanan, menganjurkan rajin minum susu 2 kali sehari, untuk puasa berhubungan dulu (walaupun tetep ngeyel), dan ngasih penguat kandungan untuk jaga-jaga karena belum tau kondisi kekuatan rahimnya. disuruh dateng lagi 4 minggu kemudian (yang prakteknya 5 minggu kemudian krn ada diklat prajabatan di luar kota). oh iya waktu itu umur kandungan diperkirakan 3-4 minggu, gabisa ditentukan berdasarkan hpht karena siklus haid yang panjang tadi.
2. usia kehamilan 8 minggu, yang penting adalah ngecek apakah kantung yang sudah terbentuk sebelumnya sekarang sudah kelihatan terisi embrio (tapi bisanya keliatan dari transvaginal lagi). Karena banyak kasus kehamilan pertama yang BO alias janin tidak berkembang. alhamdulillah udah keliatan bentuk kacang (si embrio yang baru 2cm waktu itu) dan bakal plasenta bayi. juga sudah bisa diperdengarkan suara detak jantung bayi , apakah kuat atau lemah. sebaiknya juga kita sebagai pasien hamil menceritakan semua keluhan, misalnya mual muntah spy bs dapet saran-saran yang sesuai. waktu itu saya malah adem ayem aja jadi malah kawatir beneran hamil atau enggak. waktu itu dokter sudah bs mengindikasikan kondisi rahim saya kuat, jadi obat penguat dihentikan, cukup asam folat saja. disuruh datang 4 minggu kemudian, tapi mundur lagi jadi 5 minggu.
3. usia kehamilan di atas 12 minggu (me 13 minggu) yang penting dilakukan seperti yang udah dibilang sama mba @Dhiza, adalah screening untuk tes trisomi dan downsyndrom
4. usia kehamilan 16 minggu, waktu itu agak lupa apa aja, tapi ya yang bisa keliatan dulu misalnya lambung, trus organ gerak aja. disini dokter udah menyarankan tes darah dan urin. oh iya, biasanya udah keliatan jenis kelamin bayi, dokter biasanya nanya kita pengen dikasih tau atau enggak. ibu biasanya udah bisa merasakan gerakan bayi, tapi waktu itu saya ditanya dan belum. kata dokter sih gpp, normalnya akan terasa di bulan ke 4-5. mulai di tahap ini bayi sudah tidak diukur panjangnya lagi, melainkan beratnya karena organ tubuh sudah lengkap dan nekuk2 di perut ibunya
5. usia kehamilan 21 minggu screening organ dalam. yang ini bener-bener lengkap sampai dokternya minta untuk dateng pagi biar bisa agak lama. jantung dicek ada berapa ruang, ada klepnya, pembuluh darah dll. Bagian otak juga diperiksa, otak besar, otak kecil, cairan-cairan di dalamnya (deteksi hydrocepalus), trus sama pembuluh2 darahnya juga, paru-paru, lambung, lensa mata, hidung bibir juga diperiksa apakah ada sumbing atau tidak, bentuk tulang tangan dan tulang kaki serta sudut-sudutnya diperiksa, jenis kelamin dipastikan lagi. mulai di minggu ini dokter udah mulai ribut soal kedisiplinan menu makanan kita, harus banyak ikan-ikanan u perkembangan otak, kalsium dari susu 2kali sehari dan bla bla bla sih... so far kayaknya itu sih
6. usia kehamilan 25 minggu biasanya cek lagi perkembangannya plus karena perut udah mulai besar biasanya ditanyain soal kendala teknis kehamilannya, mungkin pegel, sakit atau gimana yang nantinya dokter akan kasih advice. di minggu ini ibu juga sudah harus peka dengan gerakan bayi. walaupun belum harus menghitung jumlahnya karena dalam bulan ke 6 ini waktu tidur bayi masih banyak di perut.
7. usia kehamilan di atas 30 minggu, dokter mulai concern dengan diet makanan buat ibu. liat bb ibu dan bb bayi, apakah harus genjot makan atau justru mengurangi. Oh iya untuk ibu-ibu yang mau usg 4d disarankan bisa di minggu ke 26-30an ya... kawatir kegedean kalo usia kandungan mulai tua. Kepala bayi juga harusnya udah mulai di bawah dan dilihat posisi plasenta ada dimana, riskan enggak terhadap jalan lahir. ibu sudah disarankan untuk memulai senam hamil dan memperhatikan jadwal olah raga untuk melenturkan otot-otot menjelang persalinan. Hitungan gerakan bayi juga sudah harus ketat dilakukan. dalam sehari, atau 24 jam, minimaaaal banget ada 10 gerakan, atau dalam durasi 1 gerakan berarti 1 menit. dimana kalau gerakan bayi kurang dari 10, ibu disarankan untuk check up. Mulai dari usia kandungan 30 minggu ini, dokter sudah menyarankan kontrol 2 minggu sekali, pertama untuk mengatasi kelainan perkembangan atau resiko lahir prematur... pengalaman saya kontrol di 31 dan 33 minggu hampir sama sih, semuanya di cek ulang, dan usg transvaginal dilakukan juga untuk liat kekuatan rahim dan jalan lahirnya (kalau g salah loh). soalnya waktu itu dokter bisa melihat kalau saya udah sering ngerasain kenceng2, tapi prediksinya sih masih bagus, kuat jadi kemungkinan prematur kecil...
untuk usg selanjutnya krn belum dilakukan jadi belum bisa cerita...

5

Topic: Check-up Kehamilan

thanks shaqieen..
screening untuk tes trisomi dan downsyndrom itu kita yg minta atau udah otomatis dites?

6

Topic: Check-up Kehamilan

Hi verhakay...
klo aku kmrn disarankan ama dokter dan bidannya (aku di adelaide),boleh kita ikutin,boleh jg nggak,klo ngikutin kita bs minta hasilnya boleh jg nggak,klo nggak minta hasilnya,cuma dokter dan bidan yg tau hasil test tersebut.
klo aku dl test nya yg combine test jd lwt usg ama test darah si ibu.klo sepupuku di jkt katanya lewat usg aj.
sepupuku jg nggak disengaja test nya,lg check up rutin,trus tiba2 pas usg dokternya langsung ngasi keterangan tentang downsyndrom tersebut.gitu deh pengalaman ku jg sepupuku... :)

He is my growing hope... :)

7

Topic: Check-up Kehamilan

hi Dhiza..
gitu ya.. ntar tanyain dokter ah pas periksa lg..
Tq..

8

Topic: Check-up Kehamilan

waw..pengalamannya shaqieen keren ya. aku udah masuk 20 minggu, kmrn baru aja dr dokter. kok dokterku ga menerangkan sampe sedetil itu ya? sampe klep jantung dll. itu kita yang minta ya? cara usg nya gmn? apakah bisa dg usg biasa (aku biasanya pake 2D dan 4D) trus usg yg syndrow down dll itu gmn? kmrn aku usg, cuma dikasih tau klo anakku terlilit tali pusar sama posisi sungsang.

9

Topic: Check-up Kehamilan

Hi Adrovivi...
Aku di Adelaide usg yang full scan 20 week itu pakenya 2D, kelihatan semuanya detail,jantungnya,hatinya dll.dpt sekitar 90 lebih hasil usg nya.
klo menurut penjelasan yg aku baca untuk down syndrome test itu diliat ada tidaknya cairan ditulang belakang bayi... (CMIIW),klo beresiko ada nya DS maka terlihat ada seperti cairan di tulang belakang baby.
tapi test tersebut hanya melihat resiko adanya down syndrome atw tidak bukan sebuah test yang bersifat final....ada faktor2 penentu resiko tersebut, (klo nggak salah inget aku baca di baby center deh mom)
Begitu Mom pengalaman ku...
Semoga baby dan mommy nya sehat selalu ya... :)

He is my growing hope... :)

10

Topic: Check-up Kehamilan

hi juga dhiza

aku di palembang, dhiz. mungkin harus aku yg pro aktif tanya ke dokter ya. aku jadi ga puas juga karena semestinya setelah kehamilan 20 minggu, aku harusnya dikasih tau semua yg perlu kyk kamu dulu ya? mau nanya ya dhiz, kmrn kan waktu usg babyku kondisinya membelakangi dan sujud, apakah karena kondisinya gitu jd ga bs diliat ya dhiz?

mksh doanya ya :)

11

Topic: Check-up Kehamilan

Hi Adrovivi,
Klo pengalaman ku waktu full scan week 20 posisi bayi juga nentuin apa2 aja yang bisa diliat ama radiolognya atau dokternya pada saat usg,waktu itu aku sempet di usg dari perut samping,akunya tiduran miring,nggak ngerti jg sih lg nyari apa,waktu itu baby ku posisinya telentang..usgnya kurang lebih 45 menit.Selama di Adelaide aku USG nya br 2x,dsana nggak bs tiap check up minta usg (mungkin karena aku pake asuransi kesehatan sebagai pelajar kali ya... :D),makanya waktu full scan sampe 45 menitan.

Aku sekarang lg di Bandung,kebetulan minggu lalu baru dr check up ke dokter karena habis perjalanan jauh. USG nya juga pake 2D,dokter nya juga ngejelasin tentang jantungnya trus diitungan jari2 tangannya,kondisi volume air ketuban dan letak plasenta.tapi karena udah ada laporan yang dr Adelaide nggak terlalu banyak yang beliau jelasin.Posisi baby ku waktu kemaren di usg melintang,tp dokter bilang nggak usah khawatir karena usia2 segini baby emang lg lincah2nya maen dan mencari posisi yang enak buat dianya... :)

Intinya sih pake 2D dokter jg bs melihat morfologi baby kita,tapi tergantung posisi baby dan bakalan lumayan lama usgnya klo qta pengen tau smuanya.

Mungkin klo waktu usg kamu nggak bs lama2 tp bs dilakukan setiap check up kamu bs nyicil aja nanya2 nya,misalnya check up selanjutnya minta diliatin ruang2 dan klep jantungnya ama minta diliatin jari2 tangannya trus bagian diagfrahma baby.nanti bulan depannya minta diliatin ginjalnya dllnya,atw bs jg kamu terus terang ama dokter klo pengen full scan baby,mungkin dokter nya akan memberikan rujukan ke dokter lain yang ahli dalam bidang usg.

Klo yg DS test pengalaman sepupuku di Jakarta juga pake usg 2D.

Begitu ceritanya...sharing2 lagi ya pengalaman2nya... :)

He is my growing hope... :)

12

Topic: Check-up Kehamilan

hi moms..
rencana mau banyak nanya2 ke dokter.. waktu udah di usg keliatan ada kepala, kaki, tangan, detak jantung, gerak-gerak dikit (11 weeks).. waw.. jd lupa nanya2nya..

13

Topic: Check-up Kehamilan

Hallo Moms,

Sebetulnya test downsyndrom itu seberapa penting?
Saya share dengan temen saya yg di Indonesia (Jakarta), dia tidak begitu dianjurkan untuk ambil test itu.
Saya skrg domisili di Singapura. Menurut teman yang di Indonesia, kenapa di Indonesia tidak dianjurkan test, karena walupun beresiko maupun tidak, bayi akan tetap dilahirkan, yang notabene abosrsi di Indonesia itu dilarang.
Sehingga suami-pun tidak begitu menyarakan untuk mengambil test downsyndrom ini.

Apabila ambil test, baiknya ambil test secara USG apa test darah ya?

14

Topic: Check-up Kehamilan

Hi Dianis,

IMHO seberapa penting test DS tersebut balik ke kitanya masing2 ya...
Aku test nya di Adelaide,disini sebelum kita memutuskan untuk mengambil test tersebut diberikan penjelasan yang cukup banyak, karena ini sifatnya resiko jadi ada diinformasikan perbandingan antara hasil test dan kenyataan kondisi bayi saat dilahirkan.
Disini juga ada opsi untuk meneruskan kehamilan atau untuk men-terminate kehamilan pada saat mengetahui seandainya ada resiko DS, jika ibu memutuskan untuk meneruskan kehamilan klo nggak salah di week 20 ada test lagi (CMIIW),lalu tujuan test itu sendiri apa bila diketahui sejak dini ada resiko DS maka diharapkan keluarga akan lebih siap untuk menerima kondisi baby nya dan sejak awal akan disarankan untuk mengikuti support community sebagai salah satu bentuk persiapan menyambut kelahiran dan merencanakan masa depan baby nya.

Kalo pengalamanku dulu dan yang disarankan disini pakenya combine test jd diliat lewat usg dan hasil test darah ibu,lalu setelah menggabungkan hasilnya baru diambil kesimpulan apakah ada resiko atw tidaknya...

Itu berdasarkan pengalamanku di Adelaide ya... :)
Semoga mummy dan baby nya sehat selalu ya...

He is my growing hope... :)

15

Topic: Check-up Kehamilan

dear mamas, check up kandungan kalo ingin lahiran normal sebaiknya k dokter atau ke bidan ya?

16

Topic: Check-up Kehamilan

hi dewiis.. aku ingin lahiran normal..selama ini (14 weeks) check up selalu ke dokter kandungan..

17

Topic: Check-up Kehamilan

Mamas, mau nanya, tapi kayaknya sih OOT. kalo kontrol pasca melahirkan yang seminggu sama abis nifas itu buat periksa apa ya?

Coz pas seminggu pasca melahirkan aku wisuda terus ga pas terus jadwal dokternya, yang udah penuhlah pendaftarannya or dokternya yang ga bisa praktek. Sekarang udah 2 minggu pasca lahiran. Baiknya tetep kontrol sekarang atau sekalian abis nifas aja?

18

Topic: Check-up Kehamilan

dewiis Mau melahirkan normal bisa di bidan / di dokter kandungan kok. Bidan hanya sebatas menangani persalinan normal, tapi seandainya saat proses melahirkan ada hal2 menyulitkan yang tidak memungkinkan persalinan normal, bidan akan langsung mengoper ke RS untuk saesar.
Nah kalo di dokter kandungan ya bisa normal / saesar. Tapi coba cari dokter yang pro normal, aku denger dr pengalaman org2 sih ada beberapa dokter yg money oriented, belom apa2 udah bilang harus saesar. Kalo ketemu dokter tipe begini cari aja 2nd opinion dokter lain. Banyak kok dokter2 kandungan yang sangat pro kelahiran normal, kita nya aja yang rajin konsultasiin tentang keinginan kita melahirkan secara normal. :)

? Working Mommy I Architect I @yantri_abshar ?
Really fall in love with my little one (?????)
www.lifeofyantri.wordpress.com

19

Topic: Check-up Kehamilan

Dear mamas, mau nanya klo di indo bisa ga sih misalnya cek up kandungan gak pake usg tapi cuman konsultasi ke dokternya aja? Saya mau plan hamil anak kedua, and rencananya mau usg 3 kali aja, pas week 10, week 20 and week 36. Soalnya kok aku baca2 klo di indo setiap kali ke dokter pasti usg, kira2 tersinggung ga ya dokternya klo kita minta usg 3x aja? hehehe...

20

Topic: Check-up Kehamilan

disty24
aku rasa sih nggak masalah ya kalo kita nggak mau usg setiap kali datang. malah pernah denger ada dokter yang nggak melulu bergantung sama usg. coba cek thread tentang DSOG/obgyn, siapa tahu ada yang sharing tentang dokternya yg ga tergantung usg. biasanya sih dokter2 tua yang begitu, or sekalian aja ceknya di bidan :)

sebenernya sih pertimbangan janin di-usg itu buat memantau perkembangannya, apalagi kalo kehamilannya beresiko. di-usg lebih dari 3x pun nggak bahaya buat janin, CMIIW. tapi ya balik lagi kepada keputusan ortunya baby sih :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

21

Topic: Check-up Kehamilan

OK thanks infonya. Iya nih lagi mantengin juga thread dsog and rumah sakit yang sekiranya ntar cocok untuk kontrol dan melahirkan. Aku memang prefer usg klo bisa ga terlalu sering2, tapi klo ada indikasi medis yg mengharuskan harus lebih sering observasi via usg ya gpp ko :-)

22

Topic: Check-up Kehamilan

kalau aku sampai bulan ke 3 check up nya msih di bidan. bulan ke 4 baru ke dokter sekalian USG.
setelah itu tiap bulan selang seling kadang dokter kadang bidan. tapi bulan ke 8 dan 9 check up selalu ke dokter dan USG

Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

23

Topic: Check-up Kehamilan

disty24
aku dulu juga pernah nanya hal yg sama ke obsgynku. berhubung kenal scr pribadi, aku cuek aja nanyanya. terus beliau jelaskan.. knp kok di indonesia setiap bulan cek usg.
alesannya kurleb sbb:
1. di indonesia, biaya usg relatif murah dan terjangkau, plus kl yg ikut insurance ditanggung asuransinya
2. so far ga ada efek samping dr usg tiap bulan, scr penelitian klinis.
3. unlike developed countries, tingginya kemungkinan terserang penyakit infeksi di indonesia lebih tinggi. sehingga thorough check up penting sekali (tms. pk usg). sehingga kalau ada masalah segera terlihat.

demikian alesannya. emg usg bukan satu2nya indikator kok. kan ada tes2 lain, tensi setiap cek, monitor kenaikan bb, dst. HTH ya.. kl ngomongnya enak, mestinya dsog nya ga tersinggung kok.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

24

Topic: Check-up Kehamilan

Check up kehamilan pertama aku pas 5 minggu. Saat itu kantong rahin sudah terbentuk tapi janinnya belum kelihatan. Jadi DSOGnya suruh aku balik lagi 10 hari kemudian. pas bali untuk yang kedua kalinya, alhamdulillah janinnya sudah terlihat. setelah itu dokternya suruh aku balik lagi setelah 2 minggu. dan seterusnya balik lagi satu bulan sekali untuk check up. Jadi selama kehamilan aku bolak balik check up itu sekitar 17 kali. banyak banget yah. soalnya bulan-bulan terakhir aku check up hampir seminggu sekali.

IG @DhaniaWiryawan

25

Topic: Check-up Kehamilan

Aku kontrol pertama usia kehamilan 8w.. Trus sebulan sekali kontrol.. Selalu di usg sih, jd bisa liat perkembangannya, bisa denger detak jantungnya, bisa diukur juga panjang bayinya, ukuran kepalanya, berat badannya dan jenis kelaminnya..
Tp seingetku pas udah masuk bulan ke 8 harus kontrol seminggu sekali, mungkin krn udah dkt HPL jd bener" hrs dikontrol ketubannya dll..
Aku sih selalu cari dokter yg mau menjelaskan panjang lebar dr pada yg pendiem yaa.. Apa lg kalo dokter yg pasiennya banyak, priksanya cepet bgt, bayarnya mahal bgt, pasti aku ga akan balik lg ke dia.. Hehehehe.. Ga ada salahnya kok ganti dokter lain, kan ga enak kalo kita menyerahkan diri saat melahirkan nanti ke orang yg secara emosional kita kurang sreg.. :)

The Heart & The Light's Mom