1

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

aaa, sama Ness, Sabil, 2,5 y.o juga lagi hobby mukul kalo keinginannya nggak diturutin :(
Nggak parah sih, cuma agak mengganggu aja. Gw mikirnya sih karena dia terlalu dimanja sama semua orang terutama kakak2nya dan biasa diturutin, jadi saat nggak diturutin dia marah dengan cara mukul.

Sejauh ini yang gw lakukan selain ngasih tahu bahwa dia tidak boleh pukul-pukul, saat dia mukul (pelan sih) gw juga biasanya melakukan spt kata Kira Kara, dia langsung gw peluk sambil bilang "daripada pukul mama lebih baik peluk mama aja yaaa..," soalnya kalo dikerasin, dia malah lebih galak dan lebih kenceng mukulnya. Sudah agak membaik sekarang, tapi kadang kalo lagi ngantuk dia suka tiba2 mukul lagi kalo gak diturutin, hadeuhh..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

2

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

huhu,sama kayak zata.
ini herbie lagi suka mukul sambil teriak kalo keinginan ngga diturutin,kadang kalo udah jerit2 suka dicuekin atau dipeluk sambil diomongin pelan2,kalau dia mau sesuatu bisa minta tolong yang baik.
Kalo fofo masih suka gini juga walau ngga sering,jadi kalo misal udah gemes terus ga keturutan,si fofo ini loncat2 kepala ngangguk2 gitu,ngeri kepentok jadinya -_-

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

3

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

kalo kata buku supernany ,
bagi anak mainan itu harta yang berharga. jangan sekali-kali memaksa anak untuk berbagi mainan nya dengan temannya.

kalau dia gak mau berbagi sama temen yang dateng ke rumah, buatlah permainan saling gantian gitu..

4

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Halo...

benar kata ririe_aja
Kalo anak2 di atas 2 tahun sudah bisa diajak untuk gantian. Misalkan masing2 boleh main sampai hitungan 10. It works like magic! Belajar berbagi sambil berhitung.

Masalahnya adalah kalo si kakak rebutan dengan adiknya yg msh belum ngerti konsep kepemilikan & gantian. Huaaa.... saya pun belum tau cara menghadapinya. Biasanya saya cuma memberikan pengertian ke anak yg besar sambil mengalihkan perhatian si adik.

-suzan-

-suzan-

5

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Konsep kepemilikan diajarkan dulu, baru konsep sharing ya mamas
Noted

makasih mamas

6

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Menelusuri thread ini karena lagi galau. Mas Aryo (bentar lagi 17m) jadi yang termuda di daycare. Nah, ada laporan nih Mas Aryo mulai menunjukkan taringnya alias tau2 ditakutin sama temen2 di daycare yang padahal lebih tua dari dia. Ternyata, Mas Aryo suka tau2 ngerebut mainan temennya, padahal dia sendiri juga pegang mainan. Sampe pada takut, soalnya kadang sambil nyakar temennya (mungkin maksudnya mau ngambil, tapi kecakar ga sengaja). Mas Aryo juga suka keliling2 pas main, jarang duduk manis. Tambah takut deh temen2nya hadeuuuh.

Sekarang lagi tahap dibilangin pelan2 sama aku n suami. Cuman ya aku tetep aja jadi galau. Maklum, tadinya Aryo jarang main sama sesama batita n balita. Tau2 sekarang temennya banyak di daycare.

Any tips, Mamas? TIA ya!

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

7

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

winda.reds umur2 segitu emang lagi masanya masuk phase itu, gak mau share, dan liat apa yang anak lain pegang, pengen. itu phase kok, gak usah dimarahin. kalo pas lagi maen bareng, pelan2 aja diajarin, yuk share yuk maen bareng.. gini nih biar seru maennya.

atau ajari minta dengan baik2. lama2 nanti ngerti dan kalo phasenya lewat, dia akan masuk ke phase yang seneng untuk maen bareng sama temennya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

fiuuuh... thanks Mama sLesTa, aku jadi lebih tenang. asal kita konsisten ngajarin, fase ini bakal berlalu ya. jadi kebayang dulu nyokap, aku anak cewek tapi begajulan, kalo nyokap nggak sabar udah ubanan dari kapan tau hihi. the art of motherhood is incredible :)

:) A smile is the prettiest thing you can wear :) | IG : iam_mrsred | http://iammrsred.wordpress.com

9

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

Mau minta saran ya moms..
Gmana ya cara menghadapi saudara yang berbeda konsep berbagi nya dengan kita?
Kalau anak2ku selalu kami ajarkan bahwa:
1) Kalau mau meminjam barang yang bukan miliknya harus selalu meminta ijin dahulu.
2) Kalau empunya barang tidak memberi ijin, maka kita harus mengalah dan nanti mencoba lagi kalau memang kita masih mau.
3) Kalau ada orang yang mau meminjam barang nya tetapi kita tidak/belum mau meminjamkan, kita tawarkan alternatif nya (either mainan/barang pengganti atau kapan kita akan mau meminjamkan barang nya).

Sejauh ini si kakak (4 tahun) bisa menjalankan itu *yaa kecuali no. 2 kadang masih agak ngambek hehe*
Tapi mentok nya selalu kalau ada sepupu nya main ke rumah atau kami main ke rumah kakak ipar. Kalau anakku mau meminjam mainan dan ga dikasih sama sepupunya. Biasa ada yang turun tangan untuk memaksa sepupunya memberikan mainannya ke anakku, even pas anakku biasa2 aja alias tidak ngambek.

Ada input kahh mommies..

10

Topic: Anak Tidak Mau Berbagi

lisiani, susah ya mbak kalo lagi diluaran meski itu sodara sendiri.. paling kitanya yang tetep bertahan dengan konsep yang kita punya. toh kalo konsisten, anak bakalan terus berjalan sesuai dengan kebiasaannya meski ada gangguan2 diluar kayak gitu, sesekali juga kan lagian..

love. misskimos. baby