1

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

mommyrere thanks mom sekarang juga lagi rajin minum yakult nih mudah2an ampuh :) =)

2

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

saya sudah mencoba jurus yakult dan yogurt ini... cd juga akhirnya dijemur di bawah matahari... lumayan berpengaruh lhoh, ngurangin keputihan... tapi pas konsul sama dsog, ternyata katanya minum yakult ngga ada hubungannya sama keputihan... tararara... berarti berkurangnya keputihan itu karena apa donk...??? sugesti aja kah...??

akhirnya sekarang minum yakult cuma kl pengen ajah... tapi tetep jemur cd di luar... kl buang air, selalu dikeringin... kl mulai keputihan, atau ngerasa basah, langsung ganti cd... akhirnya keputihan jadi lebih sedikit, meskipun kadang masih keluar. kadang warnanya juga kekuningan.

menurut dsog, asal ngga bau, ngga gatal dan sekali keluar ngga banyak (ukuran banyak selebar tiga jari tengah atau 3/4 telapak tangan), masih ngga papa... tapi kl udah gatal atau bau atau banyak, harus segera diobati... karena dikhawatirkan infeksi dan membahayakan janin...

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

3

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

mrs doyi..nah ukuran bau itu yang susah diukur..soalnya Ms. V kan emang ada baunya yaa

4

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

mrs doyi analisa ala kadarnya dari saya, di yoghurt ato yakult ada kandungan lactobacillus s.p yg konon katanya adalah bakteri baik, mungkin nih mungkin (namanya jg analisa ngawur), dengan banyaknya bakteri baik yg masuk, maka imbalance bacterial (seperti yg diposting sebelumnya, bahwa ini salah satu pencetus keputihan) ga akan terjadi. buktinya ada pembersih kewanitaan yg merk lactacyd, setau saya jg krn ada kandungan lactobacillus itu.
salah dua pencetusnya adalah lingkungan lembab yg jd medium tumbuhnya bakteri. nah dr situlah kita lakuakn apapun buat jaga spy daerah kewanitaan ga lembab. bs dg jemur cd di bwh sinar matahari, slalu ganti cd bgitu brasa lembab, mengurangi pake panty, ganti cd katun dan satu lg yg mnurut saya penting. ngelap miss V stelah dibersihkan pake handuk, sbisa mungkin hindari tisu krn maap srg banget itu serpihan tisu msi tersisa di dalem, meski uda pke yg ga gampang brudul. handuknya jg srg2 dcuci yaaa..saya dpt plajaran ini stelah ada temen yg crita klo ibuny k mana2 suka bawa handuk kecil untuk ngeringin, dan tiap kali papsmear slalu dipuji dokter klo daerah kewanitaannya bersih bgt. nah looo ngiri kan.
nah pertanyaan saya, klo washable panty itu gimana, applicable kah untuk ngurangin kelembaban di bawah sana?

~incredible syddra makes my life terrific!~

5

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

iya choco... tapi bau keputihan yg ngga sehat itu beda... ukuran mudahnya, tanpa perlu deketin hidung ke cd, baunya udah tercium... HTH...

menurut dsog, kandungan lactobacillus s.p yg konon katanya adalah bakteri baik pengaruhnya ke sistem pencernaan. bukan ke sistem reproduksi... kl pembersih wanita mungkin pengaruh yah, karena langsung menyentuh area miss V...

oia, setuju banget dengan pemakaian handuk sebagai lap daripada tissue. pengalaman pribadi juga, pake tissue sering nempel dan kadang kita ngga tau masih ada sisa tissue yang melekat di area miss V...

washable panty maksudnya cd katun kah...??

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

6

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

Kalo aku sih disaranin sama dokter pake tissue yg towel itu, kan bahannya lebih tebal dari tissue biasa n ga gampang nempel ya kalo basah. Aku juga soalnya males juga kl bawa2 anduk kemana2, trus kalo abis dipake kan basah jg, jd lembab jg, kalo tissue kan sekali pake langsung buang hehe

mother wannabe

7

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

ch3rryblossom...
emang sih yah, yg sekali pake rasanya lebih praktis dan ngga ribet... :D pake handuk kadang jadi susah nyimpennya dimana dan harus nyetok banyak buat rutin dibawa... so far aku pake lap kl di rumah ajah. kl keluar masih tetep pake tissue. tapi pas nyampe rumah, langsung ganti cd... :p

healthy, happy, beauty inside out... :)
my instagram
my blog

8

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

mrs doyi emang rada ribet ya kalo pergi-pergi hehe, kalo aku misal rencana mo jalan kemana dulu gitu abis dari kantor biasanya juga bawa CD cadangan :D

mother wannabe

9

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

aku juga selama hamil ini ada keputihan.. nah pas trimester akhir ini.. kok keknya tambah parah :(
apa emang kalo dah trimester akhir seperti itu ya?

10

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

wah..baru tau klo yakult ato yoghurt bisa mengurangi keputihan..
patut dicoba, soalnya aku juga keputihan..udah dari masuk trimester ke 2
awalnya sih biasa aja, jumlah masih wajar dan gak berbau yang mengganggu..

sekarang masuk ke trimester ke3 (skrg sih 31w) semakin sering dan banyak bgt..
udah blg ke obsgyn-ku dikasi obatnya kapsul
(kyk obat ambeien dulcolax yang dimasukin ke *maaf* lubang pantat..klo ini dimasukin ke miss V) disuruh pake selama 5 hari berturut turut sebelum tidur, dan selama pemakaian dilarang ML slama pemakaiannya..

tapi aku takut banget pakenya..emang gapapa yah ninggalin barang2 gtu di dalam miss V?
kalo udah dimasukkin itu kapsul dikemanain?dtinggalin di dalem?apa tar bkalan jatoh sendiri apa gimana?
(maaf, awam bgt pertanyaanku yah?hehe)
(maklum,aku baru bbrp bulan ini tinggal di singapore,dan masih culture shock dgn logat2 singlish penjelasan nurse+dokternya,jd suka butuh nanya2 lagi,hehe)

beneran serem, ngebayanginnya..tapi aku baca2 di thread ini kyknya ada beberapa mommies yg udah melakukan treatment itu. boleh dishare gak ttg pemakaian obatnya itu gimana
(nama obatnya tar aku kasi tau lagi,ada di rumah soalnya,ini aku lagi di kantor,hihi)

makasih yah

11

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

titiefitrah, wktu aku hamil sh ga da keputihan. Mlh setauku klo lg hamil trus keputihan, hrsnya jd warning, babny bs aja lahir primatur. Baiknya cek dokter aja. Cmiiw ya.. Moga cpt smbuh :)

imu, gpp koq kalo dimasukin. Ntr,larut sndiri. Ga pernh pngalaman sh tp pas affa skt (wktu tu 6 bln) dmasukin obat dg cara kyk gt. Anaknya ga nangis. Ga rewel jg. Dan klo mnurutku buat bumil lbh baik obat sprti itu drpda yg diminum lngsung, bs aja kn pngaruh ke baby. Cmiww ya..

12

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

terima kasih deffitha,
menyesal tidak langsung mengikuti saranmu bahwa masukin kapsul itu akan baik2 saja. aku masih tetep ngeyel ga brani dan menunda-nunda pke obat itu..akhirnya kena batunya deh..sempet dibikin panik gara2 keputihan

kejadiannya kemarin malam,
aku lagi abis tidur2an psiapan mau tidur malem skitar jam 10an mau ambil minum ke dapur, pas bangkit dr kasur tiba2..cesss..ada air rembes sampai mengalir-ngalir di kakiku,warnanya bening agak keruh seperti air cucian beras.

panik dong, karena aku pikir ini bisa jadi ketuban yg rembes mengingat usia hamilku udh 32weeks dan banyak kjadian ketuban rembes di umur2 segini..

aku telpon mama di jakarta, dan temenku yg bapaknya dokter kandungan, mereka menyarankan segera ke rumah sakit terdekat..walaupun aku bilang, gak ada sakit apa2,gak ada mules apa2,gak ada bleeding apa2,gak ada mata berkunang2,dll..

tapi ya udah, aku ikutin aja saran mereka, krn aku jg panik..
dan ini sebenernya sebelumnya aku pernah rembes brasa kyk ngompol 2x,dan clana dalem penuh..tapi aku gak mikir aneh2..karena sampe ngalir2 di kaki aja jadi kali ini panik..

pas diobservasi dan periksa dalam oleh dokter kata dokternya ini keputihan..dan memang bisa saja bgini..disuruh pulang lagi tanpa dikasi treatment apa2..cuma kwitansi aja hehe..

berjanji deh, mulai malam ini kapsul dari dokternya aku coba pake,hehe :)

13

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

thank you fanny yang sudah menuntun saya kesini.
Sudah hampir 2mgg ini saya juga keputihan. Gak banyak sih, paling hanya 1/2 ruas jari. Tapi bau, baunya khas gimana yaa... susah deskripsikan. warnanya putih agak kekuningan. Setelah baca-baca berbagai tipsnya, saya jadi penasaran buat nyobain:
langkah awal "yogurt" dan lactacyd. Langkah lanjutan, rebusan daun sirih. Hhhm, kalo masih gak mempan, belum tahu mau ngapain lagi...
heuheu... anyway thanks for sharing Mamas.
Hasil selanjutnya semoga saya bisa update disini.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

mamas...ikutan nimbrung yh

bnr bgt kt thalia kl keputihan saat hamil minum yogurt bwt ngurangin keputihannya..bhkan saran dr dpkter obgynku yogurt(plain) tsb diusap ke vagina qta trs dibilas pk air yg sblmnya udh dimsak smp mndidih,eh tp dipk bwt bilasannya jgn pas pns2 yh mom..2x sehari..tp khusus untuk diusap ke vagina ini yg plain aj yh mom..
sbnrya minum yakult jg bs..tp kt DSOG lbh bagus kl mkn yogurt

kl lactacyd..kok DSOg ku ga nyaranin yh..ktnya ga bgs,bhn2 kimia gt..tp dl sblm tw..smpt make jg hi3x..

15

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

Baca2 forum ini jadi inget pengalaman hamil tahun lalu dan sekarang.
Keputihan selama hamil itu mmg berbahaya, dalam arti yg menimbulkan efek seperti yg dibilang oleh dokter mrs doyi.
Belajar mmg mahal dan perlu pengorbanan, karena keputihan dikehamilan pertama setahun lalu, yg tidak pernah disharing ke dokter krn takut diperiksa vagina, akirnya si baby terinfeksi, premature (32w), dan bertahan dua hari.
Yang dirasain sewaktu setahun yg lalu adl, vagina selalu berasa gatal, terutama saat banyak aktivitas, apalagi kondisi yg panas.
Dikehamilan sekarang, dengan dokter yg berbeda, disarankan setiap 3bulan dilakukan pemeriksaan kultur vagina. Dari hasil tersebut, muncul ada mahluk hidup ada sih di dalam vagina, dan antibiotik apa yg bisa diterima tubuh kita untuk bisa melawan mahlik hidup tersebut (kalo yg sifatnya negative)-jadi dokter ngga asal kasih antibiotik. Apakah keputihan bisa hilang? jujur, sampai skg keputihan masih ada. Tapi paling tidak, jadi lebih terkontrol (tidak gatal,tidak bau,dan sedikit). Alhamdulillah usia kandungan sekarang memasuki 30w.
Yang dirasakan skg spt sebuah ujian kenaikan kelas, apakah bisa lolos sampai akhir usia kehamilan 38w, ataukah spt tahun lalu??? Tapi yg namanya manusia, kita harus tetap berusaha semaksimal mungkin sambil diiringi doa, hasilnya diserahkan sepenuhnya oleh kehendak Sang Pencipta.
Doa yg selalu saya panjatkan semoga Allah meridhoi kehamilan saya kali ini, dan meridhoi kami untuk memiliki keturunan yg sehat.
Back to the topic, sama spt bunda_jasmine, dokter kandunganku skg jg tidak menyarankan untuk pakai obat pembersih vagina (merek apapun), asalah dicuci dengan air bersih, dielap sampai kering, dan sering ganti CD cara mencegah keputihan.
Semoga sharing yg panjang kali lebar kali tinggi ini tidak membuat moms takut, tetep positive thinking ya!!!!!!!!

16

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

Senengnya nemu thread iniiiiii *sujud syukur* Abis baca-baca postingan dari mommies, jadi belajar banyak.

Umur kehamilanku Insya Allah 20-21 minggu, dan ini daerah Ms. V emang gateeeeeel banget :( Bener-bener bikin risih, huhu. Sempet baca-baca di artikel-artikel, kemungkinan karena stres. Lah, kadang kalo lagi Internetan atau nonton TV, ga stres ga apa, tiba-tiba gatel. Sebel banget, dan jadinya takut juga kalo kenapa-kenapa.

Bulan lalu aku cek lab, dan emang sih ditemukan infeksi, tapi infeksinya di saluran kencing dan aku dikasih antibiotik sama obgyn. Tapi gatelnya tetep. Pengen nonjok bakterinya rasanya deh.

Sepertinya untuk perawatan pertama, minum yogurt atau Yakult yah? Kalo yogurt, aku agak ragu sih. Si bayi ini suka huru-hara kalo perutku kemasukan susu dan yogurt. Susu juga maunya susu hi-cal low-fat. Kalo yogurt, rasanya kaya heartburn. Mau nyoba Yakult, semoga cocok :) Insya Allah juga buat si adek di perut; *liatin perut* hayo, kamu jangan demo di dalem perut ya. Ini juga buat kamu, nak.

Sekali lagi, terima kasih ya mommies The Urban Mama *peluk satu-satu* Ai lop yu puuullll :*

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

17

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

Mommas, adakah yg pernah make tissue produk dr.Boyke yg katanya ampuh untuk keputihan, itu aman nggak ya kalo dipake bumil?

18

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

cindymon - Kalo untuk tissue, aku kurang tau ya mom... Tapi waktu aku check-up dan sekalian ngecek keputihan, obgyn kasih saran supaya nyuci bagian bawah itu cukup pake air aja. Bahkan pake sabun pencuci khusus juga ga boleh, soalnya beresiko malah ngebunuh bakteri baik yang fungsinya ngejaga biar bakteri jahat ga ngapa-ngapain kita.

Dan obgyn juga ga menyarankan pake pantyliners (!) "Kalo basah/lembab, ganti celananya aja bu. Pantyliners malah ngumpulin bakteri tuh." Huhu, tapi ya ternyata jadi efektif sih... Udah ga terganggu lagi sekarang sama keputihan. Yang penting rajin nyucinya pake air :)

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

19

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

setelah hanya terasa gatal di area miss v dan dikasih diflucan sama dsog, akhirnya keputihan juga. gak ada bau, dan cm berwarna putih sedikit keruh, tapi gatelnya itu lohh, gak ketulungan. setelah seminggu berusaha nahan, ke dsog lagi dan dikasih canesten SD. sudah seminggu dipakenya, tapi gak gatel dan keputihannya normal, maksudnya dikit dan bening (fisiologis aja, krn hormon). pas 2-3 hari setelah pake suka ada ampas2 tabletnya. tapi setelahnya lega banget, karena udah gak gatel.
jadi, jangan lupa bilang ke dsog, ya buibu kalau ada keluhan :)
dan bener banget, GAK boleh bersihin daerah intim pake apapun. cukup air bersih aja, dikeringin dan jaga spy gak lembap (ganti cd, ga pake celana ngepas).

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

20

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

Ikutan sharing buat topik ini......
Sebelum nikah aq ngalamin keputihan yg bisa dikategorikan cukup parah...
berobat ke dokter akhirnya sembuh juga.....
Setelah nikah, Alhamdulillah sbulan kemudian hamil dan sedihnya keputihanku balik lagi dan makin parah (paling parah dr yg sebelumnya aku alamin), kata dokter hormon kehamilan memang mendorong keputihan yg dlu ada timbul lagi....dokter tidak berani memberikanku obat apapun sampai nanti kehamilan diatas 12w.......Dokter Spog hanya menyarankan minum yogurt/yakult sebanyak yg aku bisa tiap harinya......
Hari demi hari, keputihan yg kualamin tidak kunjung membaik....semakin tua kehamilanku, keputihan yg kualamin berubah jd kehijauan,banyak, berbau dan gatalnya minta ampun..........sempet diliputi rasa sedih dan takut, kalau keputihanku akan berdampak pada janin.
Hampir setiap minggu...dokter membersihkan saluran V ku dari keputihan, krn aku masih belum bisa minum obat. sampe dokter n susternya hafal stiap kali aku dtg, pst minta dicebokin :)
Akhirnya menginjak usia 12w kehamilan, dokter memberikanku Canesten SD, dipakai sminggu rutin...dan 2-3 hari masih ada ampasnya, setelah itu?....Alhamdulillah Ya Allah untuk pertama kalinya aq merasa benar2 kering dan bebas dari gatal yg amat sangat.........
Keputihan ni juga smpet mengocek saku karena aq dilarang keras pke CD non 100% katun.....which is CD 100% katun biasanya dimiliki oleh branded ternama.....dan setiap hari aku bisa ganti CD 4-5 kali krn volume keputihan yg timbul, terpaksa nyetok dlm jumlah banyak slama aku hamil.

Sekarang usia kehamilanku sdh 25 minggu, berdasarkan hasil pantauan dokter, Alhamdulillah tidak ada tanda2 gangguan pada janinku......dan semoga terus sehat hingga dia lahir, amien YRA.

Sekian dariku

21

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

<b> Putri Rizqiandini </b>

thank God ya janin nya sehat2, smoga sehat trus :)
btw kalo CD 100% katun itu yg bahan nya kayak kaos t-shirt gitu bukan?
berarti yg ga boleh di pake yg bahan licin kayak satin gitu ya?
cuma kdg kan CD bahan satin gitu, di bagian bawahnya ada lapisan katun nya gitu, kalo itu boleh ga?

22

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

Dear Sugar,
Amien Makasiy yah....
Hmm, di label CD nya ada ingredientsnya gtu ....
Ada yg 100% cotton, ada yg 95%+lycra...aq pikir dlu yg bahan kaos itu cotton,tnyta makin melar itu kandungan lycranya makin besar.
Kalau untuk kasusku mba, dokter bener2 g nyaranin satin sama skali...

23

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

aihh.. masalah keputihan ini emng kdang bikin stress ya..
katanya normal ya klo keputihan stlh menstruasi.. tp skrng abis mens, keputihanku ga selese2.. jd gatel jg.. agak hijau. hiks:(
pake yogurt blm terlihat efeknya, mungkin krn ga rutin. kdng klo bli, malah dihabisin anak2.. :)
jd kepikiran mau ke dokter aja deh..
moms yg di jogja, ada dokter yg recomended ga ya buat ngobati keputihan gini.. yg cewek ya.. mksh..

24

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

Share juga ya mom..

sebelum nikah aq keputihan cm setelah menstruasi aja,paling 3hari udah gitu normal lagi,setelah menikah sama sih setelah menstruasi pasti keputihan cuma jadi agak lama, semingguan baru ilang..8bln setelah menikah aq hamil,nah setelah hamil masuk 12w keputihannya parah banget,makin banyak&(maaf) bau ga sedap..dokter ga berani kasih obat apapun, baca2 di internet ttg yakult&yoghurt cm ngefek seminggu habis itu keluar lagi,hamil 20w tiba-tiba ilang keputihannya..sampe hamil28w keputihan datang lagi, puncaknya uk 36w keputihannya paraah bgt sampe berwarna ijo (maaf yaaaa..) segala obat udah dikasih dokter ga mempan, ahkirnya iseng ke spkk, ternyata eh ternyata hormon lah penyebabnya,,jadi di miss v ku selama hamil itu amat sangat basa jadi bakteri keputihan cepat berkembang..apalagi aq kerja duduk melulu&ditambah air di rumah kontrakan waktu itu ga bersih *hiks*..jadi parah gitu..

karena aq udah hamil gede dokter spkk bilang biasanya kl habis lahiran akan ilang sendiri,kl masih ga ilang baru pengobatan..dan emang bener mom,habis lahiran ilang blaass sama sekali ga ada keputihan even habis mens..

tips dr spkk, kalo udah ada pengalaman hamil dg keputihan gini, next kalo hamil lagi harus lebih menjaga kebersihan,jangan nahan pipis krn bikin bakteri semakin cepat berkembang,perhatikan air mandi&basuh di toilet, terutama mall..mending bawa air mineral buat basuh,karena itu aq sekarang jadi parno kalo mau pipis dimana pun suka liat airnya dulu kotor apa ga,selalu sedia tissue kl ke toilet..

*NB: keputihan ini juga berpengaruh kenapa aq harus lahiran caesar krn KPD..

HTH ya moms..maaf kl kepanjangan *nunduk*

love my both sa3a1 <3

25

Topic: Keputihan: Do's & Don'ts

Alhamdulillah ketemu thread ini, aku keputihan memang dr sebelum nikah karena info sepanjang dia ga gatel dan bau jadi aku ga periksa dokter. Taapi skrg pas nikah dan hamil tambah jadi keputihannya warnanya kuning dan berbau tapi ga gatel. Kata dokter sih masih gpp tapi disuruh jangan sampe lembab dan usahakan ganti celana dalam.

Learn...Learn..and Learn about everything