1

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Moms, rata2 anak2nya udah pada bisa/mulai bicara tuh umur brp bulan ya?

Stallion masih 14 bulan, dan belum bisa bicara sih, babbling2 aja2 ...

Soalnya aku jarang juga spend time sama dia. kalopun pas sama2 Stallion, ya cuman pas jam boboknya. jadi ngga bisa bicara banyak2 juga.

Stallion's mommy

2

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

piouslady
anak saya ( 11m1w ) sudah bisa manggil mama papa dari 10m kalo gak salah, sampe skrg kalo manggil org lain di luar mama papa ya dia teriak hei ^^. Kata orang tua sich pengaruh genetik juga cepet ngomong apa nggak, saya pas masih kecil juga belom setaon udh ngomong plus anak saya cewek. Katanya anak cewek lebih cepet ngomong, ngeliat ponakan2 yang cowok rata2 di atas 2 taon baru lancar yach.

3

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

@Piouslady: setiap tahapan usia anak, ada jumlah kata yang menjadi standard tumbung kembang terutama dalam anak berkomunikasi. Bisa dicek/googling di web beberapa klinik tukem.
Babbling itu salah satu cara anak komunikasi. Untuk lebih meningkatkan kemampuan bicara/komunikasinya, harus perbanyak stimulasi, sering diajak ngobrol aja, dibacakan buku cerita, diajak nyanyi, walaupun Stallion belum bisa merespon tapi sebenernya dia merekam semua yang kita ucapkan. Selama gak ada masalah secara fisik, gak perlu kuatir. TInggal tunggu gong-nya aja.
Once he speaks, then you will need another strategy to stop him :)

Shinta [www.shintadaniel.wordpress.com]
- ordinary mom with ultraordinary love -

4

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

lide iya kayaknya anak cewe lebih cepet ya ngomongnya, saya sendiri ngga bisa mengingat umur berapa ponakan2 saya mulai bisa ngomong

shinta_daniel iya aku coba lebih intens deh ngajak dia ngobrol, dasarnya aku ini ya kurang suka ngobrol hahahaha ... Kalo nyanyi2 sih mayan sering aku ajak nyanyi sblm tidur. Kalo soal bacain buku yg susah, anaknya suka bosenan jadi baru sbentar udah dimorat maritin sama Stallion. Kalo fisik sih ngga ada masalah

Stallion's mommy

5

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Moms,, akhirnya anak gw Syakila (19mos) udh bisa manggil gw "Mommy"..
dan akhir2 ini dia bisa ngikutin kk nya nyanyi2 n manggil gw.. Sblmnya sih pas usia nya 14m dia udh bisa bicara,, kata pertama yg dsebut syakila yaitu manggil kakek neneknya "Atok" nah stlh itu kok kosakata nya ga bertambah paling "thuthu" (susu), "cacak"(kakak), "engek"(nenen).. hufft tapi akhirnya penantian gw terbayar,, si adek skrg udh mulai bisa ngomong wlpun blm begitu jelas.. masih ujung2nya aja..
Kalo si kk dulu umur 10mos sama kyk adeknya, kata pertama yang dsebut kakek&neneknya "Atak" bukan papi or mami.. hikshiks dan si kk umur 1,5yo udh lancar ngmgnya.. sama kyk yg dbilang Shinta_Daniel gw slalu ngajak nyanyi, nonton tv bareng sambil nanya 'ih itu si barney knp kak? itu elmo nya ngapain dek??', baby schooling dan mengajarkan bhs ibu ke anak2 gw tp kenyataannya si kk akibat kebanyakan nonton tv dy lebih lancar english ketimbang bhs indo..
So far cara2 diatas ampuh utk Manda n Syakila.. :)

My Kiddos are my heart n soul.. they'll always be my babies, even when they grow old.. Mommy love u Manda n iLa ;)

6

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

anak ku,Tara baru bisa mengucapkan kata2 dengan jelas pas usia 14 bln. dsa bilang, pd saat usia 15 bln setidaknya anak sudah bisa mengucapkan panggilan utk org dekatnya. spt mama,papa,atau oma,opa,dll. sempat khawatir krn sebelum 14 bln kok ga bisa2 ngomong. diajak ngomong jg ga bs ngikutin. tapi setelah bisa panggil2, langsung semuanya keluar... spt yang shinta_daniel bilang, sekalinya ngomong, kita bakalan butuh cara utk menghentikan mereka. sekarang lagi suka pura-pura nggak dengar "hah?hah?apaa?" lucu bgt kl sdh begini.

Mom of Nusantara and Gilimantra

7

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Sekarang aku lagi sering2nya bilang ke Stallion, mama nama O*** ... papa nama V**** gitu2 semoga berbuah, kalo hypnoparenting ngga ngefek ya ke soal stimulasi bicara ?

Stallion's mommy

8

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

@Piouslady: Sepanjang metode yang dipakai untuk stimulasi bicara bawa dampak positif ke anak, menurut saya itu udah termasuk hypnoparenting.

Contoh: dinyanyikan lagu/lullaby menjelang tidur, dibacakan cerita waktu lagi leyeh2 di kasur, dibisikkan afirmatif positif waktu anak mulai mengantuk. Pokoknya pas Stallion lagi relax/nyaman aja. Kalimatnya bisa berupa "Stallion anak mama pinter yaa tadi pagi sudah bisa nyebut kata mama/papa, besok bisa panggil nama om/tante/eyang yaa" CMIIW

Teknik hipnosis untuk terapi bicara sekarang juga udah ada. Saya pernah tanyakan di page sebelumnya, tapi kayaknya belum banyak info tentang metode ini.

Shinta [www.shintadaniel.wordpress.com]
- ordinary mom with ultraordinary love -

9

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Anak saya 18bln jg blm bisa ngomong satu katapun. Babling pun jarangg sekali. Seminggu pun paling cuma sekali babling nya. Khawatir jg sih. Tp pas tanya dsa katanya gara2 ngomong indonesia sama inggris trus nonton tv nya pake inggris. Tapi ponakan saya nonton inggris masi 15bln babling nya ga stop2 trus sudah bisa kasi barang sambil bilang 'ini' . Dsa bilang tunggu sampai 2 taon aja liat perkembangannya selama dia masi bisa dengar ga masalah.
Trus mama sama bilang saya sendiri pas kecil juga ga mau ngomong sampai umur 3. Sampe dibawa ke dokter dikira bisu ;( memang bisa gaktor turunan ya?
Padahal saya sering ngajak ngobrol lho

10

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Stallion malah sblm tidur tuh bisa babbling selama 1 jam nonstop, mamanya ajak ngomong ini itu dengan harapan ditiru eh dia tetap dengan bahasanya sendiri ... tapi kalo disuruh tepuk tangan dia tau.

Stallion's mommy

11

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Mom Piouslady, iya Mom sama. Arsyad juga masih babbling tapi intonasinya sudah kayak orang ngomong. Ada titik komanya gitu lucu banget hihihi...

Kalau dia sudah begitu aku biasanya merespon dengan "ooo...ya ya. Terus terus? Sama siapa? Kemana?". Disambung-sambungin aja deh hahahahha....

Ngga sabar deh nungguin saat Arsyad bisa ngomong "Arsyad sayang Mamy" hiks pastii mewek bombay deh :')

Kesyukuran tak terhingga

12

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

anakku 13 bulan kayaknya masih termasuk babbling ya, sebelum2nya kalau ditanya namanya siapa, dia jawab "yayay (Rayyaan)" beberapa kali ditanya jawab begitu, tapi selanjutnya belum tentu mau jawab. beberapa kali kalau saya pegang sesuatu & dia ingin tau, dia bilang "apacu? tupaci? (apa itu, itu apa sih?)" tapi trus ya udah gitu aja he he. kadang manggil "ma nyenyen ma, nyenyen ma (nenen ma) saya jadi mikir, ini apa kebetulan aja dia bersuara yang pas sama situasi & kondisi, atau emang tipe anaknya yang berbicara semaunya/seperlunya? :D

13

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Mas Aryo belum bisa nyebut namanya sendiri. Tapi udah bisa nyebut Mama, Papa, Nenek (kalo manja, jadi Nanah), Emak (pembantu di rumah tante), Teteh, Udah, Bobo, Mam, Mimik (kalo manja malah jadi mimim), Ain (auntienya namanya Karin), Nda (tanteku yang namanya Ida), Ajah (gajah), Bobo, Paini (apa ini).

Plus ada beberapa kosa kata bahasa Sunda : eta (itu), uih (pulang), miyu alias milu (ikut), enah alias ngeunah (enak). Maklum di rumah suka pada ngomong bahasa Sunda, jadi aja ikut2an keserap di otaknya Aryo :p

Kadang2 nyebut kata, tapi nggak diulang lagi. Misalnya ngomong beday (birthday) gara2 liat dekor Happy Birthday pas ultah.

Gimana ya itu, ngomong sekali dua kali tau2 ngilang gitu aja?

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

14

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

w2, si kecil sering ketemu dan berinteraksi dengan anak kecil lainnya nggak? soalnya itu ngaruh banget lhoo. Dari yang gw perhatiin, meski pun orang dewasa di sekitarnya, terutama ibu, sering ngajak ngobrol, tapi nggak tau kenapa, efek yang paling kelihatan justru kalo anak sering lihat dan berinteraksi anak kecil lainnya, nggak mesti seumur, malah anak2 yang lebih tua cenderung menarik perhatian mereka.

Gw ambil contoh anak2 gw sendiri. Abang, tergolong lama bicaranya, padahal tiap hari gw ajak ngobrol. Sampe umur dia 1,5 tahun-an gw gak pake mbak, trus pas gw hamil lagi udah agak gede baru ambil mbak, dan tiap sore gw minta mbak gw ajak si abang keliling2 ketemu anak kecil lainnya, dan antusiasme dia untuk bicara meningkat banget lho!. Dia bisa ketawa ngakak liat anak2 umuran TK deket rumah lagi main dan bercanda. Pulang-pulang, dia udah punya kosa kata baru.

Si kakak pun mirip2 aja pengalaman bicaranya, memang lebih cepat dari si abang karena dia udah punya kakak yang beda hampir dua tahun dengannya, trus di rumah juga rame, ada mbak dua orang yang rajin ngajak ngobrol.

Nahh.., bisa ditebak kalo yang paling kecil yang duluan paling cerewet karena saat dia lahir, dia sudah punya 'teman' berumur 7 dan 9 tahun yang rajin ngajak dia ngobrol dan bercanda. Di umur dia yang 2,5 tahun ini dia bahkan udah punya kosa kata yang aneh2 untuk anak seumurannya, masa dia punya luka kecil dan pas gw pulang dia ngadu "ma, yiat, dede punya bolok. Boloknya bauuu," katanya sambil nutup hidung. Halah!kosa kata 'borok' itu dari siapa lagi kalo bukan dari kakak2nya?!

Jadi berdasarkan pengalaman gw itu, saran gw sih, kalo memungkinkan, si kecil sering2 diajak berinteraksi dengan anak2 lain, entah lewat main dengan anak2 komplek, masuk PG, atau spt anak gw dulu, masuk PAUD deket rumah meski pun umur belum cukup, cuma buat dia ngisi waktu aja dan ketemua anak2 lain karena kebetulan jaman si kakak gak ada tetangga yang punya anak kecil seumuran dia..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

15

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Sebenarnya sampe batasan umur berapa sih, belum bisa ngomong itu jadi sebuah problem?

Saya sadar sih soal bergunanya masukin anak ke PG untuk menstimulasi perkembangan bicaranya ... tapi masih 15 bulan nih ... rencana saya pas 2 tahun baru saya ikutkan PG.
Tadi baru ke dsa dan ditanya, udah bisa ngmg belum, ya saya blg belum ... lha masih 15 bulan ...

Tapi somehow Stallion ngerti lah kalo kita bicara apa, suruh apa ...
Mana anaknya mood2an banget, kissbye & dadah2 udah bisa sbenarnya, tapi banyak ngga maunya ... kalau lagi pengen aja baru dia lakukan ...
Pikir saya, apa kemampuan bicaranya juga ngikutin moodnya?

Stallion's mommy

16

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

piouslady,
kalau tidak salah ingat, pada umumnya anak mulai mengucapkan kata dengan benar mulai usia 15 bulan. Usia 15-18 bulan anak bisa mengucapkan 1 atau 2 kata dengan tepat dan benar, selain kata "mama" dan "dada"
18-24 bulan anak menguasai lebih banyak kosakata.

Namun, perkembangan anak kan tidak ada yang sama yaa.. Beberapa anak ada yang belum mampu mengucapkan kata dengan tepat dan benar di usia 24 bulan, biasanya akan mengalami ledakan penguasaan kosakata di usia 2-3 tahun'an.

IMHO sih, selama masih dalam masa perkembangan, anak sudah menunjukkan usaha maksimal dan tahu apa yang dimaksud, masih bagus kali yaa.. Kecuali bila orang tua mulai waswas, konsultasi ke Klinik Tumbuh Kembang tidak ada ruginya juga :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

piouslady
Aku nemu artikel di sebuah tabloid tentang deteksi keterlambatan bicara.
Ciri2 keterlambatan bicara :
# Umur 15m-18m belum mampu mengucapkan satu kata pun
# Anak tidak bereaksi terhadap suara
# Umur 18m belum mampu menyebutkan 10-20 kata tunggal, misalnya mama, papa, tata, dll
# Umur 24m tidak memahami perintah sederhana seperti berdiri, duduk, serta belum mampu mengenal dan menyebut bagian tubuhnya
# Umur 3 thn belum mampu mengucapkan kalimat sederhana yang terdiri dari 3 kata

Penyebab keterlambatan bicara bisa karena kurang stimulasi, organ bicaranya terganggu atau pendengarannya terganggu.

Aku setuju sama Mama Kira Kara, kalo was2 boleh cek ke Klinik TumKem atau psikolog :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

18

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Kira Kara
winda.reds

Wah makasih banyak infonya ...
Sayangnya saya di Papua, di sini ngga ada klinik Tumbuh Kembang anak :(
Yah saya berharap ada waktu bbrp bulan sampai 24 bulan akan ada perkembangan ...
Soalnya rencana pas 2 tahun baru berangkat lagi ke Jawa.
Btw, ada yg bisa kasi referensi klinik Tumbuh Kembang anak di Surabaya?

Stallion's mommy

19

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Di Surabaya Klinik Tumbuh Kembang anak ada di RS Mitra Keluarga, dsa terkenal Dr. Connie Oentario praktek di sini. Trs ada di RS Darmo. Kalau tidak ingin periksa di RS, di Jl Jemursari ada klinik MOBBIC, itu klinik tumbuh kembang anak yang juga tempat praktik beberapa dsa, dsog, dan tempat baby spa.

Kesyukuran tak terhingga

20

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

aaah makasih ya Mamy Arsyad dibuat pegangan dulu aja, semoga tahun depan ga perlu ke situ :)

Stallion's mommy

21

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

bener banget Kira Kara.
Beberapa anak ada yang belum mampu mengucapkan kata dengan tepat dan benar di usia 24 bulan, biasanya akan mengalami ledakan penguasaan kosakata di usia 2-3 tahun'an.

anak saya umur 24bulan sampai sekarang 27bulan, penguasaan kosakatanya meledak. berkembang pesat dan drastis. sebelum 24bulan, penguasaan katanya pas-pasan. saya sampe ngoceh-ngoceh, nyanyi-nyanyi. ngabisin air minum deh judulnya.

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

22

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Halo..
Mau sharing tentang perkembangan bicara Yassey,,
Sejak umur 2 tahun saya ikutkan dia terapi di klinik Pela. Awalnya hanya terapi sensorik integrasi dan terapi wicara, kemudian karena perkembangannya dinilai lambat maka diubah jadi terapi behaviour dan sensorik integrasi (terapi wicara stop dulu) karena Yassey tampak belum bisa menerima perintah.Setelah 3 bulan alhamdulillah Yassey ada kemajuan, mau menengok ketika dipanggil, kontak mata dan interaksi sudah bagus, jadi terapi wicara kembali dijalankan. Dirumah sebisa mungkin menjalankan aktivitas yang ada di terapi, dan yang cukup sulit adalah membatasi TV dan ipad. Yassey anak yang sangat aktif dan pembosan, jadi kalo kebetulan ga ada nanny, saya harus rela Yassey porsi nontonnya lebih dari biasa karena kasihan kakek neneknya (saya dan suami kerja)seharian main lari2an sama cucunya hehe... Yassey juga saya masukkan ke playgroup berbahasa indonesia dekat rumah, dan saya share report selama terapi supaya guru2nya tau perkembangan dia dan bisa sejalan antara terapi klinik dan playgroup.

Saya test juga fungsi pendengaran Yassey untuk memastikan tidak ada gangguan pendengaran dan alhamdulillah organ pendengarannya berfungsi sangat baik.

Saya juga bawa ke neurologist anak (rekomendasi dari dokter THT yang menganalisis hasil test pendengaran Yassey) untuk meminta opini apakah perlu mengecek syarafnya. Setelah melalui test keci menurut dokter tersebut tidak perlu. Bahkan dia menilai anak saya anak yang cerdas.

Memang kalo saya sebut nama benda dan minta tunjukkin, dia bisa tunjuk / ambil dengan tepat. Therapistnya juga bilang dia cepat untuk urusan susun puzzle, tau benda2, bentuk lingkaran, persegi, segitiga, octagon, pentagon, bahkan abjad.

Sekarang Yassey berumur 3 tahun 7 bulan sudah bisa mengucapkan kata2 ini sambil menunjuk benda / warnanya :'crane' 'car' 'blue' 'red' 'clock'dll. Mulai ngoceh dalam bahasa planet. Dia sudah hafal angka 1 - 10 dan mengucapkannya in english walau untuk seven dan nine masih belum jelas. Dia juga sudah hafal urutan abjad (ini dalam lafal bahasa indonesia). Tiap malam dia minta kami menuliskan abjad yang dia ucapkan. Walaupun kami interaksi dengan dia menggunakan bahasa indo bahkan memasukkan dia ke sekolah dengan bahasa ibu, tampaknya pengaruh tv dan mainan lebih kuat, ditambah dia masih enggan mengucapkan kata2 dengan dua suku kata, sementara english banyak yang satu suku kata. Saya bilang enggan karena bukan dia nggak bisa. Pernah dia ucapkan tapi begitu saya minta ulang dia ga mau.

Sekarang saya sebenernya bingung gimana komunikasi ke dia, apakah english atau bahasa, atau OPOL (one parent one language). Saya pernah coba kasi dia teletubbies, dora, dan kartun2 lain dalam bahasa, tapi dia jadi males nontonnya hehe..

Sekian sharingnya,, panjang yee;p

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

23

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

Halo mamas...
saya juga mau sharing perkembangan anak saya yang kedua, cewe, umur hampir 14 bulan. Sejauh ini udah bisa menyebut banyak kata terutama memanggil orang2 di rumah (mama, papa, mbak, ibu, dst.) Selain itu dia jg bisa menyebut beberapa benda seperti boya (bola), cicing (kucing) dst.

tapi saya perhatikan setiap dia memanggil /bicara pasti sambil teriak. Nadanya tinggi sekali & suaranya keras. Hehe..gemesin tapi berisik :p Wajar ga ya kalo dia selalu bicara dengan teriak2? Dan gimana cara ajarinnya supaya bisa bicara "normal" aja?

Thanks.
-suzan-

24

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

gue pun mengalami kekhawatiran ini...
Kira (2 tahun) ngomongnya masih belum sebanyak dan selancar teman-teman sebayanya. Bisa dibilang 6 bulan terakhir ini gue sempat stres juga. Padahal di rumah ga pasang TV sejak 8 bulan terakhir), tapi memang main iPad. Akhirnya 4-5 bulan terakhir iPad hanya boleh pas makan saja. Di atas maghrib juga no iPad. Tapi bisa dibilang kosakatanya nggak nambah signifikan juga. Masih tetep stres..nanya ke DSA, dia malah ketawa dan bilang "yang penting ajak ngobrol terus aja, bu..anak baru bisa dibilang telat bicara saat umur 3 tahun belum bisa ngomong".
Memang, dari segi keaktifan. Kira jauh lebih aktif dibanding anak-anak perempuan lain. Aktifnya tuh kayak anak cowok. Ga bisa duduk lebih dari 5 detik. Jadi perlu usaha lebih besar untuk ajak dia beraktivitas yang bikin dia anteng seperti baca buku bareng, menggambar, dll. Tapi ya harus tetap coba terus. Sehari pasti ada acara baca buku bareng. Kalo dia ga nyimak, ya gue berenti baca. Lama-lama dia mau nyimak dan bahkan milih mau dibacain buku yang mana. Menurut gue ini udah kemajuan yang melegakan.
Lalu gue akhirnya juga coba untuk nggak hanya mikirin stres-nya gue sendiri aja, tapi lebih mendengar dan memperhatikan dia. Ya, ternyata kalau dilihat dia selalu ada kemajuan setiap bulannya. Meski belum bisa ngomong, tapi sudah paham dengan perintah seperti "stop", "buang sampah", dll. Lalu dari yang selama ini hanya "ah-uh" saja saat mau sesuatu, setelah dikasih tau berkali-kali (sampe pake acara nangis guling-guling), akhirnya mau ngomong "ibu.." sebelum nunjuk barang yang dia mau. Buat gue itu kemajuan yang harus disyukuri, sih. :)
Sejak dia ulang tahun seminggu yang lalu, pelan-pelan gue perhatikan kosakata bicaranya juga bertambah. Kalau sebelumnya dia banyak dia atau babbling saat main. sekarang dia mulai menyebutkan nama barangnya, meski beberapa belum bener-bener sesuai..seperti "tv" jadi "vivi". Menurut gue sih wajar, paling ga dia berusaha buat bicara sesuai dengan kemampuan lidahnya sekarang.
intinya sih...selain tetap memperhatikan dan mendengar si anak, kita juga ga perlu stres sendiri apalagi bandingin dengan anak lain terus.

live.learn.love
livingloving.net | @nikeprima

25

Topic: Perkembangan Bicara dan Stimulasinya

hiya baby Farah (14.5m) yang paling jelas kalo manggil 'mbaaa'... hahaha, karena emaknya sering manggil mba buat ini-ituu... ktauan deh emaknya pemalas :)

trus kalo manggil ayah, udah diajarin aayaahh.. ayaahh.. keluarnya jadi bapaaak.. :D

instruksi sederhana siy udah bisa, kasih mainan ke kakaknya, taro baju kotor ke tempatnya, pergi ke kamar mandi

kalau mau sesuatu tapi cuma bilang eehh... ehhh.. ehhh sambil nunjuk2 apa yang dimau. it is OK atau gimana ya?!