1

Topic: Sembelit pada Toddler

Maaf baru buka thread ini lagi...jawabnya udah telat banget juga yaa... :(

@Shinta_daniel, waktu konsul ke dr Muzal emang ga sempat nanya hal itu, karena memang sempat cemas juga klo sampe sistem pencernaannya yang bermasalah,tapi berhubung kata dr Muzal kayaknya krn prilaku anak, jadinya pertanyaannya diskip deh. gimana jadi konsul ke dr Hegar kah?

@detrieciku di petunjuk lactulax ada petunjuknya, katanya klo dipake terus menerus akan menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman *klo ga salah kayak gitu*

Oiya, sama tambahan lagi, pengalaman sama Bhima, lactulax cuma dikonsumsi ga lebih dari sebulan, habis itu yang distop adalah segala bentuk makanan yang ada cokelat nya, Alhamdulillah sekarang udah lancar jaya, sehari 1x bab nya, dan ga ada drama lagi:)

semoga anak2 kita semua sehat2 dan happy yaaa...aamiin :)

-a daughter, a sister, a friend, a wife...and now...i'm a mom of a supercute son...Alhamdulillah-

2

Topic: Sembelit pada Toddler

mau sharing, sabtu kmrn konsul ke dr. Hartojo, SpA (K) di RSHU surabaya.
ttg anakkyu _Nena_ yg sembelit "kronis".
beliau jelasin bhw ada bbrp salah kaprah dikalangan org tua ttg sembelit pd bayi/toddler.
[list=1]

  • anak tdk harus setiap hari bab; kalau rutin bab dg frek > 5hari, baru disebut sembelit[/*]
  • penyebab susah pup ada bbrp hal, fisiologis (fisik) atau psikologis. pad toddler 15bln-3 thn, ada sense of belonging tinggi, tms masalah buang air, mrk merasa itu 'miliknya' dan ga pengen pisah, mcm separation anxiety..[/*]
  • susu- ada yg bilang susu uht/formula ga cocok bikin sembelit.. iya, tapi ga bisa pukul rata utk semua kasus. kasus aku, krn anakku minum uht, bbrp dsa "blaming uht".[/*]
  • konsumsi buah--> reaksi buah/serat buat tiap toddler bisa beda, krn mmg sistem pencernaannya blm sempurna.[/*]


    akhirnya, solusi yg dianjurkan: minum air cukup (checked--> nena putri susu+air); kasih tambahan probiotik (yoghurt ataupun probiotik lain: lacto b/protexin); hindari obat/supplemen yg menyebabkan sembelit misal: zat besi, antibiotik, obat batpil, dkk.
    yang paling penting... TOILET TRAINING!!! jadi anak perlu dibiasakan dan tahu bahwa bab itu gak menyakiti dia, dan adalah proses alami. perlu juga diajari cara mengejan yg pas (dg metode tiup balon).
    biasanya, anak yg pupnya keras, cenderung nahan pup krn sakit, shg pup lebih keras... vicious cycle deh..smg bermanfaat.

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)
  • 3

    Topic: Sembelit pada Toddler

    mummyhilya, makasih..lengkap banget informasinya..

    hahha lucu juga kalo mreka ternyata brasa kayak ada 'separation anxiety' saat mau pup. Bisa jadi sih, anakku 2 tahun 5 bulan, dulu2 kalo mau pup, diajak ke toilet, tapi pas disuruh jongkok nggak mau trus bilangnya 'nggak.., nggak' terus, kayak males ngeluarin pupnya gitu. Tapi kalo dia ada faktor jijiknya juga kayaknya, soalnya setiap kali jongkok di toilet dan pupnya keluar, dia langsung lari menjauh dari pupnya sambil teriak2 'iiii...'. Nah lo, bahaya banget kan, takut kepeleset aja, makanya dulu2 kalo pup sampe harus dipegangin biar gak ngibrit abis pupnya keluar hehehe..

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    4

    Topic: Sembelit pada Toddler

    waduh serem nya sampai seperti itu zata anakmu hati-hati kepleset sayang......

    Kita harus mengajarkan toilet training di toilet duduk dan jongkok karena g semua toilet umum itu duduk/jongkok. Hal ini sempat terjadi pada anakku ketika umur 3,5 Y, dia enggan PUP ketika mendapatai toilet duduk. Jadi setelah kejadian itu kami biasakan dan ajarkan bagaimana PUP di toilet jongkok, oh iya PUP dan BAK posisi jongkok itu ternyata dianjurkan untuk meminimalisir wasir (CWMII)
    Kadang untuk mengajarkan anak tentang kebersihan, kita jadi kebablasan, jadi si anak merasa jijik luar biasa ttg PUP nya. Anakku juga msih jijik, walaupun dia sudah bisa PUP dan BAK posisi duduk dan jongkok sendiri, namun masih bingung untuk membersihkan (cebok) jadi masih butuh pertolongan orang lain. Saat ini anakku 4Y kurang 10D

    5

    Topic: Sembelit pada Toddler

    Anakku yg 'sembelit' itu kl pup nya udah belepetan di popok, nagisnya menggucang dunia. Ampun deeeh. Dibasuh aja masih teriak2, krn jijik ( I mean lengket dan bau)
    Kalau anakku yg 35m, bisa bab dan bak di 2 jenis kloset; tp kl udah keluar pupnya, langsung teriak: "bau.. Bau!".

    Iya, zata, ternyata faktor psikologisnya jauh lebih dominan ternyata. Oalah, batitaaaa :)

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    6

    Topic: Sembelit pada Toddler

    Anak pertama gue juga gitu,jijik'an,kalo pup udah keluar satu dia ngibrit,nanti siram,lanjut lagi,keluar,ngibrit lagi. *d'ooh*

    Nah,yang kedua kemarin 2 hari pupnya keras dan susah keluar jadinya,udah keliatan tapi dia kesakitan :(. disuruh jongkok ngga mau sambil teriak2 sampe nangis2 dan akhirnya tidur. bangun tidur mojok trus berusaha ngeden gitu,gue samperin ajak ketoilet,udah minta cebok aja padahal ngga ada yang keluar,tapi gue suruh jongkok dikit sambil ngeden (gue bilangnya mau cebokin,padahal biar keluar) akhirnya keluar beneran,dan emang keras :(

    ini gara2 beberapa hari ngga makan yogurt sama buahnya,untung sudah normal sekarang

    Love my kids

    twitter & IG : @ndiievania
    blog : https://ndiievania.wordpress.com/

    7

    Topic: Sembelit pada Toddler

    kasian bgt anaknya mom. mmg kasian ya kalau sembelit gitu. apalg anak2 masi belom bgerti bgt. anakku kalau dikasi minum air putih agak susah mom, jadi diakalin pakai lemon (sedikit aja) jadi dikira itu sirup krn ada aroma lemonnya. n dimasukin ke botol yg lucu2. (tiap beli botol yg minuman soda di supermarket, aku cuci bersih n masukin ke sana)

    8

    Topic: Sembelit pada Toddler

    Anakku (20m+) jg sering sembelit, paling lama 3 hari tdk pup. Dan klo udh gitu keras banget seperti batu, kemarin ditatur hampir sejam gantian sama ayahnya.
    Nangis kejer tdk mau mengejan. Begitu keluar suaranya "tok" kayak batu.

    Terkadang resep manjur adalah jus pisang, jd tiap bangun tidur pagi langsung minum jus pisang. Tapi terkadang tidak ngefek juga, jd bingung apa ya resep manjurnya. Kadang pepaya jg membantu sih, dan selama ini belum berani pakai obat-obat.

    Anakku doyan banget air putih dan buah, tp tiap anak memang beda ya reaksinya?

    9

    Topic: Sembelit pada Toddler

    Mummyhilua: trima kasih info dari dokter, agak melegakan sebenernya tapi tetep aja khawatir setiap kali anakku BAB penuh perjuangan walaupun semua tips2 udah dicoba, mudah2an makin dewasa sembelitnya hilang deeh..

    Daffiki: setiap mau daftar ke dr. hegar kayak anjing dan kucing niih, pas aq bisa, dokternya cuti atau training, karena aq bisanya cuma sabtu jd kadang waktunya kepakai utk acara keluarga juga, jd blum sempet ke dr. Hegar

    Shinta [www.shintadaniel.wordpress.com]
    - ordinary mom with ultraordinary love -

    10

    Topic: Sembelit pada Toddler

    Hai hai semua,
    Mau update perkembangan anakku yg dikira sembelit itu. Krn hampir semua org (tms bbrp dsa) mengira itu akibat uht, aku buktikan bhw semuanya tidak benar.
    Dalam rangka mencari solusi terbaik, krn aku ga mau terus2an kasih dia pencahar ataupun probiotik, akhirnya nyobain membiasakan Nena untuk minum pake sedotan. Ternyata, kemampuan motorik ini juga membantu anak tahu cara mengejan yg benar (dg metode tiup balon atau tiup/nyedot pake sedotan -ajaran dsa).

    Ditambah lagi, sy nyoba fisioterapi (pijat balita) di RS Silo*m sby.

    Alhamdulillah 2 kombo ini bikin anakku bisa pup tanpa tampak kesakitan. Ternyata masalah dia selama ini bukan krn krg makan buah, krn susu uht, krg minum, dll. Spt pendapat org awam.

    Ternyata mmg betul bahwa kalau di bawah 3thn banyak anak yg punya masalah saat bab (survey kecil2an di kalangan keluarga besar) waktu blm sekolah (presumably balita/batita). So, don't worry too much, ya, mama.

    Tapi juga jgn lupa pastikan asupan nutrisi is kecil mmg tdk membuatnya rentan sembelit. Misal: kl makan sereal sarapan, usahakan minum air diperbanyak, cukup makan buah-sayur, cukup minum air.

    Tapi kalau sampai 3 thn+ masalahnya ada bahkan makin parah, segeralah hubungi dsa anda. HTH.

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    11

    Topic: Sembelit pada Toddler

    mummyhilya makasih banget update-annya, mencerahkan banget karena emang anak di bawah 3 tahun sering banget sembelit dan selalu yang 'dituduh' adalah makanan/minumannya, ternyata ada faktor lain juga kann..

    inget banget gw jaman dua kaka masih kecil, udah ngasih mereka sayur dan buah tapi masih sering sembelit sampe2 gw bingung penyebabnya apa, coba dulu gw meneliti kaya mummyhilya juga yaa..

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    12

    Topic: Sembelit pada Toddler

    ZataLigouw,
    Iya, bener. Saking keselnya sama asumsi org sekitar (tante, mertua, bapak) kl ke dsa aku ajak mereka dan nanya pertanyaan yg sama: apakah pengaruh susu, kurang buah/sayur, atau apa? Semuanya tidak berkorelasi positif buat batita. Yg murni hanya akibat belum matangnya saluran cerna mereka.
    Benar, probiotik membantu memperbaiki vili2 usus, tp bukan berguna utk melancarkan bab, memperbaiki kerja usus, shg gampang bab.

    Solusi utama sih tt, ya. Cuma anakku blm lancar ngomong. Ngerti kl diberi tahu tp belum expressive, jd belom siap tt dia. Jadi ttp tatur kl pas mandi pagi&sore, plus nyedot dan niup.

    Ohya, satu lagi. Pesan dsa: kalau anak lagi mojok, sembunyi di bwh meja utk ngejan bab, jangan digangguin. Krn bisa berdampak psikologis dan akan menghambat proses tt.
    HTH.

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    13

    Topic: Sembelit pada Toddler

    ikutan cerita mom's

    anakku Drey (14m) udah 1 minggu ini pup nya keras banget. setiap hari hanya keluar dikit dan keras kayak pup kambing gitu. makan nya juga jd gak semangat karna perut nya gak enak.
    kasihan bgt liat nya tiap hari ngeden tapi yang keluar sedikit bgt. trus mom pas lagi ngeden bukan nya pup nya keluar tapi malam pipis nya yang keluar.
    trus 3 hari terakhir ni aku kasih makan pepaya trus rajin aku urut ILU di perutnya dan gerakkan kaki nya seperti orang gayuh sepeda dan alhamdulillah pagi ini udah lancar.

    oh ya mom's, tetanggaku ada yang bilang karna Drey pas ngeden yang keluar pipis lama2 takut nya Drey kena hernia karna keseringan ngeden bener gak sih mom's???

    Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

    14

    Topic: Sembelit pada Toddler

    Weni,
    Setauku, ya, kl hernia pd bayi/balita itu kebanyakan krn faktor internal (bentuk membran, kekuatan membran perut bwh).
    Selama ngejannya bener sih gpp.
    Nah itu ketauan knp susah bab, krn krg serat/air kan?! Diperhatiin aja, mom kl yg begini. :)
    Tiap pup kan emg pipis, so I think no need to worry.

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    15

    Topic: Sembelit pada Toddler

    ok mummyhilya makasih bgt info nya...

    Anugrah terindah "Drey Fandry Fahri"

    16

    Topic: Sembelit pada Toddler

    @Daffiki akhirnya darurat malam2 aq konsul ke dr. Muzal Kadim di RSPI, ternyata blio praktek di RSPI juga.. Baron (3thn 3bulan) 3 hari demam tinggi krn sudah > 4hari gak BAB (dan ini sering terjadi) jd infeksi saluran pencernaan dan kandung kemih (*maaf* Penis dan anusnya sampe merah karena banyak tumpukan sisa makanan yg tidak dikeluarkan). More or less hasil konsultasi sama persis yg disebutkan Daffiki dan mummyhilya dan selain itu ditambah obat antibiotik utk nyembuhin infeksinya.

    Dan memang benar anakku itu trauma sama rasa sakit mengeluarkan feses yg besar. Kemarin itu dia bukannya ngeden malah ditahan sampe badannya bergetar dan gigi gemeretek, akhinya malah muntah. Dan lebih trauma lg kl bapaknya uda megang Microlax. Didudukin di toilet utk ngeluarin BABnya ga mau, malah nangis kejer, mondar mandir, tiduran guling2, nungging2 sambil nahan sakit. Stress bgt deh aq :'(

    Karena smua tips buah, sayur, air putih bahkan bahan2 kimia spt dulcolactol, pro B dan microlax slama ini udah dicoba dan kurang membawa dampak positif, Kayaknya emang harus lebih ekstra terapi psikologis/fisiologi-nya kyk toilet training (khususnya membiasakan duduk di wc 15 menit sesudah makan utk blajar ngeden tp jgn ditargetin BAB kluar. Kalau untuk pipis sendiri di toilet dia uda bisa jd ga pernah ngompol lg), minum pake sedotan dan pijat perut memutar searah jarum jam. Malah rencana mau ke pijat anak jg.

    Haduuuuh, mudah2an drama konstipasi ini cepet berakhir :'(

    Shinta [www.shintadaniel.wordpress.com]
    - ordinary mom with ultraordinary love -

    17

    Topic: Sembelit pada Toddler

    Shinta daniel,
    Duh, smp ke dr muzal malem2. Syukurlah ternyata bukan masalah organnya ya.
    Tuh kan? Emang mslh bab pada batita-balita itu lebih ke masalah psikologis.
    Dan emang pijat bayi works wonder buat Nena. Paling engga, dia rileks dan mungkin fungsi2 organnya jd membaik.

    Semoga semuanya sehat2, ya.

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    18

    Topic: Sembelit pada Toddler

    ikutan cerita juga y moms,

    anakku rei (18m) juga termasuk yang susah pupnya, pertama kali terjadi saat awal2 mulai diksh zat besi 2-3 hri setelah pertma kalinya minum zat besi dia terlihat ngeden hebat namun saat diperiksa bersih popoknya dan itu berlangsung sekitar 2harian, ditambah keringet dingin trus badannya, gwa pun wa dsa nya en disarankan diberhentikan dulu saja zat besinya lalu normal kembali pupnya...lalu sampe skrg sejak mpasi mulai kembali lgi beberapa kali gejalanya timbul, yg suka bikin kasian klo dia terlihat mengejan tpi gak keluar pupnya, saat itu aku suka buka popoknya lalu rebahkan di baby tafflenya terlihat pupnya ( maaf )yg sudah 1/2 keluar suka balik lagi klo udh gtu dia udh mulai nangis, keringet dingin, mamggil2 aku minta dipegang tangannya huhuhu bikin melting liatnya...

    selama ini aku udh nyobain pake pear xiang lie, yoghurt, interlac, buah naga...nah cuman buah naga ini yang lumayan ampuhnya...

    aku juga suka kepikiran apakah ini karena dia trauma klo pup sakit akhirnya bikin dia gak mau mengelurkan pupnya itu ato ada faktor genetiknya juga soalnya aku juga termasuk yang susah buang BAB...kyknya nanti aku mau nyobain lacto-b nya deh semoga bisa berhasil seterusnya...

    19

    Topic: Sembelit pada Toddler

    Selama ini anakku andalannya adalah pepaya.. Kalau pepaya dah ga mempan, baru deh keluar jus buah prune.. Minum sedikit besok nya langsung pupup n perutnya juga ga kembung sih.. (berlaku juga buat mama nya;p)

    20

    Topic: Sembelit pada Toddler

    hai mom,, huuhu finally aq bikin akun baru nih di tum karena id ku lupaa...

    aq mau curhat,,, khay 2,5y skrg tiap hari sembelit,,pupnya bulet-bulet kayak pup kambing dan keras.. beberapa kali berdarah, padahal dsa bilang khay udh ga alergi susap,, aq galau n bingung,, pepaya udah,, makan sayur udah,, tapi masih aja keras,,,kasian kadang sampe nangis,, huhuhu, pdhl wktu sblm 2 thn ga pernah sembelit malahan cenderung lembek banget pupnya,,

    maap ya mamod aq belum baca dari awal tp udah pengen curhat.

    21

    Topic: Sembelit pada Toddler

    anak aq berusia 2 thn tp akhir2 ni bb sembelit lps tkr susu formula
    aq dh pegi jumpa doctor tp nasihat x bberapa baik aq pn tnye sepupu aq dia ckp try tkr kpd formula yg mengandungi prebiotic
    klao bb x berak dia akan marah dn gelish dn lesu
    ade ke cadangan bleh share x aq risau bb aq

    22

    Topic: Sembelit pada Toddler

    mrs.purwonegoro
    Biasanya kalau sedang bermasalah dengan BABnya, aku kasih kira & kara Lacto-B atau L-bio. Ini isinya bakteri baik lactobacillus untuk membantu kerja pencernaan.

    joellerollokostor
    Mungkin bisa dicoba saran dari dokternya. Anakku juga pernah bermasalah yang sama, lalu ganti susu, dan hilang sembelitnya. Bisa juga dicoba konsumsi lactobacillus yang biasanya ada di apotik untuk membantu masalah pencernaannya. seperti Lacto-B atau L-bio.

    HTH ya..

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    23

    Topic: Sembelit pada Toddler

    Saya tak pernah dengar susu tepung yg ada Prebiotic, hanya tahu formula boleh bantu pembesaran otak kanak2 tapi masalah sembelit kurang tahu lah.. Kalau anak ada masalah sembelit, puncanya pasti dari badan mengalami kepanasan. Nak memastikan anak makan makanan yg berkhasiat barulah takkan mengalami masalah sembelit. I selalu paksa anak minum lebih banyak air, makan buah-buahan dan kurangkan makanan yg berminyak.

    24

    Topic: Sembelit pada Toddler

    Prebiotics mmg bagui utk rawatan sembelit kanak-kanak. Skrg byk tepung susu kat supermarket ade Prebiotics, yg sy biasa dgr ialah Mamil dr Dumex. Korg bby yg ade masalah sembelit tu blh cuba Mamil. Dulu sy bagi bby sy minum Mamil mmg kurang masalah sembelit tu, bila kawan tanya, sy pon cadangkan Mamil. Cuba tukar tepung susu tu, tgk perbezaan dlm seminggu..

    25

    Topic: Sembelit pada Toddler

    baca2 thread ini baru tau ternyata banyak mamas yang anaknya sembelit yak. baby J ( 2,5 taon ) juga akhir2 ini lagi mulai suka sembelit,padahal jaman masih kecil gak pernah. Udah tau sich sebabnya karena nich anak gak gitu suka buah dan sayur, sukanya makan daging2an. Pas lagi drama2 nya konstipasi akhirnya bbrp kali nyerah sama Microlax soalnya anaknya udah ngeden sampe keringet dingin, dan ternyata emang ujung pupnya tuh udah item, keras banget. Akhirya sekarang ngandalin larutan kaki tiga anak buat baby J dan lumayan ngefek, mungkin mamas bisa coba hihi * bukan marketing kaki tiga *