1

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Oiya kalaupun sudah di insisi, bukan berarti masalah langsung hilang yaaa... Kemarin itu anakku harus terapi lidah di KMC & seterusnya di rumah (gampang sih praktekinnya) selama 5x sehari. Karena klo gak dipraktekin, insisinya bisa gagal alias tali lidahnya nyambung lagi & harus di insisi ulang (duh gak tega deh).

BTW gak semua dsa diperbolehkan untuk insisi, karena banyak baby yg dirujuk ke dr. Asti sama dsa masing2 utk insisi walaupun dsa mereka bisa detect TT. Di JKT ada beberapa dsa yg bisa insisi selain dr. Asti.

2

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

@Kucita... Akibat TT macem2 mom, ada yang gak berpengaruh sama sekali karena misalnya ASI bundanya cukup banyak. Tapi yang paling jelas adalah seperti kasus anakku yg pertumbuhan BBnya mengkhawatirkan dan sempat di vonis gagal tumbuh oleh dsa. Basically karena tali lidah pendek, hal ini menghambat fungsi lidah dalam menyusu. Proses yang seharusnya, baby menyusu di aerola (daerah hitam2) bukan di nipple, baby yg tali lidahnya pendek hanya menyusu di nipple bukan di aerola, akibatnya ASI yg didapat tidak maksimal. Durasi menyusu menjadi lama (lebih dr 1/2 jam) & puting Ibu menjadi lecet berat (tp dalam kasus saya tidak demikian karena 1 & lain hal). Karena ASI yg di dapat sedikit, maka ini akan mempengaruhi kenaikan BB bayi, hal ini yang umum terjadi jika baby TT.

@bundanadiandra.. Awalnya sayapun berpikir rata2 baby yg dbawa ke dr. A*ti akan end-up di diagnosa TT & di insisi. Tapi pernah suatu kali saya sedan control di KMC, saya bertemu dengan seorang Ibu dan ternyata dia mendapatkan treatment yang berbeda. Kenaikan BB bayinya kurang, tapi ternyata bukan karena TT, karena ASInya kurang. Akhirnya Ibu tersebut di terapi hormon untuk menaikan prolaktin & oksitosin. Tapi memang sih, selama 10mos bolak-balik ke KMC, rata2 (gak semua) bayi yg ketemu di nursing room pada di diagnosa TT & insisi.

3

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Hi Moms, salam kenaalll
*Group hug

Sabtu lalu sy ke KMC dengan keluhan milk blister. Padahal selama ini kalo nyusuin anak2 ga ada rasa sakit, nyaman2 aja. Saya tandem nursing anak saya Almaira (17 mo) n Darren (4mo). Cuma seminggu belakangan muncul kaya jerawat di puting, kalo anak2 nenen kadang terasa nyeri. Sebelum berangkat ke KMC udah prepare kalo2 dokter akan bilang anak saya TT. Saya juga udah blg ke suami utk tidak langsung menyetujui seandainya harus ada tindakan incisi, mengingat BB Darren tidak mengkhawatirkan (BB lahir 3 kg sekarang 6,7kg) dan dy juga bisa nyaman nenen. Di KMC ditangani oleh dr. Aini yang langsung melakukan tindakan ekstraksi milk blister'nya. Selesai ekstraksi dr. Aini periksa lidah Darren, dan benar saja, dr. Aini bilang Darren TT rada lumayan, medium katanya. dr. Aini cuma bilang kalo milk blister'nya terulang lagi, akan dilakukan incisi pada Darren, tidak perlu saat itu juga karena BB Darren juga oke. Yah, mudah2an milk blister'nya ga balik lagi dan pertumbuhan darren tetap normal.

@NoviePutri | Almaira's n Darren's Mom

4

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

oh baru tau kalau incisi itu pemotongan selaput dibawah lidah karena TT,
anak saya sudah 2, Ruby (3Y 10M) dan Razan (2,5M), 2-2nya pada awal menyusui memang lecet bahkan sampai berdarah, tapi kalau konsul g pernah DSA bilang ada tanda2 TT sich.....hm.....tapi mereka baik-baik saja dan BB nya normal...

5

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Ya sharing jg tentang tt ini saya batu mengalaminya justru di anak ke 4 ini. Krn menyusuinya sakit banget beda dg 3 anak sblmnya. Bb turun walaupun kembali perlahan pd 2 mgg. Tp dia tdk berhenti nyusu. Lecet dan berdarah bolak balik. Akhirnya stl 2 mgg ke dr asti ditemani teman sy konselor jg. Ternyata asiya tipe 3 dan ada lip tie. Alhamdulillah stl insisi lgs hilang lecetnya dan menyusui terasa mrnyenangkan. Bb naik cepat.
Di dunia medis pasti ada pro kontra termasuk mslh tt ini. Silahkan seken or third opini tp pd akhirnya setiap keputusan mmg akan ada konsekuensinya. Terapi baik insisi maupun tidak insisi itu pilihan yg jelas tt itu mmg ada kasusnya. Sy bersyukur msh ada dr yg berani insisi kalau tidak pastinya saya udh nyerah dg merah asi sj or bottle feeding..

6

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

hola momies...

anakku jg tongue tie..ke kmc sm dr asti di incisi..tipe 2...proses 3 detik ajah n langsung nenen..lbh enak..puting g lecet luka lg...jrg nempel krn biasanya berjam-jam nenen..itu jg ketiduran krn dia cape mgkn y..lidah nya g bs memerah maksimal...

7

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Hai Bu ibuk,

Mengenai insisi TT ini emang banyak pros and cons nya yah..
Walopun sebenernya insisi itu keliatan simple, which is proses nya ga sampe semenit, tapi buat kita sebagai ortu pasti worry dan kecian ngeliat nya..
Apalagi ada temenku yang pengalaman anaknya cadel dan telat ngomong gara2 TT ini (suspect nya sih..)
Nah karna alasan itu, aku dan suami sampe consult ke 5 dokter.

Dokter di Jkt:
1. Dokter konselor laktasi di Bunda, kita konsultasi waktu si baby masih usia sebulanan kurang, dia bilang selama pertumbuhan BB bayi bagus, insisi ga perlu dilakukan dan akan diliat terus perkembangan nya bagaimana, apakah si tali lidah jadi lebih elastis atau ga.
2. Dokter ahli insisi di Carolus, konsultasi waktu baby usia hampir 3 bulan, sama dengan dokter yang pertama. Karna baby berat badannya oke, jadi insisi ga perlu dilakukan, tapi kalau mau lakukan pun harus secepatnya sebelum baby tambah gede karna jadi perlu di bius supaya ga berontak2.
3. Dokter bedah anak di RSCM, usia baby uda 3 bulan lebih, dokter ini bilang kalau mau insisi, anaknya akan dibius total karna uda kegedean dan takut berontak, proses nya ga sampai 5 menit. Baby disuruh puasa 4 jam sebelum operasi.

Aku uda 100% setuju utk insisi di dokter RSCM ini, tapi suami masih galau banget, akhirnya kita cari other options ke dokter di Sing.

Dokter di Sing:
1. Pediatric di Gleneagles, dia bilang no medical evidence yang proof bahwa TT akan bikin anak cadel/telat ngomong. Ada anak yang TT tapi ga cadel dan vice versa. As long as BB nya bagus, no incision needed.
2. Prof ahli THT di KK Hospital, sama kaya yang di Gleneagles, no medical evidence ever proof it, tapi konsekuensi nya anak ku ga bisa licking ice cream dan kalau mau insisi dengan bius pun jangan pas si baby masih kecil begini, karna ternyataaa bius itu bisa pengaruh ke otak nya si baby... omaigot, untung aja suami galau kalau ga tu bocah uda dioperasi deh..

At the end, aku sama suami udah musyawarah dan mufakat kalau si baby ga akan di insisi.. cuman ga bisa lick ice cream aja kan (yaudalah yahh...) dan kalopun nanti cadel yah gpp deh biar ke bule2 an haha..

8

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Anakku gak tongue tie tapi lip tie, jadi ada tali pendek&tebal digusi dibalik bibir atas. Jadinya bibir atasnya gak bisa dower saat nyusuin. Ketauannya pas baru seminggu puting lecet krn dia lebih suka nyusu di puting,gak mau masukin lg areolaku. Kerasa bedanya sama nyusuin kakakny dulu pelekatannya lebih baik. Pas cek ke dokter laktasi dibilang lip tie dan bisa dikoreksi dgn insisi jg. Trus aku konsul ke DSA anakku,masih di RS yg sama. Dia jg bilang anakku lip tie tapi asal BB naik dan nyusuin masih nyaman ya gak usah diinsisi. Krn beda dgn tongue tie yg tali lidahnya jaringan saja, kalo tali bibir ini ada banyak pembuluh darah jd klo diinsisi bakal lbh berdarah2 drpd insisi tali lidah. Akhirnya fix ga insisi.

Oiya DSAnya bilang dia sendiri tongue tie, makanya dia gak bisa sempurna ngucapin beberapa huruf (baru ngeh, iya ngomongny kebule2an gitu) haha. Katanya turunan dan anaknya jg ada yg tongue tie. Tapi baik dia maupun anaknya gak ada yg diinsisi.

So buat ibu2 yg anaknya tongue tie dan mau cari 2nd opinion ke DSA lain,bisa ke DSA anakku itu. Dia konselor laktasi jg meskipun bukan IBCLC.

Blessed mother of 2 boys: Raka and Rai. Find out more here.

9

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Hai Bu Ibu....
Msh newbie bgt neh di TUM,oiya mau tanya soal insisi TT,hari sabtu kemaren anakku insisi sama dokter asti setelah insisi dia mau nenot (menyusu) tp habis senam lidah yg bikin berdarah anakku jd rewel dan g mau nenot semalaman,aku sampai nangis dan panik takut ada masalah,suamiku yg ikut panik jd bikin kita berantem krn takutnya keputusan insisi yg kita ambil tyt salah,tp pas subuh anakku akhirnya mau nenot lg meskipun sebentar2 merintih kyk kesakitan gt,Alhamdulillah skrng ud mau nenot normaln lg tp kok durasinya jd lebih lama dr sebelum insisi dan puting aku msh sakit ya,buat bu ibu yg punya pengalaman yg sama apakah itu hal yg wajar?

10

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Hi moms.. Share ya.. Aakku, dika, 1.5 mo. Sejak lahir di YPK, dr laktasi nya udah kasih tau kalau Dika TT dan kebetulan nipple aku kecil, jd proses menyusui nya rada struggle di hari2 pertama..hiks...
Terus aku disaranin pake nipple shield buat bantu dan emang bantu.. Sampai pulang ke rumah ttp pake sield ini. BB nya naik normal. Tapi aku selalu coba untuk menyusui langsung dan baby Dika nya ga mau..bingung puting.. Sedih banget deh.
Akhirnya setelah timbang sana sini, diskusi banyak, 2mg yg lalu aku ke KMC sama suami dan mama. Langsung insisi dan harus relaktasi jarena case bing-put itu.
Ternyata shield hanya boleh dipake max 3 hari.. Dan aku pake itu slm 3 minggu an.. Huaaaa...
Sedih deh, pas konsul sampe berleleran air mata dan kena omel dr Asti..ga bole nangis katanya.
Akhirnya aku dan baby rawat inap laktasi di kmc.. Dibantu suster dan tim laktasi nya trus 24 jam skin to skin therapy dan belajar nyusu lagi.
Luar biasa deh..anakku ngamuk2 melulu dan susah tidur.. Bersyukur hari kedua mulai lancar nyusunya..di rumah juga awalnya struggle lepas2 terus dan anaknya reweeellll...
Sekarang sih Puji Tuhan sukses dan lancaaaarrr proses menyusui nya. Langsung buang semua shield nya :D

11

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Akhirnya kesiniiii.
Anak ke3 saya didiagnosa tt oleh dr. Margareta, pas kontrol di brawijaya bbrp hari lalu. Sebelumnya naik bbnya naik bagus banget. Tp sebuan ini cuma naik 1 ons. Gc nya turun dr persentil 95 ke persentil 70an. Sejak usia sebulan sy agak curiga, tp krn bb naiknya bagus dsa ga curiga dan beliau bilang kl gpp.
Sekarang hilmi 5m9d dan saya+suami memutuskan utk insisi, cumaaaa, tadi pas ngobrol sama dr sp bedah anak, kok rencananya dibedah pake general anesthesia. Jadi jiper. Apa ke jkt aja buat insisi di kmc? Mohon saran, ya... TIA.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

12

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Dear mummyhiya, anak saya juga tongue tie mild pernah konsultasi ke dokter katanya insisi di kklinik laktasi emang lbh santai dibanding ke dokter bedah anak. Udah coba ke rmh sakit carolous? Setau Saya disana referensi laktasi yg paling bgs.

13

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Elviraa,
Skrg posisi di sby. Saya curiga tt sejak anak sebulan. Kontrol sama dsa disini. Soalnya proses nyusuinnya bnr2 sakit. Sampai ada milk blister. Cracked nipples yg hampir coplok nipple nya. Pokoknya gitu deh. Alhamdulillah asiku banyak. Tp akhirnya berasa kok priduksinya ga jreng k bln2 lalu. Nah pas sy dinas ke jkt, konsul ke dr Eta (di kmc), awalnya ttg batuknya yg smp muntah. Tp emg murni sakit batuk+jamur di mulut. Nah 2mmg kemudian ke dr. Eta lagi utk konsul laktasi, krn di sby konsultasi laktasi blm sepopuler di jkt, akhirnya diliat lidahnya, plus dg riwayat mulut pernah infeksi jamur, krn asiku banyak jd PD lembap dan rentan jamur. Plus muntah/gaggingnya.
Ohya? Di klinik laktasi lbh sante tah? Cari2 dl lah...

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

14

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Iya tp ga semua kklinik laktasi bisa lakuin.. Kalo Saya pas lahiran udah di diagnosis tongue tie mild sama dsa nya.. Dan Saya baru ngeh jg dulu Saya cadel ga bisa ngomong R dan NG itu sampe kelas 3 sd mungkin nurun kali ya..hiks.

15

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

mom mummyhilya
setau saya kalo usia baby sudah diatas 4bulan (cmiiw ya) memang harus pake anestesi bgitu. Tapi dicoba ditanyakan dengan dsa yang lebih berkompeten lagi ya. di KMC atau carolus ;)

tapi kok tanda2 TT nya baru kelihatan di bulan sgitu ya mom, biasanya TT ngaruh dari awal lahir yang sampe susah naik bb bayinya.

ada baiknya konsul lagi ya mom ;)

I've tried and failed at many things in life but I will NEVER stop giving 100% at being the best mom I can be
proud mom of Kevin Abrar Rajendra

16

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

kalo bentuk lidah bayi agak 'terbelah' gitu termasuk TT ga ya, tapi dari awal nyusuin aman aja sih perlekatan bisa baik & ga ada lecet2. BB naik normal. cuma kalo dia melet thu baru keliatan, takutnya sih cuma cadel aja kalo ngomong nanti.. perlu cek dsa juga kali ya?!

17

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Nna,
Yes, kl ga salah itu type 1 alias yg plg signifikan. Tapi diantara baby tt, hanya 25% yg bermasalah (ibunya sakit) ketika menyusu. Maybe you are the lucky mummy :)

Nonarieputria,
Ketauannya dr bb yg naiknya irit. Well, we shall wait deh. Skrg dg mpasi dini (colong start) blm sempet nimbang lagi. Plus aku udah ga tll sakit lagi. Ttp mau cek ke dr asti juga sih, nunggu waktu yg pas aja.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

18

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

mummyhilya

ditunggu aja dulu, babyku juga didagnosa TT dulu pas baru mbrojol tapi karena bb naek bagus dan ga ada masalah dengan menyusui jadinya ga di incisi deh.

dulu aku mau nekat incisi sih sebenernya gegara takut baby cadel,tapi malah diomelin sama dsa, dan dia bilang cedal itu blom tentu dari TT bisa dari faktor yg lain dan kalopun cadel gpp lah jadi mirip kayak bule *emaknya ngakak :)))

skrg baby udah 14bln,masih menyusui,bb naik oke apalagi setelah mpasi, babyku doyan makan :D dan semakin kesini kulihat TT nya kok semakin ga kelihatan ya, masih kelihatan tapi udah ga separah dulu, kalo melet udah lebih panjang dibanding dulu. adaptasi maybe?? :D

i cant explain that tapi yg jelas kalau bermasalah dengan BB, dan terganggu proses menyusui nya segeralah ke dsa yg kompeten ya :)

I've tried and failed at many things in life but I will NEVER stop giving 100% at being the best mom I can be
proud mom of Kevin Abrar Rajendra

19

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Anakku juga didiagnosis TT tapi yg posterior. Mau di insisi kok rasanya gmn gtu. Ada yg TT posterior pernah diinsisi? Seperlu itukah?

20

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Mamas, setelah sebulanan bergulat dgn blister yg bolak balik muncul dan 5x ke dokter laktasi sejak Mei ini, anakku 6 bln 4 hari, didiagnosis tongue tie dan lip tie oleh dokter Asti di KMC, disuruh insisi tp emaknya msh galau gak tega.. Bingung euy, krn sblmnya gak pernah ada mslh dlm menyusui. Oiya, kata dokter asti gak perlu bius total koq walau anakku udah 6 bulan, gmn ya mamas, pengen nyari second opinion deh, tp kemana ya?

21

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Hallo semuanyaa..

Dari pas awal nyusuin Alle, setelah beberapa hari puting gw lecet. Makin lama lecet makin parah sampe berdarah. Sampe nangis bombay kalo Alle minta nyusu. Nanya sama banyak bu Ibu nyusuin kok yak kayaknya normal yah puting lecet bahkan berdarah. Padahal udah dipelototin tuh video latch on n posisi nyusu yang bener dan berusaha untuk ikutin, eh teteeep aja lecet. Udah liat mulutnya Alle dan posisi nyusuin kok kayaknya udah bener yah. Tapi kenapaaaaa masih aje lecet. Pfffff... Karena gak mau dikira cemen akirnya berusaha terus nyusuin.

Pas kontrol 2 minggunya Alle ke Dr. Anita (KMC) dia bilang wajar kok kalo lecet kalo awal nyusuin. Gw akhirnya tanya apa Alle tongue tie. Dia bilang semua orang juga punya tongue tie (pas gw cek ke diri ge sendiri n ke laki gw, emang ada sih tali lidahnya) dan jelasin kalo pun tongue tie juga jangan langsung main potong. Pas itu gw udah lumayan tahan rasa sakit tiap kali nenenin Alle. Di kontrol kali itu Dr. Anita bilang jangan ke klinik laktasinya KMC, karena pastiiii Alle divonis tongue tie dan kudu diinsisi. Dia bilang gw kudu PD nyusuin Alle dan kasih tau kalo belajar nyusu macem belajar naik sepedah. Wajar kalo jatoh = wajar kalo ada lecet. Ibu dan baby sama2 belajar. Pas setelah kontrol gw jadi PD untuk terus nyusuin dan berharap Alle akan makin pinter nyusu. Dr. Anita juga liat posisi nyusu dan dia bilgn udah oke. Dia info kalo dia juga konselor laktasi. Di kontrol kali itu gw dikasih antibiotik aja buat luka yang terbuka supaya ga infeksi.

Setelah itu sih tetep aja puting masih lecet. Tapi udah gak sampe berdarah. Cuma tetep penasaran kenapa yaaa masih aja perih. Akhirnya nyoba pas nanti kontrol Alle sebulan mau ke DSA Dr. Asti yang sekaligus konselor laktasi. Pikirannya sih saat itu kontrol Alle, vaksin n tanya soal latch on gw. Setelah berembuk sama suami, jadilah kita ke Dr. Asti diusia Alle sebulan kurang 2 hari. Pas ditimbang BB Alle naik 800 gr. Which is menurut gw bagus. Karena Dr. Anita info kalo dalam sebulan normalnya naik 700 - 1 kg. Pas ketemu Dr. Asti, dia langsung tanya "Ada yang bisa dibantu". Oon-nya gw malah langsung buka dengan keluhan puting luka. Pffff, padahal tujuan awal lebih mau kontrol dan vaksin Alle.

Bener aja. Alle langsung dicek lidahnya daaaaan "Ini tongue tie". Dhuaaaar. Setelah itu Dr. Asti tunjukin deh tuh foto2 lidah baby tongue tie dari buku nan tebelnya. Terus di bibir Alle emang ada kayak gelembung air gitu di bibir atasnya. Dia bilgn itu tanda baby punya tongue tie. Pas liat Alle nyusu juga dia kasih tau "itu ASI-nya tumpah2 karena tongue tie". Padahal biasanya Alle nyusunya tumpah karena PD gw kepenuhan ASI. Jadi deres banget. Kalo udah gw pumping dikit gak tumpah2.

Yang gw dan suami gak suka dari Dr. Asti adalah cara penyampaiannya dia dikala gw n suami mau pikir2 dulu buat insisi. Dia bilang "yaah emang BB naiknya lumayan, tapi kalo bisa lebih kan lebih baik. Lebih gemuk gitu" terus "Yaaa kalo ga diinsisi sih gpp ya, paling nanti cadel". Laki gw sampe keseeeel gitu. Dia bilang kenapa emang kalo cadel??

Akhirnya sih kita gak putusin untuk insisi lidah Alle. Karena BB Alle toh naik cukup baik. Pas liat lidah Alle emang ada talinya, tapi lidahnya dia masih bisa menjulur keluar melewati gusi bawahnya dan bisa sampai mengenai bibir bawah. Gw mau observasi dulu dalam 3 bulan ini, gimana BB Alle. Kalo ternyata pengaruh banget mungkin bari kepikiran untuk insisi.

Oh iya, pas ketemu Dr. Asti dia hanya urusin tongue tie Alle aja. Pas gw bilang mau vaksin katanya belom bisa karena Alle kurang 2 hari. Whaaaaat. Padahal kalo kata kakak gw gak ada masalah kalo cuma kurang 2 hari. Pulang dari sana malah galau..

Jadi nanti mau balik lagi aja ke Dr. Anita yang bisa bikin gw kalem. Soal puting lecet makin hari makin biasa. Bahkan pas mandi juga gak brasa perih lagi. Jadi hajar maning laaaaah. Kalo Alle nyusu juga tinggal caplok. Sakit bentar abis itu santai. Mungkin kulit puting gw juga udah badak kali yah. Hehehe..

22

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Mama Banyu wrote:
Alhamdulillah skrng ud mau nenot normaln lg tp kok durasinya jd lebih lama dr sebelum insisi dan puting aku msh sakit ya,buat bu ibu yg punya pengalaman yg sama apakah itu hal yg wajar?


Pengalaman saya setahun lalu sih iya begitu. Sepulang di-insisi di KMC, anakku nyusu hampir nonstop, hampir ga lepas seharian. Mungkin karena akhirnya dia jadi bisa dapet banyak kali ya, tadinya mungkin berusaha menghisap dapetnya sedikit hehe. Tapi karena waktu itu BB dia di bawah yang seharusnya, dengan senang hati aku biarin dia nempel. Seminggu kemudian kontrol ke dokter Asti lagi, sukses, berat badan naik lumayan banyak. Kalau soal putingnya masih sakit, ga tahu juga ya mom, mungkin karena masih belajar dan mungkin sakit terusan dari sebelumnya kah?

23

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Anakku jg di insisi sama Dr. Asti di KMC. Ketahuan TT dan lip tie nya di usia 11 bln. dan kbetulan aku jg di rujuk ke Dr. Asti sama dokter laktasi di Hermina yg mendiagnosa anakku ada TT kls 3,jd TT nya memang hampir tdk kelihatan/samar waktu dia msh bayi. dan nippleku dulu luka cuma awal2 menyusui aja,setelah anakku usia 2 minggu,ud ga pernah luka lg. sampai suatu saat,anakku umur 10bln,aku kena mastitis lumayan parah walo alhamdulillah tdk perlu di operasi dan ga brp lama lanjut kena thrush dan crakced nipples yg ga sembuh2 dan parah bgt lukanya sampe bolong dan nippleku seakan2 mau putus :'(
No one believed anakku TT coz produksi asi ku slm ini lumayan byk (hehehe sampe bs donor asi),dan anakku termasuk montok.tp kl ku ksh lihat bekas luka ku,baru deh pada percaya :D
Beberapa temanku anaknya jg di diagnosa ada TT kls 3-4 sama dr.asti, tp beliau tdk menyarankan utk dilakukan tindakan frenotomi.dan slm ini mereka jg tdk punya masalah menyusui dan jg krn bb anak mereka naiknya cukup signifikan

24

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Halo mamas ikutan gabung ya. Mau share pengalaman Bayiku baru 1 bulan 10 hari.ga ada TT tapi ada upper liptie. Sejak awal lahir aku udah curiga krn udah diposisikan dgn baik, latch on ga ada masalah tapi knp nipple sakit dan lecet sampe aku resepin sendiri salep puting lecet. Ngebantu banget.nipple sakit cuma 2 minggu aja.nipple ku trmsk sensitive. Di minggu pertama aku liat baby ada liptie dan cukup tight. Berbagai cara modifikasi latch on udah aku lakuin. Baby ga ada masalah du menyusu cuma ya itu mulutnya ga bisa buka lebar banget.jadi pas areola udah masuk harus diselip2in dulu baru msk smua. Kalo pas nyusu ngulet gampang bgt lepas atau ada fase jepit nipple. Dari nyeri sampe ush kebal. Akupun bbrp kali ngalamin milk blister yang juga aku pecahin sendiri. Selsai masalah asi lgs ngucur. Aku blm konsul ke dsa konsultan laktasi (kebetulan aku GP konselor laktasi) aku observasi kecukupan asi selama sebulan. Alhamdulillah bb naik 1, 3kg dalam sebulan, bak lbh dsri 6x shari, bab 4-5x shari kuning mustard brati cukup dpt hindmilk, kalo lagi cranky pas growth spurt kadang bab keijoan tapi ga sering jadi ga aku ambil pusing. Kenapa sebisa mungkin pilihan insisi terakhir bgt buat aku krn insisi liptie lbh ribet, pembuluh darah banyak daerah situ dan lbh nyeri ke baby.siapa yang tega hehe.slama kenaikan bb bagus sesuai chart aku gaakan kepikiran insisi. Oiyah akupun penderita TT waktu kecil kata mama ga ada masalah menyusu walopun jaman dulu asi cuna sampe 4 bulan.gedenya cadel dan ga masalah buat aku hahaha
Jadi para mamas apabila didiagnosis TT coba deh sampe 3rd opinion kalo perlu ke dsa konsultan laktasi krn proses insisi sendiri ada indikasi mutlaknya apa aja. Biar kita jg lbh yakin. Semangaaat mama :)

25

Topic: Tali Lidah Pendek - Tongue Tie

Nazla lahir 3minggu yg lalu, proses menyusui langsung sendiri baru jalan 10harian inilah, tapi yg awalnya saya yakin masalah latch on dan nipple mendelep makanya Nazla selalu rewel tiap mau nyusu sampai sekarang nipple udah keluar dan gak pake terlalu lama rewel tapi di puting aku keduanya ada kayak bulir nasi kecil diujung puting dan bentuk puting tiap abis nyusuin pasti kayak ada tekanan, setelah gugel jadi curiga ini TT. Waktu nyusuin aku menderita banget dan tegang pas dia mulai masukkin puting ke mulut..karena sering dia tarik, aerola sama sekali enggak masuk ke mulutnya kadang2,terutama 2 hari ini. tapi karena aku merasa pumping lebih sakit jadi aku nyusuin langsung terus, awalnya Nazla nyusu sekitar 1-1,5jam, tapi 2 hari ini 15-30menit aja..paling lama 45menit.

kalo bb-nya belum aku cek lagi ke dsa, bab jg kemarin ini setelah 5 hari baru bab lagi, sehari 2x dan warna hijau kehitaman berupa pasta. apa itu normal ya? rencana baru besok mau bawa ke dsa..aku sih curiga banget Nazla tongue tie. atau langsung aja aku bawa ke klinik laktasi aja ya?

sorry kalau jadi kepanjangan

a mom with one daughter.snail runner.blog writer.a wife. http://lailaubais.blogspot.com/